Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Bagaimana Cara Membuat Email Bisnis Profesional?

5 min read

digital marketing adalah

Masih memakai email dengan domain gmail.com untuk keperluan bisnis? Gratis sih, tapi terlihat kurang profesional, bukan? Itulah kenapa menggunakan email bisnis dengan domain sendiri adalah pilihan terbaik.

Lalu, bagaimana cara membuat email perusahaan memakai domain sendiri?

Tenang.. cara membuat email bisnis mudah sekali kok! Di artikel ini, kami akan membahas empat cara membuat email @Nama perusahaan gratis yang bisa Anda coba.  

Tapi sebelum itu, yuk cari tahu dulu kenapa harus punya email bisnis dengan domain sendiri!

Mengapa Harus Punya Email Bisnis dengan Domain Sendiri?

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan email bisnis:

1. Menampilkan Citra Profesional

Semua orang bisa membuat email dengan layanan Gmail atau Yahoo, baik untuk keperluan pribadi dan bisnis. Misalnya, namaanda@gmail.com atau bisnisanda@yahoo.com

Sayangnya, email dengan domain tersebut kurang terlihat profesional di mata pelanggan atau rekan bisnis. Itulah kenapa akan lebih baik kalau Anda menggunakan email bisnis dengan domain sendiri untuk menunjang kredibilitas perusahaan.

2. Mewakili Brand Perusahaan

Menggunakan email bisnis dengan domain sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan brand bisnis Anda. 

Email dengan domain resmi perusahaan akan membuat pelanggan merasa familiar dengan bisnis Anda. Ini merupakan kesan pertama yang baik agar mereka tidak ragu untuk berkomunikasi dengan Anda terkait bisnis.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Berdasarkan survey yang dilakukan Verisign, 74% pelanggan lebih percaya dengan email dengan domain perusahaan dibandingkan email berdomain Gmail atau Yahoo.

Kepercayaan pelanggan adalah aset berharga, terutama pada bisnis online. Sekali mendapatkannya, Anda akan mudah menawarkan berbagai produk kepada mereka.

Tak hanya itu,  email bisnis juga dapat meminimalisir terjadinya kasus penipuan dengan metode phising. Sebab, domain yang unik membuat pelanggan bisa dengan mudah membedakan mana email resmi bisnis Anda dan mana email palsu.

Baca Juga: Cara Membuat Email

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa Anda harus punya email bisnis profesional. Sekarang, saatnya mulai membuat email untuk bisnis Anda. Yuk, pelajari selengkapnya!

4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Pada artikel kali ini, ada empat cara membuat email bisnis profesional yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Membuat Email Perusahaan melalui cPanel
  2. Membuat Email Bisnis dengan Layanan Email Hosting
  3. Cara Membuat Email Bisnis Gratis Menggunakan Zoho
  4. Cara Membuat Email Bisnis Gratis dengan Google Workspace

Bagi Anda yang lebih nyaman mengikuti tutorial dengan video, berikut ini video tutorial cara membuat email hosting yang bisa Anda coba:

Kalau Anda lebih nyaman membaca, yuk lanjutkan simak panduan lengkap membuat email bisnis di bawah ini!

1. Membuat Email Perusahaan melalui cPanel

Cara termudah membuat email bisnis adalah melalui cPanel. Dengan cara ini, Anda bisa membuat email menggunakan domain sendiri secara gratis!

Pastikan Anda sudah memilih domain terbaik untuk bisnis terlebih dahulu. Atau, Anda bisa mendapatkan domain gratis menggunakan layanan hosting di Niagahoster.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka dashboard cPanel Anda dan masuklah ke menu Email Accounts.

mengakses menu Email Accounts di cPanel

2. Klik tombol Create untuk membuat akun email baru.

membuat akun email baru

3. Di tahap ini, Anda perlu mengisi detail informasi akun email yang akan Anda buat, informasinya meliputi:

  • Domain – Pilih nama domain untuk email Anda. Di tutorial, ini kami menggunakan domain websitepercobaan.com.
  • Username – Masukkan username email. Kami menggunakan emailbisnis sebagai username email. Maka nantinya, email yang kami buat bernama emailbisnis@websitepercobaan.com.
  • Password – Buatlah password yang kuat untuk email bisnis Anda, pastikan indikator kekuatan password berwarna hijau. Atau, gunakan fitur Generate password untuk membuat password yang kuat.
  • Optional Settings – Anda bisa mengikuti pengaturan default atau mengubahnya dengan klik tombol Edit Settings. Di sini, Anda bisa mengatur pilihan storage email hingga penentuan folder email.
mengisi informasi email baru

4. Kalau semua data sudah diisi, klik tombol Create. Anda akan melihat pesan sukses seperti gambar di bawah ini jika email berhasil dibuat:

notifikasi berhasil membuat email baru

5. Anda sudah berhasil membuat email perusahaan dengan domain bisnis Anda. Untuk mengecek email, klik tombol Check Email. Anda juga bisa mengubah pengaturan email pada fitur Manage dan menghubungkan email dengan device Anda pada fitur Connect Devices.

mengelola email bisnis

Membuat email bisnis melalui cPanel sangat mudah, kan? Sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat email dengan nama perusahaan Anda sendiri.

Kekurangan hanya satu, fitur email di cPanel ini terbatas. Misalnya, penggunaan disk space dibatasi hanya sebesar 10GB saja. Tapi, tenang saja.. kami punya solusinya di bahasan selanjutnya.

2. Membuat Email Bisnis dengan Layanan Email Hosting

email gratis niagahoster

Email cPanel membatasi jumlah pengiriman email per hari (2400 email saja) dan disk space. Nah, untuk mengatasi keterbatasan itu, layanan Email Hosting bisa menjadi solusi yang tepat. 

Kebetulan, Niagahoster punya layanan email hosting dengan fitur yang lengkap.

Dengan Email Hosting Niagahoster, Anda bisa menambah disk space email hingga 200GB. Jumlah email yang dikirimkan dalam sehari pun bisa mencapai 9600 email. Banyak sekali, bukan? 

Tak hanya itu, dari segi keamanan, Email Hosting Niagahoster menggunakan proteksi MailChannels yang tidak ada pada email cPanel. Mailchannels memiliki algoritma dan teknologi AI yang sangat baik untuk memproteksi server dari spam ataupun malware.

Menariknya, fitur di atas bisa Anda nikmati hanya dengan harga mulai dari Rp80rb/bulan. Tawaran yang menarik, bukan?

Cara membuat email bisnis dengan layanan email hosting cukup mudah. Setelah paket email hosting aktif, lakukanlah langkah berikut:

1. Masuklah ke Member Area Niagahoster dan klik Kelola Hosting di paket Mail Hosting Anda.

kelola email hosting di member area niagahoster

2. Salinlah MX Record email hosting Anda.

salin MX record email hosting

3. Selanjutnya, Anda perlu mengarahkan domain ke email hosting. Akses menu DNS Management pada domain Anda dan tambahkan MX Record baru. Masukkan MX Record email hosting yang telah Anda salin sebelumnya pada kolom Mail Server. Isilah kolom lainnya seperti ini:

menambahkan mx record di DNS management

4. Klik Save Record untuk menyimpan record baru.

5. Setelah email hosting terhubung dengan domain, Anda perlu membuat subdomain di cpanel untuk mengakses webmail email hosting.

6. Kalau sudah, masuklah kembali ke halaman DNS Management dan tambahkan A Record baru dengan keterangan sebagai berikut:

  • Record Type: A record
  • Name: Nama subdomain Anda
  • IPv4: IP email hosting Anda
  • TTL: 14400
menambahkan A record di DNS management

7. Klik Save Record, kemudian akses subdomain Anda. 

mengakses email hosting

Sampai sini, Anda sudah bisa mengakses email hosting dan mulai mengelola email Anda.

3. Cara Membuat Email Bisnis Gratis Menggunakan Zoho

halaman awal zoho

Layanan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat email profesional adalah Zoho

Zoho menyediakan berbagai pilihan plan untuk berlangganan email menggunakan domain sendiri, salah satunya adalah Free Plan yang akan kami jadikan contoh pada tutorial kali ini.

Berikut ini cara membuat email @Nama perusahaan gratis menggunakan Zoho:

1. Setelah memiliki domain dan hosting, bukalah website resmi Zoho. Pilih opsi Email bisnis, lalu klik tombol DAFTAR GRATIS.

daftar gratis email bisnis zoho

2. Scroll ke bawah dan klik tombol DAFTAR SEKARANG pada bagian Paket Gratis Selamanya untuk menggunakan Zoho secara gratis.

memilih paket gratis selamanya email bisnis zoho

3. Masukkan nama, email/mobile number dan password untuk membuat akun Zoho Anda. Kalau sudah, klik SIGN UP.

registrasi akun zoho

4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email/mobile number yang Anda gunakan saat mendaftar. 

5. Tambahkan domain yang sudah Anda miliki pada bagian Add an existing domain. Caranya, klik tombol Add Now.

berhasil membuat akun zoho

6. Masukkan data domain dan informasi bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, klik Add.

menambahkan domain di zoho

7. Pada tahap ini, domain sudah berhasil ditambahkan ke email Zoho. Namun, belum diverifikasi, klik Proceed to domain verification untuk memverifikasi domain Anda.

berhasil menambahkan domain

8. Lakukanlah verifikasi domain dengan tiga pilihan cara, yaitu: menggunakan TXT record, CNAME record atau upload file HTML di website.

verifikasi domain

9. Kalau sudah, klik Verify dan lanjutkan tahap setup email hingga setting Zoho Mail berhasil dilakukan.

Nah, itu dia cara membuat email bisnis menggunakan Zoho. Email gratis dari Zoho ini hanya bisa digunakan untuk lima username dalam satu domain, dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB. 

Baca Juga: Email Marketing: Cara Mengembangkan Email List Anda

4. Cara Membuat Email Bisnis Gratis dengan Google Workspace

Google Workspace atau dahulu disebut GSuite adalah layanan email profesional yang memungkinkan Anda untuk membuat email dengan domain sendiri, tetapi bisa tetap menggunakan Gmail untuk mengoperasikannya. 

Google Workspace adalah layanan berbayar, tapi Anda bisa mencoba versi gratisnya dulu selama 14 hari. Setelah masa percobaan selesai, Anda diharuskan membayar biaya berlangganan paling murah sebesar 3 US Dollar/bulan.

Bagaimana cara membuat akun email bisnis untuk layanan Google? berikut ini langkah-langkahnya:

1. Bukalah website resmi Google Workspace, lalu klik tombol Start Free Trial untuk mencoba versi gratisnya.

halaman awal Google Workspace

2. Masukkan nama bisnis, jumlah karyawan dan region bisnis Anda. Kalau sudah, klik Next.

mengisi informasi bisnis

3. Secara default, Anda akan menjadi admin Google Workspace. Oleh karena itu, isilah info kontak Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, klik Next.

mengisi informasi kontak admin

4. Email bisnis Anda harus menggunakan domain sendiri. Kalau Anda sudah memiliki domain yang bisa digunakan, klik Yes, I have one that I can use.

memilih membuat email bisnis menggunakan domain sendiri

5. Masukkan nama domain Anda. Nama domain ini akan digunakan untuk membuat custom email.

memasukkan nama domain

6. Silakan konfirmasi nama domain Anda.

konfirmasi nama domain

7. Anda bisa memilih ingin mendapatkan email newsletter dari Google atau tidak. Silakan pilih sesuai dengan keinginan Anda.

pilihan pengiriman newsletter

8. Buat akun email bisnis untuk login ke Google Workspace. Jangan lupa beri tanda ceklis pada Captcha, lalu klik tombol Agree and continue.

membuat detil login email bisnis

Nah, itu dia cara membuat email @Nama perusahaan gratis menggunakan Google Workspace.

Sudah Siap Membuat Email Bisnis?

Menggunakan email perusahaan penting untuk meningkatkan kepercayaan customer dan membuat bisnis terlihat lebih profesional. 

Untungnya, cara membuatnya pun sangat mudah. Pada penjelasan di atas, Anda sudah mempelajari empat cara membuat email bisnis profesional. Mulai dari cara membuat email @Nama perusahaan gratis melalui cPanel, layanan email hosting, Zoho hingga Google Workspace.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis, menggunakan email cPanel yang gratis bisa menjadi pilihan. 

Namun, kalau bisnis mulai berkembang dan customer Anda semakin banyak, layanan Email Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan terbaik.

layanan email hosting niagahoster

Niagahoster memiliki paket layanan email hosting murah Indonesia yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan penyimpanan Anda. Anda bebas menggunakan mail client untuk mengelola email Anda.  

Email Hosting Niagahoster juga memiliki banyak fitur menarik seperti Backup Mingguan yang penting untuk langkah antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada data Anda. Selain itu, ada juga proteksi SpamAssassin agar email Anda terlindung dari gangguan spam. 

Anda sudah punya email di cPanel? Anda bisa upgrade ke layanan email hosting, lho. Hubungi Customer Success Niagahoster untuk mendapatkan bantuan terkait prosesnya, ya.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera gunakan layanan email hosting untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.