Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

10+ Tema Landing Page untuk WordPress Gratis

8 min read

Landing Page Template WordPress Gratis

Sesuai namanya, Landing Page merupakan halaman website yang digunakan untuk menarik pengunjung dengan tujuan peningkatan penjualan. Oleh karena itu, sebuah landing page haruslah menarik. Untungnya, membuat landing page yang baik cukup mudah. Bahkan saat ini, sudah banyak landing page template yang bisa Anda gunakan tanpa membuatnya sendiri. 

Namun, adakah tema landing page gratis yang bisa digunakan? Tentu ada. Di artikel kali ini, kami akan mengulas 10+ template landing page WordPress gratis untuk website bisnis Anda. 

Tema Landing Page Gratis Terbaik

Inilah 10+ landing page template terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis. 

1. Hestia

Hestia Landing Page Template

Hestia merupakan salah satu tema landing page terbaik. Tema ini telah digunakan lebih dari 100.000 website di seluruh dunia. Artinya, kualitasnya sudah diakui.

Sebagai tema serbaguna (multipurpose), Hestia bisa Anda andalkan untuk membuat landing page yang efektif, apapun jenis bisnisnya. Mulai dari bisnis kuliner, toko online, hingga bisnis digital sebagai pekerja lepas (freelancer).

Dari sisi fitur, Hestia merupakan tema yang sangat komplit. Tema ini dilengkapi dengan Ready Made Starter yang memungkinkan Anda memilih tampilan yang sudah disiapkan sesuai bisnis yang dijalankan. Jika ingin melakukan kustomisasi, Anda bisa memanfaatkan fitur Live Customizer. Dengan fitur tersebut, Anda dapat melakukan kustomisasi tema dengan cepat dan mudah.

Tidak hanya itu, dari sisi performa, Hestia sudah teroptimasi dengan baik sehingga loading landing page Anda tidak akan membuat pengunjung menunggu lama. 

2. Book Landing Page

Book Landing Page Template

Sesuai namanya, Book Landing Page merupakan tema yang dimaksudkan untuk website bisnis penerbitan, berjualan ebook, dan semacamnya. Dengan menggunakan tema ini, Anda bisa berupaya menggenjot penjualan ebook Anda dengan optimal.

Saat ini, jumlah pengguna Book Landing Page mencapai lebih dari 1.000 orang. Hal ini tentu tak lepas dari kualitas yang dimilikinya. Tema ini selalu terupdate secara rutin dan sudah mendukung WordPress versi terbaru. 

Book Landing page sudah dibekali dengan beragam fitur penting seperti mobile-responsive. Artinya, landing page Anda akan terlihat sempurna ketika diakses melalui ponsel. 

Tidak hanya, itu, tema ini juga sudah teroptimasi secara SEO. Dengan kondisi ini, akan lebih mudah bagi website Anda untuk berada di posisi atas hasil pencarian di Google. 

3. Seling

Selling Landing Page Template

Ingin menarik pengunjung dengan landing page yang elegan? Menggunakan Selling sebagai tema Anda merupakan keputusan yang bijaksana. 

Selling khusus diciptakan untuk membuat landing page toko online Anda. Pada banner utama, Anda bisa memasang foto terbaik produk atau promosi yang sedang dijalankan. Dengan adanya fitur parallax effect, tampilannya menjadi tampak lebih profesional. 

Untuk menciptakan landing page yang efektif, Selling menempatkan tombol Call-to-Action dengan strategis. Hal ini sangat memudahkan pengunjung ketika ingin bertransaksi. 

Tidak hanya itu, Selling juga membekali landing page Anda dengan bagian untuk mendapatkan email pengunjung. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan banyak leads dari pengunjung Anda, tema ini bisa Anda andalkan.

4. Superb Landing Page Lite

Super Landing Page Lite

Anda menginginkan sebuah landing page yang mampu loading dengan cepat namun tampilannya tetap cantik? Superb Landing Page Lite bisa menjadi pilihan Anda.

Tema ini diklaim mendapatkan hasil pagespeed score 99% dari platform cek kecepatan website GTMetrixe. Dengan hasil ini, bisa dipastikan loading landing page Anda akan cepat sehingga meningkatkan conversion

Superb Landing Page Lite memang merupakan tema gratis. Namun, jangan salah. Tema ini hadir dengan fitur yang lengkap dan keleluasaan melakukan kustomisasi secara optimal. Mulai dari tagline, logo hingga warna navigasi bisa Anda sesuaikan dengan tema bisnis Anda.

Yang paling penting, tema ini sudah teroptimasi untuk SEO dan mengadopsi responsive design sehingga akan tetap tampil baik di ponsel.

5. West

West Landing Page Template

Satu lagi landing page template multipurpose masuk ke dalam daftar kami. West merupakan tema yang cocok untuk website bisnis karena tampilannya yang simple namun elegan

Berbagai fitur yang penting tersemat dalam tema ini. Di bagian utama, terdapat header image yang proporsional sehingga akan membantu Anda menampilkan foto terbaik perusahaan atau bisnis Anda. Dengan demikian, pengunjung yang datang akan mendapatkan kesan yang baik tentang bisnis yang Anda jalankan.

Jangan ragu untuk melakukan kustomisasi tema sesuai yang Anda inginkan. West hadir dengan kemudahan untuk membangun landing page menarik dengan kustomisasi warna, font, header area dan lainnya.

West sudah mengadopsi responsive design jadi akan terlihat sempurna di berbagai perangkat mobile. Tidak hanya itu, tema ini juga mendukung cross-browser. Jadi, bisa diakses dari beragam jenis browser tanpa kendala.

6. Business Elite

Business Elite Landing Page Template

Business Elite menjadi salah satu tema dalam daftar kami yang juga mengadopsi parallax effect. Fitur ini memungkinkan sebuah landing page menghadirkan transisi antar bagian halaman dengan mulus.

Apakah itu saja keunggulan tema ini? Tentu tidak. Business Elite memperbolehkan Anda untuk memilih 6 layout yang sudah disiapkan. Namun, Anda tetap diperkenankan untuk melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan.

Meskipun tema ini gratis, Anda tetap akan mendapatkan perbaikan pada beberapa fungsi penting. Jika membutuhkan bantuan support yang lebih lengkap, Anda bisa melakukan upgrade ke versi premium mulai $20.

Business Elite sudah mendukung versi WordPress terbaru dan teroptimasi untuk SEO dan media sosial. 

7. OneSchool

One School Landing Page Template

Dari namanya, Anda tentu sudah bisa menebak bahwa tema landing page ini dibuat untuk website edukasi. Jadi, bagi Anda yang memiliki bisnis digital berupa kursus online, tema ini layak Anda coba. 

Tampilan tema ini sangat sederhana dan to-the-point. Di halaman utama landing page, pengunjung bisa langsung mengisikan data diri mereka jika tertarik bergabung ke platform kursus online yang Anda miliki. 

Jika pengunjung membutuhkan informasi lain, terdapat menu yang tertata dengan baik di bagian atas. Anda bisa menempatkan menu kursus, pengajar, dan program penawaran lain agar pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lengkap. 

Namun, karena tema ini adalah tema satu halaman (one page), setiap menu di klik akan membawa pengunjung ke bagian tertentu di halaman yang sama. Tentu akan lebih memudahkan pengunjung daripada berpindah dari satu halaman ke halaman lain. 

Tak lupa, tema ini juga telah dilengkapi dengan contact form bagi pengunjung belum ingin bergabung, namun bersedia mendapatkan update berita dari Anda. Sebuah kesempatan yang baik untuk mendapatkan lead, bukan?

8. OneEngine

One Engine Landing Page Template

Berbeda dengan OneSchool, OneEngine merupakan tema yang bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis website bisnis. 

Namun, OneEngine sama-sama mengadopsi konsep satu halaman (One Pager). Pendekatan desain semacam ini sangat memudahkan pengunjung untuk mengakses informasi.

OneEngine hadir dengan fitur slider di bagian utama. Hal ini memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa gambar terbaik yang menarik bagi pengunjung. 

Semua bagian di halaman tema ini dirancang dengan baik untuk berjalan dengan mulus agar pengunjung mudah menggali informasi dari landing page Anda. Di bagian akhir, tersedia contact form yang sangat penting untuk mendapatkan data pengunjung Anda (leads).

9. Sneaky

Sneaky Landing Page Template

Anda ingin mengembangkan bisnis restoran dengan baik? Sneaky bisa jadi salah satu pilihan tema landing page terbaik untuk website restoran Anda. 

Apapun jenis bisnis restoran yang Anda bangun, tema ini layak dijadikan pilihan untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari steakhouse, bisnis katering, hingga restoran dengan layanan antar.

Tema ini sudah responsive. Jadi, akan terlihat sama menarik saat diakses dari perangkat mobile. 

Desain minimalis yang diterapkan Sneaky juga memberi keuntungan tersendiri. Website Anda menjadi ringan sehingga landing page bisa diakses dengan cepat. 

Sneaky sudah dilengkapi dengan fitur retina screen ready dan mendukung lintas browser (cross browser compatible). Dengan demikian, pengunjung akan mendapatkan kualitas tampilan landing page terbaik apapun perangkat yang digunakan untuk akses. 

Beberapa fitur unggulan tema ini antara lain: daily deal module untuk menghadirkan penawaran istimewa harian, food menu untuk memamerkan ragam menu restoran Anda dan booking form yang memudahkan pengunjung melakukan pemesanan tempat di restoran Anda. 

10. Neve Travel Agency

Neve Travel Agency Landing Page Template

Sesuai namanya, Neve Travel Agency adalah landing page template yang khusus dibuat untuk bisnis perjalanan dan wisata.

Neve Travel Agency adalah sebuah tema one pager yang elegan. Tampilannya cukup apik dengan beragam animasi yang berjalan dengan mulus. 

Keistimewaan tema ini bukan dari sisi tampilan saja. Faktanya, Neve Travel Agency dilengkapi dengan fitur AMP (Accelerated Mobile Pages) yang akan membuat website tampil lebih cepat di perangkat mobile. 

Selain itu, tema ini mudah digunakan karena mampu bekerja dengan berbagai page builder tanpa terkendala.

Salah satu keunggulan tema ini adalah sudah mendukung WooCommerce. Seperti Anda ketahui, WooCommerce merupakan plugin WordPress yang bermanfaat untuk mendukung kesuksesan bisnis online Anda. 

11. Screenr

Screenr Landing Page Template

Screenr merupakan tema landing page WordPress yang mengedepankan desain yang cantik. Tema ini cocok untuk berbagai jenis bisnis seperti digital agency, industri kreatif, hingga freelancer. 

Fitur yang dimiliki oleh Screenr juga cukup lengkap. Selain parallax effect yang menjadi keunggulan, Anda juga bisa memanfaatkan Advanced Theme Customizer untuk membuat tema landing page Anda unik. 

Apabila konsumen Anda berasal dari negara lain, Anda tak perlu khawatir. Screenr sudah mendukung complete localization sehingga penggunaan bahasa pada tema Anda bisa disesuaikan dengan mudah. 

Tema ini sudah teroptimasi dengan baik sehingga halaman tema mampu loading dengan cepat. Selain itu, Screenr juga sudah mendukung beragam browser (cross browser compatible) sehingga memudahkan pengunjung mengakses website Anda. 

12. Business World

Business World Landing Page Template

Business World adalah template landing page yang sesuai untuk berbagai jenis website bisnis. Anda bisa mencoba tema ini secara gratis. Namun, kualitas tema ini tidak dapat dipandang sebelah mata. 

Tema ini memiliki beragam fitur interaktif, mulai dari slider, image roll hingga tampilan statistik yang menarik.  

Jika Anda bermaksud menargetkan pengunjung mobile, Anda tak perlu ragu. Alasannya, tema ini sudah mobile responsive. Tidak hanya itu, Business World merupakan tema yang SEO Optimized dan Social Media Friendly. Bagi sebuah landing page, hadirnya fitur ini tentu akan bisa menarik perhatian pengunjung dengan optimal.

Business World akan selalu memberikan update terkait bug yang ditemukan. Namun, untuk mendapatkan bantuan support secara penuh, Anda harus melakukan upgrade ke versi premium. 

Tips Memilih Tema Landing Page

Memilih tema landing page harus cermat. Sebab, landing page yang efektif akan mampu meningkatkan penjualan.  

Dengan pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), tema landing page yang digunakan harus mampu :

  • menarik perhatian pengunjung
  • menyediakan informasi yang meyakinkan konsumen
  • mengajak konsumen membeli produk atau bergabung dengan layanan Anda.

Inilah beberapa tips memilih tema landing page :

1. Pilihlah Tema dengan Loading Cepat

Konsumen tidak suka menunggu. Fakta, membuktikan bahwa 1 dari 4 konsumen langsung meninggalkan website yang tidak terbuka dalam 4 detik!

Website Ngebut Pakai Server LiteSpeed Enterprise + WP Accelerator di Niagahoster

Oleh karena itu, pilihlah tema yang ringan dan dapat loading cepat. Semenarik apapun tema yang digunakan, jika lambat, akan menyebabkan kerugian bagi website Anda. Setiap detik dari delay yang terjadi akan menurunkan conversion rate hingga 7%.

2. Gunakan Tema yang Mobile-Responsive

Saat ini sebagian besar akses sebuah website berasal dari perangkat mobile. Jadi, pilihlah tema landing page yang mobile-responsive. 

Dengan demikian, website Anda akan mampu tampil baik di layar ponsel. Selain itu, tema yang mobile responsive akan lebih memudahkan pengunjung dalam mengakses menu penting. 

Sebagai pemilik website, Anda akan diuntungkan jika pengunjung lebih mudah membeli produk atau memberikan data informasi (leads).

3. Utamakan Tema yang Dapat Dikustomisasi

Sebaik apapun landing page template yang Anda gunakan, jika tidak dapat dikustomisasi, akan kurang efektif. Alasannya, kustomisasi memungkinkan website Anda tampil unik. 

Pilihlah tema landing page gratis yang memperbolehkan Anda mengganti gambar dan warna yang sesuai dengan bisnis Anda. Akan lebih baik jika Anda dapat mengganti font tema tersebut juga. 

Baca Juga: 5 Cara Edit Tema WordPress tanpa Ribet

4. Sesuaikan Tema dengan Target Pengunjung

Tiap bisnis memiliki target konsumen yang berbeda. Tema untuk landing page website juga harus disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan. 

Jika tipe pengunjung Anda membutuhkan tampilan gambar yang menarik seperti produk fashion, pilihlah tema yang ramah penggunaan media gambar. Dengan demikian, Anda bisa menampilkan keunggulan produk fashion Anda tersebut untuk meyakinkan konsumen.

Di sisi lain, jika calon konsumen Anda membutuhkan informasi yang lengkap terkait fitur dan spesifikasi, gunakan tema yang menyediakan area teks yang cukup. Tujuannya, agar Anda bisa memberikan informasi penting yang dibutuhkan konsumen sebelum membeli produk. 

Kejelian memilih tema sesuai target konsumen Anda merupakan kunci peningkatan penjualan bagi produk yang Anda tawarkan. 

5. Pilihlah Tema yang Cocok untuk Semua Browser

Menggunakan tema yang mobile responsive saja belum cukup. Anda harus memastikan landing page template yang Anda gunakan cocok untuk semua browser, baik di desktop atau di ponsel.

Jika Anda menemukan tema yang mendukung cross-browser, jangan ragu menggunakannya. Sebab, tema tersebut akan mampu tampil dan berjalan baik di berbagai jenis browser yang digunakan oleh pengunjung website Anda. 

6. Utamakan Tema yang Memberikan Layanan Support

Anda mungkin beranggapan bahwa tema gratis tidak akan mendapatkan layanan bantuan (support). Kenyataannya, beberapa penyedia tema memberikan support yang baik walaupun dengan berbagai batasan. 

Utamakan tema gratis yang memberikan bantuan support. Apabila Anda mengalami kendala di awal penggunaannya, Anda bisa dengan cepat mendapatkan solusi untuk penanganannya. 

7. Gunakan Tema yang SEO-Friendly

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya untuk membuat website Anda mendapatkan peringkat bagi di hasil pencarian. Dengan demikian, kemungkinan mendapatkan pengunjung akan semakin besar. 

Baca juga: 10+ Tema WordPress SEO Friendly Gratis Terbaik di 2020

Oleh karena itu, selalu gunakan tema landing page yang SEO Friendly. Sebuah tema dikatakan SEO Friendly jika dalam pembuatannya menggunakan coding yang baik. Selain itu, optimasi tema dilakukan oleh pengembang sehingga membuatnya ringan dan cepat. 

ebook optimasi seo

8. Pilihlah yang Memiliki Rating Baik

Seperti halnya di halaman Direktori Tema WordPress, beberapa penyedia tema gratis juga menyediakan penilaian berupa rating. Hal ini untuk membantu konsumen mengetahui tema mana yang baik.

Selalu pilih tema yang memiliki rating 4 atau lebih. Tujuannya, menghindarkan Anda dari penggunaan tema yang bermasalah. 

Ingat, landing page adalah ujung tombak peningkatan penjualan produk Anda. Jika terjadi masalah, akan berdampak buruk bagi kemajuan bisnis Anda. 

Kesimpulan

Kami baru saja mengulas template landing page terbaik. Anda bisa memilih tema terbaik sesuai dengan bisnis Anda. Pastinya semua tema di atas bisa Anda coba tanpa mengeluarkan biaya. 

Membuat sebuah landing page yang efektif memang cukup mudah. Namun, Anda tetap harus memperhatikan beberapa faktor utama agar menarik bagi pengunjung. Selain itu, landing page website Anda harus mampu meningkatkan conversion rate atau peningkatan penjualan. 

Pada artikel ini, kami juga memberikan beberapa tips untuk memilih tema landing page yang baik. Beberapa poin utama antara lain memilih tema dengan loading yang cepat, sudah mobile friendly dan teroptimasi untuk upaya SEO.

Beli Cloud Hosting, Lebih Hemat sampai 75%

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan sukses selalu untuk bisnis Anda. 

3
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]