Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

5 Plugin Chat WordPress Terbaik

5 min read

Saat mengunjungi sebuah website atau toko online, terkadang muncul sebuah pertanyaan mengenai produk atau layanan yang disediakan.

Sayangnya, pertanyaan yang dikirimkan melalui komentar atau email terkadang membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan balasan. Selama menunggu balasan, terkadang calon pelanggan memutuskan untuk membuka website lain.

Ini membuktikan bahwa informasi yang tersedia di website belum cukup membuat pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang disediakan. Bahkan, beberapa orang memutuskan membatalkan niat membeli karena belum mendapatkan informasi yang cukup.

Live Chat bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Live chat menjadi jembatan yang menghubungkan pemilik website dengan pengunjung secara langsung. Jadi ketika pengunjung website ingin menanyakan sesuatu mengenai produk atau layanan, mereka dapat langsung menanyakannya melalui live chat –bahkan tanpa harus membuka perangkat mobile.

Cara berkomunikasi saat ini sudah jauh berubah. Orang-orang yang dulunya menggunakan komentar, menggunakan sms dan telepon sudah tidak terlalu diminati dan beralih ke chat.

Live chat menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi, mudah diakses, dan sederhana. Live chat dapat menjadi alat untuk menaikkan performa bisnis Anda, dan tentu saja reputasi brand yang Anda tawarkan.

Jika Anda pengguna WordPress dan tertarik untuk mencoba, jangan berhenti membaca sampai di sini. Artikel ini akan memberi Anda informasi berbagai macam fitur live chat dan cara menambahkan plugin chat WordPress gratis.

Baca juga: Membuat Toko Online Mudah Untuk Pemula

Keunggulan Live Chat di WordPress

Ada berbagai cara berkomunikasi antara pemilik website dan pengunjung. Pertanyaan dan keluhan dulunya dilakukan menggunakan email, kolom komentar, menggunakan tiket, dan live chat WordPress.

Seluruh metode komunikasi yang dilakukan cukup baik dan tidak ada salahnya untuk digunakan. Namun terkadang ada permasalahan yang cukup mendesak sehingga perlu penanganan lebih cepat. Komunikasi menggunakan email, kolom komentar, dan tiket membutuhkan waktu tidak sebentar. Hal ini tak jarang membuat pelanggan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.

Live chat WordPress menjadi solusi alternatif yang bisa Anda gunakan. Metode ini menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh metode lainnya, seperti:

1. Memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi

Ketika ada fitur live chat di website, pengunjung tidak perlu mengambil perangkat mobile, mengetik nomor kontak dan menghubungi Anda. Mereka hanya tinggal mengklik icon yang sudah tersedia di salah satu bagian website.

2. Lebih cepat dalam merespon

Pengunjung yang mengirimkan pesan bisa langsung dibalas selama Anda online. Histori pesan pun terlihat sehingga Anda tidak perlu membuka pesan chat yang sudah terkirim sebelumnya. Hal ini tentu saja akan dapat memberikan kesan baik kepada calon pelanggan atau pelanggan.

3. Website terlihat lebih profesional

Website yang terdapat fitur live chat memberikan kesan kepada pengunjung bahwa Anda siap siaga untuk melayani. Anda siap menjawab berbagai pertanyaan maupun keluh kesah yang mereka punya. Hal seperti ini yang disukai para pelanggan.

4. Meningkatkan konversi

Calon pelanggan terkadang ingin bertanya-tanya mengenai produk maupun layanan yang ditawarkan sebelum mereka memutuskan untuk menggunakannya. Melalui fitur live chat mereka dapat dengan langsung menanyakannya kepada Anda sebelum beralih ke website lainnya. Pengalaman komunikasi marketing tentu bisa Anda manfaatkan di sini.

Meskipun live chat dapat Anda gunakan di berbagai website. Fitur ini akan baik jika dipasang di website bisnis, seperti e-commerce dan penyedia jasa. Website portofolio atau pribadi tidak terlalu cocok jika menggunakan live chat sebagai salah satu fitur tambahannya.

Bagi Anda yang ingin menambahkan plugin chat WordPress di website, di bawah beberapa plugin chat WordPress terbaik yang layak Anda coba.

Baca juga: 25 Plugin dan Tools Wajib untuk Website Bisnis Online

5 Plugin Chat WordPress Terbaik

Pengguna WordPress tidak perlu kesusahan untuk membuat fitur live chat di website mereka secara manual dari awal. WordPress sudah mempunyai fitur live chat yang cukup banyak. Anda cukup install plugin chat WordPress, mengaktifkan, dan kemudian menambahkannya di website.

1. WP Live Chat Support

Plugin live chat WordPress yang pertama adalah WP Live Chat Support merupakan plugin live chat paling efektif di dalam segi biaya. Anda dapat mengobrol dengan pengunjung secara gratis. Inilah yang membuat plugin WP Live Chat Support baik usaha kecil menengah.

plugin chat wordpress

Penggunaan plugin cukup mudah. Segera setelah proses instalasi selesai dan diaktifkan, ikon live chat akan muncul di halaman website Anda. Ada beberapa opsi kustomisasi yang tersedia. Supaya lebih maksimal dalam penggunaanya, Anda harus mempelajari dan memahami dengan baik setiap opsi yang ditawarkan.

WP Live Chat Support menawarkan beberapa fitur seperti mengubah atau mengedit style dan warna jendela live chat. WP Live Chat Support memungkinkan Anda untuk membuka obrolan dengan banyak user secara bersamaan. Di dalam plugin ini pengunjung atau user akan melihat chat yang sudah pernah dilakukan ketika mereka membuka atau mengawali chat baru. Anda juga dapat mengaktifkan chat dari end dan mengecek transkrip dari percakapan sebelumnya menggunakan plugin ini.

Sayangnya, plugin chat ini hanya bisa digunakan oleh satu akun WordPress. Jadi untuk menangani beberapa chat yang masuk hanya bisa dilakukan oleh satu orang agent saja.

Plugin chat ini tersedia secara gratis, tapi jika Anda menginginkan fitur tambahan lainnya, Anda harus melakukan upgrade ke versi yang berbayar.

2. Click to Chat for WhatsApp Chat

Ada yang berbeda antara plugin chat ini dengan plugin live chat WordPress yang lainnya. Click to Chat for WhatsApp Chat adalah plugin chat terbaik WordPress untuk mengarahkan pengunjung ke halaman WhatsApps ketika ingin menghubungi Anda.

plugin chat wordpress

Plugin live chat WordPress gratis ini bernama “Click to Chat for WhatsApp Chat”. Ketika Anda klik icon plugin ini, jika Anda membuka melalui perangkat mobile dan perangkat terinstall aplikasi WhatsApp, secara otomatis Anda akan diarahkan ke WhatsAppApp. Jika Anda membuka halaman website menggunakan browser, Anda akan diarahkan ke halaman WhatsApp web.

Sebagian besar orang sudah menggunakan smartphone dengan berbagai aplikasi di dalamnya, termasuk WhatsApp. Saat ini pengguna WhatsApp terus berkembang di seluruh dunia. Inilah yang membuat plugin ini menjadi alternatif yang menarik untuk Anda coba. Apalagi komunikasi melalui WhatsApp akan terasa lebih dekat dibandingkan dengan komunikasi melalui live chat di website.

Anda memerlukan sebuah nomor handphone untuk menggunakan plugin chat WordPress ini. Nantinya nomor yang Anda daftarkan menjadi nomor tujuan ketika user ingin mengirimkan pesan kepada Anda. Ini membuat nomor Anda akan terlihat oleh pengunjung yang berinteraksi dengan Anda. Oleh karena itu, disarankan menggunakan nomor yang hanya Anda pakai berkomunikasi dengan pelanggan.

3. Tawk.to Live Chat

Tawk.to Live Chat merupakan aplikasi yang layak Anda coba untuk menghasilkan penjualan baru dan leads. Plugin ini sudah digunakan lebih dari 2 juta pengguna bisnis. Anda dapat memonitor dan melakukan percakapan dengan pengunjung di website Ada –dengan gratis

plugin chat wordpress

Tawk.to didesain untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan pengalaman pengguna customer online, menghubungkan beberapa website dan agent ke dalam satu tampilan dashboard untuk melakukan percakapan dengan pengunjung website.

Plugin chat WordPress ini cukup kompatibel dengan berbagai browser dan juga menyediakan aplikasi iOS, Android, dan Mac OSX secara gratis supaya Anda tetap terhubung dengan pelanggan, atau Anda juga dapat login menggunakan browser.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa mendapatkan insight yang cukup menarik ketika dapat memonitor aktifitas pengunjung di website. Anda juga dapat terkoneksi di mana pun dan menggunakan apa pun –komputer atau perangkat mobile.

4. Tidio Live Chat

Tidio Live Chat merupakan layanan live chat untuk WordPress yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan mudah. Plugin live chat WordPress ini menyediakan layanan gratis, tapi Anda bisa meningkatkan ke layanan berbayar untuk mendapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

plugin chat wordpress

Tidio Live Chat menggabungkan antara live chat dengan chatbots ke dalam satu aplikasi. Satu plugin ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan layanan customer service. Bantuan chatbots membuat Anda tidak perlu selalu online, tapi dapat terus terhubung dengan customer selama 24 jam 7 hari.

Selain itu, plugin chat ini menawarkan proses instalasi yang mudah, memantau pengunjung website, terhubung dengan pelanggan yang saat itu mengunjungi website Anda, modern desain, dan mendukung 183 bahasa dengan 21 bahasa yang sudah diterjemahkan sebelumnya.

Setelah menginstal plugin ini, cukup buka tab “Tidio Chat” dan fitur live chat Anda sudah siap digunakan. Widget chat akan tersedia dan muncul di website Anda sehingga pengunjung dapat menghubungi Anda secara langsung. Ketika Anda membuka dashboard Tidio, Anda dapat membalas setiap pesan yang masuk dan mengkonfigurasi chatbots.

5. JivoChat Live Chat WordPress

JivoChat Live Chat adalah plugin live chat WordPress gratis yang paling populer. Plugin ini menawarkan berbagai fitur yang jarang dipunyai oleh plugin lain.  Anda dapat menggabungkan pesan email, Facebook Messenger, dan sambungan melalui telepon menggunakan aplikasi JivoChat ini. Semua bisa Anda kelola di dalam satu tempat, termasuk riwayat obrolan.

plugin chat wordpress

JivoChat dapat menampilkan pop-up ketika pengunjung membuka website Anda. Anda bisa menawarkan apa pun yang Anda inginkan, seperti menawarkan diskon, produk terbaru, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat melakukan percakapan proaktif ketika pengunjung sedang menjelajahi website. Mulai percakaan dan berikan informasi menarik yang mungkin saja mereka mencarinya. Bantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari. Bangun kesan baik yang membuat mereka yakin menjadi pelanggan Anda.

JivoChat dapat digunakan untuk melakukan percakapan beberapa agent. Anda dapat mentransfer percakapan dan mengundang agent lain untuk berpartisipasi ke dalam percakapan dengan pelanggan Anda.

Baca juga: 15 Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online

Penutup

Plugin live chat WordPress menjadi plugin yang layak terinstall di website bisnis Anda. Menggunakan plugin live chat adalah metode yang harus Anda coba untuk meningkatkan kualitas di dalam pelayanan. Ada banyak plugin chat WordPress yang layak Anda coba –gratis maupun berbayar. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Untuk mendapatkan inspirasi bagaimana mengembangkan bisnis online Anda, silahkan baca panduannya di ebook 98 Tips Meroketkan Penjualan dengan Website.

Jika Anda menyukai artikel kami, jangan lupa subscribe untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami atau jika ada pertanyaan Anda dapat meninggalkan komentar melalui kolom komentar di bawah ini.

0
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =