Vikra Alizanovic Vikra is a digital content writer at Niagahoster. He loves to confide and engage in people on hot topics regarding blogging, lifestyle, WordPress-stuffs, and other IT gimmicks. On his free time, he loves to read and watch One Piece.

Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Menguntungkan

4 min read

cara membuat landing page di wordpress

Landing page merupakan alat yang efektif untuk yang meningkatkan penjualan di website. Itulah kenapa memiliki landing page yang menarik itu penting untuk bisnis. Tapi, bagaimana ya cara membuat landing page?

Bagi Anda yang memiliki website WordPress, ada banyak cara membuat landing page gratis dengan mudah. Tak perlu repot coding, Anda sudah bisa membuat landing page yang terlihat profesional hanya dengan menggunakan plugin.

Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat landing page di WordPress. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Cara Membuat Landing Page yang Menarik di WordPress

Berikut adalah beberapa langkah membuat landing page di WordPress dengan menggunakan plugin Elementor:

1. Tentukan Tujuan Landing Page

Sebuah landing page tentu harus memiliki tujuan yang spesifik. Sehingga, pesan yang disampaikan ke pelanggan akan menjadi semakin jelas. Selain itu, akan mudah bagi Anda untuk mengevaluasi performa landing page yang Anda buat.

Nah, ada beberapa tujuan pembuatan landing page di antaranya:

  • Lead generation: mengumpulkan data calon konsumen
  • E-commerce: menjual suatu produk atau layanan yang spesifik
  • Viral marketing: menyebarkan informasi tentang produk atau layanan 
  • Branding: menciptakan kesan yang kuat pada produk atau layanan agar calon konsumen tertarik membeli

Setelah menentukan tujuan yang jelas, saatnya lanjut ke langkah berikutnya.

2. Tentukan Target Audiens

Menentukan target audiens adalah hal penting yang perlu dilakukan. Sebab, hal ini akan ikut menentukan apakah landing page yang kamu buat berhasil.

Secara spesifik, pilihan target audiens juga ikut mempengaruhi bagaimana desain landing page, tata letak, dan tampilan landing page. Belum lagi soal copy dan hal-hal lain yang mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli produk Anda.

3. Cari Inspirasi Desain Landing Page

Selanjutnya, pastikan Anda punya gambaran desain landing page yang cocok untuk bisnis Anda. Memang, ada banyak pilihan desain dan tata letak yang bisa Anda pilih nantinya. Apalagi kalau Anda memakai page builder.

Namun, akan lebih mudah kalau Anda tahu yang Anda mau sebelum membuat landing page. Sebab, bisa jadi Anda akan bingung dengan banyaknya pilihan.

Nah, tidak perlu jauh-jauh juga. Kami sudah merangkum beberapa contoh landing page dari berbagai industri untuk Anda contek. Lengkap dengan tips membuat landing yang menarik.

4. Buat Copy dan Isi Landing Page

Sehabis tahu desain yang sesuai kebutuhan, lanjutkan dengan membuat copy dan isi landing page. Pastikan aspek visual dan teksnya seimbang, sehingga calon pelanggan mudah baca penawaran yang Anda berikan. 

Agar lebih mudah, Anda bisa gunakan formula copywriting AIDA. Formula ini bisa membantu Anda menarik perhatian pelanggan, membantu mereka memahami masalah yang dihadapi, menawarkan solusi dengan produk Anda, dan mengarahkan ke pembelian.

Anda juga bisa belajar copywriting lebih lanjut untuk menarik pengunjung lewat teks. 

5. Pilih Plugin Page Builder

Ada banyak tools cara bikin landing page sendiri. Tapi kalau Anda mau cara membuat landing page gratis, maka jawabannya adalah menggunakan plugin page builder. Dengan ini, Anda bisa coba cara membuat landing page di WordPress tanpa coding sedikitpun.

Nah, sebetulnya ada banyak sekali pilihan page builder yang bisa Anda pakai. Mulai dari Beaver Builder, WPBakery, SeedProd, Elementor, dan sebagainya. Masing-masing tentu memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing.

Nah, agar memudahkan Anda menyimak. Tutorial membuat landing page satu ini akan memakai page builder Elementor.

6. Install Plugin Elementor

Di dashboard WordPress, pilih menu Plugins > Add New. Selanjutnya, ketikkan Elementor di kolom pencarian dan pilih Elementor Website Builder

Kemudian, klik Install Now. Tunggu beberapa saat dan klik Activate.

mengaktifkan plugin elementor untuk membuat landing page

7. Aktifkan Menu Landing Page

Dari dashboard WordPress, pilih menu Elementor. Kemudian di tab General, centang opsi Landing Pages di menu Post Types untuk dapat cara buat landing page nantinya. 

Setelah itu, klik Save Changes.

Menu post types untuk membuat landing page

8. Membuat Landing Page

Selanjutnya Anda bisa menambahkan landing page baru dengan memilih tab Templates > Landing Pages. Lalu, klik tombol ADD NEW LANDING PAGE.

Add New landing page

9. Memilih Tema Landing Page

Anda akan masuk ke halaman Theme Library Elementor. Ada banyak template gratis yang bisa langsung Anda gunakan. 

Pilih tema yang sesuai dengan kebutuhan Anda lalu klik Insert Now.

memilih tema dalam langkah cara membuat landing page

10. Kustomisasi Template Landing Page

Template cara membuat landing page yang tadi Anda pilih sudah siap digunakan. Namun, Anda juga bisa melakukan penyesuaian layout di Elementor dengan cara drag and drop. Anda bisa memilih elemen yang ingin ditambahkan atau dikurangi.

kustomisasi landing page

Anda juga bisa langsung mengedit teks pada elemen yang Anda ingin pakai dengan langsung mengklik blok elemen yang tersedia.

Pastikan juga Anda sudah melengkapi landing page Anda dengan CTA (Call To Action) dengan copywriting yang menarik. 

11. Publish Landing Page

Setelah melakukan kustomisasi cara buat landing page, Anda bisa melanjutkan dengan klik Publish. Namun, sebaiknya klik preview dulu untuk memastikan tampilan sesuai dengan keinginan. 

publish landing page yang sudah dibuat

Tips Membuat Landing Page untuk Meningkatkan Konversi

Anda sudah belajar cara membuat landing page di WordPress. Namun, jangan lupa untuk masukkan komponen-komponen yang harus ada di landing page berikut. Tujuannya, agar landing page Anda kian menarik:

1. Buat Headline yang Mencuri Perhatian Pembaca

Headline adalah kalimat pertama yang dilihat oleh pengunjung landing page Anda. Maka dari itu, buatlah headline yang memikat. 

Ada banyak metode dalam membuat headline yang memikat. Misalnya, dengan menonjolkan manfaat, menarik rasa penasaran pembaca, memberi pertanyaan, menggunakan kalimat perintah, dan masih banyak lagi.

Usahakan agar headline yang Anda buat menginformasikan tentang produk/jasa yang Anda tawarkan. Kendati demikian, pastikan headlinenya tetap singkat dan padat. Jika tertarik belajar lebih dalam, Anda bisa baca artikel contoh copywriting.

2. Informasikan Manfaat Fitur dengan Jelas

Fokus utama landing page adalah menawarkan solusi bagi masalah konsumen melalui produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, jangan sekadar menampilkan deskripsi fitur atau spesifikasi produk saja. Informasikan manfaat yang paling relevan bagi konsumen.

Dengan begitu, konsumen menjadi paham manfaat dari produk Anda. Penjelasan ini tidak hanya di bagian utama seperti header atau subheader, tapi juga di bagian penjelasan produk.

3. Dukung Penjelasan dengan Gambar

Visual speaks louder than words. Artinya, tampilan informasi tidak kalah penting dengan isi informasinya. Informasi dalam bentuk teks yang didukung dengan gambar/video akan lebih mudah dipahami pengunjung.

Sebagai contoh, melihat orang mencontohkan cara menyalakan handphone tentunya akan lebih menarik daripada membaca langkah-langkahnya.

4. Gunakan Testimoni

Apa jaminan dari  kualitas produk/jasa yang Anda tawarkan? Menggunakan teknik copywriting yang baik mungkin bisa meyakinkan para konsumen. Namun, menggunakan testimoni bisa jauh lebih efektif.

Anda bisa menunjukkan konsumen yang sudah menggunakan produk/jasa Anda dan komentar positif yang mereka berikan. Dengan cara itu, Anda akan dianggap kredibel karena telah terbukti memiliki produk yang baik dan disukai konsumen.

contoh testimoni

Selain itu, Anda juga bisa memberikan demo agar calon konsumen bisa mencoba produk/jasa Anda sebelum memutuskan untuk berlangganan.

5. Sertakan CTA yang Optimal

Call to Action atau CTA yang tepat ikut menentukan penjualan produk. Jadi, pastikan CTA tersebut menggunakan teks yang tepat dan mudah menarik perhatian. Anda bisa menggunakan satu tombol CTA atau lebih sesuai dengan kebutuhan dan penataan layout yang baik.

contoh CTA landing page

Dengan cara seperti di contoh tersebut, kesempatan pengunjung untuk mengklik CTA Anda tentu jauh lebih besar, bukan?

Selain dengan button, Anda juga bisa menggunakan formulir. Tujuannya, konsumen bisa lebih nyaman untuk menanyakan seputar produk kepada Anda dengan mudah, sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Nah, itulah lima tips untuk membuat landing page yang menarik. Masih kurang? Kami sudah merangkum banyak tips jitu lain agar landing page Anda mampu memikat calon konsumen dengan efektif.

Berani Membuat Landing Page Anda Sendiri?

Anda sudah belajar cara membuat landing page gratis, dengan plugin Elementor. Bagaimana? Mudah sekali, bukan?

Dengan landing page yang menarik, Anda tentu siap untuk bisa menggaet lebih banyak pengunjung untuk membeli produk.

Namun, penjualan produk bukan hanya tentang landing page yang menarik. Tapi juga website yang bisa terus diakses 24 jam penuh. Hal itu memerlukan dukungan layanan webhosting yang dapat diandalkan.

Nah, Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang didukung dengan server mumpuni dan fitur yang lengkap. Mulai dari LiteSpeed Web Server yang merupakan server tercepat hingga perlindungan keamanan dari Imunify360 untuk menangkal malware.

Jadi, bisa menjadi pilihan terbaik untuk website Anda, bukan? Apalagi, semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan mulai dari Rp10.000/bulan.

Tertarik untuk membuat website dengan landing page yang mampu meningkatkan penjualan?

Vikra Alizanovic Vikra is a digital content writer at Niagahoster. He loves to confide and engage in people on hot topics regarding blogging, lifestyle, WordPress-stuffs, and other IT gimmicks. On his free time, he loves to read and watch One Piece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *