Annisa Fauziyyah Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

6 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda

5 min read

Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting

Layanan hosting adalah “rumah” bagi website Anda di internet. Karenanya, Anda perlu ekstra hati-hati sebelum memilih hosting. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Itulah mengapa kami akan mengulas enam tips memilih web hosting terbaik.

Pertama-tama, pahami kebutuhan Anda terlebih dahulu. Fokuslah pada apa yang menjadi prioritas Anda. Untuk membantu Anda, daftar pertanyaan di bawah ini bisa Anda jadikan acuan.

  • Apakah website Anda akan dikunjungi banyak pengunjung? (Contohnya seperti toko online atau portal berita)
  • Apa saja layanan yang Anda butuhkan?
  • Seberapa sering Anda memerlukan backup data?
  • Apakah Anda membutuhkan technical support 24 jam via live chat dan telepon?

Jika sudah mengetahui apa yang Anda butuhkan, Anda dapat mulai mencari informasi web hosting terbaik di mesin pencari.

Langkah ini memang terdengar mudah, namun banyaknya rekomendasi layanan dapat membuat Anda bingung. Oleh karena itu, selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa tips memilih hosting terbaik untuk website Anda.

Apa Saja Kriteria Web Hosting Terbaik?

Agar tidak salah pilih hosting, tentu Anda harus menetapkan kriteria, bukan? Dalam hal ini, ada empat aspek yang perlu Anda ingat saat memilih hosting, yaitu:

  • Kecepatan – Perhatikan berbagai faktor yang mendukung performa server. Contohnya seperti bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan website.
  • Keamanan – Pastikan hostingnya dapat menjamin kemanan website. Contohnya melalui proteksi malware dan DDoS, serta gratis SSL.
  • Bantuan tim support – Anda juga harus tahu layanan support yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Contohnya seperti 24/7 live chat, email, dan phone support.
  • Skalabilitas – Hostingnya mesti memudahkan Anda untuk berkembang. Contohnya, dengan menawarkan paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Nah, seluruh kriteria di atas perlu Anda cocokkan dengan kebutuhan website Anda. Contohnya, jika jumlah pengunjung website Anda sedikit, tentu Anda tidak perlu jenis hosting yang menawarkan sumber daya server berlebih, kan?

Lalu, jenis hosting apa yang cocok untuk jenis website Anda? Sebagai referensi, Anda bisa melihat daftar berikut:

  • Shared hosting = Blog pribadi.
  • Cloud Hosting = Website perusahaan, toko online, dan portal berita.
  • VPS = Ecommerce, website proyek, dan high-traffic blog.

Jika Anda ingin tahu spesifikasi detail dari masing-masing jenis hosting, Anda dapat mengunjung artikel kami yang membahas tentang berbagai jenis layanan hosting.

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Hosting

Apa Saja Tips yang Perlu Anda Terapkan Sebelum Memilih Hosting?

Berikut adalah beberapa tips memilih hosting yang bisa Anda terapkan:

  1. Cek kualitas performa server
  2. Pastikan Customer Support Siap 24 Jam dan Berkualitas
  3. Cek Harga Paketnya
  4. Cek Kebijakan Garansi Uang Kembali
  5. Perhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan
  6. Cek Review Pelanggan

Mari kita bahas satu per satu!

1. Cek Kualitas Performa Server

ilustrasi tips memilih hosting terbaik dengan mengecek performa server hosting

Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling utama yang perlu Anda perhatikan.

Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

Ada banyak parameter yang bisa Anda lihat. Misalnya, lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan Anda berada.

Apabila Anda ingin membuat website dengan calon pelanggan dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website Anda juga berada di Indonesia.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting Anda. Spesifikasi ini mencakup:

  • Teknologi server
  • Kecepatan prosesor (Jenis prosesor dan jumlah core yang digunakan)
  • Kapasitas RAM
  • Harddisk
  • Network speed

Anda dapat mencari informasi spesifikasinya pada website layanan web hosting yang Anda inginkan. Jika Anda menemukan kesulitan, segera tanyakan ke bagian Customer Support layanan yang bersangkutan.

2. Pastikan Customer Support Siap 24 Jam dan Berkualitas

ilustrasi customer service 24 jam

Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan layanan hosting yang memiliki tim Customer Support berkualitas.

Idealnya tim Customer Support layanan hosting Anda harus tersedia 24 jam. Ini artinya, mereka selalu siap sedia kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis.

Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan Anda dengan baik. Tingkat keramahan serta sopan santun petugas Customer Support adalah parameter utama yang perlu Anda jadikan perhatian di sini.

Kemudian, perhatikan juga melalui cara apa Anda dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi untuk Anda seperti tiket bantuanemaillive chat, maupun panggilan telepon.

3. Cek Harga Paketnya

ilustrasi harga terjangkau

Tips lain yang perlu Anda praktikkan saat memilih web hosting terbaik adalah mengecek harga paket hosting-nya. Sebab, harga yang Anda bayarkan idealnya sesuai dengan paket maupun layanan yang Anda gunakan.

Anda dapat membandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antar layanan hosting berikut harganya. Level harga yang lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa yang lebih baik.

Contohnya layanan VPS (Virtual Private Server) memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket hosting unlimited. Sebab, layanan VPS menawarkan spesifikasi server yang lebih tinggi dibanding unlimited hosting, sehingga performa yang dihasilkan menjadi jauh lebih baik.

Di sisi lain, ada penyedia layanan yang menetapkan harga sangat murah. Harga murah memang baik adanya, namun tidak selamanya lebih baik. Untuk apa memilih layanan yang murah tapi tidak memiliki kualitas layanan yang baik?

Karenanya, kami menyarankan agar Anda benar-benar memperhatikan layanan yang Anda gunakan. Pastikan Anda mendapatkan harga terjangkau, namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik.

Bisakah mendapatkan hosting gratis? Ya, beberapa penyedia layanan hosting mengadakan program hosting gratis yang bisa Anda ikuti. Biasanya, Anda diminta memenuhi persyaratan untuk memperbesar peluang mendapatkan hosting gratis.

Baca Juga: Pentingnya Hosting

4. Cek Kebijakan Garansi Uang Kembali

ilustrasi garansi uang kembali

Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, si penyedia layanan menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan.

Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda. Pastikan Anda memilih layanan dengan syarat serta ketentuan yang tidak menyesatkan. Setidaknya Anda harus mengetahui:

  • Berapa nominal yang nantinya Anda dapatkan?
  • Bagaimana sistem pengembalian uangnya?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga uang kembali kepada Anda?

Apabila keterangan yang diberikan masih kurang jelas, Anda perlu menanyakannya melalui tim support penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Apabila Anda tidak juga mendapatkan kejelasan, akan lebih baik jika Anda beralih ke layanan hosting lain.

Ingat, adanya fasilitas ini seharusnya dapat membuat Anda merasa lebih aman memercayakan bisnis berikut data website Anda, dan bukan malah membuat Anda semakin ragu?

Baca Juga : Bangun Kredibilitas Bisnis agar Usaha Anda Semakin Laris! Begini Caranya..

5. Perhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

ilustrasi tips memilih hosting terbaik dengan dengan memperhatikan fitur tambahan penyedia hosting

Selain fitur utama, Anda perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting Anda.

Biasanya, ada banyak fitur yang disediakan. Saking banyaknya, bisa jadi Anda kurang fokus mengecek serta memilah fitur apa yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

Dari sekian banyak fitur, pastikan Anda memperhatikan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan.

Contohnya, jika Anda khawatir dengan masalah spam pada website Anda, pastikan hosting yang Anda pilih memiliki fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts. 

Mau Dapat Tips Ekstra untuk Mengamankan Website?

Selain itu, masih soal keamanan, Anda perlu memasang BitNinja Smart Security. Ini adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan server Anda dari serangan botnet, malware, maupun hacker.

Jika Anda ingin lebih mudah membangun website, Anda bisa menggunakan fitur Website Builder. Atau mungkin Anda ingin menginstal tool serta plugin tanpa kerepotan? Anda dapat menggunakan fitur Softaculous Auto Installer.

Intinya, ada banyak fitur tambahan yang dapat disediakan oleh suatu perusahaan penyedia layanan hosting. Untuk informasi lebih lengkap, tentu Anda dapat menanyakannya secara langsung pada tim support perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Anda Pelanggan Baru Niagahoster? Jangan Lewatkan 26 Fitur Ini!

6. Cek Review Pelanggan

ilustrasi tips memilih hosting terbaik dengan mengecek review pelanggan

Sebelum memutuskan layanan apa yang ingin Anda gunakan, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Itulah mengapa tips memilih hosting yang wajib Anda lakukan adalah mengecek review pelanggan lain.

Ada banyak sumber yang bisa Anda telusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting. 

Saran kami, hanya baca ulasan dari blog dan forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih obyektif.

Kelebihan dan kekurangan adalah kuncinya. Anda dapat menyimak kelebihan serta kekurangan, berdasarkan pengalaman mereka.

Kemudian, refleksikan kepada diri Anda, bagaimana jadinya jika Anda mengalami hal serupa. Ini adalah cara efektif menakar baik atau buruk suatu layanan berdasarkan ulasan orang lain.

Baca Juga: Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting?

Yuk Gunakan Tips di Atas untuk Memilih Hosting Terbaik!

Sudah siapkah Anda memilih hosting terbaik bagi website Anda? Semoga adanya ulasan enam poin utama di atas dapat membantu Anda menemukan paket hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Tapi jika Anda tidak punya waktu untuk mencari hosting, tidak perlu khawatir. Tidak perlu mencari jauh-jauh. Karena, Niagahoster memenuhi seluruh kriteria yang telah kita bahas di atas:

  • Kualitas Performa Server – Niagahoster menyediakan layanan hosting sesuai kebutuhan website Anda. Mulai dari yang skalanya kecil seperti Shared Hosting hingga yang performanya tinggi seperti Cloud Hosting dan VPS.
  • Customer Support 24 Jam – Tersedia tim CS yang siap membantu Anda 24/7 melalui live chat, email, dan telepon.
  • Harga Paket yang Terjangkau – Anda bisa memilih paket hosting sesuai dengan budget Anda. Contohnya, Anda bisa gunakan paket shared hosting mulai dari Rp10 ribu per bulan!
  • Garansi Uang Kembali – Niagahoster menawarkan garansi 30 hari uang kembali. Hal ini tentu dapat membuat para pelanggan merasa lebih nyaman.
  • Fitur Tambahan yang Ditawarkan – Ada banyak fitur tambahan yang disediakan Niagahoster. Mulai dari fitur WordPress Management untuk para pengguna WordPress, hingga fitur SpamAssassin dan SpamExpert untuk menjaga website Anda dari serangan spam.
  • Cek Review Pelanggan – Para pelanggan sudah terbukti puas dengan layanan yang ditawarkan Niagahoster. Anda bisa mengeceknya sendiri di halaman review Niagahoster.

Bagaimana? Sudah siap untuk membuat website terbaik Anda di Niagahoster? Yuk klik tombol di bawah untuk dapatkan promo hosting dan domain khusus untuk Anda!

Annisa Fauziyyah Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

22 Replies to “6 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda”

  1. terima kasih tutorialnya mbak…apakah hosting itu sangat penting?maaf mbak karena saya sangat awam sekali ttg hal tsb.

    1. Ya,ketika anda ingin memiliki website & memiliki kuasa ke seluruh file yang anda miliki maka anda perlu memiliki Web Hosting terlebih dahulu.

  2. Sebelum menentukan pilihan hosting, memang perlu di perhatikan disisi kecepatan server nya.

    Selain kecepatan, kita juga harus melihat review di situs yang menyediakan layanan hosting tsb.

    Semakin banyak review dari customer (kepuasan), semakin bagus kualitas layanan yang di berikan.

    Regards,
    Nur kholis

    1. Benar sekali bapak Nur Kholis, Review dari costumer / pengguna suatu layanan dapat menjadi pertimbangan bergunadalam menentukan pilihan layanan hosting, karena costumer / pengguna sudah mencoba langsung layanan tersebut.

  3. Bagaimana jika salah satu fasilitas cPanel, misal Awstats, dimatikan oleh admin layanan hosting, apakah masih layak utk dipilih sebagai web hosting yg baik?

    1. Halo,

      Untuk Awstats yang dimatikan oleh layanan hosting biasanya untuk mengoptimalkan kinerja server, sebagai gantinya disarankan untuk menggunakan Google Analytics atau Histats yang lebih akurat dan tidak mengganggu kinerja dari server. Sehingga layanan hosting yang menonaktifkan awstats masih layak untuk dipilih. 🙂

  4. Hi bu Annisa dan staff admin lainnya,.
    Ini artikel yang sangat bagus. Saya pribadi suka sekali berkunjung dan membaca artikel dan panduan yang ada di blog Niagahoster ini, karena rata-rata isinya berkualitas semua. (Eh, design featured imagenya bagus2 juga ya , siapa ya yang bikin?:P).

    BTW, saya hanya ingin menambahkan satu poin lagi saja, yaitu UPTIME / RELIABILITY.
    Karena menurut saya, sebaik apapun customer supportnya, sebanyak apapun fitur yang ditawarkan, dan secepat apapun speed/ load timenya, tapi kalau servernya sebentar-sebentar down sama saja tidak bagus:)

  5. Mind kalau satu hosting untuk 3 domain. Minimal pakai yang berapa giga atau paket apa yang paling murahnya. Terimakasih

    1. Silakan dicoba paket Personal terlebih dahulu, jika nantinya website Anda memerlukan resource yang lebih besar, dapat diupgrade ke paket Bisnis.

  6. Ini adalah tutorial yang sangat hebat. Ini memudahkan saya untuk mencari hosting yang tepat untuk situs saya.
    Awalnya saya benar benar kesulitan dalam menetukan web host yang tepat untuk situs saya dan dimana. Dan diartikel ini sudah cukup menjelaskan. Terima kasih

  7. Terimakasih infonya.

    Saya sudah menggunakan VPS paket NANO dan sejuh ini bagus performanya.

  8. Sekarang banyak sekali yang menawarkan sewa hosting dengan keunggulan disk spaace dan bandwith yang unlimited. Jadi bingung mau pilih jasa hosting yang mana.

    1. Hal tersebut tentu tergantung kebutuhan dari website atau sistem yang ingin Anda buat.
      Misalnya seperti toko online yang membutuhkan resource cukup tinggi, sedangkan untuk website biasa cukup menggunakan resource yang sederhana.

  9. Bonusan seperti SSL gratis, antivirus ClamAv sangat di perlukan untuk memberi nilai “Safe”
    Fitur tambahan Cpanel seperti Pemilihan versi PHP, Gzip compression sangat di minati oleh kalangan webmaster.

  10. Customer suport menurut saya sangat mempengaruhi. kalau cs susah dihubungi kan kasian pelanggan juga sih ..

  11. Ada tambahan sedikit mbak anissa, cara memilih hosting terbaik bisa dengan tanya kepada mastah yang sudah berpengalaman 😀

  12. ini artikel yang bagus,, saya setuju dengan artikel ini tapi sayaingin nambahkan untuk mencari hosting yang bagus itu juga diliat perusahaan layanan hostingnya, maksudnya kalo ada penyedia hosting tapi alamat gak jelas harus dicurigai.

    1. Benar, misalnya seperti Niagahoster yang alamatnya di:

      Jl. Selokan Mataram Monjali
      Karangjati MT I/304
      RT019 RW 042
      Sinduadi, Mlati, Sleman
      Daerah Istimewa Yogyakarta
      55284

      lengkap dan sudah dipercaya oleh banyak pengguna di seluruh Indonesia.
      Terima kasih tambahannya _/\_

Leave a Reply

Your email address will not be published.