Vikra Alizanovic Vikra is a digital content writer at Niagahoster. He loves to confide and engage in people on hot topics regarding blogging, lifestyle, WordPress-stuffs, and other IT gimmicks. On his free time, he loves to read and watch One Piece.

Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Mudah dan Cepat

5 min read

cara membuat landing page

Landing page terbukti bisa meningkatkan penjualan hingga 18%, lho. Itulah kenapa memiliki landing page yang tepat itu penting. Tapi, bagaimana cara membuat landing page yang baik ya?

Bagi Anda yang memiliki website WordPress, ada tiga cara membuat landing page di WordPress yang mudah. Tak perlu repot coding, hanya dengan menggunakan plugin.

Nah, artikel ini, kami akan memberikan tutorial cara membuat landing page gratis di WordPress yang efektif. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Pengertian Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman website yang ditujukan khusus untuk tujuan  marketing atau pengiklanan.

Landing page didesain dengan elemen-elemen yang mendukung penjualan sebuah jasa atau produk. Konten dari landing page mencakup headline, penjelasan fitur dan manfaat dari produk/jasa, gambar dan video pendukung, serta elemen CTA (call to action).

Sesuai dengan namanya, pengunjung akan “mendarat” di sebuah landing page ketika mengklik link dari email atau iklan dari Google, Bing, Facebook, Instagram, atau situs lainnya.

Umumnya, landing page hanya fokus ke satu tujuan, yaitu mengarahkan pengunjung untuk mengklik link atau melakukan aksi yang diharapkan pemilik bisnis. Yang paling sering, ke halaman pembelian produk.

Lalu, apa bedanya landing page dengan homepage? Singkatnya, pada kelengkapan informasi dan fokus tujuannya

Homepage adalah halaman depan website yang menyediakan banyak link ke halaman lain seperti About Us, Contact Us, Our Product, Sign Up, dan lainnya.

Jadi dari homepage, pengunjung website bisa mengeksplor website lebih jauh dan mendapatkan banyak informasi tentang perusahaan Anda.

Sementara itu, landing page fokusnya memang ke satu tujuan seperti penjualan atau ajakan untuk menjadi subscriber. Tak heran, informasi di landing page cukup singkat dan persuasif yang mengarahkan ke CTA. 

Nah,karena landing page itu penting untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu membuat landing page yang efektif agar upaya Anda berhasil. 

Untungnya, caranya mudah dengan bantuan plugin seperti Beaver Builder, Elementor, dan SeedProd.

Cara Membuat Landing Page Dengan Beaver Builder

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat landing page gratis dengan plugin Beaver Builder di WordPress:

1. Install Plugin Beaver Builder

Lakukan instalasi WordPress Page Builder – Beaver Builder dari menu Plugin di dashboard WordPress. Selanjutnya, klik Install Now dan Activate untuk mengaktifkan plugin.

aktivasi plugin beaver builder

2. Membuat Landing Page

Berbeda dengan plugin lain, Beaver Builder sudah terintegrasi di menu Post dan Page WordPress. Jadi, untuk membuat landing page di WordPress, cukup klik menu Pages > Add New. Lalu, klik tombol Launch Beaver Builder.

launch beaver builder pada wordpress

3. Memilih Template Landing Page

Anda bisa memilih templates yang  dengan cara klik menu Templates di samping Modules dan Rows sesuai kategori yang disediakan.

module dan template beaver builder

Pun demikian, Beaver Builder dilengkapi dengan berbagai elemen atau modules yang bisa Anda tambahkan, seperti Button, Photo, Video, Icon, dan sebagainya. Cukup klik ikon (+) di pojok kanan atas.

4. Kustomisasi Tampilan Landing Page

Setelah memilih template, Anda langsung bisa mengubah teks, warna, serta tata letak dengan cara drag and drop.

tampilan landing page

Template dari Beaver Builder biasanya sudah mencakup tombol CTA. Jadi,  Anda cukup melakukan kustomisasi dengan mudah, baik dari sisi tampilan atau penempatan.

membuat tombol CTA di beaver builder

5. Publish Landing Page

Setelah Anda sudah puas dengan tampilan landing pagenya, Anda bisa mengklik tombol Done dan siap untuk  menerbitkan landing page Anda.

klik publish landing page menggunakan beaver builder

Cara Membuat Landing Page Dengan Elementor

Berikut ini cara membuat landing page dengan plugin Elementor versi gratis:

