Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

30+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install

17 min read

Plugin WordPress terbaik

WordPress adalah platform pembuatan website yang banyak diminati karena kemudahan dan kelengkapan fiturnya. Selain cara install WordPress yang mudah, Anda juga dapat menginstall berbagai template WordPress gratis dan plugin terbaik yang tersedia di WordPress.

Saat ini ada lebih dari 58 ribu plugin WordPress dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun, Anda tidak harus memakai semua plugin tersebut. Sesuaikan saja dengan kebutuhan website Anda.

Meski begitu, memilih beberapa dari sekian banyak plugin adalah keputusan sulit. Nah, untuk itu kami akan memberikan rekomendasi plugin WordPress terbaik yang wajib Anda install agar website Anda bisa bekerja dengan optimal.

30+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install

plugin untuk kustomisasi wordpress

Sebelum kami memberikan daftar plugin WordPress terbaik wajib install, sebaiknya Anda sudah paham cara install plugin WordPress. Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa mempraktikkan cara membuat plugin WordPress jika punya keterampilan teknis.

Tak hanya itu, sebenarnya kami sudah membuat banyak rekomendasi plugin WordPress terbaik berdasarkan kategorinya, seperti:

Jika masih bingung pilih plugin yang mana, yuk simak daftar berikut!

1. Wordfence

wordfence plugin

Salah satu plugin keamanan WordPress terbaik adalah Wordfence. Plugin Wordfence cocok untuk Anda yang ingin mengamankan WordPress dari serangan hacker, seperti injeksi malware, penyusupan, hingga pembobolan data. 

Ketika ada aktivitas mencurigakan, seperti akses IP yang tidak dikenal atau gagal login, maka secara otomatis Anda akan menerima notifikasi email. Selanjutnya Anda bisa memonitor dan melakukan blacklist terhadap bot atau orang yang mencoba mengakses website.

Karena fitur keamanannya yang relatif lengkap, tak heran plugin ini sudah terunduh lebih dari satu juta pengguna. Hal ini karena Wordfence dapat melindungi website Anda sampai ke bagian inti website.  Jadi, hacker akan sulit memecahkan kode rahasia yang sudah dibuat oleh plugin ini. 

Keunggulan: 

  • Melakukan scanning website saat ada file yang dicurigai malware.
  • Mendeteksi alamat IP yang mencurigakan dan memasukkannya ke dalam blacklist.
  • Melindungi website dari serangan Brute-force dengan membatasi waktu login.
  • Membantu memeriksa keamanan konten pada URL yang berbahaya dan konten yang mencurigakan.

Kekurangan:

  • Wordfence berjalan pada server sehingga akan memengaruhi kinerja website menjadi lebih lambat.

Harga: Gratis atau versi premium berbayar mulai dari $99 atau Rp1,4 jutaan.

2. WP re-Captcha

wp recaptcha plugin

Sebagai pengguna WordPress, tentunya Anda tidak ingin mendapat komentar spam, bukan? Komentar spam bisa membuat ranking di laman pencarian turun dan merusak traffic website. Jika terus dibiarkan, website Anda bisa saja tidak lagi diindex oleh Google.

Nah, untuk itu Anda perlu menginstall plugin WP re-Captcha. Tujuannya, untuk mencegah munculnya komentar bot otomatis yang melakukan spamming pada website Anda.

Plugin keamanan WordPress ini memiliki cara kerja yang sangat mudah. Setelah aktif, pengguna hanya perlu memasukkan kombinasi huruf dan angka pada saat submit komentar. Jadi, setiap komentar yang ditulis bisa dipastikan benar-benar dibuat oleh manusia.

Keunggulan:

  • Sudah menggunakan kombinasi Time-Based Hash dan JavaScript untuk mencegah pihak ketiga mengakses data sensitif pada website.
  • Tersedia kode keamanan khusus yang terpasang saat setting plugin sehingga dapat melindungi website dari spam.
  • Kompatibel dengan versi WordPress terbaru.

Kekurangan:

  • Adanya kode re-Captcha yang harus dimasukkan bisa membuat pengunjung enggan memberikan komentar.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $14.99 atau Rp200 ribuan per tahun

3. iThemes Security

ithemes security

Plugin WordPress terbaik yang selanjutnya adalah iThemes Security. Plugin ini berfungsi untuk mengamankan website dengan lebih dari 30 cara.

Beberapa di antaranya adalah fitur Malware Scan Scheduling yang membantu Anda memastikan proses scanning malware selalu dilakukan. Lalu, Anda juga bisa memiliki perlindungan ganda ketika login dengan fitur Two-Factor Authentication

Jangan lupa untuk menentukan waktu penggantian password secara berkala menggunakan fitur Password Expiration. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Google ReCaptcha untuk mencegah spammers masuk ke website.  

Plugin yang sudah diunduh oleh lebih dari 900 ribu pengguna ini termasuk plugin keamanan WordPress terbaik. Sebab, iThemes Security dapat mengidentifikasi serangan yang masuk ke website Anda dalam waktu singkat.

Keunggulan:

  • Memiliki proteksi login dengan Two-Factor Authentication yang efektif menjaga keamanan website.
  • Memiliki perlindungan dari Brute-force terhadap website.
  • Mengunci pengguna yang gagal masuk setelah beberapa kali percobaan login gagal.

Kekurangan:

  • Fitur pemindaian malware hanya tersedia dalam versi premium.
  • Proses penghapusan malware yang tidak mudah.

Harga: Gratis dengan fitur terbatas atau berbayar mulai dari $80 atau sekitar Rp1,1 jutaan per tahun untuk fitur lengkapnya

4. JetPack

jetpack

Kualitas plugin keamanan WordPress terbaik yang satu ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, hingga kini sudah ada lebih dari 5 juta pengguna yang menginstall plugin Jetpack. Plugin ini dapat membantu Anda meningkatkan keamanan, performa, serta manajemen sistem WordPress.

Tidak hanya itu saja, Jetpack juga menyediakan tools keamanan yang melindungi Anda dari serangan brute-force dan login yang tidak terautorisasi. Jetpack juga dapat melakukan pemindaian malware dan ancaman keamanan lainnya. Pemindaian tersebut dilakukan dalam satu kali klik untuk memulihkan website Anda dari malware.

Plugin WordPress ini sudah bermitra dengan Google AMP untuk menunjang performa website Anda. Dengan menggunakan plugin WordPress terbaik ini, Anda dapat membangun website yang cepat dengan tingkat keamanan tinggi. Tanpa harus menggunakan coding sama sekali. 

Keunggulan:

  • Memastikan tidak ada orang yang menyusupi website berkat adanya Two Factor Authentication.
  • Memblokir spam yang berisiko mengganggu performa website.
  • Melindungi website agar lebih optimal dan aman dari serangan Brute-force.
  • Dapat mencegah malware masuk dan mengganggu website.
  • Memudahkan Anda dalam mengetahui data pengunjung.

Kekurangan:

  • Ukuran plugin yang besar karena berisi lebih dari 30 fitur. 
  • Kemungkinan membuat website Anda menjadi lambat.
  • Sangat tergantung pada ekosistem WordPress.com.

Harga: Gratis atau berbayar mulai dari $39 atau sekitar Rp560 ribuan per tahun

5. Akismet

akismet

Akismet adalah plugin keamanan WordPress terbaik yang dapat membantu Anda memeriksa komentar dan isian dari formulir kontak. Komentar dan isian form tersebut nantinya akan dianalisis menggunakan basis data spam secara global. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya duplikasi konten berbahaya.

Dengan kata lain, fungsi plugin Akismet adalah untuk melindungi website dari spamming, konten berbahaya, dan tautan malicious agar tetap aman.

Keunggulan:

  • Menganalisa dan memfilter setiap komentar yang masuk di website.
  • Mengetahui dan mengecek setiap komentar yang masuk dengan lebih mudah.
  • Menampilkan URL di kolom komentar untuk memperlihatkan tautan yang mencurigakan.
  • Melihat komentar yang disetujui dengan menggunakan pengaturan moderator.
  • Mempunyai fitur otomatis untuk memblokir komentar spam.

Kekurangan:

  • Beberapa komentar biasa dianggap sebagai spam sehingga Anda harus cek folder spam sebelum menghapus komentar.

Harga: Gratis untuk pengguna personal | Versi komersil mulai dari $10 atau Rp144  ribuan per bulan

6. Yoast SEO

yoast seo

Yoast SEO adalah plugin WordPress terbaik selanjutnya yang wajib Anda install. Plugin ini dapat membantu Anda dalam menulis konten yang ramah SEO. Selain itu, Yoast SEO juga membantu Anda melakukan analisis konten dan memberi skor SEO.

Beberapa hal teknis, seperti pemeriksaan kata kunci, pembuatan meta description, dan sitemap XML juga tersedia dalam plugin SEO WordPress yang satu ini.

Keunggulan:

  • Membantu Anda dalam meningkatkan kualitas tulisan dengan fitur Focus Keyword.
  • Memiliki fitur Rich Snippet Preview yang dapat memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau di pencarian Google.
  • Memiliki fitur untuk membuat meta deskripsi dengan mudah. 

Kekurangan:

  • Untuk versi gratis, Anda hanya dapat memasukkan satu keyword saja.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $89 atau Rp1,2 jutaan per website

Baca juga: Plugin Rank Math vs Yoast SEO – Mana yang Lebih Baik?

7. All in One SEO Pack

aioseo plugin

Mirip dengan Yoast SEO, plugin ini juga menawarkan berbagai fitur SEO yang sangat diperlukan oleh sebuah website. Plugin WordPress terbaik yang satu ini dapat membuat konten website Anda menjadi lebih menarik untuk dibaca oleh pengguna internet. Hal ini karena konten yang dibuat sudah disesuaikan dengan teknik SEO.

All in One SEO Pack sudah dilengkapi dengan fitur SEO sesuai standar Google dan algoritma mesin pencarian lainnya. Bahkan, Anda bisa mengecek performa konten lewat Google Analytics, Google Search Console, dan situs serupa yang terhubung ke plugin ini.

Di samping itu, plugin ini juga sudah terintegrasi ke berbagai platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, YouTube, hingga LinkedIn. Jadi, Anda bisa membagikan konten dengan mudah ke media sosial tersebut.

Dengan berbagai fitur yang unik, tak heran kalau plugin WordPress terbaik satu ini diunduh lebih dari tiga juta pengguna. 

Keunggulan:

  • Memiliki fitur auto meta description sehingga Anda tidak perlu membuatnya secara manual.
  • Tampilan fitur yang lebih sederhana dan tidak membingungkan.

Kekurangan:

  • Indikator analisis SEO yang kurang mencolok. 

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $49.50  atau sekitar Rp700 ribuan per tahun

8. Redirection

redirection

Broken link dapat membuat ranking konten website Anda menurun. Oleh karena itu, Anda harus segera mengganti link yang mati dengan link aktif lainnya. Tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus mengganti link satu per satu secara manual.

Nah, untuk itu kami sarankan Anda menggunakan plugin WordPress untuk mengatasi broken link. Salah satu plugin WordPress terbaik yang dapat membantu Anda adalah Redirection.

Selain memudahkan Anda mengatasi broken link, plugin WordPress gratis ini juga memiliki fitur yang berguna. Salah satunya fitur WP CLI yang membuat proses impor dan ekspor data berlangsung secara otomatis.

Keunggulan:

  • Dapat memonitor dan memberikan pilihan untuk menangani halaman “404 error”.
  • Membuat berbagai tipe redirects, seperti Cookie, HTTP headers, dan IP address.
  • Mengelompokkan tautan rusak sehingga memudahkan penggantian link.
  • Mampu mengimpor dan mengekspor tautan redirects sehingga memudahkan ketika pindah layanan hosting atau mengatur konfigurasi lainnya.

Kekurangan:

  • Banyak pengguna mengeluhkan plugin yang tidak bisa digunakan.
  • Sering kali terjadi error pada database WordPress.

Harga: Gratis

9. W3 Total Cache

w3 total cache

Plugin WordPress terbaik selanjutnya adalah W3 Total Cache. Plugin untuk mempercepat loading website WordPress ini mampu meningkatkan kecepatan dan performa website tanpa menambahkan bandwidth. 

Caranya dengan menyimpan informasi yang di-request pengunjung website di browser. Dengan begitu, setiap ada pengunjung yang meminta informasi yang sama, informasi bisa langsung ditampilkan. Tidak perlu lagi mencarinya di server. Hal inilah yang membuat website hemat resource dan performanya bisa lebih cepat. 

Kecepatan performa website ini tentunya berpengaruh pada optimasi SEO website Anda. Dengan waktu loading yang maksimal, mesin pencari akan memperhitungkan peringkat website Anda.

Plugin WordPress gratis ini berbeda dengan plugin lainnya. Karena, ia dapat memperbaiki hampir semua aspek yang memengaruhi kinerja website. Berbeda dengan kebanyakan plugin yang hanya memperbaiki beberapa aspek saja.

Keunggulan:

  • Dapat menghemat bandwidth dengan cara mengkompres file dan melakukan minify koding.
  • Waktu download data di website menjadi lebih singkat.
  • Mendukung caching untuk Accelerated Mobile Pages atau tampilan khusus mobile.
  • Dilengkapi Sertifikat Secure Socket Layer (SSL). SSL adalah metode untuk meningkatkan keamanan data yang di-cache (premium).
  • Memudahkan Anda dalam mengatur interval dan lokasi caching di website.

Kekurangan:

  • Banyak pengaturan teknis yang cukup asing bagi pemula, seperti AMP, CDN, Memcached, dan APCu. 
  • Beberapa tools sulit digunakan dan membingungkan bagi pemula.
  • Harus membeli versi premium untuk mendapat hasil yang maksimal.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $99 atau Rp1,4 jutaan

10. WP Rocket

WP Rocket adalah plugin WordPress premium berbayar yang berfungsi untuk mempercepat proses loading website. Plugin ini sudah terinstall oleh lebih dari satu juta pengguna. 

Dengan menggunakan WP Rocket, beban HTML, CSS, dan Javascript file bisa berkurang. Hal inilah yang akan membuat pengunjung lebih ringan dalam mengakses website Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Page Caching dan Cache Preloading untuk membuat loading website menjadi lebih cepat. Fitur menarik lainnya dari plugin ini adalah GZIP Compression yang membantu Anda untuk mengkompres halaman website di server.  

Keunggulan:

  • Sudah terintegrasi Cloudflare untuk pengguna CDN.
  • Memiliki fitur optimasi database.
  • Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.
  • Adanya fitur Automatic Speed Optimization yang membantu Anda melakukan optimasi website.

Kekurangan:

  • Tidak tersedia dalam versi gratis.
  • Menyebabkan website error ketika ada plugin serupa yang dipakai.

Harga: Mulai dari $49 atau Rp700 ribuan per tahun.

11. LiteSpeed Cache for WordPress

litespeed cache

LiteSpeed Cache merupakan plugin milik LiteSpeed. Plugin LiteSpeed sendiri terkenal sebagai web server tercepat yang mampu meredam 50% beban server lebih efektif dari Apache.

Dengan fitur-fitur seperti Lazy Load Images, Bowser Cache Support, Database Optimization, serta Full Page Caching, dapat dipastikan bahwa plugin bisa membuat website lebih cepat diakses.

Untungnya, Anda bisa menikmati manfaat  LiteSpeed Cache ini secara cuma-cuma. Dengan menggunakan layanan Niagahoster, plugin telah terinstal secara otomatis di website WordPress Anda. Ditambah lagi, web server yang kompatibel dengan plugin membuat performa website lebih maksimal.  

Keunggulan:

  • Proses instalasi mudah dilakukan oleh pemula .
  • Dapat mengurangi overhead dan memberi proses caching yang lebih cepat.
  • Memiliki pengaturan custom untuk pemakaian theme desktop dan mobile device.
  • Telah terintegrasi dengan LiteSpeed Web Server.
  • Kompatibel dengan plugin WordPress terbaik lainnya, seperti Yoast SEO, WooCommerce, Wordfence, Contact Form 7, dan masih banyak lagi.

Kekurangan:

  • Terdapat beberapa fitur advance yang tidak ramah untuk pengguna pemula.
  • Perlu menggunakan LiteSpeed Web Server agar mendapat hasil yang maksimal.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $110 atau Rp1,5 jutaan per tahun

12. Imagify

imagify

Website akan melambat jika ada banyak gambar dengan ukuran besar. Imagify dapat membantu Anda untuk mengkompres gambar tersebut secara otomatis. Tidak cuma  itu, plugin WordPress terbaik ini juga dapat digunakan untuk mengkonversi gambar WebP untuk mengurangi ukuran situs website. 

Plugin ini menggunakan tiga level algoritma untuk mengkompres gambar, yaitu normal, aggressive, dan ultra. Algoritma normal digunakan untuk kompresi gambar tanpa mengubah kualitasnya. 

Lalu algoritma aggressive digunakan untuk kompresi gambar dengan sedikit penurunan kualitas. Terakhir, algoritma ultra adalah metode untuk kompresi gambar dengan algoritma glossy.

Anda bisa mengembalikan kualitas gambar ke versi asli dengan opsi backup. Selain itu, opsi backup juga berfungsi mengoptimalkan hasil kompresi.  

Keunggulan:

  • Adanya fitur restore gambar ke ukuran awal.
  • Mengkompres gambar pada website dengan tiga algoritma untuk mendapatkan kualitas kompresi gambar yang beragam.
  • Dapat mengoptimalkan gambar yang ada di Media Library secara otomatis.

Kekurangan:

  • Hanya bisa mengkompres beberapa foto jika Anda menggunakan versi gratis.

Harga: Gratis dengan batasan tertentu atau versi premium mulai dari $4.99 atau Rp70 ribuan per bulan

13. Contact Form 7

contact form 7

Contact Form 7 adalah plugin form WordPress terbaik untuk membuat formulir kontak, pendaftaran, pemesanan, maupun konfirmasi. Formulir yang tersedia dalam plugin ini mudah dikustomisasi dengan fitur Markup Simple.

Selain itu, plugin WordPress gratis ini memiliki fitur membuat formulir auto response dan dapat mengelola beberapa formulir sekaligus. Menariknya, Contact Form 7 sudah didukung dengan sistem Captcha, Akismet, dan submission yang membuat website Anda menjadi lebih aman.

Agar performa plugin lebih maksimal, Anda bisa menambahkan extensions, seperti ReCaptcha v2 yang berfungsi untuk menambahkan bidang baru ke formulir yang dibuat.

Keunggulan:

  • Memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai jenis formulir.
  • Menawarkan fitur kustomisasi formulir kontak.
  • Dapat mencegah spam dengan menggunakan captcha dan Akismet.

Kekurangan:

  • Tampilan interface yang relatif rumit bagi pemula.

Harga: Gratis

14. Sassy Social Share

sassy social share

Sassy Social Share adalah plugin WordPress terbaik yang memudahkan pengunjung website Anda saat ingin membagikan konten ke media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah traffic ke website Anda.

Anda bisa membagikan website ke berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Tumblr, dan lainnya hanya dengan plugin ini saja.

Keunggulan:

  • Memiliki fitur lengkap yang mendukung kinerja website, seperti fitur Social Sharing dan Like Buttons.
  • Tidak perlu mendaftarkan diri untuk bisa memakai plugin.
  • Pengaturan yang sederhana sehingga mudah dipahami.
  • Melakukan kustomisasi ikon secara gratis.  
  • Menyesuaikan tampilan jika diakses melalui perangkat mobile.

Kekurangan:

  • Tidak mendukung bagikan website ke platform WeChat.
  • Bagi beberapa pengguna, plugin ini tidak dapat berfungsi.   

Harga: Gratis

15. AddThis Plugin

add this plugin

AddThis adalah plugin WordPress terbaik yang sudah diinstall oleh lebih dari 15 juta pengguna. Plugin ini memiliki fitur tombol share yang terdapat di bagian samping halaman. Jadi, ketika pengguna sedang scrolling halaman tertentu, maka tombol tersebut akan mengikuti.

Pada versi mobile, fitur Button Sharing yang akan tetap muncul. Dengan begitu, pengunjung website juga tetap bisa membagikan konten dengan mudah. Oh ya, plugin WordPress gratis ini juga telah terintegrasi dengan Google Analytics. Anda bisa melihat hasil statistik jumlah share pada website kapan saja saja.

Keunggulan:

  • Tersedia berbagai macam tombol share yang dapat diletakkan di berbagai tempat.
  • Dapat menautkan banner atau pop-up promosi.
  • Dapat membagikan artikel ke media sosial manapun hanya dengan sekali klik.
  • Tersedia untuk tampilan mobile.

Kekurangan:

  • Harus terhubung ke Google Analytics terlebih dahulu agar bisa melihat laporan jumlah share konten.
  • Tidak diupdate berkala, mungkin tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru.

Harga: Gratis

16. Social Warfare

social warefare

Social Warfare adalah plugin social media yang berfungsi untuk menambahkan sharing buttons pada website Anda. Sehingga pengunjung website dapat lebih mudah mengakses tombol bagikan. 

Hal ini karena plugin ini memiliki fitur Floating Share Buttons yang akan mengikuti tampilan halaman website. Anda juga bisa memilih ingin menempatkan tombol bagikan di atas postingan, bawah postingan, ataupun secara manual. Fitur Button Share yang ada pada plugin ini mencakup berbagai platform, seperti Facebook, Twitter, Google+, hingga LinkedIn. 

Selain itu, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk mendapat akses ke fitur khusus. Misalnya Click to Tweet Quotes agar konten website terlihat lebih menarik saat dibagikan ke media sosial. 

Keunggulan:

  • Dapat menambahkan quote box pada artikel dengan desain yang menarik.
  • Plugin yang ringan dengan tampilan sederhana.
  • Menawarkan berbagai fitur unik, seperti kotak “Klik untuk Tweet”.

Kekurangan:

  • Fitur yang terdapat pada versi gratis sangat terbatas.

Harga: Gratis atau versi premium berbayar mulai dari $29 atau Rp400 ribuan untuk Single Site dan $349 atau Rp5 jutaan untuk unlimited site.

17. BackWPup Free – WordPress Backup

backupfree wp

BackWPup adalah plugin yang berfungsi untuk melakukan backup secara terjadwal pada website Anda. Plugin ini sudah diinstall oleh lebih dari 600.000 pengguna aktif. Dengan menggunakan BackWPup, Anda dapat memilih file yang akan disimpan pada tempat penyimpanan tertentu.

Plugin WordPress terbaik ini akan menyimpan file yang sudah di-backup dalam format zip, tar, tar.gz, dan tar.bz2. Plugin BackWPup sangat membantu Anda dalam mengecek, mengoptimalkan, dan memperbaiki database WordPress dengan lebih mudah.

Keunggulan:

  • Terdapat banyak pilihan lokasi penyimpanan.
  • Bisa menyimpan banyak file dengan berbagai format.
  • Dapat melakukan backup secara otomatis dan terjadwal ke Cloud Server.

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur kloning dan migrasi.
  • Fitur restore hanya digunakan untuk versi premium.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $69 atau Rp980 ribuan per tahun

18. UpdraftPlus

updraft plus

UpdraftPlus adalah plugin yang mendukung Anda untuk melakukan backup data secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah diatur. Kemudian data backup tersebut bisa Anda download dan simpan di komputer. 

Selain proses backup yang berlangsung otomatis, UpdraftPlus juga dapat melakukan backup file secara manual lewat FTP dan SFTP. 

Keunggulan: 

  • Sangat mudah digunakan untuk pemula.
  • Tersedia berbagai pilihan tempat penyimpanan file.
  • Menyediakan fitur backup terjadwal.
  • Termasuk plugin backup terbanyak yang diinstall oleh pengguna WordPress.

Kekurangan:

  • Fitur yang tersedia di versi gratis tidak sebanyak di versi premium, seperti unlimited UpdraftPlus licences, unlimited annual UpdraftCentral Cloud subscription, dan additional 50 GB UpdraftVault storage.
  • Beberapa pengguna WordPress kerap melaporkan kesulitan saat mencari konfigurasi lanjutan.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $42 atau Rp600 ribuan per tahun

19. Duplicator

duplicator

Duplicator menjadi salah satu plugin WordPress terbaik yang wajib Anda install. Plugin ini dapat membantu Anda untuk memindahkan file yang ada di website sekaligus melakukan backup file dengan format Zip.

Plugin WordPress ini dapat membantu Anda untuk memindahkan file website WordPress ke server yang sama, lintas server, maupun lokasi situs lainnya.  

Pada versi premium, plugin ini menyediakan fitur pencadangan atau backup terjadwal. Artinya, Anda bebas melakukan backup file sesuai dengan waktu yang ditentukan. Di versi premium, file backup bisa disimpan ke Dropbox, Google Drive, hingga Microsoft OneDrive.  

Keunggulan:

  • Mendukung penggunaan multi website.
  • Bisa memilih file yang ingin di-backup.
  • Proses restore website bisa dilakukan dengan mudah.
  • Dapat mengatur kapasitas backup yang Anda sesuaikan dengan batas layanan Cloud.

Kekurangan:

  • Pada versi terbaru, plugin tidak dapat bekerja.
  • Proses migrasi situs website ke localhost yang sulit dan rumit.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $69 atau Rp980 ribuan

20. ManageWP Worker

manage wp worker

ManageWP Worker dapat membantu Anda mengelola lebih dari satu website sekaligus. Caranya dengan menggabungkan seluruh data dari website yang Anda miliki ke dalam satu dashboard. Hal ini tentu memudahkan Anda mengelola website secara bersamaan. 

ManageWP Worker juga dapat membantu Anda dalam membersihkan spam, mengakses database, dan backup data. Bahkan plugin WordPress terbaik ini dapat melakukan pengecekan keamanan secara bersamaan.  Pada versi premium, Anda bisa mendapat notifikasi pengecekan ini melalui email ataupun SMS.

Kemudian ManageWP Worker juga sudah terintegrasi dengan Google Analytics. Jadi, Anda bisa melakukan analisis website hanya dengan plugin ini saja.

Keunggulan:

  • Anda akan mendapat layanan keamanan data melalui fitur Security Checks.
  • Bisa melakukan restore kapan saja.
  • Adanya fitur Daily Backup Schedule untuk versi premium.

Kekurangan:

  • Banyak pengguna mengeluh kesulitan untuk melakukan login.
  • Chat support yang tidak responsif.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $2 atau Rp28 ribuan per bulan untuk satu website

21. Elementor

elementor

Elementor adalah plugin WordPress terbaik yang berfungsi sebagai page builder. Ini artinya, jika Anda ingin mendesain dan mengubah tampilan website, maka plugin inilah yang perlu Anda pakai. Plugin ini menyediakan banyak fitur desain, seperti Box Shadows, Background Overlays, Hover Effects, Animations, dan masih banyak lagi.

Secara umum, plugin ini membantu Anda untuk mengubah halaman di website tanpa harus memiliki kemampuan PHP atau HTML. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan widget yang tersedia di Elementor untuk melakukan kustomisasi desain halaman website. Proses pengeditan website juga sangat responsif sehingga mudah digunakan oleh pemula.

Elementor bekerja pada front-end website sehingga lebih efektif saat proses desain sedang berjalan. Jadi, Anda bisa lebih leluasa dalam menyesuaikan tampilan desain yang diinginkan.

Keunggulan:

  • Mudah digunakan karena memiliki lebih dari 100+ template halaman yang bisa menyesuaikan tema website.
  • Ada banyak elemen yang bisa Anda tambahkan di halaman website, seperti teks, heading, hingga spacer.
  • Anda bisa mengubah tampilan website dengan bebas.
  • Perubahan tampilan dapat Anda lihat secara real-time.
  • Kustomisasi desain tersedia dalam tiga opsi layar berbeda, yaitu desktop, mobile, dan tablet.

Kekurangan:

  • Tidak adanya layanan customer support.

Harga: Gratis atau versi premium dengan fitur lengkap mulai dari $49 atau Rp700 ribuan per website

22. MonsterInsights

monster insight

Plugin WordPress terbaik ini dapat menghubungkan website Anda dengan Google Analytics. Jadi, Anda tak perlu repot buka Google Analytics untuk mengecek performa website Anda. Tinggal akses dashboard website untuk membaca berbagai data penting. Misalnya, seperti jumlah kunjungan, perilaku pengunjung, hingga laman yang sering dikunjungi.

Hal inilah yang membuat MonsterInsights sangat cocok digunakan oleh para profesional yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Keunggulan:

  • Menyediakan fitur untuk mengatur pelacakan lanjutan, seperti eCommerce, iklan, formulir, dan lainnya.
  • Termasuk plugin yang ringan dan mudah digunakan.
  • Memberikan laporan yang berisi ringkasan data untuk membantu Anda dalam melakukan analisis.

Kekurangan:

  • Fitur gratis sangat terbatas. 

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $99.50 atau Rp1,4 jutaan per tahun

23. WP-PageNavi

wp page navi

Plugin WordPress yang selanjutnya adalah WP-PageNavi. Plugin ini dapat membantu Anda untuk mengatur navigasi halaman. Tepatnya, di bagian halaman untuk mengecek postingan lama. Dengan begitu, tampilan postingan Anda menjadi lebih rapi karena bagian older dan newer post akan diubah ke model navigasi.

Tersedia juga beberapa filter yang bisa digunakan untuk mengubah nama secara default ke navigasi halaman, seperti wp_pagenavi_class_pages, wp_pagenavi_class_first, dan wp_pagenavi_class_extend.

Selain itu, WP-PageNavi juga memiliki fitur CSS untuk melakukan modifikasi tema secara langsung ke file style.css. Caranya dengan menyalin file pagenavi-css.css dari plugin ke tema yang digunakan. 

Nah, nantinya Anda bisa melakukan modifikasi di sana. Perubahan tema tersebut tidak akan hilang meskipun Anda melakukan pembaharuan pada plugin WordPress gratis ini. 

Keunggulan:

  • Membuat tampilan website menjadi lebih menarik.
  • Pilihan navigasi yang lebih bervariasi.

Kekurangan:

  • Penggunaannya cukup rumit bagi pemula karena harus mengetahui page template yang digunakan.

Harga: Gratis

broken link checker

Broken Link Checker merupakan plugin WordPress gratis yang memiliki tampilan ramah pengguna dan sederhana. Plugin ini memantau website Anda dari tautan yang rusak ataupun gambar yang hilang.

Nantinya jika ada tautan rusak atau gambar hilang, Broken Link Checker akan segera memberitahu Anda melalui email agar bisa segera diperbaiki. Umumnya plugin WordPress terbaik ini digunakan untuk membantu menyelamatkan website dari peringkat SEO negatif.

Keunggulan:

  • Dapat memonitor link yang ada di postingan, halaman, kolom komentar, hingga blogroll.
  • Mendeteksi link atau gambar yang rusak dengan cepat.
  • Dapat mengubah tampilan broken link sehingga mudah ditemukan.
  • Mencegah mesin pencari melakukan crawling pada broken link.
  • Memberi notifikasi yang teratur melalui dashboard ataupun email.

Kekurangan:

  • Anda harus memeriksa URL blog secara rutin untuk mencegah Broken Link Checker mengkategorikannya sebagai broken link.

Harga: Gratis

25. MC4WP: Mailchimp for WordPress 

mailchimp

Plugin WordPress terbaik ini adalah layanan newsletter yang memungkinkan Anda untuk mengirim email ke hingga ke 2000 pelanggan. Hal inilah yang membuat plugin Mailchimp for WordPress banyak digunakan oleh pemilik bisnis. 

Selain itu, plugin ini juga telah terintegrasi dengan berbagai plugin form WordPress terbaik lainnya, seperti Default WordPress Comment Form, Contact Form 7, dan WPForms. Dengan begitu, Anda bisa membuat berbagai jenis formulir dengan lebih mudah.

Keunggulan:

  • Telah terintegrasi dengan layanan add-on, seperti Mailchimp Top Bar, Mailchimp Activity, dan Google reCAPTCHA.
  • Terhubung dengan akun Mailchimp dalam hitungan detik.
  • Memiliki layanan customer support yang responsif melalui Github.
  • Dapat melakukan kustomisasi tampilan formulir.

Kekurangan:

  • Fitur yang tersedia terbatas untuk versi gratis.

Harga: Gratis dalam jumlah terbatas atau versi premium mulai dari $59 atau Rp840 ribuan per tahun

26. Admin Columns

admin columns

Admin Columns adalah plugin untuk mengelola dan mengatur kolom di bagian panel admin WordPress. Dengan plugin ini, Anda akan lebih mudah melihat informasi postingan, pengguna, komentar, dan daftar media di dashboard.

Plugin WordPress terbaik ini juga memiliki fitur Drag and Builder yang memungkinkan Anda untuk membuat layout kolom tanpa harus memasukkan coding tertentu. Pada versi premium, plugin Admin Columns memungkinkan Anda untuk mengimpor dan mengekspor pengaturan kolom serta menyimpan kolom ke PHP.

Keunggulan:

  • Telah terintegrasi dengan plugin populer lainnya, seperti Yoast SEO, WooCommerce, Ninja Forms, hingga Toolset Types.
  • Dapat menghemat waktu untuk mengatur layout website.
  • Memiliki ratusan layout kolom yang bisa Anda pilih.

Kekurangan:

  • Anda harus menggunakan versi premium agar bisa menikmati fitur secara optimal.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $59 atau Rp840 ribuan per tahun untuk satu website

nextgen gallery

NextGEN Gallery adalah plugin WordPress yang cocok digunakan bagi pemilik website desain grafis, fotografi, ataupun website untuk portofolio. Tampilannya yang sederhana dengan fitur lengkap membuat plugin ini berfungsi untuk membangun galeri gambar.

Apalagi NextGEN Gallery menyediakan fitur untuk melakukan import meta data, edit thumbnail, mengatur foto, hingga menggunakan slideshow. Hal inilah yang akan membuat tampilan website Anda menjadi lebih menarik.

Keunggulan:

  • User interface yang sederhana dan mudah digunakan.
  • Sangat cocok untuk para fotografer maupun website wallpaper.
  • Tersedia versi gratis yang mendukung basic style gambarnya.

Kekurangan:

  • Fitur yang tersedia lebih sedikit daripada plugin gallery lainnya.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $79 atau Rp1,1 jutaan

28. Ultimate Addons for Gutenberg

gutenber

Ultimate Addons for Gutenberg adalah plugin editor yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman baru dalam WordPress 5.0+. Melalui plugin WordPress gratis ini, Anda bisa mempercepat proses pembuatan website. Hal ini karena Anda akan membangun dan mendesain halaman tanpa perlu menggunakan coding.

Meski editor bawaan WordPress sekarang adalah Gutenberg tapi blok yang tersedia sangat terbatas. Jadi, plugin ini tidak hanya memberikan template halaman, tetapi juga alternatif blok dengan tampilan yang lebih estetis.

Beberapa tema template halaman pada plugin ini juga sudah kompatibel untuk website bisnis, blog, dan toko online. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tata letak postingan dengan fitur Post Layouts. 

Keunggulan:

  • Jika Anda menggunakan tema Astra, kinerja website menjadi lebih cepat dan kustomisasi tampilan bisa dilakukan dengan mudah.
  • Sudah terintegrasi dengan plugin lain, seperti WooCommerce dan LifterLMS.
  • Menyediakan berbagai blok yang unik dan kreatif untuk mendesain halaman.

Kekurangan:

  • Bagi beberapa pengguna, terdapat beberapa blok yang hilang atau tidak bisa digunakan.

Harga: Gratis

29. Really Simple SSL

really simple ssl

Really Simple SSL adalah plugin yang berfungsi untuk mengganti URL dari HTTP ke HTTPS dalam sekali klik. Plugin ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan keamanan konten hingga kebijakan izin pada website. 

Dengan mengubah akses menjadi HTTPS, website Anda akan dianggap aman oleh search engine. Meski begitu, tidak akan terjadi perubahan pada basis data, kecuali untuk URL situs.

Keunggulan:

  • Proses instalasi yang cepat dan mudah.
  • Termasuk plugin keamanan WordPress terbaik yang bisa Anda gunakan.
  • Dapat mengonfigurasi website supaya diakses melalui HTTPS.
  • Dapat merancang daftar pramuat HSTS untuk meningkatkan keamanan pertukaran data pada website.

Kekurangan:

  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus menggunakan versi premium.

Harga: Gratis atau versi premium mulai dari $29 atau Rp400 ribuan untuk lisensi personal

30. WooCommerce

woocimmerce

WooCommerce adalah plugin yang digunakan untuk membangun toko online. Plugin WordPress ini memiliki fitur kustomisasi halaman yang dapat digunakan dengan mudah. Jadi, tampilan website Anda akan lebih sesuai dengan yang diinginkan. 

Selain itu, terdapat fitur untuk menambah berbagai metode pembayaran. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan saat bertransaksi di toko online Anda.

Untuk menambah fitur website, plugin WordPress terbaik dari Automattic sudah terintegrasi dengan ekstensi lainnya, seperti WooCommerce Payments, WooCommerce Tax, dan Mailchimp for WooCommerce. Dengan begitu, maka performa website toko online Anda akan lebih maksimal.

Keunggulan:

  • Sudah terintegrasi dengan plugin dan ekstensi lainnya.
  • Menyediakan berbagai opsi pembayaran.
  • Memiliki banyak pilihan tema dan template yang bisa diinstall dengan mudah.
  • Terdapat dukungan forum yang beragam, baik di Indonesia maupun seluruh dunia.

Kekurangan:

  • Proses upload dan update konten harus dilakukan satu per satu sehingga kurang efektif.
  • Kurang cocok bagi pengguna shared hosting karena kecepatan akses akan lebih berat.

Harga: Gratis atau berbayar mulai dari $25-$150 atau Rp350 ribuan-Rp2,1 jutaan per tahun 

contextual related post

Contextual Related Posts adalah salah satu plugin related post WordPress terbaik yang wajib Anda install. Plugin ini dapat menampilkan rekomendasi konten yang masih sesuai dengan postingan yang sedang dibuka pengunjung. 

Tidak hanya rekomendasi dalam bentuk teks, plugin ini juga menyediakan related post dalam bentuk gambar thumbnail yang akan membuat website Anda terlihat semakin menarik. Daftar postingan terkait ini akan muncul di bagian feed.

Plugin related post WordPress ini sudah didukung dengan fitur shortcode, widget, custom post types, dan CSS styles. Hal ini memungkinkan website Anda untuk menampilkan related post dan melakukan kustomisasi tanpa beban berlebihan.

Keunggulan:

  • Menampilkan related post yang benar-benar berkaitan dengan konten Anda.
  • Dapat menggunakan gambar default pada halaman terkait.

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan untuk website besar karena terlalu memakan resource.
  • Saat traffic website sedang padat, plugin ini akan membuat kecepatan akses website menjadi lebih lambat.

Harga: Gratis

Nah, itu tadi deretan rekomendasi plugin WordPress terbaik, gratis, dan pastinya aman dipakai untuk cara membuat website gratis. Namun ingat, tak semua plugin WordPress aman untuk diinstall. Selengkapnya simak artikel plugin WordPress tidak aman.

Jadi, Plugin WordPress Terbaik Mana yang Jadi Pilihan Anda?

tabel plugin 1
tabel plugin 2
tabel plugin 3
tabel plugin 4
tabel plugin 5
tabel plugin 6

Sebenarnya masih ada banyak plugin WordPress terbaik lain yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan performa dan kualitas website. Akan tetapi, rekomendasi plugin di atas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan website Anda.

Mungkin pada awalnya akan terlihat sulit saat harus menginstall beberapa plugin. Namun, justru nantinya Anda akan lebih mudah dalam mengelola website. 

Selain install plugin WordPress, Anda juga harus mengetahui cara mengelola website. Tidak perlu bingung, Anda bisa baca panduan lengkap mengelola website WordPress lewat ebook dari kami. Silakan download langsung ebooknya secara gratis!

Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

13 Replies to “30+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install”

  1. Bagaimana caranya mengembalikan data apabila situs rusak atau kena hack? Dengan menggunakan plugin backupwordpress?

    1. Halo,

      Tergantung dari tingkat kerusakan situs, oleh karena itu pastikan untuk selalu melakukan backup secara rutin, seperti pada tutorial berikut: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-backup-restore-website-melalui-cpanel
      Untuk mengembalikan data dengan plugin BackUpWordPress silakan pilih menu Tools>Backups dan pilih backup terbaru, dengan catatan sebelumnya Anda harus sudah melakukan backup terlebih dahulu dengan plugin tersebut.

  2. Terimakasih mbak Annisa atas pencerahannya, saya sudah mencoba2 beberapa plugin pd website saya www.myin4link.com yg mbak sarankan, tapi ada bbrp yg conflict sehingga tampilan tdk utuh, apakah mungkin theme nya yg tdk compatible ..? Atau ads hal lain..Tks

    1. Ya, anda dapat mengkombinasikan keduanya untuk memperkuat keamanan pada website yang anda miliki

  3. Jika menggunakan terlalu banyak apakah mengganggu performa situs kita? soalnya menarik dan kelihatan semua bagus untuk di insat. But artikelnya sangat lengkap terimakasih.

    1. Halo, mohon maaf atas keterlambatan merespon.

      Benar, terlalu berlebihan menggunakan plugin akan mengakibatkan kinerja dari blog lebih lambat karena harus memuat beberapa plugin sekaligus.

  4. Dari judulnya dikatakan plugin gratis
    “10+ Plugin WordPress Terbaik & Gratis yang Wajib Anda Install”
    tapi ketika saya coba pluginnya hampir semuanya harus update ke business plan, gak main main bukan ke personal atau premium tapi yang business, ada yang salah kah? mohon pencerahannya. Thanks

    1. Fitur yang ingin digunakan apa ya?
      Karena semua plugin tersebut dapat digunakan tanpa membayar, tetapi memang terbatas pada fitus-fitur tertentu saja.

  5. Setiap saya posting artikel, selalu masuk ke menu postingan opharned,, itu maksudnya bagaimana ya gan dan ada solusi nya gak ? mohon penjelasan soal opharned. terima kasih 🙂

  6. kak? knpo sekarang pasang plugin g bisa gratis? 8harus ke paket bisnis ya? 8gimana caranya agar bisa install gratis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *