Faradilla Ninda Ninda memulai karier profesionalnya sebagai seorang penerjemah, lalu mulai terjun ke dunia Digital Marketing sejak bergabung dengan Niagahoster.

Cara Membuat Tombol Share di Website (3 Langkah Mudah)

2 min read

Tombol share bisa menjadi strategi jitu untuk meningkatkan traffic website. Dengan cara membuat tombol share di website, pengunjung bisa membagikan konten website Anda di media sosial.

Hal ini akan turut memperkenalkan website secara lebih luas, memungkinkan Anda meningkatkan jumlah pengunjung dan menjangkau lebih banyak audiens. Apalagi untuk toko online, exposure berperan penting pada angka penghasilan dan brand recognition.

Kali ini, kami akan membagikan cara membuat tombol share di website dalam 3 langkah mudah. Kami akan menggunakan plugin, karena metode ini merupakan yang paling simpel. Mari mulai tutorialnya!

CTA banner web hosting

Cara Membuat Tombol Share di Website (3 Langkah Mudah)

Selain mudah, kami memilih menggunakan plugin karena merupakan opsi yang juga aman untuk menambahkan tombol share ke website WordPress. Plugin juga menyediakan solusi kustomisasi lain, yang bisa mengoptimalkan tampilan dan fungsi tombol share.

Berikut adalah langkah-langkahnya menggunakan plugin WordPress populer, Social Warfare:

1. Install dan Aktifkan Plugin Share

Apabila belum memiliki plugin ini, mulai langkah-langkahnya dengan menginstalnya lebih dulu. Buka dashboard WordPress lalu temukan Plugins -> Add New Plugin di sidebar kiri.

Cari Social Warfare di direktori plugin WordPress, lalu install plugin tersebut dengan mengklik Install Now. Setelah diinstal, aktifkan plugin dengan mengklik Activate.

mengaktifkan plugin social warfare untuk menambahkan tombol share

Kembali ke dashboard WordPress lalu temukan Social Warfare di sidebar sebelah kiri. Di sini, Anda bisa mengonfigurasi plugin, seperti menyesuaikan gaya tombol yang disukai, penempatannya, dan platform media sosial yang ingin Anda sertakan.

Kami akan menjelaskannya di langkah berikutnya.

2. Sesuaikan Gaya Tombol

Social Warfare memungkinkan Anda mengubah tampilan tombol share. Anda bisa memilih berbagai gaya, bentuk, dan ukuran agar lebih sesuai dengan desain website Anda.

Anda juga bisa menyesuaikan tombol media sosial apa saja yang akan disertakan dengan menggeser opsinya di bagian Active dan Inactive.

menentukan tombol yang akan disertakan

Selain itu, atur apakah Anda akan menyertakan angka jumlah share pada tombol yang disertakan di postingan. Angka ini bisa menjadi social proof, menunjukkan sudah berapa kali postingan Anda dibagikan.

Untuk penempatannya, Anda bisa mengatur apakah tombol akan ditempatkan di homepage, di halaman arsip dan kategori, di postingan, atau di setiap halaman.

Atur juga peletakan tombol, misalnya di bagian atas postingan, di bagian bawah postingan, atau keduanya. Kemudian Anda bisa mengatur floating button agar tombol tetap mengikuti arah scroll pembaca.

Untuk tampilan dan pengalaman pengguna terbaik, kami merekomendasikan agar Anda hanya menempatkannya di halaman postingan yang biasanya mencakup artikel blog.

3. Lihat Pratinjau dan Uji Tombol Share

Setelah mengonfigurasi pengaturan plugin dan menyesuaikan tampilannya, preview tombol share di website Anda untuk menguji apakah semuanya sudah berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam contoh kami, seperti inilah tampilan tombol share yang sudah dikonfigurasikan menggunakan plugin Social Warfare.

tampilan akhir tombol share

Pertimbangan saat Membuat Tombol Share di Website

Meskipun memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan online presence Anda, masih ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan ketika menambahkan tombol share di website.

Mari simak beberapa risiko yang mungkin muncul saat menambahkan tombol share menggunakan plugin di website WordPress Anda.

  1. Masalah keamanan. Meskipun plugin dari direktori resmi umumnya aman, selalu pastikan untuk mengupdatenya secara rutin. Developer sering merilis update untuk mengatasi masalah keamanan, sehingga update rutin akan memastikan website Anda tetap terlindungi.
  2. Performa lebih lambat. Plugin populer umumnya dirancang untuk bisa berfungsi seefisien mungkin, tapi sebaiknya tetap pantau dampaknya terhadap performa website Anda. Beberapa plugin yang kompleks atau yang memiliki banyak fitur mungkin bisa memengaruhi waktu loading. Cek secara rutin performa website Anda dan optimalkan kalau diperlukan.
  3. Pertimbangan pengalaman pengguna. Konfigurasikan pengaturan plugin dengan cermat untuk memastikan tombol share Anda sesuai dengan desain website dan tidak mengganggu pengalaman pengguna.
  4. Ketergantungan pada platform eksternal. Tombol share pada dasarnya menggunakan API dari platform eksternal. Meskipun plugin bisa mempermudah integrasi ini, perubahan pada API platform sosial tersebut mungkin memengaruhi fungsi tombol.
  5. Risiko privasi. Plugin dari direktori resmi mematuhi standar WordPress, termasuk pedoman privasi. Namun, Anda sebaiknya selalu meninjau ketentuan plugin tentang pengumpulan data pengguna dan memastikan kejelasannya terkait privasi.

Kesimpulan

Menambahkan tombol share ke website adalah strategi yang ampuh untuk meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan online Anda. Untuk menambahkannya di website WordPress, Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan plugin, misalnya Social Warfare.

Namun, penting untuk menyadari potensi risiko yang mungkin timbul. Dengan mempertimbangkan privasi, performa, dan pengalaman pengguna secara hati-hati, Anda bisa menerapkan tombol share secara efektif tanpa membahayakan website dan data Anda.

Faradilla Ninda Ninda memulai karier profesionalnya sebagai seorang penerjemah, lalu mulai terjun ke dunia Digital Marketing sejak bergabung dengan Niagahoster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *