Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

7 Alasan Anda Harus Menyewa VPS

5 min read

featured image sewa VPS

“Apakah saya perlu menyewa VPS?”

Pertanyaan itu mungkin sedang ada di benak Anda saat ini, ya. Bisa karena kunjungan di toko online Anda makin tinggi dan ingin melakukan upgrade, atau Anda berencana membangun website dengan kebutuhan resource yang besar. 

Kedua kondisi di atas memang membutuhkan paket hosting yang mumpuni. Tapi, apakah benar Anda perlu menyewa VPS server?

VPS adalah layanan hosting menawarkan kualitas server yang baik dan didukung dengan beberapa keunggulan yang diperlukan website dengan kebutuhan resource besar.

Dengan begitu, website Anda nantinya bisa lebih stabil dan mampu menampung banyak pengunjung dalam waktu bersamaan.

Tapi, bukan hanya itu alasan kenapa harus menggunakan VPS, lho. Penasaran apa saja alasan lainnya? Mari simak satu per satu di artikel ini!

7 Alasan Anda Harus Menyewa VPS

Kami akan membahas satu per satu alasan kenapa harus menggunakan VPS berikut ini:

  • Butuh sumber daya berkapasitas besar
  • Ingin hosting dengan sumber daya terdedikasi
  • Membutuhkan IP address terdedikasi
  • Membutuhkan akses penuh ke pengaturan hosting
  • Butuh kebebasan memilih sistem operasi dan panel kontrol
  • Ingin mengelola lebih dari satu akun hosting
  • Butuh hosting untuk kebutuhan selain menjalankan website

Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Butuh Sumber Daya Berkapasitas Besar

Sumber daya atau resource hosting sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan website.

Misalnya, Anda memiliki website toko online yang kian ramai pengunjung. Kalau tidak dibarengi dengan peningkatan resource hosting, toko online Anda akan lambat atau bahkan susah diakses.

Jika situasinya demikian, pengunjung pasti enggan untuk kembali. Anda pasti tidak ingin itu terjadi, kan?

Itulah salah satu alasan sewa VPS yang utama. Hosting ini menawarkan sumber daya berkapasitas besar. Dengan begitu, website akan dapat menampung lebih banyak pengunjung.

Selain itu, kapasitas resource yang besar juga memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak data. Ini penting untuk website toko online yang umumnya menyimpan banyak data transaksi, akun pelanggan, dan foto-foto produk.

2. Ingin Hosting dengan Sumber Daya Terdedikasi

Apakah kinerja website Anda tidak stabil? Terkadang kecepatan loadingnya baik, tetapi bisa sewaktu-waktu lambat? Kalau seperti itu, website jadi tidak dapat melayani pengunjung dengan maksimal, bukan?

Untuk menghindari masalah itu, sebaiknya Anda menggunakan hosting yang sumber dayanya terdedikasi alias bisa Anda manfaatkan sepenuhnya. Kebetulan, VPS adalah hosting yang menawarkan hal tersebut. 

Sebagai contoh,  Anda memilih layanan VPS dengan penyimpanan 10GB. Maka, Anda bisa menggunakan seluruh resource itu untuk kebutuhan website Anda. Berbeda dengan shared hosting yang resourcenya dibagi ke beberapa pengguna.

Jadi, untuk kualitas website yang lebih optimal berkat sumber daya yang oke, menyewa VPS server memang pilihan terbaik. 

Bahkan, kalau Anda ingin performa yang lebih stabil lagi, Anda bisa memilih VPS KVM di Niagahoster. Layanan VPS ini memungkinkan Anda menentukan alokasi resource berkat teknologi virtualisasi yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur sumber daya dengan bebas dan stabilitas kinerja hosting terjaga.

Tertarik dengan VPS KVM? Pilih paket Anda!

3. Membutuhkan IP Address Terdedikasi

Anda sedang menjalankan promosi bisnis dengan email marketing, tapi email Anda justru sering masuk ke folder spam? Kalau terus seperti itu, upaya marketing Anda bisa terancam gagal, ya?

Nah, hal itu bisa jadi karena reputasi alamat IP atau IP address Anda buruk, sehingga demi keamanan diarahkan ke folder spam, bukan inbox email audiens tujuan.

Reputasi IP yang buruk terjadi karena Anda atau orang lain yang menggunakan IP tersebut diduga sering mengirim email spam. Ini dapat terjadi di layanan shared hosting karena satu alamat IP digunakan beberapa pengguna sekaligus.

Kalau demikian, menggunakan IP address yang terdedikasi, di mana Anda memiliki IP address pribadi, bisa menjadi solusi. Sebab, Anda sendiri yang mengelola reputasinya.

Untungnya, semua layanan VPS hosting Niagahoster memberikan alamat IP terdedikasi bagi penggunanya. Anda bisa mendapatkanya di semua VPS Niagahoster. Baik Cloud VPS, VPS KVM, CyberPanel VPS, dan VPS cPanel.

4. Membutuhkan Akses Penuh ke Pengaturan Hosting

Bagi Anda yang menggunakan shared hosting, Anda mungkin merasakan beberapa pengaturan utama sudah ditentukan demi kestabilan layanan.

Jadi, kalau Anda menginginkan pengaturan yang lebih leluasa, menyewa VPS adalah kuncinya. Sebab, Anda akan mendapatkan root access, yaitu akses terhadap semua pengaturan hosting.

Bahkan, dengan root access, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengubah pengaturan hosting Anda. Hal itu penting jika Anda mengelola VPS bersama tim. 

Dengan adanya root access, Anda jadi bisa memberikan akses pengaturan kepada anggota tim yang Anda tugasi mengelola server saja. Tujuannya, agar tidak ada orang lain yang mengakibatkan error di server akibat kesalahan setting.

5. Butuh Kebebasan Memilih Sistem Operasi dan Panel Kontrol

Anda ingin menyewa VPS server, tetapi tidak terbiasa jika harus mengoperasikan hosting melalui terminal Linux? Tidak masalah!

Di Niagahoster, Anda bisa memilih layanan VPS KVM dan menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. 

Tak hanya pekerjaan jadi lebih mudah karena Anda lebih familiar dengan antarmuka Windows. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi berbasis Windows, seperti ASP dan MS Access.

Yang menarik, layanan VPS Niagahoster menyediakan berbagai pilihan sistem operasi lain sesuai kebutuhan Anda, seperti Ubuntu, CentOS, dan Debian.

Tak hanya sistem operasi, layanan VPS Niagahoster juga menyediakan beberapa opsi control panel VPS yang bisa Anda pilih. Di antaranya, ada Webuzo, WHM, dan Cyberpanel.

Dengan kelebihan itu, Anda bisa memilih opsi yang pengoperasiannya Anda kuasai. Atau, Anda juga bisa memilih panel kontrol tertentu untuk fitur yang lebih bermanfaat untuk Anda.

6. Ingin Mengelola Lebih Dari Satu Akun Hosting

Anda memiliki bisnis pembuatan website dan kewalahan mengelola jumlah website klien yang semakin banyak?

Hal itu bisa menjadi alasan kenapa Anda harus menggunakan VPS. Selain mendapatkan sumber dayanya besar dan terdedikasi, Anda juga bisa membuat lebih dari satu akun hosting dengan panel WHM. Nantinya, Anda dapat mengelola semua akun itu dari satu panel saja.

Menariknya, layanan VPS cPanel Niagahoster sudah disertai lisensi WHM untuk membuat hingga lima akun hosting. Jika menggunakan VPS lainnya, Anda harus membeli lisensi secara terpisah, lho.

Jadi, VPS cPanel bisa memenuhi kebutuhan Anda yang memiliki bisnis pembuatan website.

Ingin menggunakan VPS cPanel? Klik di bawah untuk memilih paket Anda, ya!

7. Butuh Hosting untuk Kebutuhan Selain Menjalankan Website

Anda membutuhkan layanan hosting tapi bukan untuk menjalankan website? 

Itulah saatnya Anda mulai menyewa VPS server. Alasannya, kebebasan yang ditawarkan oleh layanan VPS memungkinkan Anda untuk:

  • Membuat server game yang pengaturannya Anda tentukan
  • Membuat VPN untuk membatasi akses ke jaringan Anda
  • Menyimpan backup data
  • Menguji aplikasi

Semua kebutuhan di atas, tentu tidak disarankan untuk dikembangan menggunakan layanan hosting lain seperti shared hosting. Alasannya, performa yang dihasilkan bisa saja terbatas atau tidak sesuai kebutuhan.

Cara Sewa VPS di Niagahoster

Sebelumnya Anda sudah paham alasan menyewa VPS. Lalu, apakah Anda penasaran bagaimana cara menyewa VPS di Niagahoster? Gampang, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi laman VPS Murah Niagahoster. Jika sudah, pilihlah paket VPS sesuai kebutuhan.

cara membeli vps pilihan paket menyewa vps server

2. Setelahnya, Anda akan diminta memilih Durasi Paket dan mengisi Hostname Cloud VPS. Jika sudah, klik tombol Lanjutkan.

klik lanjutkan

3. Di halaman selanjutnya, Anda akan menjumpai beberapa fitur tambahan yang bisa diinstall ke VPS. Silakan pilih sesuai kebutuhan atau klik Lanjutkan jika tidak memerlukannya.

4. Setelahnya, Anda akan diminta memilih OS VPS untuk diinstall. Sebagai contoh, kami memilih Ubuntu 18.04. Lalu, klik Install.

cara membeli vps pilih os kenapa harus menggunakan vps

5. Di halaman berikutnya, Anda bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk login akun Niagahoster. Jika keduanya sudah, klik Checkout Sekarang.

cara membeli vps checkout kenapa harus menggunakan vps

6. Pada cara menyewa VPS server berikutnya, silakan lakukan pembayaran sesuai informasi yang tertera. Jika sudah, lanjutkan dengan konfirmasi pembayaran di Member Area Niagahoster.

7. Terakhir, dari beranda Member Area silakan menuju bagian Layanan Anda. Kemudian, klik tab Cloud VPS lalu klik tombol Kelola VPS. Nah, berikut tampilan dashboard VPS:

cara membeli vps berhasil menyewa server vps

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membeli VPS Niagahoster?

Ingin Menyewa VPS? Niagahoster Tempatnya!

Beda jenis website, membutuhkan server yang berbeda pula. Belum lagi kalau Anda ingin memanfaatkan server tersebut untuk menjalankan aplikasi tertentu dengan kebutuhan pengaturan dan resource khusus. 

Jadi, apapun kebutuhan Anda, VPS menawarkan keunggulan untuk mendukungnya.

Di atas, kami sudah menjelaskan alasan kenapa harus menggunakan VPS. Di antaranya adalah sumber daya berkapasitas besar untuk menampung pengunjung dan data dalam jumlah besar.

Selain itu, VPS juga memberikan root access agar Anda bebas menentukan pengaturan hosting beserta software-software yang digunakan di dalamnya. Termasuk di antaranya adalah sistem operasi dan panel kontrol hosting.

Cukup banyak bukan alasan sewa VPS server untuk Anda, kan?

Nah, Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang menawarkan berbagai pilihan VPS untuk mendukung berbagai kebutuhan Anda, yaitu:

  • Cloud VPS — VPS untuk berbagai kebutuhan dengan resource besar, kemudahan pengelolaan, dan harga terjangkau
  • CyberPanel VPS — VPS dengan panel CyberPanel yang simpel dan fitur-fitur yang ramah pengguna
  • VPS KVM — VPS dengan virtualisasi KVM yang mendukung resource terdedikasi untuk performa website lebih optimal
  • VPS cPanel — VPS yang sudah disertai lisensi WHM untuk mengelola beberapa akun hosting sekaligus

Jadi, mana VPS yang ingin Anda pilih? Klik tombol di bawah ini untuk memilih paket Anda, ya!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *