Imas Indra Imas is a passionate and detail-oriented content writer. Years of experience taught her how essential quality content is. Now she upgraded her skill set with experience in SEO and combines it with her ability to create unique articles and tutorials.

10+ Tema Portofolio WordPress Terbaik untuk Web Agency & Freelance

6 min read

tema portofolio wordpress

Tampilan visual adalah kunci untuk memikat pengunjung website. Tanpa visual yang menarik, Anda bisa saja kehilangan pengunjung dalam sekejap. Bagi web agency dan freelance ini sama saja artinya dengan kehilangan calon klien.

Berita baiknya, tampilan website yang apik bisa didapatkan secara mudah. Cukup dengan menginstall tema dan Anda bisa langsung siap bekerja.

Namun, tentu saja memilih tema wordpress untuk portofolio bukan hal yang gampang. Memilih tema dengan tampilan, fitur, dan harga yang pas sering kali menguras waktu.

Untuk mempermudah pekerjaan Anda, kami telah mengurasi tema-tema WordPress untuk portofolio. Kami sadar setiap orang memiliki preferensi fitur, gaya, dan selera yang berbeda. Jadi, kami berusaha untuk menampilkan berbagai pilihan tema yang cocok untuk segala jenis web agency dan freelancer.

Baca juga: 5+ WooCommerce Themes Terbaik

Tema Portofolio WordPress Terbaik

Berikut adalah 10+ tema WordPress gratis dan premium untuk portofolio Anda.

1. Shapely

tema wordpress untuk portofolio

Shapely didesain khusus untuk agency dan freelancer. Tema yang satu ini memiliki tampilan yang modern dan bersih.

Anda bisa memanfaatkan fokus perhatian pada bagian beranda untuk menaruh konten unggulan. Fitur hero image membantu Anda untuk melakukannya dengan cara yang elegan: gambar resolusi tinggi disertai tombol call for action.

Shapely juga menyediakan bagian khusus untuk memamerkan portofolio. Bagian ini berisi cuplikan foto-foto. Apabila diklik, pengunjung akan dibawa menuju ke tampilan konten yang lebih lengkap.

Untuk meyakinkan pengunjung akan kualitas pekerjaan Anda, Anda bisa menampilkan testimoni pelanggan di website. Dengan parallax section, tampilan testimoni akan jauh lebih menarik dan tidak membosankan.

Fitur unggulan:

  • Retina ready untuk tampilan gambar dan ikon yang berwarna hidup
  • Hero Image menampilkan gambar fullscreen yang membuat konten Anda lebih menonjol. Cocok untuk menyajikan tombol call for action
  • Berbagai pilihan ikon vektor yang bisa dimodifikasi warna dan ukurannya
  • Translation Ready untuk web multibahasa

Harga: gratis

2. MalcolmY

tema wordpress untuk portofolio

MalcolmY adalah tema WordPress dengan tampilan yang bersih dan modern. Tema ini didominasi oleh aksen putih dan ukuran font yang cukup besar. Kombinasi kedua hal ini membuat pengunjung merasa nyaman menikmati konten di web.

Alamat, kontak dan media sosial diletakkan di bagian paling atas website. Dengan penempatan yang strategis, pengunjung dengan mudah mengontak agensi. Di saat yang sama, media sosial miliki agensi juga memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi.

Fitur menarik lain dari MalcolmY adalah tampilan portofolio. Di beranda, portofolio ditampilkan dalam bentuk thumbnail. Portofolio tersebut bisa dikelompokkan dalam kategori tertentu.

Untuk tampilan lebih lengkap, cukup klik portofolio Anda. Ini akan membawa Anda ke tampilan case studies. Di dalam bagian ini Anda bebas menampilkan portofolio sesuai dengan kebutuhan. Untuk memodifikasi tampilan, Anda bisa menggunakan drag-and-drop page builder.

Fitur unggulan:

  • Pakai drag-and-drop page builder untuk modifikasi tampilan website dengan mudah
  • Cherry projects menampilkan portofolio dengan berbagai layout dan filter
  • Berbagai pilihan custom widget untuk menampilkan slider, bio, dan tombol sosial media
  • Berbagai pilihan layout untuk halaman website

Harga: gratis

3. Ascendant

tema wordpress untuk portofolio

Ascendant adalah salah satu tema WordPress yang didesain dengan detail.

Tampilan slider yang menyatu dengan menu membuat tema yang satu ini tampak bersih dan didesain dengan baik. Anda bisa memaksimalkan fitur slider ini untuk menunjukkan portofolio terbaik ataupun profil lengkap tentang agensi Anda.

Di bagian bawah slider, Anda dapat menampilkan poin-poin penting lain seperti jasa yang ditawarkan ataupun nilai-nilai yang agensi Anda pegang. Selain itu, Anda bisa menampilkan portofolio, daftar klien, testimoni klien, serta anggota tim agensi.

Dengan footer tiga kolom, Ascendant memaksimalkan setiap bagian untuk mendukung presentasi perusahaan Anda. Bagian ini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan profil singkat, tombol media sosial, dan galeri.

Fitur unggulan:

  • Desain responsif
  • Custom shortcodes untuk menambah berbagai elemen web seperti tombol, tabel, daftar isi, dsb.
  • Berbagai pilihan font dengan Google Font
  • Ubah tema warna dengan mudah

Harga: gratis

4. Portfolio Lite

tema wordpress untuk portofolio

Portofolio Lite merupakan tema yang cocok untuk desain, fotografi, dan portofolio visual lainnya. Tampilan yang minimalis dan bersih membantu portofolio Anda terlihat lebih menonjol. Portofolio Anda jugalah yang kemudian memperlihatkan karakter dan gaya Anda.

Tema ini memiliki beberapa opsi untuk menampilkan portofolio visual seperti slideshow, logo, ilustrasi, dan fotografi. Tampilan slideshow sangat cocok untuk menunjukkan portofolio dengan gambar beresolusi tinggi dan detail. Sedangkan logo, ilustrasi, dan fotografi baik untuk menunjukkan versi thumbnail dari portofolio. Anda juga bisa menambahkan keterangan lebih lengkap dalam bentuk artikel atau blog post.

Untuk halaman lain seperti blog, profil, atau pun service; Anda bisa menambahkan sidebar. Gunakan sidebar ini sebagai tempat merekomendasikan konten terbaru Anda.

Keseluruhan menu dan submenu diletakkan di bagian sidebar. Dengan begitu, navigasi website menjadi jauh lebih mudah.

Fitur unggulan:

  • Pilihan layout untuk setiap kategori portofolio yang berbeda
  • Slideshow page template untuk menampilkan gambar detil beresolusi tinggi
  • Kompatibel dengan HTML5 and CSS3
  • Modifikasi logo, header, background, menu, dan tampilan halaman dengan mudah

Harga: gratis

5. Illdy

tema wordpress untuk portofolio

Illdy adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan tampilan website dalam satu halaman. Mulai dari profil perusahaan, portofolio, testimoni, daftar klien, hingga kontak bisa ditampilkan dengan apik dengan tema ini.

Menu utama akan membantu Anda menuju ke bagian yang spesifik di dalam halaman tersebut. Jadi, tidak perlu repot scrolling untuk mencari bagian yang Anda butuhkan.

Illdy memiliki tampilan konten blog yang ramah untuk mata. Header berlatar gambar yang besar disertai judul artikel dengan font yang besar, cukup menarik perhatian bagi para pengunjung.

Untuk menambahkan konten penting, Anda bisa memanfaatkan bagian footer. Anda bisa meletakkan berbagai informasi tambahan mengenai produk, berita terbaru, daftar harga, dsb.

Fitur unggulan:

  • WordPress Customize Support memudahkan modifikasi setiap elemen dalam tema
  • Kompatibel dengan WooCommerce
  • Kompatibel dengan berbagai plugin seperti Contact Form 7, WordPress SEO Plugin, Jetpack, dll
  • Bebas modifikasi warna tema

Harga: gratis

6. Zakra

tema wordpress untuk portofolio

Sebagai sebuah tema gratis, Zakra menawarkan fitur lengkap dan tampilan yang tak kalah dari tema premium. Bisa dibilang tema ini merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang ingin efisien dalam menggunakan budget.

Berbekal konten yang sudah didesain sendiri, Anda bisa menggantikan konten default dari Zakra. Dengan outline dan bagian yang sama persis — beranda, pelayanan, anggota tim, blog, profil, dan kontak — Anda sudah bisa memulai agensi yang profesional.

Anda bisa dengan mudah menambahkan halaman khusus portofolio dengan Elementor builder. Kemampuan menggunakan CSS juga akan bermanfaat untuk mendesain visual dalam tema ini.

Fitur unggulan:

  • Kompatibel dengan Gutenberg dan Elementor builder
  • Kompatibel dengan berbagai mesin pencarian seperti Chrome, Firefox, Opera, dan Safari
  • Tersedia 10+ pilihan tema siap pakai
  • Bisa modifikasi tampilan melalui CSS

Harga: gratis

7. Massive Dynamic

tema wordpress untuk portofolio

Massive Dynamic membuat siapa saja bisa mendesain website yang mudah.

Tema satu ini memiliki begitu banyak fitur untuk memodifikasi tampilan website. Terdapat berbagai pilihan modifikasi untuk layout halaman, tampilan header, hingga rasio antara portofolio. Dengan Visual Composer modifikasi tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan real-time.

Selain soal visual, Massive Dynamic memperhatikan performa dan user experience website. Itu mengapa tema ini ikut menyertakan plugin-plugin premium dan penting. Contact Form 7 memudahkan Anda berhubungan dengan pengunjung. Mailchimp menjadikan newsletter dan email marketing lebih termanajemen. Begitu juga dengan Add To Any yang memudahkan pengunjung membagikan konten Anda ke berbagai platform.

Fitur unggulan:

  • Desain sendiri websitemu menggunakan drag and drop page builder
  • Ubah jarak antara elemen secara langsung menggunakan live spacing editor
  • 70+ elemen tersedia untuk modifikasi website
  • Gunakan tema siap pakai dalam sekali klik

Harga: $39

8. Inspiro

tema wordpress untuk portofolio

Inspiro adalah pilihan tepat bagi agensi ataupun freelancer dengan portofolio video dan foto. Tema ini dapat menampilkan portofolio Anda dengan apik sehingga menciptakan kesan kredibel dan profesional.

Fitur video background bisa dimanfaatkan untuk memasang video profil atau behind the scene sebuah proyek. Video semacam itu akan menjadi cara yang unik untuk menampilkan portofolio dan meyakinkan calon klien di waktu yang bersamaan.

Inspiro menggunakan layout tiga kolom yang memudahkan Anda dalam mengorganisasi konten. Anda bisa menggunakan pembagian kolom ini untuk mempertontonkan artikel terbaru, anggota tim, bahkan daftar harga untuk pelayanan yang Anda tawarkan.

Fitur unggulan:

  • Menampilkan video background di header
  • Preview konten video dengan video autoplay on hover
  • Atur nuansa video dengan filter warna menggunakan overlay gradient customizer
  • Tampilan otomatis menyesuaikan dengan gadget yang digunakan

Harga: $69

9. Alia

tema wordpress untuk portofolio

Alia adalah tema WordPress yang cocok untuk freelance. Dengan desain yang minimalis dan simpel, Anda bisa menunjukan sisi personal Anda di dalam website. Desain yang sama membuat Anda lebih bisa fokus ke kualitas konten dibandingkan mengurus tampilan website.

Alia memberikan begitu banyak pilihan layout untuk website. Anda bisa menggunakan layout satu kolom untuk tampilan yang bersih dan profesional. Tampilan ini juga cocok untuk website yang diurus oleh tim.

Jika Anda ingin sedikit menunjukkan sisi personal Anda, pakailah layout dengan sidebar. Sidebar memberikan ruang Anda untuk menunjukkan profil diri.dan cerita melalui author stories. Hampir sama seperti blog, layout yang satu ini memberikan keleluasaan Anda untuk mempromosikan fanpage Facebook, merekomendasikan artikel, ataupun menaruh tombol langganan email.

Fitur unggulan:

  • Banyak pilihan layout
  • Kompatibel dengan berbagai format post seperti galeri, video, tweet, dsb
  • Super sharp retina membuat tampilan setiap elemen nyaman dipandang mata
  • Author stories membagikan momen personal melalui foto

Harga: $39

10. Niva

tema wordpress untuk portofolio

Niva menawarkan desain tema yang profesional tanpa terasa kaku. Tema ini didominasi dengan latar warna putih dengan ukuran font yang cukup besar. Anda bisa tambahkan ilustrasi sesuai dengan niche usaha Anda untuk terlihat lebih berkarakter. Dengan animasi CSS, web Anda akan terlihat jauh lebih hidup.

Niva menyediakan berbagai layout beranda sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk agensi, Niva menampilkan beranda yang langsung menyasar kebutuhan pengunjung lengkap dengan call for action button.

Untuk freelancer, Niva mendedikasikan halaman untuk menunjukkan profil aktor di balik web tersebut. Tampilan ini sekilas mirip dengan CV yang menggarisbawahi kemampuan teknis yang freelancer tawarkan.

Apabila Anda kurang menyukai tampilan default ini, Anda bisa mengubahnya dengan WPBakery Page Builder dan Slider Revolution.

Fitur unggulan:

  • Tema termasuk dengan WPBakery Page Builder dan Slider Revolution (gratis)
  • Berbagai pilihan layout header, beranda dan blog post
  • Kompatibel dengan plugin live chat
  • Kompatibel dengan WooCommerce

Harga: $34

11. Oak

tema wordpress untuk portofolio

Oak adalah salah satu tema WordPress yang memanjakan mata. Desain yang bersih membuat tema ini pas untuk menampilkan portofolio visual dan kreatif lainnya.

Sebagai tema yang didesain khusus untuk portofolio, Oak memiliki cukup banyak pilihan tampilan. Untuk tampilan keseluruhan, Anda bisa memilih salah satu dari lima opsi, yaitu dua kolom, tiga kolom, empat kolom, mansory, dan dribble. Sedangkan untuk tampilan yang lengkap, terdapat tiga opsi. Satu menggunakan slider, satu memberikan opsi memuat banyak foto, dan terakhir memuat satu foto resolusi tinggi dengan deskripsi singkat.

Alih-alih terpaku pada tampilan menu konvensional di bagian atas, Oak memberikan dua alternatif menu. Pertama, menu navigasi yang terletak di bagian ujung atas kanan. Ketika diklik, menu akan muncul dalam bentuk sidebar yang berwarna kontras dari halaman utama. Untuk tampilan menu kedua disebut menu fixed center. Seperti namanya, menu ini terletak di tengah halaman dan hanya akan muncul ketika tombol berupa tiga garis di bagian tengah kanan diklik.

Hal menarik lain dari Oak adalah tampilan saat loading. Oak menampilkan garis horizontal yang menunjukkan proses load halaman. Sesaat sebelum halaman betul-betul termuat, garis ini akan memotong layar menjadi dua. Dibandingkan memandangi layar kosong, ini ide bagus, bukan?

Fitur unggulan:

  • Lebih dari 1000 pilihan icon font
  • Kompatibel dengan HTML5 atau CSS3
  • Berbagai pilihan tampilan portofolio

Harga: $49

Kesimpulan

Ada begitu banyak pilihan tema WordPress untuk digunakan. Setiap tema menawarkan tampilan, fitur, dan harga yang tentunya berbeda. Semoga dengan rekomendasi ini, Anda bisa lebih mudah memilih tema yang paling sesuai dengan karakter dan kebutuhan Anda.

1
Imas Indra Imas is a passionate and detail-oriented content writer. Years of experience taught her how essential quality content is. Now she upgraded her skill set with experience in SEO and combines it with her ability to create unique articles and tutorials.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =