Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Inilah Peranan Penting Hosting bagi Website dan Bisnis!

10 min read

pentingnya hosting yang baik bagi website dan bisnis

Kenapa sih website saya perlu hosting sendiri? Apa pentingnya hosting bagi bisnis online yang saya bangun?

Mungkin pertanyaan di atas pernah terlintas dibenak Anda. Terutama, bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia online. 

Hosting merupakan salah satu elemen utama bagi website. Salah memilih hosting bukan hanya akan membuat website tidak bisa diakses, bahkan bisa berdampak pada kredibilitas bisnis online Anda.

Kok bisa ya? Memang seberapa penting peran hosting bagi website saya? Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting?

Tenang, jawabannya dapat Anda temukan di artikel ini. Kami akan membahas kenapa hosting yang baik itu penting dan berbagi tips jitu memilih layanan hosting terbaik. Simak terus sampai selesai, ya.

Mengapa Hosting yang Baik Itu Penting?

Hosting adalah rumah bagi semua aset website Anda. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan semua file website, mulai dari teks, gambar, database, email, dan lainnya. 

Berkat hosting pula, website Anda dapat diakses secara online melalui internet.

Jika hosting yang Anda gunakan bisa diandalkan, maka semua file di dalamnya bisa diakses dengan cepat dan mudah, kapanpun dan dari manapun.

Intinya, sebuah website yang baik diawali dengan performa hosting yang optimal. 

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa memiliki hosting yang baik itu penting untuk website Anda:

1. Sistem Proteksi Lebih Terjamin

Sebagai tempat menyimpan semua data website, maka sistem keamanan hosting  adalah hal mutlak yang harus dimiliki. 

Keamanan hosting yang mumpuni bukan hanya ditentukan dari seberapa ketat lokasi penyimpanan fisik server. Melainkan juga kualitas data center, sistem perlindungan dari malware, virus, dan lainnya.

Tujuannya, agar risiko cyber crime atau kejahatan internet bisa diminimalisir dengan adanya sistem perlindungan dari hosting.

Memangnya seberapa bahaya sih kejahatan internet? 

Tercatat selama pandemi saja, tingkat kejahatan internet melesat hingga 300%! Masih ingat kasus marketplace yang sempat kebobolan pada 2020 lalu?  

kasus cyber crime yang pernah terjadi di ecommerce indonesia

Bisa bayangkan bagaimana data penting pelanggan Anda diretas dan diperjualbelikan? Kalau sudah begitu, bagaimana dengan kepercayaan konsumen Anda? 

Banyak sekali kemungkinan tindakan kriminal yang bisa terjadi. Misalnya, penyalahgunaan data, penipuan online, hingga peretasan akun bank pengguna! Seram ya..

Itu baru salah satu contoh. Masih banyak kasus kejahatan internet yang dapat menghantui website bisnis Anda. Misalnya, DDoS, malware, spyware, dan lainnya.

Nah, alasan mengapa para hacker maupun cracker dapat membobol keamanan sebuah website adalah penggunaan hosting yang tidak aman.

Untuk itu, membangun website bisnis online dengan hosting sendiri akan jauh lebih aman. Berbeda dengan hosting dari platform gratisan, yang biasanya hanya memberikan keamanan standar untuk penggunanya. 

contoh rentannya keamanan ecommerce

Belum lagi kalau bicara marketplace yang memiliki jutaan akses user, akan semakin besar celah bagi para pelaku kejahatan internet, kan?

2. Performa Website Lebih Optimal

Website bisnis Anda tentu dimaksudkan untuk tujuan jangka panjang, bukan? 

Nah, seiring berkembangnya bisnis tersebut, kebutuhan resource untuk menampung website akan semakin besar. Website Anda memerlukan spesifikasi mumpuni agar dapat berjalan dengan optimal. 

Sebagai contoh, kebutuhan akan disk space, bandwidth, database, dan resource lainnya.

