Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla

2 min read

Connection Refused di FileZilla

FileZilla digunakan untuk mengakses file atau folder dengan memanfaatkan sistem File Transfer Protocol (FTP). Ulasan terkait dengan FileZilla dan bagaimana caranya dapat dilihat pada artikel Cara Menggunakan FileZilla.

Namun artikel tersebut belum membahas mengenai langkah yang perlu dilakukan saat menemui permasalahan koneksi di FileZilla seperti err_connection_refused.

Supaya lebih lengkap, pada artikel ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi connection refused (err_connection_refused) di FileZilla.

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah pada firewall atau software anti-virus yang menghalangi FileZilla ketika ingin melakukan koneksi dengan server.

Jika langkah untuk mematikan sementara anti-virus tidak membantu, Anda mungkin bisa melakukan pengecekan lain, yaitu mengganti konfigurasi FileZilla Network Configuration. Namun tidak hanya itu, masalah juga bisa terjadi karena terlalu banyak user yang sedang menggunakan koneksi (kasus bisa terjadi pada shared hosting) atau masalah pada mode transfer.

Cara Mengatasi Connection Refused

Firewall, Antivirus, atau Program Lain yang Memblokir Koneksi

Anda perlu memastikan untuk melakukan pengecekan pengaturan firewall atau antivirus ketika mencoba menyelesaikan masalah koneksi. Bisa jadi masalah disebabkan program/sambungan yang terblokir oleh firewall atau antivirus.

Pastikan juga port 21 atau 22 yang biasanya digunakan oleh FTP client dan file aplikasi seperti “filezilla.exe” tidak terblokir.

Lihat Jumlah User yang Sedang Menggunakan

Penggunaan FTP server dibatasi oleh jumlah pengguna user aktif dalam waktu bersamaan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penggunaan sumber daya yang berlebihan mengingat satu server bisa digunakan oleh beberapa user berbeda.

Saat penggunaan koneksi penuh, user baru yang ingin melakukan koneksi harus menunggu terlebih dahulu hingga terdapat user lain keluar (logout). Anda dapat melakukan pengecekan jumlah user yang sedang melakukan koneksi melalui cPanel.
Cukup masuk (login) saja ke cPanel kemudian arahkan navigasi ke FTP Connections.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 1

Di opsi tersebut akan terlihat jumlah pengguna yang sedang menggunakan koneksi FTP yang sama dengan yang Anda miliki. Anda dapat memutus koneksi user FTP melalui halaman ini.

Pengecekan Network Configuration Wizard

Cara kedua adalah dengan melakukan pengecekan konfigurasi jaringan melalui Network Configuration Wizard. Konfigurasi ini dapat Anda temukan di halaman depan aplikasi FileZilla. Untuk mengakses Network Configuration Wizard klik “Edit” » “Network configuration wizard..”.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 2

Menu ini digunakan untuk melakukan konfigurasi router atau firewall secara tepat.

Langkah 1 – Akses Network Configuration Wizard di FileZilla Client

Pada jendela pertama pengaturan ini Anda bisa langsung melanjutkan dengan klik tombol “Next” karena tidak ada hal yang perlu dilakukan lagi.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 3

Langkah 2 – Konfigurasi Mode Transfer (Transfer Mode)

Pada halaman ini Anda dapat memilih mode transfer. Direkomendasikan menggunakan Passive sebagai default mode transfer.

Jangan lupa untuk melakukan checklist ‘Allow fallback to other transfer mode on failure’ kemudian klik “Next”.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 4

Langkah 3 – Konfigurasi Mode Pasif (Passive Mode)

Di halaman selanjutnya, pilih ‘Use the server’s external IP address instead’ dan kemudian klik “Next”.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 5

Langkah 4 – Konfigurasi External IP address

Langkah selanjutnya pada konfigurasi ini, Anda perlu memilih “Get external IP address from the following URL’’. Jika di dalam kolom tidak ada isinya, masukkan “http://ip.filezilla-project.org/ip.php’’.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 6

Setelah selesai mengisikan beberapa opsi di sini, lanjutkan ke langkah berikutnya dengan klik tombol “Next”.

Langkah 5 – Konfigurasi Port Range

Anda tidak perlu memakai port secara spesifik dan konfigurasi di sini, jadi pilih ‘Ask operating system for a port’ lalu klik tombol “Next”.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 7

Langkah 6 – Pengetesan Konfigurasi

Anda tidak perlu melakukan apa-apa pada kolom ini. Cukup memastikan semua konfigurasi sudah siap dan benar. Klik tombol “Test” untuk melakukan pengecekan. FileZilla akan mencoba untuk terhubung ke “probe.filezilla-project.org” yang kemudian melakukan beberapa pengetesan.

Jika pengetesan sudah sukses dan tidak memunculkan pesan error apapun, coba koneksikan dengan akun hosting Anda. Jika Anda tetap mendapatkan error_connection_refused, hubungi penyedia layanan web hosting atau customer support mereka untuk mendapatkan panduan menyelesaikan masalah itu.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 8

Menggunakan FTP Hostname

Terkadang cara mengatasi di FileZilla adalah dengan mengganti FTP Hostname. Penggantian yang dilakukan adalah dengan menambahkan ftp. di depan FTP Hostname supaya koneksi dapat tersambung.

Baca juga: Cara Membuat Akun FTP di cPanel

Sebagai contoh, alamat domain Anda adalah kerjakeras.com. Silahkan tambahkan “ftp.” di depannya sehingga menjadi ftp.kerjakeras.com.

Mengganti Port FTP Dari 21 ke 22

Perbedaan dari port 21 dan 22 adalah tipe koneksinya. Port 21 merupakan port koneksi default yang digunakan oleh File Transfer Protocol (FTP) sedangkan port 22 adalah port default yang digunakan oleh Secure File Transfer Protocol (SFTP).

Jika server membutuhkan atau menggunakan SFTP sebagai syarat koneksinya, Anda harus mengganti port menjadi 22. Untuk menggantinya Anda cukup menuliskan port 22 sebelum mengeksekusi koneksi.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla 9

Kesimpulan

Melalui artikel ini Anda dapat mengatasi err_connection_refused. Anda dapat mencoba satu per satu solusi untuk menemukan cara yang paling tepat. Sebab terkadang permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan cara yang berbeda.

Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda temui. Anda dapat subscribe Blog Niagahoster untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

0
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 6 =