Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

10 Plugin Email Marketing Terbaik untuk WordPress

8 min read

plugin email marketing

Email marketing merupakan salah satu cara untuk step up the game dalam bisnis. Lewat email Anda bisa menjangkau calon pelanggan dan pelanggan potensial untuk membeli produk dan layanan lewat website. Itu mengapa banyak developer yang mengembangkan software untuk menjalankan email marketing.

Setelah sempat membahas cara memilih platform yang tepat untuk email marketing, kini saatnya untuk membahas yang lebih spesifik. Sekarang kita akan bahas macam-macam plugin email marketing yang tersedia di WordPress.

Mengapa membahas plugin? Plugin di WordPress memberikan kemudahan bagi Anda untuk menambahkan fitur dan fungsi di website. Dengan adanya plugin, Anda tak perlu lagi bolak-balik dari Dashboard WordPress ke website platform marketing (begitu pun sebaliknya), untuk mengatur strategi email marketing. Lewat plugin, semua konfigurasi berada di satu tempat, yaitu Dashboard WordPress.

Di kesempatan kali ini, kita akan bahas 10 plugin email marketing yang tersedia di WordPress. Kami akan memberikan ulasan singkat, berikut juga fitur unggulan serta kekurangan dari setiap plugin. Semoga review di bawah ini bisa membantu Anda menentukan plugin yang sesuai untuk strategi marketing Anda. Jadi, tunggu apalagi? Mari kita mulai!

Rekomendasi Plugin Email Marketing untuk WordPress

Berikut adalah ulasan 10 plugin email marketing terbaik yang tersedia di WordPress.

1. Mailchimp for WordPress

plugin email marketing

Nama plugin ini, Mailchimp for WordPress, sudah sangat menjelaskan fungsinya. Plugin ini merupakan versi lebih lebih praktis atau handy dari Mailchimp. Sebab, Anda bisa langsung membuat berbagai macam form tanpa meninggalkan Dashboard WordPress Anda.

Dalam versi default, plugin email marketing ini memperbolehkan Anda membuat tiga macam form. Ketiganya adalah custom form atau formulir yang dibuat secara manual, formulir berlangganan konten melalui kolom komentar, dan formulir subscribe dari bagian registrasi WordPress.

Untuk bisa membuat berbagai formulir lainnya, Anda perlu mengintegrasikan Mailchimp for WordPress dengan layanan lainnya. Misalnya, untuk membuat form checkout di toko online, Anda perlu mengintegrasikan plugin dengan WooCommerce Checkout. Begitu juga dengan membuat form subscribe dari BuddyPress, Events Manager, ataupun Affiliate WP. Totalnya ada 10 integrasi yang bisa dilakukan.

Baca juga: [Terlengkap] Cara Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing Anda

Plugin ini tersedia di WordPress Repository dan bisa digunakan secara gratis. Setelah menginstal plugin ke WordPress, Anda perlu mengaktifkan lisensi plugin dengan kunci API. Untuk mendapatkan kunci tersebut, tinggal ikuti tautan yang ada di dashboard plugin untuk menyambungkan plugin ke akun Mailchimp. Dapatkan kode di web lalu copy dan paste kode di dashboard plugin.

Fitur unggulan:

  • Terkoneksi dengan akun Mailchimp;
  • Kustomisasi tampilan form sesuai keinginan;
  • Terintegrasi dengan berbagai macam plugin tambahan;
  • Terintegrasi dengan berbagai add-ons;
  • Tersedia knowledge base sebagai pusat bantuan.

Kekurangan:

  • Tampilan kurang user-friendly;
  • Fitur yang tersedia kurang lengkap dibandingkan dengan versi web;
  • Prinsip kerjanya tidak jauh berbeda dengan di web, yaitu copy kode HTML ke web.

2. Sumo – Boost Conversion and Sales

plugin email marketing

Sumo menawarkan solusi mudah email marketing bagi ecommerce. Ia memiliki berbagai fitur dan pilihan kustomisasi yang bermanfaatkan untuk memaksimalkan lead dan conversion. Maka, tak aneh jika plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 800 ribu toko online di dunia.

Untuk formulir email (list builder), Sumo memiliki tujuh macam formulir kontak yang dapat dipasang di website. Ketujuh form tersebut yaitu, pop-up, form yang dicantumkan di akhir artikel, form terintegrasi dengan smart mode, form dengan call-to-action (CTA), pop-up yang muncul setelah diklik, scroll box, dan scroll box dengan CTA.

Selain list builder, Sumo juga memiliki fitur Welcome Mat dan Smart Bar. Welcome Mat merupakan tampilan fullscreen atau semi-fullscreen di website. Tampilan ini biasanya merupakan ajakan untuk berlangganan newsletter disertai ilustrasi visual yang menarik. Untuk Welcome Mat sendiri, Sumo menyediakan lima macam tampilan. Salah satunya, bahkan, disertai video background.

Smart bar, di sisi lain, menampilkan bar notifikasi di website. Bar ini bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan. Anda bisa taruh notifikasi promo dengan informasi batas waktu. Dengan begitu, Anda bisa mengarahkan pengunjung untuk bertransaksi di toko online yang Anda miliki.

Fitur unggulan:

  • Memunculkan formulir pop-up di website yang dapat diatur waktu kemunculannya;
  • Mengirim email khusus yang menyesuaikan tahapan customer experience;
  • Terintegrasi dengan ecommerce;
  • Lihat statistik dan angka penjualan di tiap email;
  • User interface yang ramah dan mudah dipahami

Kekurangan:

  • Fitur Pro cukup mahal, yaitu $49 per bulan atau $468 per tahun;
  • Fitur Advanced Visitor Targeting, A/B Testing, dan Advanced Email integrations hanya tersedia dalam versi Pro;
  • Logo Sumo hanya bisa dihilangkan ketika upgrade versi Pro.

3. Mailster

plugin email marketing

Mailster adalah pilihan lain untuk plugin email marketing. Plugin ini memang didesain sesuai kebutuhan toko online. Plugin ini dilengkapi dengan tiga fitur utama, yaitu pembuatan campaign yang intuitif dan mudah menggunakan drag and drop builder, insight lengkap mengenai campaign di Dashboard, serta memanajemen serta membuat segmentasi audiens.

Mailster juga mampu terkoneksi dengan SMTP server. Dengan begitu, segala proses pengiriman dapat dipantau dan dilakukan dengan mudah. Sekali mengonfigurasi bagian ini, Anda tak perlu was-was apakah email yang dikirim benar-benar sampai ke pelanggan.

Di sisi lain, Mailster juga menawarkan kemudahan untuk mengembangkan daftar kontak pelanggan. Anda tak perlu bergantung pada form yang dibuat dan ditampilkan web. Akan tetapi, Anda juga bisa mengimpor kontak yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya. Plugin email marketing ini memiliki fitur ekspor yang akan mempermudah pekerjaan Anda untuk merekap dan menyimpan kontak yang sudah terkumpul.

Mailster juga mengklaim dapat menyelesaikan masalah soft bounce dan hard bounce pada email yang dikirim ke pelanggan.

Fitur unggulan:

  • Tersedia berbagai template untuk email marketing;
  • Memiliki fitur drag and drop untuk mendesain email;
  • Mampu membuat segmentasi audiens di WordPress;
  • Terintegrasi dengan analytics di Dashboard;
  • Fleksibilitas untuk import dan export data.

Kekurangan:

  • Plugin WordPress belum diupdate selama satu tahun.

4. OptinMonster

plugin email marketing

OptinMonster terkenal sebagai pengembang software khusus marketing. Tidak hanya menjual tools untuk memaksimalkan penjualan via toko online, OptinMonster juga membagi berbagai tips dan insight yang bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis Anda. Kini, ia ikut memudahkan optimasi toko online berbasis WordPress melalui plugin.

Plugin OptinMonster dilengkapi berbagai fitur lengkap untuk kebutuhan toko online. Fitur drag and drop builder serta template bawaan sudah tersedia di sini. Di samping itu, plugin ini juga menyediakan berbagai opsi pop-up untuk memaksimalkan lead dan conversion. Ada lima macam pop-up yang ditawarkan, yaitu MonsterLinks™, pop-up khusus ponsel, pop-up yang muncul ketika scrolling, pop-up dengan waktu tertentu, dan canvas pop-up. Kesemuanya dilengkapi dengan teknologi MonsterEffects™ untuk efek animasi yang ciamik.

Selain aspek visual, alasan lain untuk memakai plugin adalah karena fitur analytics. Jika Anda peduli pada performa usaha dan ingin memaksimalkannya lewat data, OptinMonster adalah pilihan yang bijak.

OptinMonster dilengkapi dengan fitur A/B Testing yang ramah untuk pemula. Dengan fitur ini Anda tak perlu lagi menebak-nebak mana keputusan terbaik untuk memaksimalkan performa website. Sebaliknya, Anda bisa membuat keputusan berdasarkan data. Lewat fitur ini, Anda bisa bereksperimen dengan konten, headline, layout, style, dan opt-in triggers untuk melihat mana yang lebih berhasil untuk mengonversi.

Fitur unggulan:

  • Buat email dengan drag and drop builder;
  • Tersedia banyak template email;
  • Terintegrasi dengan 20 layanan marketing seperti Mailchimp, AWeber, dan Drip;
  • Melacak behavior pengguna berdasarkan gerakan mouse;
  • Dilengkapi dengan analytics khusus untuk conversion.

Kekurangan:

  • Jumlah campaign, lead, dan pageview sesuai dengan paket yang dilanggan.

5. Newsletter

plugin email marketing

Newsletter menawarkan fitur lengkap yang dibutuhkan toko online manapun. Dalam versi gratisnya saja, plugin ini memberikan insight subscribers lewat statistik. Newsletter juga memberikan gambaran performa email dengan fitur tracking.

Fitur menarik lainnya adalah subscription spam check. Newsletter berusaha sebaik mungkin untuk menghindarkan Anda dari email spam. Untuk itu, ia dilengkapi dengan kemampuan memblokir IP dan memunculkan captcha. Di samping itu, Newsletter juga bisa terintegrasi dengan Akismet.

Untuk sisi marketing, Newsletter membolehkan Anda mengatur daftar kontak pelanggan sesuai dengan preferensi atau data pribadinya. Ini akan memudahkan Anda dalam menargetkan audiens di dalam campaign. Selain itu, Newsletter juga dilengkapi dengan multi-list targeting. Fitur ini memudahkan Anda dalam menarget pelanggan sesuai dengan konten atau customer persona mereka.

Meski fitur yang dimiliki sudah sangat lengkap, Newsletter juga memberikan beberapa add-ons yang bisa diinstal menurut kebutuhan. Beberapa add-ons yang diberikan di antaranya, pembuatan halaman khusus untuk mengarsipkan newsletter yang dikirim, halaman locked content untuk pelanggan premium, dan integrasi registrasi WordPress.

Fitur unggulan:

  • Fitur statistik dan tracking yang tak terbatas;
  • Fitur cek spam dan block IP;
  • Drag and drop composer;
  • Terintegrasi dengan plugin alih bahasa;
  • Buat segmentasi dan targetting dari satu atau lebih data pelanggan;
  • Gratis tambahan add-ons.

Kekurangan:

  • User interface sedikit rumit;
  • Pusat bantuan kurang membantu.

6. MailPoet

plugin email marketing

MailPoet adalah plugin email marketing lain yang kami rekomendasikan. Plugin ini kurang cocok bagi Anda yang memiliki web atau blog dengan traffic yang cukup tinggi.

Meski dibuat khusus untuk pemilik blog dengan traffic menengah ke atas, MailPoet takkan menguras kocek. Dengan menggunakan layanan bebas biaya dari MailPoet, Anda sudah bisa mengumpulkan kontak dan mengirim email hingga ke 2000 subscribers. Anda juga bisa membuat desain email yang menarik dari 50 pilihan template yang tersedia.

Layanan bebas biaya MailPoet tak berhenti sampai disitu saja. Selain dua keuntungan di atas, Anda juga dapat menggunakan fitur MailPoet untuk mengirim notifikasi email setiap ada postingan baru di blog. Tidak ketinggalan, MailPoet juga memberikan fitur untuk membuat subscribe form. Dengan fitur ini, Anda bisa membangun daftar email dan mengumpulkan subscriber website Anda. Di MailPoet, membuat subscribe form pun cukup dengan drag-and-drop saja.

Masih belum puas dengan MailPoet versi gratis? Anda masih memiliki opsi untuk mengupgrade MailPoet ke versi pro dan mendapatkan fitur lengkap MailPro. Beberapa fitur premium yang ditawarkan di antaranya adalah pengiriman email hingga ke 75,000 subscribers, email ucapan selamat datang untuk subscriber baru, kustomisasi signup form, hingga pilihan kostumisasi hingga 70+ template.

Fitur unggulan:

  • Membuat dan menambahkan formulir subscription ke dalam website;
  • Manajemen subscriber dan daftar subscriber di dalam WordPress;
  • Buat dan kirim newsletter dengan WordPress;
  • Buat email otomatis untuk memberitahu adanya post baru;
  • Mengirimkan email selamat datang ke subscriber baru secara otomatis.

Kekurangan:

  • Tampilan opt-in form kurang bervariasi (tidak bisa pop up, fly-in, dll);
  • Tidak ada fitur testing ─ sedikit berisiko untuk mengirimkan email;
  • Fitur triggering untuk opt-in form kurang beragam.

7. SendinBlue

plugin email marketing

Untuk urusan plugin marketing terbaik, SendinBlue wajib masuk daftar Anda. Satu plugin ini menawarkan begitu banyak fitur marketing. Mulai dari email marketing, SMS marketing, hingga chat. Kesemuanya bisa dilakukan di dalam Dashboard WordPress Anda.

Untuk fitur email marketing, Anda akan dimanjakan dengan sistem drag and drop yang mudah. SendinBlue memiliki berbagai block atau elemen untuk menyusun konten email. Akan tetapi, jika Anda tak terlalu suka memulai dari awal, terdapat juga template yang isinya tinggal diganti sesuai dengan kebutuhan.

Bukan cuma pembuatan email saja yang dipermudah. Anda bisa membangun kontak atau daftar email berdasarkan kategori atau segmen tertentu. Cara ini akan mempermudah Anda dalam mengirimkan email yang relevan untuk subscribers. Dengan sistem ini, Anda juga tak perlu khawatir subscribers protes karena dikirimi terlalu banyak email yang tidak mereka inginkan.

Namun, fitur jenius ini belum berhenti sampai di situ. SendinBlue juga dilengkapi dengan fitur A/B testing. Fitur ini bisa membuat Anda tahu email macam apa yang disukai, kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email. SendinBlue juga memiliki artificial intelligence untuk mengoptimasi waktu kirim email.

Fitur unggulan:

  • Integrasi bermacam form ke dalam halaman web, post, dan sidebar;
  • Kirim email secara otomatis;
  • Real-time statistic yang membuat jumlah email dibuka, diklik, bounce rate, dan sebagainya;
  • Buat daftar email yang tersegmentasi;
  • Buat landing page untuk emperbesar kesuksesan campaign dengan mengarahkan penerima email ke page khusus;
  • Bisa menyimpan kontak dalam jumlah tak terbatassave unlimited contact;
  • Retarget contact yang ada dengan Facebook Ads .

Kekurangan:

  • Fitur yang lengkap bisa membuat pengguna baru kebingungan;
  • Opsi kustomisasi yang terbatas;
  • Minim integrasi dengan pihak ketiga.

8. WP Subscriber

plugin email marketing

WP Subscriber merupakan plugin email marketing yang fokus untuk mengumpulkan alamat email dan memanajemen daftar kontak. Plugin ini memudahkan Anda untuk membuat formulir berlangganan di website. Dengan optimasi berbasis kode, formulir yang dibuat akan dimuat dalam waktu singkat. Sistem semacam ini juga tidak akan membebani server dan tidak akan mempengaruhi kecepatan load website Anda.

Fitur unggulan:

  • Terintegrasi dengan layanan pihak ketiga seperti MailChimp, MailPote, SendinBlue;
  • Menampilkan form pop-up untuk berlangganan email;
  • Ringan. Tidak membebani server;
  • Kompatibel dengan berbagai plugin SEO;
  • Animasi pop-up.

Kekurangan:

  • Tidak bisa dipakai untuk blast email. Perlu plugin tambahan untuk blast email;
  • Hanya dipakai untuk membangun daftar kontak atau email.

9. Email Subscribers & Newsletters

plugin email marketing

Sama seperti namanya, plugin ini cukup simpel dan straight to the point. Email Subscribers & Newsletter merupakan plugin WordPress untuk memanajemen daftar kontak subscribers dan mengirimkan newsletter.

Menggunakan plugin satu ini, Anda bisa menampilkan form berlangganan email untuk memaksimalkan lead. Tampilan form ini tidak hanya ada di satu tempat saja, melainkan tiga!

Pertama, Anda bisa menaruhnya di halaman atau post yang diinginkan dengan menggunakan shortcode. Kedua, Anda bisa menambahkan form ke sidebar melalui widget. Terakhir, Anda bisa menambahkannya langsung ke tema WordPress dengan memakai kode PHP.

Anda pun tak perlu mengirimkan email notifikasi post baru secara manual. Dengan sistem sekali pengaturan di New blogpost, Anda hanya tinggal fokus menulis konten di web. Plugin  Email Subscribers & Newsletter akan mendeteksi konten baru dan mengirimkan email notifikasi langsung ke inbox subscribers Anda.

Fitur unggulan:

  • Bisa diintegrasi dengan WordPress;
  • Otomatisasi email selamat datang dan notifikasi konten baru;
  • Jumlah kontak dan newsletter tidak terbatas;
  • Penggunaan yang simpel, mudah, dan cepat;
  • Dapat melakukan block pada domain untuk melindungi contact list dari spammer.

Kekurangan:

  • Fitur terlalu sederhana;
  • Minim integrasi dengan layanan pihak ketiga.

10. AcyMailing

plugin email marketing

Acymailing merupakan plugin menawarkan kemudahan untuk upaya email marketing Anda. Berbeda dengan plugin-plugin sebelumnya, Acymailing juga menawarkan fitur-fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Di halaman resmi Acymailing, Anda bisa memilih beberapa fitur utama yang ada. Terdapat enam pilihan fitur, yaitu custom fields, automation, test, multi-site, statistics, dan bounce-handling. Ketika Anda memilih beberapa fitur di antaranya, Anda akan direkomendasikan untuk menggunakan paket tertentu.

Plugin ini menilai skor spam konten Anda. Hal ini akan memastikan konten yang Anda kirim tidak dianggap sebagai spam. Selain itu, plugin ini memperbolehkan Anda untuk mengetes konten email yang dibuat. Dengan begitu, Anda bisa menambahkan gambar, link, dan keyword yang tepat untuk membuatnya sempurna.

Fitur unggulan:

  • Impor kontak untuk dijadikan list email;
  • Mudah tambahkan post ke newsletter;
  • Drag and drop editor;
  • Filter email salah dan invisible captcha;
  • Statistik manajemen untuk newsletter.

Kekurangan:

  • Fitur yang didapatkan tergantung paket yang dibeli.

Plugin Mana yang Terbaik?

Jika ditanya begitu, jawabannya tentu kembali lagi kepada Anda. Fitur apa yang Anda butuhkan? Seberapa banyak biaya yang ingin Anda keluarkan? Seberapa mudah Anda menginginkan plugin ini dioperasikan?

Supaya memudahkan Anda untuk membuat keputusan, berikut kami rangkum kelebihan yang ditawarkan tiap-tiap plugin:

  • Mailchimp for WordPress ─ pilihan tepat untuk mengintegrasi email marketing dari Mailchimp ke website WordPress.
  • Sumo List Builder ─ menawarkan begitu banyak opsi form, visual, dan notifikasi bar untuk meningkatkan lead dan conversion.
  • Mailster ─ cocok untuk Anda yang menginginkan fleksibilitas dalam memanajemen kontak.
  • OptinMonster ─ dilengkapi dengan fitur analytics dan A/B Testing untuk membuat keputusan yang berbasis data.
  • Newsletter ─ sesuai untuk melakukan targeting berdasarkan dua atau lebih data pelanggan.
  • MailPoet ─ menjawab kebutuhan pemilik blog dan website dengan traffic besar yang membutuhkan fitur dasar dan sederhana.
  • SendinBlue ─  cocok dipakai untuk pemilik toko online karena dilengkapi dengan transaksional email, sms marketing, chat, juga facebook ads.
  • WP Subscriber ─  pas untuk membangun email list.
  • Email Subscribers & Newsletters ─ cocok untuk melakukan blast email dengan cepat karena tak perlu kostumisasi dengan rumit.
  • AcyMailing ─ sesuai untuk pemilik toko online yang menginginkan fitur sesuai dengan kebutuhan.

Itu tadi ulasan dan rangkuman singkat soal plugin email marketing terbaik untuk WordPress. Semoga bisa membantu Anda menemukan plugin yang sesuai untuk mempermudah usaha email marketing Anda.

Baca juga artikel lainnya,

Subscribe Blog Niagahoster untuk dapatkan informasi, tips, dan insight menarik soal bisnis online.

0
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =