Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Email Marketing: Cara Mengembangkan Email List Anda

4 min read

list building

Pada artikel Panduan Lengkap Membuat Email Marketing, Anda sudah belajar tentang bagaimana membuat email marketing yang efektif agar bisa menghasilkan conversion tinggi. Untuk bisa menghasilkan conversion yang tinggi tentu Anda memerlukan banyak subscriber email marketing.

Tanpa list building yang benar, Anda tidak memiliki massa untuk diarahkan ke landing page yang berpotensi menghasilkan keuntungan. Nah artikel ini akan memandu Anda belajar list building untuk mendapatkan subscriber email marketing dalam waktu singkat. Berikut 10 cara cepat mendapatkan subscriber email marketing:

10 Cara Cepat Mendapatkan Subscriber Email Marketing

list building

1. Berikan Penawaran Berharga

Dengan menjadi subscriber email marketing, pengunjung website akan memberikan informasi pentingnya, yaitu nama dan email aktifnya. Tentu pengunjung website tidak akan memberikan informasi pribadi mereka tersebut secara cuma-cuma.

Sebagai gantinya Anda harus memberikan penawaran menarik dan berharga agar pengunjung website mau memberikan email mereka. Anda bisa menawarkan ebook gratis, konten eksklusif, diskon khusus, atau penawaran lainnya yang menguntungkan bagi pengunjung website.

Salah satu contohnya adalah Ebook Gratis Niagahoster. Niagahoster secara rutin menerbitkan ebook gratis yang membahas berbagai topik yang berkaitan dengan website, web hosting, dan bisnis online.

list building

2. Siapkan CTA yang Variatif

Call To Action atau CTA adalah tombol untuk mendorong pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik website, dalam hal ini adalah menjadi subscriber email marketing.

Beda tempat, beda juga bentuk CTA-nya. Anda bisa membuat CTA dalam berbagai bentuk, dari teks, tombol sederhana, atau bahkan banner. Sesuaikan bentuk CTA dengan tempat peletakannya sehingga tidak mengganggu pengalaman pengunjung website.

Di sebuah artikel blog Anda bisa meletakkan CTA dalam bentuk teks yang melebur dengan konten blog tersebut. Contohnya adalah CTA berbentuk teks di salah satu artikel blog Niagahoster ini:

list building

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan tombol sederhana sebagai CTA. Anda dapat menemukan tombol-tombol CTA seperti di bawah ini di berbagai artikel blog Niagahoster:

list building

Terakhir, Anda juga bisa meletakkan banner berisi CTA di bagian akhir artikel seperti di bawah ini:

list building

3. Buat Teks CTA yang Kreatif dan Menarik

Teks CTA tidak harus selalu saklek “Download Ebook”. Pengunjung website mungkin akan bosan jika melihat teks CTA yang sama di semua halaman website Anda. Apalagi website Anda mungkin bukan satu-satunya website yang mereka kunjungi saat itu. Jadi Anda harus membuat CTA yang bisa membedakan penawaran Anda dari website-website serupa.

Buatlah teks CTA sekreatif mungkin sehingga pengunjung tidak akan mengabaikan penawaran Anda. Tentu Anda juga perlu mempertimbangkan karakteristik pengunjung website Anda. Apabila pengunjung website Anda kebanyakan adalah anak muda, Anda bisa membuat teks CTA dengan bahasa gaul atau slang. Namun, jika mayoritas pengunjung website Anda adalah orang tua, gunakanlah bahasa yang dimengerti oleh kalangan tersebut.

4. Gunakan Popup Secara Wajar

Banyak perbedaan pendapat mengenai penggunaan popup. Banyak yang beranggapan bahwa popup mengganggu pengalaman pengunjung website. Namun, tidak sedikit juga yang menyatakan popup berhasil meningkatkan jumlah subscriber email marketing. Menurut OptinMonster, popup berhasil meningkatkan subscriber email marketing DealDoktor hingga 2100 persen.

Jadi, haruskah Anda menggunakan popup? Jawabannya adalah iya. Bahkan menggunakan popup adalah kewajiban bagi para pemilik website. Namun, pastikan gunakan popup secara wajar. Jangan sampai popup Anda mengganggu pengunjung website. Alih-alih meningkatkan list building, pengunjung bahkan bisa langsung menutup website Anda.

Baca juga: 3+ Layanan Email Gratis untuk Bisnis

5. Berikan Pilihan Sesuai Konteks

Anda sudah menyiapkan banyak penawaran menarik untuk membangun list email marketing, dari ebook gratis, diskon khusus, hingga konten eksklusif. Supaya penawaran-penawaran tersebut laku, Anda harus meletakkannya di tempat-tempat strategis yang sesuai dengan konteks.

Pertimbangkan apa yang diharapkan pembaca ketika membaca konten Anda. Ketika membaca artikel mengenai kecepatan website, tentu ebook 20+ Tips Membuat Website Super Cepat lebih cocok dibanding ebook Panduan Lengkap VPS.   

6. Berikan Form Singkat

Jangan terlalu berlebihan dalam membuat formulir sign up untuk menjadi subscriber. Sebab kebanyakan pengunjung website tidak menyukai formulir panjang. Dalam membuat formulir subscribe email marketing, Anda hanya membutuhkan dua informasi dasar, yaitu nama dan email aktif.

Formulir yang terlalu panjang hanya akan membuat pengunjung website mengurungkan niat untuk subscribe. Selain malas mengisi, terlalu banyak kolom juga membuat pengunjung website mempertanyakan keamanan informasi yang mereka berikan. Pengguna internet cenderung berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi karena khawatir akan disalahgunakan.   

list building

Sebagai contoh, Niagahoster hanya meminta informasi nama dan email aktif pengunjung website untuk mengunduh ebook secara gratis. Jadi pengunjung website tidak akan merasa malas untuk mengisi dan tidak perlu khawatir mengenai keamanan informasi mereka.

7. Tampilkan Testimoni

Jika sudah memiliki banyak subscriber email marketing, Anda bisa menampilkan jumlah subscriber yang sudah Anda dapatkan untuk menarik subscriber baru. Niagahoster juga menerapkan metode ini di salah satu popup subscribe blognya:

list building

Bagaimana jika subscriber Anda belum cukup banyak untuk dipamerkan? Solusinya adalah dengan menampilkan testimoni. Anda bisa menampilkan testimoni orang yang sudah mengunduh ebook atau subscribe blog Anda. Tampilkan testimoni yang menunjukkan bahwa menjadi subscriber email marketing Anda mendatangkan manfaat.

Selain memamerkan jumlah subscriber dan testimoni, Anda juga bisa memamerkan jumlah pembaca blog bulanan Anda. Angka pengunjung blog bulanan biasanya lebih tinggi dibanding angka subscriber dan bisa mendorong pengunjung untuk berlangganan email marketing Anda.

8. Siapkan Landing Page Khusus

CTA yang kreatif dan menarik saja tidak cukup. Anda juga memerlukan landing page khusus untuk menampung pengunjung yang mengklik CTA Anda. Niagahoster juga menyediakan landing page khusus untuk setiap ebook gratisnya. Salah satu seperti di bawah ini:

list building

Membuat landing page pun dapat dengan mudah dilakukan siapa saja. Anda dapat membuat landing page dengan mengikuti panduan di artikel Cara Membuat Landing Page di WordPress.

9. Adakan Giveaway

Anda mungkin sudah membuat penawaran menarik, CTA yang kreatif, dan formulir yang singkat, tapi jumlah subscriber belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Seringkali pengunjung website perlu diberi banyak iming-iming agar mau menekan tombol download atau subscribe.

Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengadakan giveaway. Anda bisa membuat giveaway seperti diskon tambahan untuk 100 subscriber pertama atau hadiah suvenir untuk subscriber ke-1001.

10. Bagikan di Media Sosial

Jumlah subscriber email marketing Anda memang belum seberapa, tapi bukan berarti Anda tidak memiliki massa sama sekali. Anda tentu sudah memiliki akun resmi di berbagai media sosial, bukan? Dari Twitter, Facebook, sampai Instagram.

Follower Anda di media sosial adalah sasaran tepat untuk menjadi subscriber email marketing Anda. Mereka sudah memiliki ketertarikan terhadap bisnis Anda, tetapi perlu diberikan dorongan atau motivasi tambahan untuk akhirnya melakukan pembelian. Dorongan tersebut dapat Anda berikan dengan menjadi subscriber email marketing terlebih dahulu. Dengan menjadi subscriber mereka bisa mendapatkan diskon khusus atau penawaran menarik lainnya.

11. Manfaatkan Halaman About Us

Halaman About Us umumnya berfungsi sebagai halaman yang berisi informasi mengenai profil perusahaan, dari sejarah, latar belakang perusahaan, hingga visi dan misi perusahaan. Halaman ini biasanya merupakan salah satu halaman paling populer di antara halaman website lainnya setelah halaman produk. Sebab pengunjung perlu memastikan kredibilitas perusahaan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Tingginya trafik ke halaman About Us dapat Anda manfaatkan untuk menjaring subscriber. Anda bisa meletakkan formulir penawaran untuk menjadi subscriber email marketing di halaman ini.

Baca juga: Cara Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing

Kesimpulan

Email marketing tetap menjadi salah satu kanal marketing yang harus Anda gunakan. Kanal marketing ini sangat efektif untuk mendorong penerimanya melakukan pembelian. Untuk bisa mengirimkan email marketing tentu Anda membutuhkan alamat email aktif calon pelanggan Anda.

Tantangan berat email marketing terletak di bagian mengumpulkan email aktif calon pelanggan. Tidak semua orang bersedia memberikan informasi penting tersebut kepada perusahaan, termasuk Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan alamat email aktif calon pelanggan.

Sepuluh cara di atas diharapkan dapat membantu Anda memperoleh alamat email aktif calon pelanggan Anda dengan cepat. Semakin banyak alamat email aktif yang Anda dapatkan, semakin besar pula audiens Anda. Dengan begitu semakin besar juga potensi jumlah orang yang akan menjadi pelanggan Anda.

1
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =