Cara Membuat Website Langkah Demi Langkah - Niagahoster

Cara membuat website sangatlah mudah, karena Anda tidak harus menjadi seorang ahli IT untuk membuatnya. Jika saat ini Anda sedang kesulitan mencari cara bagaimana membuat website, Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Pada tutorial ini kami akan membahas bagaimana langkah demi langkah membuat website sampai dapat diakses melalui internet.

Berikut adalah Cara Membuat Website

Langkah 1: Tentukan Platform Website

Sebelum Anda menentukan bagaimana cara membuat website dan nama domain apa yang ingin digunakan, yang pertama kali harus Anda tentukan adalah jenis platform apa yang akan digunakan.

a. Sedikit Penjelasan Mengenai Platform yang Dimaksud

Untuk membuat sebuah website sederhana diperlukan sekumpulan dari code HTML, CSS bahkan PHP. Sehingga, cara membuat website dengan menggunakan beberapa code tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Lalu bagaimana dengan website dengan fitur yang lengkap? Tentu perlu waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

Hal inilah yang membuat orang beranggapan bahwa untuk membuat sebuah website adalah sesuatu yang sulit.

Tapi, dengan adanya sebuah CMS seperti WordPress, kini Anda dapat membuat website dengan mudah dan fitur yang lengkap tanpa harus menguasai pemrograman.

Anda hanya perlu sekali klik instalasi, memasukkan nama, deskripsi website, dan memilih template, website Anda sudah dapat digunakan dan diakses melalui internet.

Singkatnya, CMS merupakan platform yang mudah digunakan untuk membangun sebuah website dan menerbitkan konten.

b. 3 Jenis CMS Paling Populer

perbandingan-cms-populer

Berdasarkan data dari BuiltWith dan W3Techs, WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan. Seluruh website saat ini sebanyak 53% menggunakan WordPress, Joomla 5%, dan Drupal 2%.

c. Kenapa WordPress Banyak Penggunanya?

  1. Gratis – Anda dapat mendownload atau menginstal WordPress secara gratis.
  2. Mudah digunakan – Untuk menggunakan WordPress sangatlah mudah, salah satunya ketika Anda ingin membuat konten disertai gambar dan menerbitkannya.
  3. Responsive – Banyak cara membuat website supaya memiliki tampilan responsive, salah satunya dengan menggunakan WordPress. Website yang Anda buat dengan WordPress dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat, baik mobile, tablet, maupun desktop.
  4. Dukungan komunitas yang besar – Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah pada website Anda, karena Anda bisa mencari solusi melalui komunitas WordPress secara gratis.
  5. Powerfull – WordPress dapat menjalankan berbagai jenis website dengan baik, mulai dari blog personal sampai website perusahaan besar sekelas Star Wars, berdasarkan ulasan wpbeginner.

Dari kelima alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa WordPress adalah platform yang tepat untuk membangun sebuah website.

Langkah 2: Tentukan Nama Domain dan Hosting

Supaya website Anda dapat diakses melalui internet, ada dua hal yang Anda butuhkan, yaitu:

  • Nama domain (sebuah alamat website seperti niagahoster.co.id atau namawebsiteanda.com)
  • Hosting (sebuah layanan untuk menyimpan semua file website sehingga dapat diakses secara online).

Untuk harga hosting ditambah harga domain hanya berkisar Rp.40.000 – Rp.80.000 hitungan per bulannya, tergantung paket hosting yang ingin Anda gunakan.

Memiliki sebuah nama domain seperti namaperusahaananda.com tentu akan membuat website Anda terlihat lebih profesional jika dibandingkan dengan nama website seperti namausahaanda.blogspot.com.

Jika Anda kesulitan dalam menentukan nama domain apa yang tepat untuk website Anda, berikut cara sederhananya:

  • Jika website akan digunakan untuk perusahaan atau bisnis, domain yang digunakan harus mengandung nama perusahaan Anda. Sebagai contoh: namaperusahaananda.com.
  • Jika Anda ingin membuat website pribadi, dapat disesuaikan dengan nama Anda, misalnya: namaanda.com

Lebih lengkapnya untuk menentukan nama domain silakan baca artikel mengenai strategi memilih nama domain.

Selain domain, tentu Anda membutuhkan hosting untuk menyimpan file website. Anda akan memiliki kontrol penuh pada website yang Anda kelola. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hosting.

Berikut 6 hal yang harus Anda cek sebelum memilih hosting:

  1. Kualitas performa server
  2. Customer Support 24 jam dan berkualitas
  3. Harga terjangkau dan unlimited
  4. Garansi uang kembali
  5. Fitur keamanan
  6. Review pelanggan

Untuk lebih jelasnya mengenai 6 hal tersebut, silakan cek artikel mengenai cara memilih web hosting terbaik.

Langkah 3: Order Hosting dan Domain

cara order hosting untuk membuat website

Setelah Anda menemukan nama domain yang tepat, langkah berikutnya adalah melakukan order domain dan hosting. Jika Anda mengorder hosting di Niagahoster akan mendapatkan satu domain gratis mulai dari paket hosting Pelajar.

Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan order hosting dengan domain gratis, tapi jika Anda sudah memiliki hosting dan domain, silakan langsung menuju ke Langkah 4.

1. Silakan akses url berikut https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia

2. Kemudian pilih paket hosting yang ingin Anda gunakan dengan menekan tombol Pilih Sekarang, pada contoh ini kami memilih paket Hosting Personal.

cara membuat website dengan order hosting

3. Pilih durasi hosting yang ingin Anda gunakan, pada contoh ini kami memilih durasi 1 tahun, kemudian klik tombol Selanjutnya.

durasi hosting untuk membuat website

4. Silakan masukkan nama domain yang ingin Anda gunakan, kemudian klik tombol Cari Domain.

tentukan nama domain

5. Jika domain Anda tidak tersedia silakan cari nama domain lainnya, jika domain Anda tersedia silakan klik tombol Tambah Ke Cart.

domain tersedia

6. Akan tampil rincian order Paket Hosting dan Domain Gratis Anda beserta total harganya, kemudian klik tautan Lanjut Ke Checkout >

checkout

7. Jika Anda pengguna baru silakan klik tombol Selanjutnya, sedangkan jika Anda sudah memiliki akun di Niagahoster, silakan login dengan memasukkan Email dan Password.

cara membuat website di niagahoster

8. Untuk Anda pengguna baru, silakan masukkan detail informasi yaitu berupa Email, Password untuk akun Niagahoster Anda, Nama Lengkap, Alamat, Kota, Kode Pos, dan Nomor Telepon.

isi data untuk domain website

9. Pada bagian bawah silakan pilih metode pembayaran, terdapat dua jenis, yaitu Manual Aktivasi dan Instant Aktivasi. Silakan pilih salah satu sesuai dengan akun pembayaran yang Anda miliki. Pada contoh ini kami memilih Manual Aktivasi, yaitu pembayaran dengan transfer bank.

metode pembayaran

10. Lanjut ke bagian bawah, jika Anda memiliki kode promo untuk hosting, silakan masukkan pada kolom kode promosi kemudian tekan tombol Terapkan. Jika tidak memiliki kode promo silakan langsung klik tombol Checkout Sekarang.

checkout sekarang

11. Akan muncul halaman mengenai order Anda, silakan klik tombol Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayaran.

cara melakukan pembayaran

12. Akan tampil total tagihan yang harus Anda bayarkan, silakan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan tersebut, agar dapat diproses oleh sistem secara otomatis.

harga hosting dan domain

13. Silakan cek inbox email Anda, akan diinformasikan mengenai detail login ke cPanel akun hosting Anda.

Catatan: Jika Anda telah memilih sebuah domain ketika melakukan pendaftaran, maka perlu diingat bahwa domain Anda tidak akan dapat diakses di internet secara langsung. Proses ini disebut dengan pointing dan membutuhkan waktu 5 menit hingga maksimal 24 jam. Email dan website Anda tidak akan berfungsi dengan baik hingga domain Anda terpointing.

Langkah 4: Lakukan Instalasi Website

cara membuat website dengan wordpress

a. Instal WordPress

Setelah hosting dan domain Anda aktif, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress di cPanel, untuk login ke cPanel silakan gunakan detail login cPanel yang dikirimkan ke email Anda dari Niagahoster. Berikut langkah selengkapnya:

1. Silakan login di cPanel, pada umumnya menggunakan url http://namadomainanda.com/cpanel (ganti namadomainanda.com dengan nama domain yang dimiliki), silakan klik menu berlogo WordPress.

cara membuat website di cpanel

2. Kemudian klik tombol Install Now

cara membuat website dengan wordpress

3. Pada kolom Choose Domain silakan pilih nama domain Anda.

pilih nama domain

4. Selanjutnya untuk mengisi nama website dan deskripsi dapat Anda isi pada bagian Site Settings, di kolom Site Name dan Site Description.

isi nama website dan deskripsi

5. Selanjutnya di bagian Admin Account, silakan isi username, password dan alamat email aktif Anda.

password untuk website wordpress

6. Klik tombol Install untuk menjalankan proses instalasi WordPress.

instalasi wordpress

Jika proses instalasi WordPress Anda berhasil, maka akan tampil pesan sukses seperti keterangan di bawah ini.

url login wordpress

Pada informasi tersebut terdapat dua url, yaitu url website dan url untuk login ke halaman admin WordPress.

b. Ganti Template WordPress

Setelah Anda berhasil menginstal WordPress di cPanel, langkah selanjutnya adalah mengganti template WordPress.

1. Silakan login ke dashboard WordPress dengan menggunakan username dan password yang Anda buat ketika menginstal WordPress, untuk URL login berupa http://namadomainanda.com/wp-admin/ (silakan ganti namadomaianda.com dengan nama domain yang Anda miliki).

login wordpress

2. Setelah berhasil login, silakan pilih menu Appearance > Themes > Add New.

ganti theme wordpress

3. Silakan pilih salah satu template untuk Anda instal dengan menekan tombol Install, jika tidak ada template yang sesuai, Anda dapat mencarinya pada kolom pencarian atau kategori template.

instal template wordpress

4. Kemudian klik tombol Activate untuk mengaktifkan template yang Anda instal.

aktifkan template wordpress

c. Ubah Permalink

Mengubah permalink adalah salah satu cara membuat website Anda supaya setiap URL artikelnya mudah diingat. Tentu pengunjung akan lebih mudah mengingat url postingan dengan alamat http://namadomainanda.com/judul/ jika dibandingkan dengan http://namadomainanda.com/?p=367, berikut langkahnya:

1. Pada dashboard WordPress klik menu Settings > Permalinks

ubah permalink

2. Pilih Post name

pilih post name

3. Tekan tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan

simpan perubahan

d. Buat Halaman Baru

Sebuah website tentu akan memerlukan halaman seperti halaman Tentang Kami atau kontak. WordPress, memudahkan Anda bagaimana cara membuat website hanya dengan beberapa klik untuk menambahkan menu. Berikut adalah langkah untuk membuatnya:

1. Silakan pilih menu Pages > Add New

cara membuat website dengan tambah halaman

2. Masukkan judul dan isi konten, kemudian klik tombol Publish

membuat halaman website

e. Tambahkan Menu

Setelah Anda membuat halaman dan ingin menampilkannya pada bagian navigasi bar, silakan tambahkan halaman tersebut pada menu, berikut ini langkahnya:

1. Pilih menu Appearance > Menus

tambah menu

2. Isi nama menu dan klik tombol Create Menu

membuat menu wordpress

3. Centang halaman yang ingin ditambahkan ke menu, klik tombol Add to Menu, centang Top Menu, kemudian klik tombol Save Menu.

membuat menu di wordpress

f. Terbitkan Artikel

Untuk menerbitkan artikel tidak jauh berbeda seperti membuat halaman baru. Berikut ini adalah langkahnya:

1. Klik menu Posts > Add New

membuat postingan baru

2. Masukkan judul artikel beserta isi artikel, tekan tombol Add Media jika ingin menambahkan gambar pada postingan.

tulis artikel

3. Isi kategori sesuai dengan artikel Anda dengan menekan + Add New Category, kemudian tekan Enter.

tambah kategori

4. Masukkan tag yang berhubungan dengan artikel Anda.

buat tag wordpress

5. Tambahkan gambar utama dengan menekan tautan Set featured image.

buat featured image

6. Setelah Anda selesai membuat artikel, silakan tekan tombol Publish untuk menerbitkan artikel Anda.

publish artikel

Langkah 5: Optimasi Website

Jika Anda ingin mengetahui cara membuat website yang dapat bersaing di search engine, berikut ini adalah beberapa optimasi yang dapat Anda lakukan:

Video Tutorial Cara Membuat Website

Jika Anda ingin melihat video langkah demi langkah cara membuat website, mulai dari melakukan pemesanan hosting sampai menerbitkan artikel, kami sudah membuatkannya untuk Anda.

Kesimpulan

Itulah cara membuat website dengan WordPress yang dapat Anda lakukan dengan cepat tanpa harus menguasai pemrograman. Jika Anda sudah mengikuti langkah demi langkah pada tutorial ini, berarti saat ini Anda sudah memiliki sebuah website.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai tutorial ini, jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat, silakan share di akun sosial Anda. Untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda, silakan Subscribe melalui kolom yang tersedia. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!