Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

10+ Plugin Membership WordPress Gratis Terbaik (2020)

7 min read

Featured Image 10+ Plugin Membership WordPress Gratis Terbaik (2020)

Mengubah website menjadi website membership sudah banyak dilakukan oleh bisnis online saat ini. Tak heran karena website membership memberikan beberapa manfaat yang tak dimiliki oleh website biasa. Mulai dari perlindungan konten, hingga otomatisasi tugas. 

Anda yang ingin mengubah website ke website membership sudah datang ke tempat yang tepat. Di artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi 11 plugin membership WordPress gratis terbaik yang bisa Anda coba:

  1. Ultimate Member
  2. Paid Memberships Pro
  3. Simple Membership
  4. Membership & Content Restriction
  5. WP-Members Membership Plugin
  6. WP Private Content Plus
  7. s2Member Framework
  8. Restrict User Access
  9. Users Ultra Membership Plugin
  10. Membership by Supsystic
  11. GoUrl Bitcoin Payment Gateway & Paid Downloads & Membership

Kami akan memberikan ulasan singkat beserta fitur unggulan dari setiap plugin di atas. Namun, sebelum itu, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai beberapa manfaat dari website membership ini.

Rekomendasi Plugin Membership WordPress Gratis Terbaik untuk Website Anda

Di bawah ini, kami mereview 11 plugin membership yang tersedia di WordPress. Anda bisa menemukan ulasan singkat dan kelebihan yang ada di masing-masing plugin. Kami juga akan memberikan saran plugin mana yang cocok di website Anda di akhir artikel. Jadi, pastikan Anda membaca sampai akhir, ya!

1. Ultimate Member

plugin membership wordpress Ultimate Member

Ultimate Member adalah plugin membership WordPress gratis yang menawarkan fitur cukup lengkap, tapi tetap ringan untuk digunakan. Dengan plugin ini, Anda bisa dengan mudah membuat komunitas online dalam website membership.

Fitur-fitur yang menjadi fokus Ultimate Member adalah kemudahan pendaftaran bagi pengguna, profil anggota dengan tampilan menarik, serta banyaknya pilihan kustomisasi di dalamnya. Fitur-fitur tersebut memungkinan Anda untuk membuat website membership komunitas apapun yang diinginkan, tapi tetap user friendly.

Fitur unggulan:

  • Panduan lengkap. Anda bisa menemukan berbagai solusi terkait masalah Ultimate Member pada dokumentasi yang ada atau bertanya di forum resmi.
  • Kustomisasi. Selain fitur-fitur bawaan, Anda juga bisa menambahkan berbagai fitur yang diinginkan dengan menginstal extension tambahan.

2. Paid Memberships Pro

plugin membership wordpress Paid Membership Pro

Jika Anda mencari pemasukan tambahan dari website, Paid Membership Pro ini bisa dipertimbangkan. Plugin membership WordPress yang satu ini cocok digunakan oleh hampir segala jenis bisnis online yang ada. Walaupun gratis, tapi fitur-fitur Paid Memberships Pro ini tak bisa diremehkan, lho.

Paid Membership Pro bisa Anda gunakan untuk membuat paket harga tanpa batas (termasuk pembayaran berulang), pilihan opsi pembayaran, serta pemberian diskon khusus bagi para anggota. Tak hanya itu, plugin ini juga memberikan banyak opsi terkait pembatasan konten, pengaturan laporan, dashboard anggota, dan masih banyak lainnya!

Fitur unggulan:

  • Fitur melimpah. Paid Memberships Pro menawarkan pembuatan paket harga tanpa batas, pembayaran berulang, pilihan opsi pembayaran, dan masih banyak lainnya.
  • Tambahan add on yang memungkinkan Anda menambah fitur Paid Membership Pro.

3. Simple Membership

plugin membership wordpress Simple Membership

Simple Membership adalah plugin membership WordPress yang mudah digunakan dan berguna untuk mengunci post dan halaman di website Anda. Dengan plugin ini, Anda bisa mengatur post atau halaman khusus yang hanya bisa diakses oleh para anggota saja.

Simple Membership juga menawarkan fitur pemberian tingkatan pada anggota. Misalnya, Bronze, Silver, Gold, dan sebagainya. Anda juga bisa mengatur tingkatan anggota yang dibutuhkan untuk mengakses post atau halaman tertentu. Luar biasanya, Anda bisa membuat tingkatan sebanyak mungkin yang diinginkan.

Fitur unggulan:

  • Membatasi akses konten. Anda bisa mengunci post atau halaman khusus di website, sehingga hanya bisa diakses oleh para anggota saja.
  • Pengaturan tingkatan anggota yang tak terbatas. Anda bisa membuat sebanyak mungkin tingkatan anggota yang diinginkan.

4. Membership & Content Restriction

plugin membership wordpress terbaik salah satunya adalah Membership & Content Restriction

Membership & Content Restriction menawarkan banyak fitur yang akan menunjang keanggotaan di website Anda. Mulai dari menerima pembayaran dari anggota, manajemen anggota, membuat pilihan paket, hingga pembatasan akses ke konten khusus.

Plugin ini juga terintegrasi dengan WooCommerce, lho. Anda bisa membatasi akses dan pembelian produk kepada anggota saja, serta memberikan diskon yang bisa disesuaikan dengan pilihan paket yang dibeli anggota.

Baca juga: 10+ Plugin WooCommerce Terbaik untuk Toko Online Anda

Fitur unggulan:

  • Integrasi WooCommerce. Anda bisa membatasi akses dan pembelian produk kepada anggota saja. Serta, memberikan diskon yang sesuai dengan paket yang dibeli.
  • Manajemen anggota. Anda bisa melihat semua anggota, pilihan paket mereka, menambah/menghapus anggota, serta mengubah paket mereka.

5. WP-Members Membership Plugin

plugin membership wordpress terbaik salah satunya adalah WP-Members Membership Plugin

Plugin membership WordPress ini merubah website Anda menjadi website membership dengan membatasi akses kepada konten. Anda bisa mengunci konten premium, membuat kolom pendaftaran sesuai keinginan, dan lain sebagainya.

WP Members Membership ini secara otomatis menyesuaikan dengan tema dan tampilan dari website Anda. Mulai dari proses pendaftaran, log in, konten yang dikunci, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tak perlu pusing-pusing mengatur ulang tampilan website hanya untuk menyesuaikan satu plugin saja.

Fitur unggulan:

  • Menyesuaikan tampilan website. Anda tak perlu repot-repot mengatur ulang tampilan website saat menggunakan plugin WP-Members Membership ini.
  • Membatasi konten. Anda bisa mengatur konten untuk hanya bisa diakses anggota saja.

6. WP Private Content Plus

plugin membership wordpress gratis salah satunya adalah WP Privat Content Plus

Seperti namanya, WP Private Content Plus membuat Anda bisa mengunci berbagai konten di website menjadi privat. Mulai dari post, halaman, menu navigasi, widget dan masih banyak lainnya. 

Namun, ada satu fitur yang membedakan WP Private Content Plus dengan plugin membership WordPress lainnya. Yakni, Anda bisa memberikan akses spesial kepada anggota tertentu. Sehingga hanya anggota tersebut saja yang bisa mengakses konten tersebut. 

Fitur unggulan:

  • Mengunci konten. Tak hanya terbatas pada post atau halaman, tapi WP Private Content Plus juga bisa mengunci konten lainnya. Mulai dari menu navigasi, widget, hingga fitur pencarian.
  • Memberikan akses spesialkepada anggota. Sehingga hanya anggota tersebut yang bisa mengakses konten tertentu.

7. s2Member Framework

plugin membership wordpress gratis salah satunya adalah s2Member Framework

Bisa dikatakan s2Member Framework adalah salah satu plugin membership WordPress terbaik. Walaupun gratis, tapi ia memiliki fitur yang cukup lengkap, lho. Mulai dari fitur umum seperti mengunci post/halaman, hingga fitur mengunci konten spesifik di dalam post yang jarang ada di plugin membership lain.

Selain itu, s2Member Framework juga memiliki beberapa fitur berguna lainnya yang bisa Anda akses. Seperti template email, pengaturan welcome text saat anggota login, blokir IP, dan perlindungan brute force attack.

Fitur unggulan:

  • Kaya akan fitur. Anda bisa mengunci post/halaman, hingga mengunci konten spesifik yang ada di dalam post.
  • Fitur tambahan yang berguna. Disamping fitur utama, s2Member Framework juga mempunyai fitur tambahan seperti template email, pengaturan welcome text, dan masih banyak lainnya.

8. Restrict User Access

plugin membership wordpress terbaik salah satunya adalah Restrict User Access

Melihat namanya sepertinya Anda sudah bisa menebak fitur utama dari plugin membership WordPress ini. Restrict User Access membatasi akses anggota kepada konten-konten tertentu sesuai dengan tingkatan keanggotaan mereka.

Misal, anggota level “Newbie” hanya boleh mengakses konten di kategori A oleh author A. Sedangkan, level “Pro” konten di kategori A dan B oleh author A, B, C. Itu hanya contoh simpelnya saja. Selain kategori dan author, Anda juga bisa mengatur sesuai tag, jenis post, tanggal, dan masih banyak lainnya.

Fitur unggulan:

  • Pilihan pembatasan akses yang melimpah. Anda bisa mengatur batasan dari kategori, author, tag, jenis post, tanggal, dan masih banyak lainnya.
  • Tingkatan keanggotaan yang tak terbatas. Anda bisa membuat tingkatan anggota sebanyak mungkin sesuai kebutuhan.

9. Users Ultra Membership Plugin

plugin membership wordpress gratis salah satunya adalah Users Ultra Membership Plugin

Dengan Users Ultra Membership Plugin, Anda bisa menciptakan komunitas hanya dalam waktu beberapa menit saja. Plugin ini juga sudah memiliki fitur reCaptcha, user review (anggota bisa menilai anggota lainnya), mengunci konten, dan masih banyak lainnya.

Users Ultra Membership juga mendukung semua tema WordPress yang ada, lho. Jadi, semua fitur yang ada sudah bisa dinikmati oleh anggota tanpa Anda perlu repot-repot mengganti tampilan website.

Fitur unggulan:

  • Mudah digunakan. Anda tak perlu kemampuan coding untuk bisa menggunakan semua fitur Users Ultra Membership.
  • Mendukung semua tema WordPress. Plugin ini akan secara otomatis menyesuaikan tema Anda, sehingga tidak merusak tampilan.

10. Membership by Supsystic

plugin membership wordpress terbaik salah satunya adalah Membership by Supsystic

Plugin membership WordPress yang satu ini membuat Anda bisa membuat komunitas online dan website membership dengan mudah. Membership by Supsystic mendukung pengaturan profil anggota, pendaftaran front end (tanpa perlu masuk ke dashboard backend), follower antar anggota, dan masih banyak lainnya.

Membership by Supsystic juga mendukung beberapa plugin WordPress lain, lho. Mulai dari bbPress, hingga WooCommerce sekalipun. Dukungan plugin lain ini tentu bisa membuat Membership by Supsystic lebih powerful.

Fitur unggulan:

  • Fitur melimpah. Dengan Membership by Supsystic, Anda bisa mengimplementasikan pengaturan profil anggota, pendaftaran front end, fitur follower antar anggota, dan masih banyak lainnya.
  • Dukungan plugin lain seperti bbPress dan WooCommerce. Fitur yang satu ini bisa membuat Membership by Supsystic lebih powerful.

11. GoUrl Bitcoin Payment Gateway & Paid Downloads & Membership

plugin membership wordpress GoUrl Bitcoin Payment Gateway & Paid Downloads & Membership

Jika Anda ingin menjual sesuatu dan mengharuskan anggota untuk membayar menggunakan cryptocurrency, plugin GoUrl ini bisa Anda pertimbangkan. GoUrl mendukung hingga 14 cryptocurrency dan pembayaran akan langsung dibayarkan ke wallet Anda secara otomatis.

GoUrl juga mendukung plugin WordPress lain. Seperti WooCommerce, bbPress, Jigoshop, AppThemes, dan sebagainya. Plugin ini 100% gratis dan tak ada biaya yang dibebankan di setiap transaksinya.

Fitur unggulan:

  • Pembayaran melalui cryptocurrency. Sangat jarang plugin membership WordPress mendukung pembayaran seperti ini.
  • Tak ada biaya transaksi. Walaupun GoUrl bisa dikatakan sebagai pihak ketiga antara penjual dan pembeli, tapi ia tak menarik biaya sama sekali. 100% gratis.

Apa Manfaat dari Mengubah Website Menjadi Website Membership?

Seperti yang sudah kami singgung di atas, website membership memiliki beberapa manfaat yang tak dimiliki oleh website biasa–terutama dari segi bisnis. Apa saja itu?

1. Penghasilan Tambahan

Website membership mengharuskan pengunjung membayar sebelum menikmati beberapa konten di website tersebut. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan setiap ada pengguna baru yang mendaftar dan membayar untuk menikmati konten Anda.

2. Perlindungan Konten

Konten yang susah-susah Anda buat itu adalah aset yang bisa menghasilkan profit, lho. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk melindunginya. Nah, website membership membuat Anda bisa melindungi konten dengan cara menguncinya. Dengan begini, konten tersebut hanya bisa diakses oleh anggota yang sudah mendaftar atau membayar.

3. Membantu Email Marketing Anda

Jika Anda kesulitan mengembangkan email list pada strategi Email Marketing, website membership bisa menjadi salah satu solusi. Sebab, Anda bisa menambahkan email dari para anggota yang telah mendaftar. Dengan begini, email list Anda akan berisi banyak pengguna aktif yang kemungkinan besar berubah menjadi konsumen.

Baca juga: 10 Plugin Email Marketing Terbaik untuk WordPress

4. Otomatisasi Tugas

Plugin membership WordPress bisa melakukan beberapa otomatisasi tugas yang berkaitan dengan anggota, lho. Mulai dari proses pendaftaran, pengiriman email, proses pembayaran, dan masih banyak lainnya. Dengan begini, Anda bisa menghemat waktu dan tak mengulang tugas yang sama setiap kali ada anggota yang mendaftar.

Mana Plugin Membership WordPress Terbaik?

Menentukan plugin membership WordPress terbaik tentu bukanlah hal yang mudah. Setiap plugin menawarkan fitur yang berbeda dan tentunya ditujukan untuk jenis website membership yang berbeda pula.

Website membership yang bertujuan untuk membuat komunitas online, pastinya berbeda dengan website membership untuk penjualan produk. Keduanya tentu juga mempunyai sifat yang berbeda jika dibanding dengan website membership untuk konten premium.

Oleh karena itu, untuk menutup artikel ini, kami akan memberikan sekilas rangkuman tentang fitur terpenting dari setiap plugin. Kami juga akan memberikan saran plugin mana yang cocok untuk jenis website membership komunitas, jualan produk, konten premium, dan lainnya.

  • Ultimate Member fitur kustomisasi dan tersedianya panduan lengkap. Cocok untuk membuat komunitas online di website membership.
  • Paid Memberships Pro — pembuatan paket harga tanpa batas dengan opsi pembayaran ulang. Salah satu pilihan terbaik untuk website membership yang menjual produk.
  • Simple Membership — fitur untuk membatasi akses konten dengan tingkatan anggota. Sangat cocok untuk website membership yang melindungi konten premium.
  • Membership & Content Restriction — integrasi WooCommerce membuat plugin ini cocok untuk website membership yang berjualan produk.
  • WP-Members Membership Plugin — plugin ini bisa menyesuaikan tampilan website terkait konten yang dibatasi. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin melindungi konten premium, tapi tak mau ribet mengatur tampilan website dari awal.
  • WP Private Content Plus — fitur paling mencolok dari plugin ini adalah bisa memberikan akses spesial kepada anggota tertentu. Sangat cocok untuk website membership dengan konten premium.
  • s2Member Framework — bisa mengunci konten spesifik di suatu halaman, sehingga sangat cocok untuk perlindungan konten.
  • Restrict User Access — memiliki fitur pengaturan pembatasan akses yang melimpah. Mulai dari kategori, author, tag, jenis post, dan masih banyak lainnya. Sangat cocok untuk melindungi konten.
  • Users Ultra Membership Plugin — plugin ini mendukung semua tema WordPress. Sehingga Anda bisa membuat website membership untuk komunitas dengan cepat.
  • Membership by Supsystic — plugin membership WordPress gratis ini mempunyai fitur berlimpah yang mendukung Anda membuat komunitas online dengan mudah.
  • GoUrl Bitcoin Payment Gateway & Paid Downloads & Membership — plugin ini mempunyai fitur yang sangat jarang, yakni mendukung pembayaran cryptocurrency. Jadi bisa menjadi pilihan terbaik apabila website membership Anda menjual produk dengan pembayaran cryptocurrency.

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan plugin membership WordPress terbaik. Jika Anda mencari rekomendasi plugin WordPress terbaik lainnya, kami sarankan untuk membaca artikel →10+ Plugin WordPress Terbaik & Gratis yang Wajib Anda Install.

Jangan lupa untuk subscribe blog Niagahoster agar mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap terkait dunia teknologi dan bisnis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

5
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]