Layanan hosting yang baik, akan menyediakan semua resource yang dibutuhkan oleh website. Dengan begitu, website bisnis dapat bekerja secara maksimal untuk:

  • Menampilkan file, gambar, teks, dan lainnya
  • Menjalankan fitur-fitur keren
  • Diakses dengan cepat
  • Tidak mudah mengalami down
  • Menampung puluhan hingga ribuan visitor setiap bulannya

Sedangkan saat menggunakan platform gratis, resource yang disediakan sangat terbatas. Belum lagi, servernya mungkin hanya dilengkapi dengan fitur kecepatan standar, sehingga ketika diakses kurang cepat.

3. Memiliki Kendali Penuh dalam Membangun Website

Setiap website bisnis tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda. Artinya, untuk mendapatkan website yang ideal, Anda perlu akses kustomisasi yang luas. 

Misalnya, perlu adanya katalog produk, butuh sistem live chat, perlu memiliki sistem checkout, dan sebagainya.

Jika di marketplace, semua fiturnya tidak bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan.  Karena Anda hanya bertindak sebagai pihak ketiga, bukan pemilik toko online tersebut.

Anda hanya bisa mengupload produk, memproses pesanan, dan kegiatan penjualan lainnya.

contoh fitur ecommerce yang tidak bisa dikustomisasi

Di marketplace, Anda pun menggunakan resource bersama-sama dengan user lain. Jadi, selalu ada kemungkinan website down kapan saja karena banyaknya akses dalam satu waktu.

Demikian juga dengan platform gratis, misalnya WordPress.com. Karena bisa digunakan secara cuma-cuma, tentunya resource yang diberikan WordPress.com sangat terbatas. 

Anda memang bisa membangun website sederhana di WordPress.com, tapi kurang leluasa mengkustomisasi fiturnya. Ujung-ujungnya, Anda harus upgrade dengan biaya besar jika ingin memasang fitur layaknya website bisnis.

harga upgrade hosting wordpress

Baca juga: 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Berbeda halnya dengan hosting sendiri. Hosting yang baik akan dibekali resource yang tinggi. Baik disk space yang besar, ruang database bisa menjamin kebutuhan Anda, dan lainnya.

Selain itu, hosting juga memberikan kemudahan kustomisasi. Misalnya dengan beragam pilihan domain, adanya akses panel kontrol, kebebasan menginstal platform toko online (misalnya, WooCommerce, Prestashop, Shopify, dll).

contoh website di hosting sendiri yang bisa dikustomisasi

Membangun website bisnis dengan fitur unggulan membutuhkan akses kustomisasi dan resource yang memadai. Untungnya, kedua hal itu hanya disediakan oleh layanan hosting.

Karena keterbatasan resource dan kustomisasi, platform hosting gratis dan marketplace kurang cocok untuk kebutuhan bisnis jangka panjang.

4. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Online

Memiliki reputasi bagi bisnis merupakan hal yang sangat penting. Nah, di dunia online, nama bisnis diwakili oleh domain sebagai alamat yang dituju pengguna internet untuk mengakses website Anda.

Lalu, apa hubungannya dengan kredibilitas bisnis online?

Mari bandingkan tiga domain berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya.

bisnisku.combisnisku.wordpress.combisnisku.blogspot.com

Bisnisku.com merupakan domain unik yang mewakili brand Anda sehingga disarankan untuk digunakan. Kenapa demikian?

Ketika nama domain itu unik maka tidak dapat digunakan oleh orang lain. Ini tentu akan menambah kredibilitas bisnis di mata konsumen.

Kalau menggunakan marketplace, nama toko atau logo yang digunakan bisa saja mirip dan akan membuat konsumen ragu manakah toko yang asli.

Selain itu, custom domain juga bisa Anda gunakan dengan tujuan membangun branding untuk jangka panjang.

Apabila menggunakan platform gratisan, Anda harus rela ada subdomain pada nama website Anda, seperti bisnisku.wordpress.com. Ha ini tentu terkesan tidak profesional karena siapapun bisa memiliki nama yang mirip dengan bisnis Anda.

5. Lebih Profesional dengan Email Domain

Saat ini WhatsApp cukup populer sebagai media  komunikasi. Alasannya, praktis dan mudah. Namun, di dunia bisnis online, email masih menjadi alat komunikasi yang formal dan profesional. 

Umumnya, akun email yang Anda gunakan adalah Gmail. Meskipun minim kendala, alamat email yang Anda gunakan akan semacam admin@gmail.com. Alamat ini kurang unik karena akan mirip dengan pengguna Gmail yang lain. 

Nah, agar lebih bonafit, gunakanlah email bisnis dengan domain sendiri, seperti admin@binsisku.com. Bukan hanya agar terlihat keren, 75% konsumen lebih mempercayai bisnis dengan email yang sama dengan nama brand, lho.

contoh newsletter dengan email domain

Email dengan nama domain bisnis bisa Anda dapatkan ketika menggunakan hosting sendiri untuk website Anda. Dengan begitu, Anda bukan hanya mampu tampil profesional, tapi juga bisa membangun brand bisnis lewat email bisnis tersebut.

Tips Memilih Hosting Terbaik

Anda sudah tahu alasan mengapa wajib memiliki hosting sendiri. Sekarang, tinggal memilih layanan hosting mana yang tepat untuk website Anda.

Tentu untuk memilih hosting tidak semudah memilih topping ice cream, kan? Bisa jadi Anda harus melalui tahap riset, bahkan mencoba sendiri berbagai hosting di luar sana.

Nah, inilah tips-tips untuk membantu Anda menentukan hosting yang tepat: 

1. Keamanan Berlapis

Umumnya, layanan hosting sudah memberikan sistem keamanan standar. Seperti, two factor authentication, memasang plugin keamanan, dan lain sebagainya. 

Tetapi itu semua belum cukup. 

Hosting yang baik tentunya memiliki sistem keamanan yang berlapis, agar website dapat terlindung dari serangan. Maka dari itu, pilihlah hosting yang memberikan beberapa perlindungan agar membentuk sistem keamanan yang kuat.

sistem keamanan canggih di hosting Niagahoster

Jika Anda menggunakan layanan hosting yang baik seperti Niagahoster, berbagai fitur keamanan terbaik akan didapatkan, misalnya Imunify360

Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan berbagai perlindungan seperti:

  • Advance Firewall – Teknologi AI canggih yang melindungi server ketika website berjalan.
  • Malware Detection – Scanning dini pada semua file untuk menangkal potensi serangan malware dan mengkarantina file yang terinfeksi malware secara otomatis.
  • Intrusion Detection and Protection System – Otomatis memblokir alamat IP yang melakukan aktivitas mencurigakan di website Anda.
  • Proactive Defense – Menghentikan malware yang tidak dapat terdeteksi oleh scanner sekalipun, secara otomatis dan real time.
  • Patch Management – Update kernel server tanpa mengganggu kinerja server
  • Reputation Management – Notifikasi jika website Anda masuk ke dalam blacklist Google atau SBL dengan cepat.
  • Notifikasi Serangan Malware – Notifikasi otomatis ke email Anda ketika terdapat serangan malware dari scanning otomatis Niagahoster seminggu sekali.

Dengan tambahan perlindungan di atas, website Anda akan lebih kuat dalam menghindari serangan cyber crime dan menyulitkan aksi dari  hacker.

Baca juga: 10 Isu Keamanan yang Wajib Diwaspadai Toko Online + Solusinya!

Belum lagi, Niagahoster bukan hanya menyediakan layanan SSL, tapi juga bisa Anda nikmati dengan gratis. SSL akan mengenkripsi transfer data di website Anda sehingga lebih aman dan terhindar dari pencurian data

keamanan website berlapis SSL

Selain itu, kalau website memiliki sertifikat SSL akan disukai Google dan bisa jadi ranking satu di hasil pencarian. Reputasi website juga akan lebih baik, bukan?

2. Kecepatan Optimal

Sama seperti faktor keamanan, kecepatan hosting itu penting. Hosting yang baik akan memberikan jaminan kecepatan sehingga website dapat diakses dengan lancar.

tes kecepatan hosting Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu layanan hosting yang memberikan jaminan kecepatan optimal. Hal ini didukung dengan berbagai teknologi yang ditawarkan, antara lain:

  • LiteSpeed Enterprise – Web server tercepat di dunia dan paling direkomendasikan. 
  • WordPress Accelerator – Fitur meningkatkan kecepatan loading website.
  • HTTP/3 – Versi HTTP terbaru dengan standar protokol transfer data internet yang lebih efisien.
  • QUIC – Salah satu platform CDN yang pertama dan satu-satunya yang bisa menyimpan cache halaman WordPress yang dinamis.
  • BROTLI – Algoritma terbaru yang membuat halaman website dapat diakses lebih cepat dengan mengompres file data menjadi lebih kecil.
  • CDN – Server global yang tersebar di berbagai negara yang menyimpan file website, agar file dapat dikirimkan dari server yang terdekat dari visitor.

Baca juga: Cek Kecepatan Website Anda dengan 10 Tools Gratis Ini!

Memangnya, apa sih risikonya kalau website saya lambat?

Eits, jangan dianggap remeh, ya. Kecepatan website dampaknya cukup besar lho.  

Pertama, resiko kehilangan kunjungan dari konsumen karena lambatnya akses ke website Anda. Bahkan, sebesar 40% pengunjung akan meninggalkan website dengan loading lebih dari 3 detik.

Kedua, Anda harus mengandalkan optimasi kecepatan di website saja. Misalnya, optimasi mengkompres foto atau video, memasang plugin tambahan, dan lainnya. Itupun perlu upaya besar dan tetap dipengaruhi oleh kualitas hosting yang digunakan. 

Idealnya, Anda melakukan upaya optimasi kecepatan website dengan dukungan hosting yang performanya baik. Jadi, akan menghasilkan website dengan loading cepat dan disukai pengunjung.

Baca juga: Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

3. User Friendly

Tidak semua orang memiliki kemampuan teknis, apalagi yang berhubungan dengan server. Maka dari itu, pilihlah hosting yang memberikan kemudahan penggunaan. Baik dalam pengelolaan hosting, instalasi website, pengaturan domain, dan lainnya.

Niagahoster adalah salah satu layanan hosting yang mengutamakan kemudahan bagi pengguna untuk membangun website dengan baik. Setidaknya ada empat fitur yang memberikan kemudahan tersebut, yaitu:

  • Member Area Niagahoster
  • cPanel
  • WordPress Management
  • Domain Management
tampilan member area Niagahoster

Member Area adalah dashboard untuk mengelola hosting dan semua domain yang Anda miliki. Anda akan mendapatkan beragam menu, seperti pengelolaan hosting, domain, WordPress, yang bisa diakses dengan mudah.

cPanel adalah panel kontrol hosting yang merupakan pusat pengaturan utama layanan hosting yang digunakan. Di dalamnya, Anda bisa melakukan manajemen file, database, domain, keamanan, PhpMyAdmin, dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki URL tersendiri, Niagahoster memberikan kemudahan akses cPanel ini melalui Member Area juga. Dari Beranda, klik Kelola Hosting > cPanel > All Features.

akses cpanel mudah melalui member area

Download Ebook Gratis : Panduan Lengkap cPanel untuk Pemula

WordPress Management yaitu fitur unggulan Niagahoster untuk pengelolaan WordPress. Anda bisa mengaksesnya dari Member Area untuk melakukan integrasi login WordPress, Force HTTPS, staging website, auto update, dan lainnya.

fitur wordpress management Niagahoster

Domain Management dimana Anda dapat mengelola pengaturan terkait domain, seperti Name Server, transfer domain, DNS Management, dll.

fitur domain management Niagahoster

Dan, masih banyak kemudahan lainnya di dalam Member Area Niagahoster. Tanpa itu semua? Mungkin Anda harus setting secara manual. Misalnya, penulisan coding yang rumit saat menambah subdomain, update manual semua aspek website, dan lainnya.

4. Performa Tinggi

Performa server hosting sangat berpengaruh pada performa website. Salah satu, tolok ukur yang bisa digunakan adalah uptime server. Inilah kunci agar website bisa diakses 24 jam penuh.

Ketika ada konsumen yang ingin membeli produk di website Anda dan akan melakukan transaksi, eh tiba-tiba server down. Alhasil, website jadi tidak bisa diakses. Niat konsumen untuk berbelanja bisa batal, kan?

performa server Niagahoster

Untuk itu, hosting Niagahoster memberikan spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung, misalnya:

  • Teknologi Server – Menggunakan data center tier 4 yang merupakan level server tertinggi dengan availability 99,999%.
  • Kualitas Data Center – Menggunakan Data Center Indonesia dengan perawatan dan keamanan infrastruktur server terbaik.
  • Volume Visitor – Bisa menampung pengunjung cukup banyak. Pengguna shared hosting bisa menampung hingga 180.000 pengunjung per bulan. Cukup untuk website bisnis yang sedang berkembang.
  • Kualitas Harddisk – Menggunakan intel SSD canggih sebagai perangkat penyimpanan aset website.

5. Pilihan Domain Beragam

hosting sendiri bisa memilih domain

Kalau Anda menggunakan hosting gratisan,  nama website Anda terbatas pada penggunaan subdomain platformnya. Contohnya, bisnisku.wordpress.com atau bisnisku.blogspot.com.

Nah, kalau menggunakan hosting sendiri, selain Anda tidak harus menggunakan subdomain, ada banyak pilihan domain dan ekstensi yang bisa digunakan. Misalnya, bisnisku.com, bisnisku.id, dan lainnya.

beragam pilihan domain dan ekstensi

Nah, kalau sudah menggunakan domain sendiri yang unik, Anda akan mendapat beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Menunjukkan spesialisasi bisnis Anda
  • Penggunaan nama yang fleksibel, dapat disesuaikan dengan nama brand
  • Lebih mudah ditemukan mesin pencari
  • Lebih mudah diingat pengunjung
  • Sarana branding bisnis

Bahkan di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan domain secara gratis untuk pembelian paket hosting tertentu.

Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Anda

6. Fitur Lengkap

Keunggulan lain dari menggunakan hosting sendiri adalah banyaknya fitur yang disediakan. Fitur tersebut bisa saja tak akan Anda dapatkan dari hosting gratis, apalagi marketplace.

Namun, tentunya harus memilih layanan hosting yang terbaik dengan berbagai fitur yang lengkap. 

fitur lengkap di hosting Niagahoster

Berbagai fitur layanan hosting yang dapat dinikmati pengguna dengan mudah, diantaranya

  • Unlimited Addon Domain – Anda bisa menggunakan banyak domain pada satu hosting yang sama. 
  • Unlimited Parked Domain – Untuk mengarahkan domain baru ke domain lain milik Anda.
  • Force HTTPS – Website Anda bisa langsung menggunakan https tanpa harus melakukan langkah aktivasi manual.
  • Staging – Dapat menciptakan website duplikat untuk sarana kustomisasi.
  • Auto Update – Website Anda selalu dalam versi terbaru baik plugin maupun tema, tanpa perlu update manual satu per satu.
  • Magic Auto Backup dan Restore – Pencadangan file sehingga Anda dapat mengembalikan file backup kapanpun. 

7. Email Domain

Email bisnis dengan domain sendiri itu penting. Sayangnya, hosting gratis tidak memberikan fasilitas tersebut.

Nah, hosting sendiri biasanya sudah dilengkapi dengan layanan email. Anda bisa mengirim dan menerima pesan email dengan menggunakan domain Anda. 

email domain untuk terhindar dari spam atau phising

Sebagai contoh Niagahoster memudahkan Anda untuk:

  • Melakukan pengiriman dan penerimaan email bisnis sesuai paket hosting yang digunakan. Bahkan bisa hingga 2400 email per hari dengan 15 penerima sekali kirim.
  • Dapat membuat akun email tak terbatas, cocok men-support seluruh tim Anda agar mendapatkan akun official brand
  • Mencegah email spam berbahaya masuk ke email Anda dengan fitur SpamAssassin Mail Protection atau SpamExperts
  • Memiliki kapasitas penyimpanan email lebih besar dibanding platform gratisan.

Baca juga: Cara Konfigurasi Email dengan Domain Sendiri

8. Bantuan Kapanpun Anda Butuhkan

Layanan pelanggan diperlukan ketika Anda mengalami kendala. Baik layanan marketplace atau hosting gratisan pun menyediakannya 

Namun, biasanya support customer service hosting gratisan hanya tersedia dalam bahasa Inggris atau sekadar diarahkan ke forum. Metode ini tentu menyulitkan Anda, kan? Apalagi bagi pemula.

Berbeda dengan hosting sendiri. Dukungan support bahkan merupakan salah satu keunggulan layanan yang ditawarkan. Jadi, pasti lebih mudah.

Bukan hanya menyediakan tim ahli berbahasa Indonesia, berbagai kendala teknis juga bisa dibantu. Misalnya, terkait error, nameserver, DNS,  dan masalah lainnya. 

Sebagai contoh, Niagahoster menyediakan customer support yang siap dihubungi kapan saja selama 24 jam

bantuan live chat dan beragam pilihan lainnya

Bahkan ada beragam channel yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, jika Anda memiliki kendala spesifik, ada layanan live chat untuk bisa berkomunikasi langsung dengan Customer Success Agent.

Anda lebih suka mendapatkan informasi melalui email, telepon, bahkan WhatsApp? Tenang, Anda bisa memilih sesuatu  kebutuhan penanganan kendalanya. 

Jadi, dengan hosting sendiri, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala, masalah, ataupun kebingungan menghadapi issue teknis tertentu karena ada banyak cara penyelesaiannya. 

Baca Juga: Radar TV News: Cari Hosting dengan Support Cepat, Manfaat Ekstra yang Didapat

9. Harga yang Kompetitif

Layanan hosting seperti WordPress.com atau blogspot.com memang bisa digunakan untuk membuat website bisnis tanpa perlu bayar. 

Sekilas tampak menarik, bukan? Namun, sebenarnya keunggulan hosting gratis hanya bisa Anda nikmati sementara. 

Jika bisnis Anda berkembang atau ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap seperti custom domain atau menambah plugin, Anda harus mengeluarkan kocek yang lumayan mahal.

Misalnya untuk membangun toko online, Anda harus upgrade ke paket eCommerce seharga  Rp700.000/bulan.

Kalau menggunakan hosting sendiri bagaimana? Bisa jauh lebih murah lho. Mari lakukan perbandingannya. 

Katakanlah Anda membeli paket Bisnis Unlimited Hosting Niagahoster. Semua fitur hosting lengkap Anda dapatkan dengan biaya Rp84.816 per bulan saja! 

harga upgrade hosting Niagahoster

Harga tersebut sudah cukup untuk membangun sebuah website toko online dengan ratusan ribu pengunjung tiap bulannya. Bahkan, Anda masih mendapatkan gratis domain untuk durasi satu tahun dan garansi 30 hari uang kembali.

Baca juga: Mahal atau Murah? Inilah Biaya Pembuatan Website di 2021

Siap Beralih ke Penyedia Layanan Hosting Terbaik?

Sampai disini Anda sudah paham seberapa pentingnya memiliki hosting yang baik. Pun dengan tips memilih hosting yang tepat, setidaknya ada sembilan poin yang harus Anda perhatikan.

Nah, tak perlu bingung mencari hosting mana yang memiliki kesembilan kriteria di atas, karena Niagahoster menghadirkan segala kebutuhan hosting Anda.

Mulai dari keamanan yang berlapis dengan Imunify360 dan gratis SSL, meningkatkan kecepatan website dengan Litespeed Cache, memberikan dashboard yang mudah digunakan, hingga harga yang bersaing, dan sebagainya.

Bisa dibilang, Niagahoster adalah paket lengkap layanan hosting yang bisa menjadi rumah untuk website bisnis online Anda.

Tunggu apa lagi? Siap bangun website bisnis online yang powerful?

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *