Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Yuk Kenali Jenis-Jenis Layanan Hosting!

7 min read

Jenis layanan hosting

Sudahkah Anda tahu jenis layanan hosting yang tepat untuk kebutuhan website Anda? Jika belum, ada baiknya Anda mengetahui bahwa ada enam jenis hosting yang biasanya ditawarkan, yaitu Shared, Cloud, VPS, Dedicated Hosting, WordPress hosting, dan Email Hosting.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengenali kekurangan dan kelebihan masing-masing agar dapat menentukan jenis layanan hosting yang tepat. Selamat membaca!

Apa Itu Layanan Web Hosting?

Web hosting adalah layanan penyewaan server untuk menyimpan data sebuah situs agar dapat ditampilkan kepada pengguna internet yang mengaksesnya.

7 Jenis Layanan Hosting

Setiap perusahaan web hosting menawarkan jenis hosting yang berbeda-beda. Akan tetapi, ada empat jenis layanan hosting yang dapat ditemui secara umum, yaitu:

  1. Shared Hosting
  2. Cloud Hosting
  3. VPS Hosting
  4. Dedicated Hosting
  5. WordPress Hosting
  6. Email Hosting.

Pada bagian ini, Anda akan diajak untuk mengenali kelebihan serta kekurangan masing-masing jenis agar dapat memilih layanan web hosting yang terbaik.

Baca Juga: Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting?

1. Shared Hosting

Jenis layanan hosting - ilustrasi shared hosting

Shared hosting adalah jenis yang tepat jika Anda belum berpengalaman dalam membuat dan menjalankan website. Tak hanya itu, layanan hosting ini juga cocok untuk website dengan traffic yang belum tinggi atau jumlah pengunjung sedikit.

Di Niagahoster, layanan shared hosting dikenal juga dengan unlimited hosting. Jika Anda ingin tahu apakah layanan ini cocok untuk Anda, mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan

Shared hosting adalah pilihan tepat untuk pemula karena kemudahan penggunaannya. Jenis hosting ini bersifat fully managed. Dengan kata lain, pengelolaan dan konfigurasi server ditanggung oleh penyedianya.

Dari sisi operasional pun biasanya pengguna shared hosting dimanjakan dengan panel kontrol yang mudah digunakan, seperti cPanel.

Yang tak kalah menarik, layanan hosting ini umumnya ditawarkan dengan harga terjangkau. Di Niagahoster, misalnya, Anda dapat membeli layanan ini dengan Rp 10.000 per bulan.

Beli Hosting Sekarang Lebih Hemat hingga 75%

Walau demikian, shared web hosting murah bisa diandalkan bagi website yang tidak memakan sumber daya besar.

Untuk mendapatkan sumber daya lebih besar, ada dua opsi yang bisa Anda pilih: cloud hosting dan VPS hosting. Bagi Anda yang menginginkan kemudahan, cloud hosting adalah pilihan yang lebih tepat. Namun, VPS hosting lebih cocok apabila Anda memiliki keahlian teknis untuk mengelola server.

Baca Juga: Cara Memilih Paket Unlimited Hosting

Kekurangan

Shared hosting memang mudah digunakan dan tidak memakan biaya besar. Namun, sumber daya yang ditawarkan jenis web hosting ini sangat terbatas. Selain itu, satu server shared hosting digunakan oleh beberapa website. Oleh karenanya, overload pada salah satu website dapat berdampak pada website lainnya.

Ditambah lagi, pengguna jenis hosting ini tidak mendapatkan akses untuk mengubah konfigurasi server agar sesuai dengan kebutuhan website.

Baca Juga: Daftar Lengkap Kekurangan Hosting Gratis

2. Cloud Hosting

Jenis layanan hosting - ilustrasi cloud hosting

Anda tidak memiliki pengetahuan teknis tetapi website membutuhkan sumber daya lebih besar? Cloud hosting adalah jawabannya. Jenis web hosting ini menawarkan kemudahan penggunaan yang ada pada shared hosting, tetapi dengan kapasitas penyimpanan serta bandwidth yang lebih tinggi.

Kelebihan

Seperti yang baru saja disebutkan, cloud hosting adalah jenis hosting yang juga ramah pengguna. Seperti pada jenis layanan hosting sebelumnya, cloud hosting juga bersifat fully managed. Dengan demikian, perhatian dan waktu Anda bisa lebih terfokus pada pengelolaan website — atau toko online, bagi yang memilikinya.

Akan tetapi, keunggulan utama cloud hosting terletak pada mekanismenya. Data website pengguna diduplikasi dan disimpan di beberapa server. Jika satu server mengalami masalah, server lainnya akan diaktifkan agar website tetap dapat berjalan.

Beli Cloud Hosting, Lebih Hemat sampai 75%

Ditambah lagi, sumber daya server cloud hosting tidak digunakan bersama-sama seperti pada shared hosting. Dengan demikian, website Anda tidak akan melambat jika ada website lain yang mengalami overload.

Kekurangan

Di samping kecanggihan yang ditawarkan cloud hosting, biaya yang perlu dikeluarkan pengguna tidak rendah. Sebagai contoh, layanan cloud hosting Niagahoster dimulai dari Rp 150.000 per bulan. Selain itu, akses konfigurasi server juga tidak diberikan di jenis web hosting ini.

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Hosting

3. VPS Hosting

Jenis layanan hosting - ilustrasi VPS hosting

VPS atau virtual private server hosting merupakan opsi bagi pengguna yang membutuhkan sumber daya besar dan keleluasaan lebih dalam menyesuaikan pengaturan server dengan kebutuhannya. Kabar baiknya, VPS adalah layanan hosting umumnya lebih terjangkau daripada cloud hosting.


Yuk, coba layanan VPS Murah Indonesia dari Niagahoster!


Kelebihan

Konsep VPS hosting sebetulnya mirip dengan shared hosting — satu server digunakan oleh beberapa website sekaligus.

Akan tetapi, sumber daya VPS hosting bersifat dedicated. Dengan kata lain, performa website Anda tidak akan terpengaruh masalah yang terjadi pada website pengguna lain.

Tak hanya itu, pengguna VPS hosting dapat menikmati keunggulan-keunggulan berikut:

  • Bebas memilih sistem operasi server — Anda bisa menentukan sistem operasi yang digunakan server agar sesuai dengan kemampuan teknis Anda atau kebutuhan website
  • Keleluasaan dalam menentukan jenis panel kontrol — VPS hosting menawarkan opsi panel kontrol canggih seperti Webuzo dan VestaCP. Namun, pengguna juga dapat memilih cPanel untuk kemudahan
  • Root Access — Anda memiliki kebebasan untuk mengubah berbagai pengaturan server hosting yang digunakan
  • Dedicated IP — Reputasi IP address website Anda tidak akan dipengaruhi oleh website lain. Untuk memahami hal ini lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel tentang dedicated IP.

Fitur-fitur tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih rendah daripada cloud hosting. Di Niagahoster, tersedia berbagai jenis VPS sesuai kebutuhan Anda. Menariknya lagi, biaya layanan sewa VPS hosting dimulai dari Rp99ribu saja per bulan.

Ingin Lebih Hemat? Beli VPS Sekarang Diskon up to 70%

Baca Juga: VPS Windows

Kekurangan

Meskipun menawarkan root access, VPS hosting bersifat self-managed yang artinya Anda bertanggung jawab untuk mengelola server sendirian.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang server adalah hal utama yang perlu Anda miliki jika ingin menggunakan VPS hosting. Pasalnya, berbagai pengaturan server yang ada membutuhkan keahlian dalam menggunakan command line yang sesuai dengan sistem operasi server.

Apabila tidak memiliki pengetahuan teknis tetapi membutuhkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih besar dari shared hosting, cloud hosting adalah pilihan yang lebih cocok untuk Anda.

Baca juga: Yakin Mau Urus Server Sendiri? Rugi dan Buang Waktu!!!

4. Dedicated Hosting

Jenis layanan hosting - ilustrasi dedicated hosting

Dedicated hosting adalah sebuah “upgrade” dari VPS hosting. Kemampuannya sama seperti jenis web hosting yang barusan dibahas. Akan tetapi, satu server hanya dipakai oleh satu pengguna.

Kelebihan

Dengan server yang didedikasikan untuk Anda seorang, Anda tidak perlu takut akan downtime. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang didapatkan pun tentunya lebih besar dari yang ditawarkan ketiga jenis layanan hosting di atas. Karena inilah dedicated hosting sangat cocok untuk website dengan banyak data dan pengunjung.

Selain itu, dedicated hosting juga memiliki keunggulan yang ada pada VPS hosting, termasuk root access, dedicated IP, serta kebebasan memilih sistem operasi serta panel kontrol.

Kekurangan

Seperti VPS hosting, pengoperasian dedicated hosting mewajibkan Anda untuk memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi karena pengelolaan server tidak dilakukan penyedia hosting.

Ditambah lagi, biaya jenis hosting ini paling mahal dibandingkan jenis lainnya — harga rata-ratanya di atas satu juta rupiah per bulan.

Baca Juga: Image Hosting

5. WordPress Hosting

Tentang WordPress Hosting Niagahoster

WordPress hosting adalah layanan berbasis shared hosting yang dioptimalkan untuk penggunaan website WordPress.

Jadi bagi Anda yang sudah familiar dengan WordPress, hosting ini adalah pilihan tepat. Sebab, Anda bisa langsung fokus ke pengembangan bisnis alih-alih urusan teknis situs.

Baca Juga: Keunggulan WordPress Niagahoster

Kelebihan

Layanan Hosting WordPress Terbaik Niagahoster menawarkan berbagai fitur hebat yang memaksimalkan kinerja website. Mulai dari WordPress Accelerator untuk meroketkan kecepatan situs, WordPress Management untuk mengelola situs, dll.

Tanpa banyak utak-atik secara teknis, Anda bisa langsung memakai website WordPress. Sebab, konfigurasi server sudah dilakukan Niagahoster. Jadi, performa website WordPress Anda sudah terbilang optimal.

Meski begitu, Anda tetap mendapatkan akses ke cPanel. Jadi Anda tetap bisa mengutak-atik teknis web secara mandiri, jika mau.

Kekurangan

Karena dirancang untuk penggunaan WordPress, layanan hosting ini pasti punya beberapa batasan. Misalnya, akses Anda ke server ataupun konfigurasi jadi tidak seleluasa jenis hosting lain seperti VPS. Sebab, semuanya sudah diatur oleh System Administrator.

Selain itu, sumber daya hosting pun juga tidak sebesar VPS ataupun Cloud Hosting. Alasannya, WordPress Hosting menggunakan sistem shared hosting yang servernya digunakan bersama user lainnya. Sehingga, bisa jadi terjadi overload ataupun gangguan bersama.

Baca Juga: Pentingnya Hosting

6. Email Hosting

Tentang Email Hosting Niagahoster

Lain daripada jenis hosting di atas, email hosting adalah web hosting khusus untuk email. Artinya, server yang Anda pakai memang dirancang untuk mengirim serta menerima email secara profesional.

Menggunakan hosting email, Anda bisa memiliki email dengan domain sendiri. Misalnya, ega@tokonia.com.

Baca Juga: Email Hosting Niagahoster

Kelebihan

Daripada email biasa ataupun bawaan dari layanan hosting, email hosting memberikan fitur yang lebih lengkap. Mulai dari backup mingguan, jaminan email sampai ke konsumen, aman dari spam, sampai kemampuan mengirim ribuan email per hari.

Dan, tak sedikit lho jumlahnya. Email hosting memungkinkan Anda mengirim 100 hingga 400 email/jamnya. Artinya, Anda punya jatah mengirim hingga 9600 email/hari. Banyak sekali, bukan?

Selain itu, email hosting juga berada di server yang terpisah dari web hosting. Sehingga, performanya pun lebih optimal.

Baca Juga: Ingin Punya Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!

Kekurangan

Di samping kelebihannya, email hosting punya beberapa kekurangan. Pertama, Anda hanya bisa membuat akun email dengan domain utama saja.

ega@tokonia.com, misalnya. Anda tidak bisa menggunakan domain lain semacam ega@jualbarkas.com.

Fitur dan kapasitas yang Anda dapatkan juga agak terbatas. Tidak ada fitur addon domain, sub domain, dan park domain. Mengenai ruang penyimpanan, besarannya tergantung paket pilihan Anda.

Jenis Layanan Hosting Mana yang Tepat?

Anda bisa menganggap layanan web hosting sebagai sebuah investasi jangka panjang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis web hosting yang tepat bagi website Anda. Jika salah pilihan, situs Anda mungkin tidak akan berjalan seperti yang telah direncanakan dan uang yang Anda keluarkan terbuang sia-sia.

Agar lebih mantap dalam menentukan pilihan Anda, kelebihan dan kekurangan keempat jenis layanan hosting pada bagian sebelumnya kami rangkum dalam tabel di bawah ini.

Jenis Web HostingKelebihanKekurangan
Shared– Harga sangat terjangkau
– Mudah digunakan bagi pengguna baru
– Fully managed. Konfigurasi dan pengelolaan server ditanggung penyedia hosting
– Overload dan gangguan pada satu website akan mempengaruhi yang lainnya
– Sumber daya sangat terbatas
– Pengguna tidak memiliki akses untuk konfigurasi server
Cloud– Website Anda tetap dapat berjalan ketika salah satu server mengalami masalah
– Gangguan pada website lainnya tidak mempengaruhi website Anda
– Fully managed dan mudah digunakan seperti shared hosting
– Biaya mahal
– Tidak ada akses untuk konfigurasi server
VPS– Gangguan pada website lainnya tidak mempengaruhi situs Anda
– Pengguna mendapatkan root access atau akses untuk konfigurasi server
– Pengguna bebas memilih sistem operasi server dan panel kontrol
– Pengguna mendapatkan dedicated IP
– Harganya tidak murah, tetapi tidak terpaut jauh dengan harga shared hosting
– Pengguna harus memahami cara konfigurasi dan pengelolaan server
Dedicated– Satu server hanya dipakai oleh satu pengguna
– Pengguna mendapatkan root access atau akses untuk konfigurasi server
– Pengguna bebas memilih sistem operasi server dan panel kontrol
– Pengguna mendapatkan dedicated IP
– Pengguna harus memahami cara konfigurasi dan pengelolaan server
– Biaya yang sangat tinggi
WordPress Hosting– Harga terjangkau
– Tidak perlu melakukan konfigurasi server sendiri
– Website siap pakai
– Mudah kelola website lewat WP Management
– Gratis SSL dan domain
– Sumber daya digunakan bersama sehingga rawan overload
– Akses server terbatas
– Konfigurasi terbatas 
Email Hosting– Mampu mengirim hingga 9600 email/hari
– Keamanan lebih terjamin
– Ruang penyimpanan lebih besar
– Meningkatkan kredibilitas bisnis
– Jumlah pengiriman email lebih banyak
– Tersedia fitur backup
– Hanya bisa memakai domain utama
– Tidak ada fitur addon domain, sub domain, dan park domain
– Kapasitas kotak email terbatas

Baca juga: Shared Hosting vs VPS

Lalu, jenis hosting manakah yang tepat untuk Anda? Jawabannya tergantung pada jenis website dan kemampuan teknis yang Anda miliki. Di bawah ini kami jabarkan contoh penggunaan masing-masing jenis web hosting.

Jenis Web HostingCocok untuk
Shared– Pengguna yang baru belajar membuat dan mengelola website
– Website kecil dengan jumlah pengunjung sedikit
– Website yang tidak membutuhkan sumber daya besar
Cloud– Pengguna yang belum paham dengan pengelolaan server, tetapi memiliki website dengan jumlah pengunjung banyak
– Website yang membutuhkan sumber daya besar dan skalabilitas yang baik
VPS– Pengguna dengan pengetahuan teknis yang mumpuni
– Pengguna yang menginginkan sumber daya terdedikasi dengan biaya cukup rendah
– Website yang membutuhkan skalabilitas tinggi
Dedicated– Pengguna dengan pengetahuan teknis yang mumpuni
– Pengguna yang menginginkan sumber daya terdedikasi dan mampu mengeluarkan biaya dalam jumlah besar
– Website yang membutuhkan skalabilitas tinggi
WordPress Hosting– Pengguna yang sudah familiar dengan WordPress
– Pengguna yang menginginkan kemudahan dalam membuat website.
– Pengguna yang menginginkan layanan web hosting dengan performa server hebat, memiliki banyak fitur, dan harga terjangkau.
Email Hosting– Pelanggan layanan Unlimited Hosting Niagahoster yang terhambat kapasitas penyimpanan email dan terkendala batasan pengiriman email harian.
– Pelanggan VPS yang menginginkan server khusus untuk pengiriman email namun tidak dapat melakukan setup sendiri.
– Pengguna yang memiliki kebutuhan pengiriman email harian tinggi dan memerlukan kapasitas penyimpanan besar tanpa perlu mengatur konfigurasi teknis.

Baca juga: 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda

Buat Website Anda Bersama Niagahoster

Dalam artikel ini Anda telah mempelajari karakteristik empat jenis layanan web hosting, yaitu Shared, Cloud, VPS, Dedicated Hosting, WordPress hosting, dan Email Hosting. Di samping itu, Anda juga telah dipandu untuk memilih jenis yang tepat bagi kebutuhan website Anda.

Semua jenis layanan hosting yang tadi disebut, kecuali dedicated hosting, bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau di Niagahoster — mulai dari Rp 10.000 per bulan.

Selain biaya ringan, web hosting Niagahoster juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, termasuk LiteSpeed web server untuk meningkatkan kecepatan website dan Imunify 360 yang melindungi Anda dari serangan malware maupun hacker. Ditambah lagi, ada layanan customer support yang siap membantu Anda 24 jam.

Beragam Paket Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

Jadi, tunggu apa lagi? Anda bisa membuat website Anda dan mendapatkan berbagai keuntungan di atas! Dengan membeli layanan web hosting Niagahoster Anda akan mendapatkan harga hosting spesial berkat banyaknya promo yang tersedia.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Niagahoster memiliki program bagi-bagi vps gratis dan hosting gratis yang bisa diikuti oleh siapapun!

Jadi, tunggu apa lagi?

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *