Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Mau Tahu Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting?

3 min read

Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting

Ketika ada pertanyaan “siapa saja yang membutuhkan web hosting?”, jawabannya tentu siapapun yang ingin membuat website. Sebab, tanpa hosting, sebuah website tidak akan bisa diakses secara online.

Nah, apakah Anda termasuk salah satu orang yang membutuhkannya? Yuk, simak jawaban lengkapnya di artikel ini!

Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting?

Pihak-pihak yang membutuhkan web hosting adalah:

  1. Pemilik bisnis
  2. Perusahaan
  3. Pekerja profesional
  4. Organisasi nirlaba
  5. Web developer
  6. Lembaga kesehatan
  7. Lembaga pendidikan
  8. Lembaga pemerintah
  9. Startup

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Hosting

Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Mari kita bahas satu per satu!

1. Pemilik Bisnis

pemilik bisnis membutuhkan web hosting untuk website-nya

Pemilik bisnis termasuk dalam daftar siapa saja yang membutuhkan web hosting pertama. Apalagi, kalau bisnisnya ingin dijalankan secara online menggunakan website. 

Website cocok untuk dimanfaatkan sebagai identitas online resmi bisnis, dan menjadi salah satu media promosi yang jitu untuk menarik konsumen. Bahkan, bisa sekaligus menjadi toko online tempat bertransaksi. 

Berbeda dengan toko fisik, website memungkinkan pelanggan untuk berbelanja produk tanpa hambatan jarak dan waktu. Pemilik bisnis bisa melayani pelanggan dari manapun selama 24 jam.

Dengan kelebihan tersebut, pemilik bisnis bisa mengembangkan usahanya dengan lebih optimal dengan layanan hosting yang baik. 

Baca Juga: Jenis Layanan Hosting

2. Perusahaan

Perusahaan juga membutuhkan web hosting untuk go online

Perusahaan juga membutuhkan hosting untuk go online. Umumnya, hosting tersebut dimanfaatkan untuk membangun sebuah website company profile.  Website tersebut bisa diandalkan untuk menampilkan citra bisnis yang baik di ranah online. 

Apalagi sebagai sebuah identitas bisnis, hosting yang digunakan oleh website company profile tersebut haruslah mumpuni. Jika sebaliknya, website bisa lambat diakses dan berakibat pengunjung enggan mengunjungi website kembali. 

Baca Juga: Pentingnya Hosting

3. Pekerja Profesional

Pekerja Profesional yang ingin membuat portofolio dalam bentuk website

Pekerja profesional juga termasuk dalam daftar siapa saja yang membutuhkan web hosting. Contohnya, videographer.

Meskipun videografer bisa memamerkan karya lewat platform seperti YouTube, menggunakan website membuat tampilan karyanya menjadi lebih profesional. Alasannya, lebih mudah menunjukkan keunikan dan membangun branding.

Selain itu, dengan menggunakan website, karya akan tersimpan di hosting sendiri. Jadi, lebih aman dibandingkan jika menggunakan platform tertentu yang bisa saja memiliki ketentuan konten khusus. 

Tidak mau kan tiba-tiba konten terhapus karena dianggap menyalahi syarat dan ketentuan platform?

Apalagi, penyedia layanan hosting juga memiliki berbagai paket dengan sumber daya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jadi, kalau untuk menyimpan data video, bisa menggunakan resource yang besar. 

Selain itu, pastikan layanan hosting yang digunakan menawarkan bandwidth yang mencukupi bagi pengunjung untuk mengakses karya dengan mudah. 

Baca Juga: 6 Cara Memilih Web Hosting untuk Website Anda

4. Organisasi Nirlaba

Organisasi nirlaba perlu web hosting supaya website dapat diakses secara online

Organisasi nirlaba juga perlu sebuah website untuk memperkenalkan profil organisasi. Artinya, pemilik atau pengelola organisasi juga termasuk dalam daftar siapa saja yang membutuhkan hosting. 

Nantinya, website tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan detail informasi tentang organisasi. Mulai dari sejarah pendirian, visi misi, hingga laporan keuangan apabila mendapatkan dana dari masyarakat. 

Bahkan, berbagai foto atau video dokumentasi project yang dijalankan bisa menjadi bagian dari website tersebut. Jadi, akan semakin menunjukkan kredibilitas dari organisasi tersebut berkat transparansi yang ditunjukkan.  

5. Web Developer

Web developer membutuhkan web hosting agar project-nya dapat diakses

Kurang tepat rasanya jika tidak memasukkan web developer ke dalam daftar siapa saja yang membutuhkan web hosting. Alasannya, web developer membutuhkan web hosting bukan hanya untuk project-nya, tetapi juga untuk klien.

Maksudnya, ketika membangun sebuah project website, mereka bisa saja mengembangkannya secara lokal di komputer pribadi. Pun demikian, agar website tersebut bisa diakses online, tentu membutuhkan sebuah layanan hosting. 

Di sisi lain, jika mereka mengerjakan sebuah website bagi konsumen, mereka juga perlu membeli sebuah layanan hosting untuk konsumen mereka. Bahkan, mereka bisa menjadi seorang reseller hosting yang menjual produk dari penyedia hosting untuk konsumen mereka. 

6. Lembaga Kesehatan

Lembaga kesehatan membutuhkan web hosting untuk membangun website

Lembaga kesehatan juga membutuhkan web hosting untuk membangun website yang mudah diakses oleh banyak pengunjung. Kenapa demikian?

Sebab, selain sebagai informasi tentang lembaga kesehatan tersebut, website juga bisa menjadi sarana untuk melakukan pendaftaran dengan mudah. 

Misalnya saja, lembaga kesehatan yang akan memberikan vaksin gratis. Untuk mendaftar sebagai penerima vaksin, masyarakat bisa dengan mudah mengisi data diri di website lembaga tersebut. 

Tanpa adanya web hosting dengan teknologi server yang tinggi, target pelaksanaan vaksin bisa terkendala karena semua harus dilakukan dengan datang langsung. 

7. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan juga termasuk yang membutuhkan hosting

Lembaga pendidikan juga termasuk yang membutuhkan hosting. Baik sekolah, kursus atau lainnya. 

Website lembaga pendidikan bisa digunakan untuk mengunggah informasi terkini tentang sekolah, sejarah dan profil sekolah, hingga menerima pendaftaran murid baru. 

Umumnya, website sekolah membutuhkan hosting dengan bandwidth yang cukup. Contohnya, ketika memberikan informasi pengumuman kelulusan siswa seperti contoh di atas, akan banyak akses pengunjung secara bersamaan. Sebab, siswa tentu tidak sabar melihat hasil kelulusannya. 

Kalau tanpa website yang bisa diakses secara online, siswa harus datang ke sekolah. Hal itu tentu menuntut pengelolaan pelaksanaan protokol kesehatan yang baik. 

8. Lembaga Pemerintah

Lembaga pemerintah termasuk dalam daftar siapa saja yang membutuhkan web hosting. 

Lembaga pemerintah juga kami masukkan dalam daftar siapa saja yang membutuhkan web hosting. 

Dengan sebuah website, lembaga pemerintah lebih mudah dalam menyebarkan informasi tentang berbagai program pemerintah, hingga menyediakan kolom aduan. Hal ini penting untuk mengurangi jumlah antrian di kantor pelayanan pemerintah. Dengan begitu, bisa meningkatkan kepuasan masyarakat. 

Faktanya, kunjungan website lembaga pemerintah tergolong cukup tinggi. Baik dari pengunjung yang mendapatkan informasi maupun yang membutuhkan akses ke layanan tertentu. 

Baca Juga: Jenis Hosting untuk Website Pemerintahan yang Harus Anda Tahu

9. Startup

Startup membutuhkan web hosting untuk mendukung perkembangan website

Startup membutuhkan layanan web hosting untuk mendukung mereka terus berkembang. Baik digunakan untuk website mereka maupun untuk mengembangkan aplikasi.

Tentunya, kebutuhan hosting untuk startup berbeda. Sebab, startup membutuhkan teknologi yang canggih untuk memastikan produk mereka berfungsi dengan baik. Selain itu, startup juga umumnya membutuhkan resource yang cukup untuk menjalankan bisnis secara online. 

Baca Juga: Tips Memilih Hosting

Anda Termasuk yang Membutuhkan Web Hosting?

Bagaimana? Sudah tahu siapa saja yang membutuhkan web hosting, ‘kan? Apakah Anda termasuk salah satunya? Intinya, siapapun yang ingin go online membutuhkan layanan web hosting. 

Namun, bukan sembarang web hosting yang harus Anda gunakan. Salah-salah, website atau aplikasi Anda memiliki performa kurang baik dan malah sering down, lemot, dan tidak aman. 

Performa website yang kurang baik akan menurunkan reputasi bisnis atau organisasi yang Anda jalankan, lho.. 

Untungnya, Niagahoster merupakan penyedia layanan hosting murah yang memiliki beragam paket hosting dengan uptime hingga 99,9%. Artinya, website Anda bisa diakses online 24/7.

Yang tak kalah menarik, Niagahoster juga punya fitur Imunify360 yang akan membantu Anda melindungi website dari serangan malware. Jadi, website lebih aman dari gangguan yang tidak diinginkan.  

Masih ragu dengan kualitas layanan hosting Niagahoster untuk mendukung kebutuhan Anda? Jangan risau, Niagahoster menawarkan garansi 30 hari uang kembali.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih paket hosting pilihan Anda! 

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *