Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Mudah Membuat Website dalam 7 Langkah

8 min read

cara membuat website

Apakah Anda membutuhkan website, tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, Anda tidak sendiri. Bagi kebanyakan orang membuat website seringkali terlihat sulit karena melibatkan coding. Namun, dengan perkembangan teknologi, kini siapa saja bisa membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sekalipun.

Bagaimana cara membuat website tanpa coding? Artikel ini akan memandu Anda membuat website dalam enam langkah mudah. Kami akan menjelaskan langkah demi langkah cara membuat website sendiri sampai website Anda dapat diakses melalui internet.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Langkah 1: Tentukan Platform Website

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, Anda akan membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali. Anda tidak perlu menggunakan code HTML, CSS bahkan PHP. Selain rumit, membuat website dengan cara tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Lalu apa solusi untuk masalah Anda dalam membuat website? Solusinya adalah WordPress!

cara membuat website wordpress

Dengan adanya platform pembuatan website seperti WordPress, kini Anda dapat membuat website dengan mudah dan fitur yang lengkap tanpa harus menguasai pemrograman. Anda hanya perlu sekali klik instalasi, memasukkan nama, deskripsi website, dan memilih template, website Anda sudah dapat digunakan dan diakses melalui internet.

WordPress adalah platform pembuatan website atau Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Berdasarkan data dari W3Techs, WordPress saat ini menguasai pangsa pasar CMS sebanyak 59,8 persen, disusul oleh Joomla 6,6 persen dan Drupal 4,7 persen. 

 

cms untuk membuat website
Sumber: W3Techs

Dari dua diagram di atas, dapat disimpulkan jika WordPress adalah platform yang paling populer. Terdapat beberapa alasan kenapa WordPress memiliki banyak pengguna. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Mudah digunakan – WordPress merupakan platform yang mudah untuk digunakan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word atau Excel, maka Anda akan dengan mudah membuat konten untuk website Anda.
  2. Terbukti Kualitasnya – WordPress dapat menjalankan berbagai jenis website dengan baik, mulai dari website pribadi sampai website perusahaan. Beberapa perusahaan ternama yang menggunakan WordPress adalah Disney Walts, SONY, dan IBM.
  3. Responsif – Website Anda akan berjalan dengan baik ketika diakses melalui berbagai perangkat, baik itu perangkat mobile, tablet, maupun desktop.
  4. Gratis – Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan WordPress, cukup membeli domain dan hosting, website Anda sudah dapat diakses melalui internet.
  5. Komunitas besar – Jika Anda mengalami kesulitan ketika menggunakan WordPress, Anda dapat mencari solusi dengan mudah melalui komunitas yang tersedia.

Dari kelima alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa WordPress adalah platform yang tepat untuk membangun sebuah website

Langkah 2: Pilih Domain dan Hosting

Untuk membuat website dengan WordPress, Anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya. Biaya yang perlu Anda keluarkan adalah untuk membeli nama domain dan menyewa hosting. Jika WordPress berguna untuk membuat website, nama domain dan hosting fungsinya adalah agar website yang Anda buat bisa diakses melalui internet.

Nama domain adalah alamat website seperti www.niagahoster.co.id atau www.namawebsiteanda.com. Anda bebas memilih ekstensi domain, dari .com, .net, .co.id, .info, hingga .online. Setiap ekstensi domain dibandrol dengan harga berbeda. 

hubungan hosting domain dan file website - cara kerja domain

Di sisi lain, hosting berfungsi untuk menyimpan semua file website sehingga dapat diakses secara online. Semua perubahan yang Anda lakukan di WordPress tersimpan di hosting ini. Dari perubahan tema, penambahan widget, pemasangan plugin, draft artikel, hingga artikel yang sudah terbit. 

Hosting memegang peranan penting dalam website Anda karena semua data website tersimpan di server hosting. Oleh karena itu, Anda perlu teliti dan hati-hati dalam memilih layanan hosting. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hosting:

  • Pastikan hosting yang Anda gunakan memmiliki performa server uptime yang tinggi  
  • Ketersediaan support 24 jam juga penting agar jika terjadi permasalahan di hosting bisa langsung diselesaikan.
  • Biasanya penyedia layanan hosting memberikan berbagai pilihan paket hosting. Belilah paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. 
  • Cek juga fitur keamanan yang disediakan penyedia hosting. Pastikan fitur keamanan server sudah cukup untuk menangkal serangan malware dan hacker.
  • Kecepatan server juga perlu menjadi perhatian. Layanan hosting yang menggunakan LiteSpeed Web Server biasanya menunjukkan performa kecepatan lebih baik.
  • Anda juga perlu memeriksa review pelanggan layanan hosting untuk memperoleh gambaran mengenai kepuasan para pelanggan penyedia hosting.

Hosting dan domain dapat dibeli dalam satu paket. Biasanya untuk pembelian paket hosting tertentu, Anda juga mendapatkan domain gratis. Berikut adalah contoh cara membeli domain dan hosting:

1. Buka Website Niagahoster

2. Pilih Menu Web Hosting Indonesia

Ada empat paket hosting yang bisa Anda pilih, dari Paket Bayi, Paket Pelajar, Paket Personal, dan Paket Bisnis. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

cara membuat website pilih

 

3. Pilih Durasi Sewa Hosting

Tentukan durasi sewa hosting sesuai kebutuhan Anda. Centang Install Otomatis WordPress jika Anda ingin WordPress otomatis terpasang ketika hosting dan domain sudah aktif.

cara membuat website domain gratis

4. Tentukan Nama Domain

Di paket sewa hosting ini Anda mendapatkan domain gratis selamanya. Jika belum memiliki domain, ketik nama domain yang Anda inginkan sampai muncul notifikasi Domain Tersedia

cara membuat website cari domain

5. Lakukan Pembayaran

Jika nama domain Anda dinyatakan tersedia, Anda bisa melanjutkan ke pembayaran. Setelah Anda melakukan pembayaran sesuai dengan nominal pada tagihan, maka dalam beberapa menit website instant Anda sudah aktif.

cara membuat website domain tersedia

Catatan: Jika Anda telah memilih sebuah domain ketika melakukan pendaftaran, maka perlu diingat bahwa domain Anda tidak akan dapat diakses di internet secara langsung. Proses ini disebut dengan pointing dan membutuhkan waktu 5 menit hingga maksimal 24 jam. Email dan website Anda tidak akan berfungsi dengan baik hingga domain Anda terpointing.

Langkah 3: Install WordPress

Anda bisa langsung menuju langkah keempat kalau sudah mencentang Install WordPress otomatis di langkah sebelumnya. Namun, jika Anda lupa untuk mencentang Install Otomatis WordPress di langkah sebelumnya, Anda juga bisa memasang WordPress secara manual. Setelah hosting dan domain Anda aktif, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress di cPanel, untuk login ke cPanel silakan gunakan detail login cPanel yang dikirimkan ke email Anda dari Niagahoster. Berikut langkah selengkapnya:

1. Login cPanel

Silakan login di cPanel, pada umumnya menggunakan url http://namadomainanda.com/cpanel (ganti namadomainanda.com dengan nama domain yang dimiliki), silakan klik menu berlogo WordPress.

cara membuat website di cpanel

2. Klik Tombol Install Now

cara membuat website dengan wordpress

3. Tulis Nama Domain

Pada kolom Choose Domain silakan pilih nama domain Anda.

pilih nama domain

4. Lengkapi Informasi Website

Selanjutnya untuk mengisi nama website dan deskripsi dapat Anda isi pada bagian Site Settings, di kolom Site Name dan Site Description.

isi nama website dan deskripsi

5. Isi Username dan Password

Selanjutnya di bagian Admin Account, silakan isi username, password dan alamat email aktif Anda.

password untuk website wordpress

6. Klik Tombol Install 

instalasi wordpress

Jika proses instalasi WordPress Anda berhasil, maka akan tampil pesan sukses seperti keterangan di bawah ini.

url login wordpress

Pada informasi tersebut terdapat dua url, yaitu url website dan url untuk login ke halaman admin WordPress.

Langkah 4: Login Dasbor WordPress

Setelah Anda mendapatkan email mengenai detail akun website dari Niagahoster, Anda perlu melakukan pengaturan website sesuai dengan yang diinginkan. Karena saat ini website Anda masih memiliki tampilan default dari tema yang Anda pilih di langkah sebelumnya.

Silakan cek email yang Anda gunakan sesuai dengan akun Niagahoster Anda. Email tersebut berisi informasi detail akun website Anda berupa URL login, username, dan password.

login website pribadi

 

Berikut adalah langkah untuk login ke dasbor WordPress Anda.

1. Ketik URL Login Admin

Akses URL login admin website sesuai informasi pada email, berikut contoh URL nya: http://domainanda.com/wp-admin

2. Masukkan Username dan Password

Masukkan username dan password yang tertera pada email di bagian Informasi Detail Akun Website, kemudian klik tombol Log In.

cara membuat wordpress login

3. Berhasil Masuk Dasbor WordPress

Jika username dan password yang Anda masukkan sudah benar, maka akan tampil halaman admin seperti gambar di bawah ini.

cara membuat wordpress dasbor

Dasbor WordPress terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu toolbar (1), menu navigasi (2), dan area kerja (3).

Di toolbar Anda bisa mengelola profil Anda di pojok kanan. Selain itu Anda juga akan mendapatkan notifikasi berapa banyak komentar yang Anda dapatkan melalui toolbar.

Bagian dasbor kedua adalah menu navigasi. Sebagian besar aktivitas mengelola WordPress berada di menu navigasi. Dari menerbitkan blogpost, mengunggah media, menambah halaman, mengelola komentar, mengganti tema, memasang plugin, hingga mengganti pengaturan WordPress.

Di bagian ketiga adalah area kerja utama terdapat empat hal utama berikut:

At a Glance menampilkan jumlah post, halaman, komentar, dan versi WordPress yang digunakan.

Activity menunjukkan informasi singkat tentang post dan komentar terbaru.

Jika Anda punya ide artikel dan ingin segera menulisnya Anda bisa melakukannya di Quick Draft. Namun, Anda tetap harus menerbitkannya melalui menu utama.

WordPress News menampilkan berita terbaru dari WordPress.

Langkah 5: Pasang Tema

Dengan adanya berbagai macam pilihan tema yang menarik dan proses instalasi yang singkat, cara membuat website WordPress akan lebih mudah untuk Anda lakukan. Silakan ikuti langkah di bawah ini jika Anda ingin mengubah tema.

1. Pilih Menu Inspiration

Silakan klik menu Inspiration, kemudian pilih tema yang Anda inginkan, pada tutorial ini kami memilih tema Grid One. Kemudian klik tombol Select untuk memulai instalasi tema.

ganti tema wordpress

2. Preview Website

Akan terlihat seperti apa tampilan website Anda, kemudian tekan tombol Next.

cara membuat website pribadi dengan mengubah tema

3. Isi Informasi Website

Pada bagian selanjutnya, silakan isi bagian kontak berupa nama website, alamat email, no telepon, alamat, dan Anda juga dapat menambahkan akun sosial media. Jika sudah diisi semua, silakan klik tombol Next.

isi kontak

4. Aktifkan Tema

Pilih Make this new Inspiration my website, kemudian klik tombol Install this website! untuk memulai proses instalasi. Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yaitu mengubah tampilan halaman depan atau Home.

instal tema

Langkah 6: Install Plugin

Setelah memasang tema yang Anda inginkan, Anda juga perlu memasang plugin untuk meningkatkan kinerja WordPress. Plugin yang tersedia di WordPress sangat banyak. Memilah satu per satu plugin mana yang harus Anda install di WordPress akan memakan waktu lama.

Namun, tidak perlu khawatir karena kami sudah merangkum plugin wajib apa saja yang perlu Anda install ketika pertama kali membuat WordPress. Berikut adalah plugin yang harus ada di WordPress Anda:

Google XML Sitemaps

Berguna untuk membuat sitemap website sehingga mesin pencari bisa lebih mudah melakukan crawl konten-konten di website Anda.

Yoast SEO

Yoast SEO memiliki pengguna yang lebih banyak jika dibandingkan plugin SEO lainnya. Saat artikel ini ditulis sudah mencapai lebih dari 5 juta instalasi aktif.

Plugin ini menawarkan fitur dan pilihan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan optimasi website WordPress dengan mudah. Tapi setelah melakukan instalasi, Anda harus melakukan pengaturan Yoast SEO terlebih dahulu.

Contact Form 7

Contact Form 7 dapat Anda gunakan untuk mengelola lebih dari satu form kontak. Anda dapat melakukan pengaturan tampilan dan menambah fasilitas seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file.

Masih terdapat beberapa plugin lain yang wajib Anda install dan Anda dapat menemukan plugin-plugin tersebut di artikel ini.

Cara memasang plugin pun cukup mudah. Di menu navigasi, klik Plugin > Add New. Kemudian ketik nama plugin yang ingin Anda pasang di kolom pencarian. Setelah menemukan plugin yang Anda inginkan, pilih Install lalu Activate.

Langkah 7: Terbitkan Artikel

Setelah memasang beberapa plugin dasar, Anda bisa menerbitkan artikel pertama Anda. Berikut adalah caranya:

1. Pilih Menu Blog Posts

Silakan pilih menu Blog Posts > Add New, kemudian masukkan judul, gambar dan isi artikel seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

membuat artikel

2. Pilih Kategori

Tentukan kategori artikel Anda dengan menekan tautan +Add New Category, tambahkan kategori dan tekan Enter.

tambah kategori

3. Tambahkan Tag

Masukkan tag pada bagian Tags, untu tag dapat Anda isi lebih dari satu, berupa kata kunci dari artikel Anda.

tambah tag

4. Publish Artikel

Terbitkan artikel dengan menekan tombol Publish

terbitkan artikel

 

Optimasi Website

Cara membuat website tidak berhenti pada instalasi dan menerbitkan konten saja, tetapi juga bagaimana cara mengoptimalkan kinerjanya. Dengan begitu website Anda bisa berada di posisi teratas hasil pencarian Google, website tidak loading lama, dan memperoleh pengunjung lebih banyak tentunya.

Berikut adalah langkah-langkah optimasi website yang perlu Anda lakukan:

1. Install Caching

Lagi-lagi, Anda perlu memasang plugin. Di poin sebelumnya Anda sudah memasang plugin untuk SEO, yaitu Yoast SEO. Kali ini plugin yang perlu Anda install untuk optimasi WordPress adalah plugin caching. Plugin caching berguna untuk membuat versi statis dari website Anda dan mengirimkannya sehingga website bisa loading lebih cepat.

2. Optimasi Permalink

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL. Contohnya seperti di bawah ini.

https://niagahoster.org/2017/08/10/judul-postingan

Permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi. Ketika menentukan permalink, kami menyarankan agar Anda menggunakan Post Name. Cara ini akan membuat keyword lebih mudah terlihat ketika website Anda tampil di Google.

https://niagahoster.org/judul-postingan

Anda dapat mengubah permalink melalui dashboard WordPress. Silakan pilih menu Settings > Permalinks. Kemudian pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

3. Optimasi Gambar

Optimasi gambar juga diperlukan agar website Anda lebih cepat loading. Mengoptimasi gambar akan membantu website Anda untuk loading lebih cepat karena membuat ukuran gambar yang Anda unggah lebih kecil, tapi dengan kualitas yang sama.

Gambar yang sudah teroptimasi juga membantu website Anda untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google. Anda bisa membaca artikel optimasi gambar WordPress di artikel ini.

4. Aktifkan CDN

CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring konten situs web. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara. Tutorial lengkap bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakannya dapat Anda baca di artikel ini.

Tingkatkan Keamanan Website

Silakan lakukan beberapa perubahan pada website Anda, yaitu mengganti password dan URL login admin. Ini adalah cara membuat website WordPress Anda lebih aman.

1. Ganti Password Login Admin

1. Silakan untuk mengubah password Admin website Anda, dengan mengakses halaman berikut: http://domainanda.com/wp-admin/profile.php (Silakan ganti domainanda.com dengan domain website Anda).

2. Pada bagian Account Management silakan klik tombol Generate Password

ganti password login

3. Masukkan password yang tidak mudah ditebak tapi Anda mudah mengingatnya, misalkan terdiri dari nama Anda dengan huruf besar dan kecil ditambah dengan angka dan simbol khusus. Contoh: NamaandA@1990

buat password untuk website

4. Scroll ke bagian bawah, kemudian klik tombol Update Profile

update profile

2. Ganti URL Login WordPress

Berikut langkah langkah untuk mengganti URL login halaman admin wordpress dengan menggunakan plugin All In One WP Security & Firewall yang sudah terinstal otomatis pada website instant Niagahoster:

1. Pada dashboard admin, silakan pilih menu WP Security > Brute Force.

url login wordpress

2. Centang bagian Check this if you want to enable the rename login page feature. Masukkan nama URL yang Anda inginkan pada bagian Login Page URL. Klik tombol Save Settings untuk menyimpan perubahan.

ubah url login wordpress

3. Pada langkah ini URL login admin website Anda sudah berubah. Jika Anda ingin mengembalikan url login admin seperti sebelumnya, cukup hilangkan centang pada bagian Check this if you want to enable the rename login page feature

hilangkan centang

Kesimpulan

Semakin mudahnya membuat website membuka jalan bagi siapapun untuk meraih kesuksesan di dunia online. Sebab website dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, dari tujuan pribadi, bisnis, maupun tujuan organisasi. Anda bisa memanfaatkan website untuk membuat blog atau website pribadi. Dengan blog atau website pribadi, Anda bisa meningkatkan personal branding Anda.

Website juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan bisnis. Anda bisa membuat toko online atau company profile menggunakan website. Dengan begitu Anda bisa menjual produk atau jasa melalui internet. Terakhir website juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan organisasi, baik itu organisasi pemerintahan, pendidikan, atau organisasi nirlaba.

Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari website dan semakin mudah pembuatannya, tidak ada alasan lagi menunda membuat website. Buat website Anda sekarang juga menggunakan WordPress!

 

4
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

7 Replies to “Cara Mudah Membuat Website dalam 7 Langkah”

  1. Panduan yang sangat bermanfaat. Sepertinya memang wordpress menjadi pilihan utama sebagai CMS., termasuk saya sendiri karena semua website saya menggunakan CMS wordpress.

    1. Halo Arifin. Kamu bisa cek perbedaan blog dan website di artikel ini 7 Perbedaan Blog dan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + one =