1. Install Plugin Elementor Website Builder

Di dashboard WordPress, pilih menu Plugins > Add New. Selanjutnya, ketikkan Elementor di kolom pencarian dan pilih Elementor Website Builder

Kemudian, klik Install Now dan Activate.

mengaktifkan plugin elementor untuk membuat landing page

2. Aktifkan Menu Landing Page

Dari dashboard WordPress, pilih menu Elementor. Kemudian di tab General, centang opsi landing pages di menu Post Types untuk dapat membuat landing page nantinya. Setelah itu, klik Save Changes

Menu post types untuk membuat landing page

3. Membuat Landing Page

Untuk membuat landing page, pilih tab Templates > Landing Pages, lalu klik tombol ADD NEW LANDING PAGE.

Add New landing page

5. Memilih Tema Landing Page

Anda akan masuk ke halaman Theme Library Elementor. Ada banyak template gratis yang bisa langsung Anda gunakan. Pilih tema yang sesuai dengan kebutuhan Anda lalu klik Insert Now.

memilih tema dalam langkah cara membuat landing page

6. Kustomisasi Template Landing Page

Template yang tadi Anda pilih sudah siap digunakan. Namun, Anda juga bisa melakukan penyesuaian layout di Elementor dengan cara drag and drop. Anda bisa memilih elemen yang ingin ditambahkan atau dikurangi.

kustomisasi landing page

Anda juga bisa langsung mengedit teks pada elemen yang Anda ingin pakai dengan langsung mengklik blok elemen yang tersedia.

Pastikan juga Anda sudah melengkapi landing page Anda dengan CTA (Call To Action) dengan copywriting yang menarik. 

7. Publish Landing Page

Setelah melakukan kustomisasi, Anda bisa melanjutkan dengan klik Publish. Namun, sebaiknya klik preview dulu untuk memastikan tampilan sesuai dengan keinginan. 

publish landing page yang sudah dibuat

Cara Membuat Landing Page Dengan SeedProd

Inilah cara membuat landing page di WordPress menggunakan plugin gratis dari SeedProd:

1. Install Plugin SeedProd untuk WordPress

Seperti di langkah sebelumnya, Anda bisa install plugin Coming Soon Page, Maintenance Mode & Landing Pages by SeedProd melalui dashboard WordPress. Kemudian, klik Activate.

mengaktifkan plugin seedpro untuk cara membuat landing page

2. Membuat Landing Page

Selanjutnya, pilih tab SeedProd > Pages dari Dashboard WordPress. Kemudian klik Create New Landing Page.

create page di seedpro dalam panduan cara membuat landing page

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman template untuk memilih beberapa template yang tersedia secara gratis. 

memilih tema dalam langkah cara membuat landing page

Kalau Anda ingin mendapatkan tambahan sepuluh template gratis, klik tombol Get Free Templates dengan informasi email Anda.

3. Menentukan Judul dan URL Landing Page

Setelah memilih template yang akan digunakan, isikan judul landing page yang akan dibuat dan URLnya. Gunakan informasi yang paling sesuai dengan produk yang akan ditampilkan.

menentukan judul dan url di seedpro

4. Kustomisasi Konten Landing Page

Selanjutnya, Anda bisa mengedit landing page sesuai kebutuhan Anda. SeedPro memungkinkan Anda merubah teks, warna teks, button, menambahkan gambar dan elemen lain dengan mudah.

kustomisasi landing page menggunakan seedpro

Apabila semua elemen sudah terpasang dan diarahkan ke link yang diinginkan, landing page Anda sudah siap diluncurkan.

5. Publish Landing Page

Setelah selesai melakukan kustomisasi, Anda bisa mengecek pratinjaunya terlebih dahulu. SeedProd juga dilengkapi fitur untuk mengecek pratinjau dari mobile.

Preview dari cara membuat landing page dengan tampilan mobile

Apabila Anda sudah yakin dengan tampilannya, maka Anda bisa mengklik tombol Publish di kanan atas halaman. Sekarang mari kita lihat hasil akhirnya!

Hasil dari landing page yang sudah dibuat

Tips Membuat Landing Page untuk Meningkatkan Penjualan

Anda sudah belajar cara membuat landing page dengan plugin WordPress. Namun, bagaimana untuk menjadikannya menarik bagi pengunjung serta meningkatkan penjualan, ya? Ini dia tipsnya:

1. Mulailah dengan Headline yang Mencuri Perhatian Pembaca

Headline adalah kalimat pertama yang dilihat oleh pengunjung landing page Anda. Maka dari itu, buatlah headline yang memikat.

