Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Apa itu Comodo SSL? Apa Saja Jenis dan Fungsinya?

6 min read

Agar website Anda bebas dari berbagai ancaman keamanan, Anda membutuhkan sertifikat SSL. Dengan sertifikat SSL, Anda bisa mencegah website Anda di-hack dan di-crack, sehingga data dan komunikasi website tetap aman. Nah, Comodo SSL hadir sebagai salah satu sertifikat SSL yang bisa menjamin website tetap aman. 

Jadi, jika Anda sedang mencari sertifikat SSL untuk mengamankan website Anda, Comodo SSL bisa jadi pilihan! Di artikel ini kami akan membahas apa itu Comodo SSL, serta apa saja jenisnya dan kegunaannya. Baik, mari kita mulai pembahasannya!   

Apa itu Comodo SSL?

Comodo SSL adalah salah satu merek penyedia sertifikat Secure Socket Layer (SSL).  SSL  sendiri adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengamankan komunikasi dan transfer data di antara  web server dan user. 

Dengan SSL, informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, password, dan data penting lain dapat terlindungi. Ini karena SSL melakukan enkripsi alias sengaja mengacak susunan data. Jadi, hacker sulit mengetahui data yang benar.

Nah, Comodo SSL juga bertugas mengamankan website dengan enkripsi. Bagaimana cara kerja enkripsi SSL dalam mengamankan website? Kami merangkum penjelasan singkatnya di bawah ini:

  1. Browser meminta informasi sertifikat SSL halaman website ke server.  Biasanya dalam bentuk https://.
  2. Server membalas dengan mengirimkan informasi sertifikat SSL dan public key yang sama. 
  3. Browser memeriksa apakah sertifikat tersebut valid.  Apakah sertifikat dikeluarkan oleh pihak terpercaya? Apakah sertifikatnya masih berlaku? Dan, apakah sertifikat itu terkait dengan situs yang dimaksud?
  4. Browser menggunakan public key untuk membuat kode enkripsi khusus dan mengirimkannya ke server. 
  5. Server web memecahkan kunci enkripsi atau istilahnya melakukan “dekripsi”.
  6. Setelah itu, server dan browser bisa saling berkirim data dengan aman. Server mengirimkan kembali data dalam bentuk acak atau terenkirpsi.
  7. Browser kembali mendekripsi data agar informasi dapat ditampilkan ke user.

Comodo telah menjadi salah satu brand terbesar dalam industri keamanan cyber. Comodo memiliki 700 ribu pelanggan dan 8.000 partner global. Merek SSL satu ini juga telah mengeluarkan lebih dari 100 juta sertifikat dan mendominasi 42% pasar SSL.

Apa sih yang membuat Comodo istimewa dan jadi salah satu brand penyedia SSL terbesar? Ini dia jawabnya:

  • Otentikasi. Comodo melakukan verifikasi identitas individu, bisnis dan organisasi pemilik website. Dengan begitu, pengunjung website bisa memastikan integritas website dengan lebih mudah. 
  • Keamanan informasi. Comodo menggunakan Public Key Infrastructure yang terpercaya secara universal untuk mengenkripsi data pada semua tahap transfer data. 
  • Keamanan situs web. Dengan cWatch keluaran Comodo SSL, Anda bisa menjaga situs web dari berbagai ancaman keamanan sekaligus meningkatkan performa website. 
  • Keamanan transaksi data kartu kredit. Dengan PCI (Payment Card Industry) signing, Anda bisa menjaga keamanan pada transaksi dan data kartu kredit. 
  • Code signing.  Comodo melakukan praktik penandatanganan software secara kriptografis. Sehingga sistem operasi dan penggunanya dapat memverifikasi keamanannya.
  • Malware signing. Comodo menggunakan code signing certificates yang digunakan untuk mencegah serangan malware.
  • Vulnerability assessment. Comodo menggunakan proses ini untuk mengidentifikasi kerentanan dalam sistem komputer, aplikasi, dan infrastruktur jaringan.

Jenis-Jenis Comodo SSL

Karena tiap website memiliki kebutuhannya sendiri, maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja jenis sertifikat Comodo SSL. 

Comodo SSL membagi jenis sertifikatnya menjadi dua kategori. Yang pertama, menurut level validasinya. Yang kedua, berdasarkan fungsi sertifikatnya. Jadi, sebelum Anda memutuskan akan membeli sertifikat yang mana, lihat dulu penjelasannya di bawah ini:

Sertifikat SSL Comodo Menurut Level Validasi

Agar sertifikat SSL bisa melakukan tugasnya, otoritas sertifikat (certificate authority) hanya boleh menerbitkan sertifikat kepada organisasi yang identitasnya telah divalidasi. Maka dari itu, Otoritas sertifikat membagi beberapa SSL menurut validasinya.

Berikut jenis sertifikat menurut level validasinya:

1. Domain Validation (DV) SSL Certificates

Cocok untuk: website bisnis berkembang dan organisasi kecil.

DV SSL merupakan jenis Comodo SSL yang berada di level dasar (basic). Sertifikat ini cocok untuk website yang hanya membutuhkan enkripsi. Tidak lebih. 

Selain harganya murah, aktivasinya bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit. Itu karena proses validasinya berjalan secara otomatis. 

Yang perlu Anda lakukan hanya membuktikan bahwa sebuah domain adalah milik Anda, dan voila! Anda mendapatkan sertifikat DV SSL.

2. Organization Validation (OV) SSL Certificates

Cocok untuk: Website bisnis dan organisasi skala menengah.

Jenis sertifikat ini merupakan jenis sertifikat di level keamanan menengah. Untuk mendapatkan sertifikat OV SSL, perusahaan atau organisasi Anda harus menjalani pemeriksaan bisnis ringan. 

Proses pemeriksaannya ini bisa berlangsung cukup lama yaitu sekitar tiga hari. Kenapa? Karena semua informasi bisnis yang Anda miliki harus diverifikasi terlebih dahulu. 

Selain itu, sertifikat OV SSL ini juga memungkinkan pelanggan Anda untuk bisa mengecek informasi verifikasi bisnis Anda di bagian detail certification.

3. EV (Extended Validation) SSL Certificates

Cocok untuk: website bisnis dan organisasi skala besar dengan trafik yang besar. 

Comodo SSL jenis ini memberikan level keamanan tertinggi. Sertifikat EV SSL membuat website Anda aman dari serangan phishing, penipuan email, dan serangan cyber lainnya. Sehingga otomatis kepercayaan pelanggan juga meningkat. 

Di samping itu, sertifikat EV SSL ini memiliki indikator visual yang unik ketika sudah diaktivasi lho! Nama organisasi Anda nantinya akan muncul di browser dengan warna hijau. Seperti ini contohnya:

Untuk memudahkan Anda memahami ketiga jenis Comodo SSL di atas. Serta apa saja produk yang termasuk di dalamnya. Kami telah meringkasnya ke dalam tabel di bawah ini:  

KeteranganDomain ValidationOrganization ValidationExtended Validation
KeunggulanTerenkripsiDetail organisasi pada info sertifikat.Level keamanan tertinggi.
FasilitasValidasi pada kontrol domain.Sertifikat domain.Standar otentikasi organisasi untuk industri.
AktivasiSSL akan aktif (dengan tanda gembok di browser) hanya dalam beberapa menit. Address bar berwarna biru untuk pengguna Firefox.SSL akan aktif, dan akan muncul tanda gembok, kurang lebih 1-2 hari. Nama bisnis dan gembok di Address bar berwarna hijau.Butuh 7-10 hari untuk mengaktifkan SSL dan memunculkan tanda gembok di browser.
Cocok untuk:Cocok untuk bisnis berkembang.Cocok untuk bisnis skala menengah.Cocok untuk PT, CV, Departemen negara.

Produk

PositiveSSL (DV)EssentialSSL (DV)EssentialSSL Wildcard (DV)PositiveSSL Wildcard (DV)Comodo SSL Wildcard Certificate (DV)Comodo SSL Certificate (DV)

InstantSS (OV)InstantSSL Premium (OV)Comodo UCC (OV)InstantSSL Pro (OV)Comodo Multi-Domain SSL (OV)InstantSSL Premium Wildcard (OV)

Comodo EV Multi-Domain Comodo EV SSLPositiveSSL EVPositiveSSL EV Multi-DomainEnterpriseSSL Pro with EVEnterpriseSSL Pro with EV 

Sertifikat Comodo SSL Menurut Fungsi Sertifikat 

1. Sertifikat Single Domain SSL

Cocok untuk: Website dengan satu domain.

Seperti namanya, sertifikat Comodo SSL jenis single domain hanya bisa digunakan oleh satu domain atau satu IP address. Kelebihan dari jenis single domain adalah sertifikat SSLnya ada untuk semua level validasi.

2. Sertifikat Multi-Domain SSL 

Cocok untuk: Website yang memiliki banyak domain. 

Dengan sertifikat SSL ini, Anda dapat mengamankan beberapa domain hanya dengan satu sertifikat. Keuntungan lain memiliki sertifikat SAN yaitu, Anda dapat menghemat uang sekaligus waktu.  

3. Sertifikat Wildcard SSL

Cocok untuk: website dengan 5 atau lebih sub-domain.

Sertifikat SSL jenis ini didesain khusus untuk meng-enkripsi satu domain. Plus, semua sub-domain yang dimilikinya. Namun sayang sekali, sertifikat jenis ini hanya tersedia pada level validasi DV dan OV.

4. Sertifikat Multi-Domain Wildcard SSL

Cocok untuk: website yang mencakup banyak domain dengan sub-domainnya.

Sertifikat Comodo SSL jenis ini memiliki fungsi ganda. Karena, menggabungkan dua jenis yaitu Multi-Domain dan Wildcard. Dengan fungsi Multi-Domain, fitur SAN akan melindungi hingga 250 nama domain berbeda. Dan unlimited sub-domain. Sedangkan dengan fungsi Wildcard, subdomain dengan nama sama akan mendapat perlindungan yang penuh.

Nah, di bawah ini adalah produk apa saja yang masuk dalam keempat jenis Comodo SSL menurut fungsi sertifikatnya.

Sertifikat Single Domain SSLSertifikat Multi-Domain SSLSertifikat Wildcard SSL Sertifikat Multi-Domain Wildcard SSL
PositiveSSL (DV)EssentialSSL (DV)Instant SSL (OV)InstantSSL Premium (OV)
PositiveSSL EVEnterpriseSSLEnterpriseSSL ProEnterpriseSSL Pro with EV 
Multi-Domain SSL (OV)Comodo DV UCC
PositiveSSL Multi-Domain (DV)
Comodo Multi-Domain Wildcard SSL (OV)
EssentialSSL Wildcard (DV)
PositiveSSL Wildcard (DV)
InstantsSSL Premium Wildcard (OV)
Comodo SSL Wildcard Certificate (DV)
Comodo Multi-Domain Wildcard SSL (OV)
Comodo UCC Wildcard (OV)
PositiveSSL Multi-Domain Wildcard (DV).

7 Manfaat Comodo SSL

Nah, setelah mengetahui apa saja jenis sertifikat Comodo SSL, kini saatnya Anda tahu manfaat sertifikat SSL Comodo. Apa saja itu? Berikut ini kami telah merangkum beberapa manfaatnya untuk Anda:

  1. Mengamankan transfer data website dengan enkripsi

Semua Comodo SSL dilengkapi dengan enkripsi simetris 256-bit. Enkripsi 256-bit mengacu pada panjang kunci enkripsi yang digunakan untuk mengenkripsi data. 

Itu berarti, hacker atau cracker membutuhkan 2256kombinasi berbeda untuk menembus enkripsi 256-bit tadi. Bisa dibilang, hampir tidak mungkin enkripsi Comodo SSL bisa di-crack. Super aman!

  1. Meningkatkan reputasi website
Comodo SSL untuk HTTPS

Segel aman pada Comodo SSL adalah salah satu logo yang paling dikenali di internet. Jika logo ini tampak di sebuah situs, artinya situs tersebut adalah situs yang terpercaya. Dengan begitu, reputasi website Anda pun meningkat.

  1. Melakukan otentikasi agar pemilik website makin terpercaya

Layanan otentikasi yang dimiliki Comodo SSL membuat website Anda lebih dipercaya oleh pelanggan. Itu karena bisnis Anda telah terverifikasi sebagai bisnis yang sah. Bukan bisnis bodong. Pelanggan juga bisa melihat informasi tentang bisnis atau organisasi Anda yang telah diverifikasi.

  1. Melindungi Ad Revenue website Anda

Enkripsi menjadikan keamanan website Anda menjadi sulit ditembus. Di samping itu juga untuk menghindari ISP (Internet Service Provider) Anda di-inject ads. Dengan begitu Ad revenue Anda tetap aman.

  1. Meningkatkan kualitas SEO

Mulai tahun 2014 Google memberikan preferensi yang lebih tinggi ke situs web HTTPS sebagai bagian dari misinya untuk mengenkripsi seluruh web. Itu artinya, Anda punya kesempatan lebih besar untuk berada di peringkat atas jika menggunakan Comodo SSL.

  1. Lebih Hemat
Comodo SSL Certificate

Dengan menggunakan Comodo SSL, Anda bisa lebih hemat karena sertifikat SSL ini memang terkenal murah. Bahkan bisa dibilang, harganya paling terjangkau di antara solusi keamanan yang lain. Dengan hanya membayar 115.000/ tahun, keamanan website sudah terjamin. Jadi, kenapa harus bayar lebih mahal jika jaminan keamanan yang ditawarkan sama?

Mau Pilih Jenis Sertifikat Comodo SSL yang Mana?

Sekarang Anda tahu, kan? Ternyata ada banyak jenis dan produk sertifikat Comodo SSL yang bisa Anda pilih. Jangan bingung dulu. Saran kami, pilihlah sertifikat SSL yang paling sesuai dengan kebutuhan website perusahaan atau organisasi Anda. Tidak lupa, sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki.   

Jika Anda butuh private SSL murah dengan aktivasi instan, kami menyediakan Comodo Positive SSL untuk website Anda. Ditambah, support selama 24 jam untuk mengaktifkan SSL di website Anda.   

Bingung caranya pasang SSL di website? Tak usah khawatir. Kami punya tutorial pasang SSL di website. Cek aja di sini → Cara Install SSL di cPanel Niagahoster.

Semoga artikel tentang SSL Comodo ini membantu Anda. Jangan lupa untuk subscribe blog Niagahoster dan aktifkan notifikasi, ya! Agar bisa terus update artikel bermanfaat lainnya. Sampai jumpa!

2
Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]