Ada banyak metode dalam membuat headline yang memikat. Misalnya, dengan menonjolkan manfaat, menarik rasa penasaran pembaca, memberi pertanyaan, menggunakan kalimat perintah, dan masih banyak lagi.

Usahakan agar headline yang Anda buat menginformasikan tentang produk/jasa yang Anda tawarkan. Kendati demikian, pastikan headlinenya tetap singkat dan padat.

2. Informasikan Manfaat dari Fitur Produk dengan Jelas

Fokus utama landing page adalah menawarkan solusi bagi permasalahan konsumen melalui  produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, jangan sekedar memberikan deskripsi fitur maupun spesifikasi saja. Informasikan manfaat yang paling relevan bagi konsumen.

Dengan begitu, konsumen menjadi paham manfaat dari produk Anda sesuai dengan berbagai fitur yang dimiliki. Penjelasan ini tidak hanya di bagian utama seperti header atau subheader, tapi juga di bagian penjelasan produk.

3. Dukung Penjelasan dengan Gambar yang Tepat

Visual speaks louder than words. Artinya, tampilan informasi tidak kalah penting dengan isi informasinya. Informasi dalam bentuk teks yang didukung dengan gambar/video akan lebih mudah dipahami pengunjung.

Sebagai contoh, melihat orang mencontohkan cara menyalakan handphone tentunya akan lebih menarik daripada membaca langkah-langkahnya.

4. Gunakan Testimoni

Apa jaminan dari  kualitas produk/jasa yang Anda tawarkan? Menggunakan teknik copywriting yang baik mungkin bisa meyakinkan para konsumen. Namun, menggunakan testimoni bisa jauh lebih efektif.

Anda bisa menunjukkan konsumen yang sudah menggunakan produk/jasa Anda dan komentar positif yang mereka berikan. Dengan cara itu, Anda akan dianggap kredibel karena telah terbukti memiliki produk yang baik dan disukai konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan demo agar calon konsumen bisa mencoba produk/jasa Anda sebelum memutuskan untuk berlangganan.

5. Sertakan CTA yang Optimal

CTA yang tepat ikut menentukan penjualan produk. Jadi, pastikan CTA tersebut menggunakan teks yang tepat dan mudah menarik perhatian. Anda bisa menggunakan satu tombol CTA atau lebih sesuai dengan kebutuhan dan penataan layout yang baik.

contoh CTA landing page

Dengan cara seperti di contoh tersebut, kesempatan pengunjung untuk mengklik CTA Anda tentu jauh lebih besar, bukan?

Selain dengan button, Anda juga bisa menggunakan formulir. Tujuannya, konsumen bisa lebih nyaman untuk menanyakan seputar produk kepada Anda dengan mudah, sebelum memutuskan melakukan pembelian.

Nah, itulah lima tips untuk membuat landing page yang menarik. Masih kurang? Kami sudah merangkum banyak tips jitu lain agar landing page Anda mampu memikat calon konsumen dengan efektif.

Sudah Berhasil Membuat Landing Page Anda Sendiri?

Anda sudah belajar cara membuat landing page dengan tiga plugin WordPress secara gratis, yaitu Elementor, SeedPro, dan Beaver Builder. Tentukanlah manakah yang paling sesuai dengan Anda. 

Dengan landing page yang menarik, Anda tentu siap untuk bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk membeli produk, bukan?

Namun, penjualan produk bukan hanya tentang landing page, tapi juga website yang bisa terus diakses 24 jam penuh. Hal itu memerlukan dukungan layanan webhosting yang dapat diandalkan.

Nah, Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang didukung dengan server mumpuni dan fitur yang lengkap. Mulai dari LiteSpeed Web Server yang merupakan server tercepat hingga perlindungan keamanan dari Imunify360 untuk menangkal malware.

Jadi, bisa menjadi pilihan terbaik untuk website Anda, bukan? Apalagi, semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan mulai dari Rp10.000/bulan.

Tertarik untuk membuat website dengan landing page yang mampu meningkatkan penjualan?

Vikra Alizanovic Vikra is a digital content writer at Niagahoster. He loves to confide and engage in people on hot topics regarding blogging, lifestyle, WordPress-stuffs, and other IT gimmicks. On his free time, he loves to read and watch One Piece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *