Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

50 Template WordPress Gratis dan Terbaru 2019

14 min read

template wordpress gratis

Apakah Anda sedang mencari tema WordPress gratis terbaik untuk mempercantik website atau blog Anda? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Di artikel ini saya akan membahas 50 template WordPress gratis terbaru yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam website atau blog.

Tidak hanya gratis, template WordPress gratis yang saya bahas di bawah ini juga responsif dan SEO friendly. Jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal kualitas template WordPress gratis yang saya pilih untuk artikel ini. 

Namun, sebelum itu saya akan membahas secara singkat mengenai betapa pentingnya template WordPress gratis  yang responsif. Ini penting agar Anda selalu mempertimbangkan responsivitas ketika memilih tema WordPress.

Kenapa Harus Menggunakan Template Responsif?

Desain responsif merupakan sebuah metode sistem web desain supaya website dapat tampil dengan baik melalui berbagai perangkat seperti desktop, tablet atau mobile.

Berdasarkan data dari We Are Social dan Hootsuite, pada tahun 2017 jumlah pengguna perangkat mobile sebanyak 66% dari 7.476 Milyar pengguna internet di dunia. Dari data tersebut, tentu Anda akan mendapatkan banyak keuntungan ketika menggunakan template responsif, berikut diantaranya:

1. Fleksibel

Desain web responsif akan menyesuaikan ukuran dari perangkat yang digunakan untuk mengakses website. Sehingga, website Anda dapat diakses dengan baik melalui perangkat berbeda.

2. Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Terdapat istilah content is king, yang berarti konten pada website Anda adalah hal yang sangat penting. Sehingga, jika desain website Anda sudah responsif maka konten website Anda dapat diakses pengunjung setiap saat dengan berbagai perangkat berbeda. Pengunjung tidak perlu memperbesar layar untuk menyesuaikan konten pada website Anda.

3. Biaya Lebih Hemat

Keuntungan lainnya ketika website Anda menggunakan desain responsif akan lebih hemat dari segi biaya. Anda tidak perlu membuat banyak versi dari desain website Anda. Selain itu dari sisi SEO akan lebih optimal, karena visitor Anda akan mengakses website yang sama meskipun dari berbeda perangkat.

4. Potensi Peningkatan Pengunjung

Berdasarkan jumlah pengguna perangkat mobile, jika website Anda menggunakan desain responsif, tentu jumlah pengunjung akan semakin meningkat.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Template WordPress Gratis?

Tidak hanya membahas mengenai template yang responsif, kami juga akan memberikan Anda info lengkap apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih template WordPress gratis.

Hal ini diperlukan karena terdapat banyak template gratis yang tersedia, Anda harus pandai dalam memilihnya agar mendapatkan template WordPress gratis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Fungsi Utama: Hal mendasar yang perlu Anda ingat adalah fungsi utama dan fitur-fiturnya. Misalnya saja Anda ingin membuat online shop menggunakan WooCommerce, tentu Anda seharunya menggunakan tema WordPress gratis  yang mendukung WooCommerce.
  • Rating dan Active Installation: Ulasan dan rating dari pengguna akan membantu Anda dalam memilih sebuah tema. Selain itu, hal yang harus Anda perhatikan ialah jumlah active installation. Semakin banyak pengguna download dan rating baik, akan semakin meyakinkan Anda dalam memilih tema tersebut.
  • Tema yang Selalu Update: Pilihlah tema WordPress gratis yang selalu update dan terus menerus dikembangkan oleh developer. Karena tentu saja fitur-fiturnya akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan.

Template WordPress Gratis dan Terbaru 2019

Berikut ini kumpulan template wordpress premium gratis SEO Friendly yang dapat Anda gunakan secara gratis.

1. Shapely

Shapely merupakan template gratis dengan desain pixel sempurna berfitur lengkap. Anda juga dapat melakukan kustomisasi dengan mudah sesuai kebutuhan website Anda. Ada banyak widget untuk home page yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan portofolio, informasi produk/layanan Anda, call-to-action, review & testimoni pelanggan, dan masih banyak lagi lainnya.

Template ini juga dapat berjalan cukup baik dengan beberapa jenis plugin gratis & berbayar seperti Jetpack, WooCommerce, Contact Form 7, Yoast SEO, dan lainnya. Jika menggunakan template ini, website Anda akan tampil dengan baik di semua jenis perangkat karena telah dilengkapi dengan fitur responsif & mobile-friendly.

Shapely sangat cocok digunakan untuk website dengan keperluan perusahaan, landing page, portofolio, bahkan untuk membuat toko online. Strukturnya sendiri telah dioptimasi sedemikian rupa agar lebih SEO friendly. Website Anda pun akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bersaing di search engine!

2. Newspaper X

Newspaper X akan lebih maksimal jika digunakan untuk website berjenis magazine atau majalah online. Template ini berbasis Bootstrap dan sengaja dibuat dengan fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan pengaturan pada WordPress. 

Terdapat slot untuk memasang iklan di blog seperti Adsense, sehingga Anda tidak perlu lagi menginstal plugin tambahan maupun memasang iklan di template secara manual. Newspaper X terdiri dari 4 bagian dengan kategori terpisah berupa grid, yaitu editorial, event, latest news, dan word news. 

Hal ini menjadikannya sangat cocok untuk website yang menampilkan informasi seperti berita atau feature article.Beberapa bidang yang cocok untuk plugin ini meliputi fashion, otomotif, tekno, makanan, dan gaya hidup. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Newspaper X juga cocok digunakan untuk beragam bidang lain.

langkah_setelah_instal_wp-2

Memasang link media sosial Anda pun bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu menuju bar bagian atas untuk menemukan tombol media sosial khusus yang bisa Anda gunakan.

3. Mia Ittalloni

Mia Ittalloni dibuat khusus bagi Anda yang memiliki usaha kuliner. Proses instalasi template ini cukup mudah  karena sudah terdapat petunjuk yang informatif. Anda hanya perlu melihat bagian dokumentasi untuk mengetahui cara mengatur bagian tertentu sesuai tampilan atau fungsi yang Anda inginkan.

Untuk memudahkan pelanggan, pada bar bagian atas Anda dapat menambahkan informasi spesifik seperti alamat, nomor telepon, jam operasional. serta kanal media sosial yang Anda gunakan.

4. Enigma

Enigma adalah template WordPress responsif yang cocok digunakan untuk berbagai jenis website seperti bisnis, portofolio, blogging dan lainnya. Template ini telah didukung WooCommerce sehingga Anda langsung dapat menjalankan website toko online dengan plugin WordPress gratis ini.

Secara default, terdapat 4 halaman layout, 2 halaman template, dan 5 widget (1 di sidebar dan 4 di footer). Anda juga dapat menampilkan gambar yang ada di Flickr melalui widget kustom. Enigma cukup inovatif dan user friendly menilik dari tampilan slider carouselnya. Tersedia juga button untuk media sosial pada bagian header dan footer yang dapat Anda isi sendiri.

5. Sydney

Sydney ditujukan bagi website perusahaan maupun freelancer dan ingin dikenal lebih luas secara online. Pilihan pengaturan pada template ini cukup banyak dengan pilihan untuk Google Font, unggah logo, dan masih banyak lagi lainnya. Terdapat slider penuh pada halaman utama yang efektif untuk menampilkan banner promosi. 

Sedangkan menu barnya akan tetap berada pada bagian paling atas halaman sehingga akan selalu dilihat oleh pengunjung. Anda juga dapat menambahkan background parallax agar website terlihat lebih menarik. Untuk mengatur tata letak halaman home, Anda dapat menggunakan elemen block yang dapat ditarik ke bagian yang Anda inginkan.

6. Parallax One

Parallax One hadir bagi Anda yang menginginkan website dengan tampilan efek parallax yang menarik. Menariknya lagi, template ini juga telah dilengkapi fitur responsif mobile-friendly sehingga dapat ditampilkan dengan sangat baik pada semua jenis perangkat.

Beberapa modul sudah terpasang secara default sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit dan memasukkan konten website. Adanya formulir kontak pada halaman utama nantinya dapat memudahkan pengunjung ketika ingin menghubungi Anda.

Anda dapat membuat halaman dengan efek parallax yang halus dengan gambar, teks, dan tombol tertentu, ini adalah rekomendasi template WordPress gratis yang dapat Anda gunakan untuk website dengan efek parallax. Selain itu, tersedia juga pilihan warna yang dapat Anda tentukan sesuai dengan keinginan.

Ada beragam elemen lain yang bisa Anda tambahkan, misalnya menampilkan review pelanggan. Tampilan review pelanggan ini dapat berguna untuk membangun kepercayaan pelanggan baru terhadap layanan Anda ketika ingin memulai bisnis online.

7. ColorMag

ColorMag merupakan template WordPress gratis dengan tampilan magazine responsif, sehingga sangat cocok untuk website kaya konten berjenis news, majalah, dan newspaper. Terlihat dari rating tingginya, template ini memiliki popularitas yang cukup baik di kalangan pengguna WordPress.

Secara default pun template ColorMag telah menyediakan beberapa slot iklan guna memasang layanan iklan seperti Google AdSense. Lokasinya sendiri ada di header, sidebar, dan footer. Selain itu, di bagian header dan footer Anda juga bisa memasang tombol untuk media sosial. ColorMag dapat berjalan baik dengan deretan plugin WordPress seperti WooCommerce. Fitur kemudahan ini menjanjikan kemudahan jika sewaktu-waktu Anda ingin menampilkan produk untuk dijual melalui website.

8. Flash

Flash merupakan template WordPress gratis untuk semua jenis website. Theme ini dibuat khusus untuk 6 jenis website, yang salah satunya website untuk menampilkan makanan yang Anda jual.

Untuk versi gratis dari template ini menyediakan fitur berupa integrasi dengan Flash Toolkit dan page builder SiteOrigin, sehingga lebih memudahkan Anda dalam membuat tampilan website yang user friendly. Untuk Anda yang ingin menambahkan fungsi toko online, theme ini sudah support WooCommerce, sehingga dapat menampilkan konten toko online Anda dengan baik.

9. Bistro

Bistro merupakan template yang dibuat untuk memaksimalkan sebuah website restoran. Di dalamnya sudah terdapat plugin built-in untuk menampilkan menu yang tersedia di restoran Anda. Template ini bisa dikatakan memiliki fitur sederhana dengan fungsi yang optimal, seperti tampilan responsif, menampilkan menu makanan beserta harga, dan juga fitur untuk menampilkan Google Map. Sehingga fitur tersebut sudah dapat menyediakan informasi yang biasa dicari oleh penikmat kuliner.

10. Restaurant and Cafe

Restaurant and Cafe adalah theme WordPress yang dibuat khusus untuk Anda yang memiliki website jenis restoran, cafe atau usaha makanan dan minuman lainnya. Mulai dari sekelas cafe ataupun restoran yang mewah, theme ini akan memenuhi harapan Anda untuk menampilkan informasi mengenai produk yang Anda jual dan informasi lainnya.

Fitur yang tersedia pada theme ini terbilang cukup lengkap, seperti pada bagian halaman depan Anda dapat menampilkan beberapa informasi, seperti untuk penempatan banner, testimoni, menu makanan, layanan, tentang, reservasi, dan juga blog untuk artikel yang ingin Anda buat. Selain itu, template ini juga sudah mendukung WooCommerce, dengan tampilan yang responsif sehingga website Anda dapat tampil dengan baik pada semua jenis perangkat, baik itu desktop ataupun mobile.

11. FoodHunt

FoodHunt menawarkan sebuah solusi dengan kualitas desain yang menarik untuk sebuah website restoran. Beberapa tombol sosial media terpasang pada bagian header yang ada di bawah slider, yaitu Facebook, Twiter, Google+, Instagram, dan juga Youtube sangat berguna jika Anda ingin menampilkan menu yang dijual dalam bentuk video.

Untuk tampilan yang disediakan terdapat tiga jenis, yaitu sidebar kanan, sidebar kiri, tanpa sidebar dengan konten melebar, tanpa sidebar dengan konten di tengah. Selain itu, Anda dapat menampilkan menu makanan yang disajikan, terdapat tiga menu untuk tampilannya yaitu satu kolom, dua kolom dan menu grid.

12. Brasserie

Brasserie dapat Anda coba jika ingin memiliki toko online khusus megenai makanan. Untuk desain yang dimiliki oleh template ini terbilang memiliki fungsional yang optimal. Hal ini terlihat dari layout home page pada bagian atas berupa slider yang dapat Anda gunakan untuk memasang gambar menu istimewa yang Anda miliki. Selanjutnya, pada bagian bawah slider terdapat tombol CTA, sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan reservasi.

Anda juga dapat menampilkan beberapa hal yang menjadi daya tarik, misalnya seperti penjelasan mengenai bahan baku tanpa pengawet, fresh dan cita rasa spesial. Jika Anda memiliki diskon tertentu berdasarkan hari atau produk, melalui theme ini dapat Anda buat pada bagian bawah sebelum menu footer. Selain itu Anda juga dapat menambahkan hari dan jam buka.

13. Virtue

tema wordpress gratis virtue

Virtue telah di download oleh lebih dari 50,000 pengguna. Tema ini bisa Anda download gratis dan cocok untuk semua jenis website. Baik untuk website ecoomerce, blog pribadi hingga website perusahaan bisa menggunakan tema ini. Menggunakan tema ini, Anda sangat leluasa dalam melakukan modifikasi sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam jenis website. 

Menariknya, tema Virtue memiliki Integrasi Schema microdata yang sangat berguna untuk SEO Anda, sehingga lebih ramah mesin pencari dan lebih memudahkan website Anda untuk naik peringkat.

14. Astra

14. tema wordpress gratis astra

Astra adalah tema WordPress multifungsi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat blog, website portofolio, atau bahkan toko online. Salah satu kelebihan menonjol dari Astra adalah ukurannya yang sangat ringan sehingga tidak membahayakan website atau blog dari sisi kecepatan.

Selain itu, tema ini sudah terintegrasi dengan kode schema.org dan mobile friendly sehingga website Anda tetap terlihat cantik di perangkat mobile. Klik tombol di bawah ini untuk mengunduh tema WordPress gratis ini.

15. OceanWP

15. template wordpress gratis oceanwp

Proyek website Anda akan semakin bagus tampilannya dengan OceanWP. Tampilannya yang minimalis membuat website Anda semakin mudah dinavigasi.

Tidak hanya itu, tema ini juga sangat cepat dan responsif. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal kecepatan website atau blog ketika menggunakan tema ini.

Kabar baiknya lagi, tema OceanWP sudah digunakan oleh lebih dari 400 ribu pengguna. Ini menandakan tema WordPress gratis ini cukup populer dan dipercaya oleh para pengguna WordPress.

16. Ashe

Ashe cocok bagi Anda yang menggeluti pekerjaan sebagai blogger atau freelancer. Tema ini bisa menampilkan website pribadi, portofolio, atau blog Anda dengan elegan dan profesional.

Menariknya, tema ini sudah otomatis mendukung Instagram slider. Tentu fitur ini sangat berguna bagi Anda yang perlu menghubungkan portofolio di Instagram dengan website atau blog.

Tertarik untuk mencobanya? Lihat dulu demonya di bawah ini atau langsung klik Download untuk mengunduh tema ini.

17. Allium

17. template wordpress terbaru allium

Jika Anda berencana membuat blog yang minimalis dan tetap menarik, Allium adalah solusinya. Warna utama dari tema WordPress gratis ini adalah putih yang bisa membuat pembaca Anda lebih nyaman membaca konten-konten di dalamnya.

18. Donovan

18. tema wordpress terbaru 2019 donovan

Untuk membuat web magazine atau portal berita online yang menarik, Anda memerlukan tema WordPress yang menarik pula. Walaupun begitu, Anda juga tidak bisa mengabaikan aspek minimalisme untuk mendukung kenyamanan pembaca Anda.

Donovan bisa menjadi solusi tepat untuk Anda. Tema ini lebih fokus pada menampilkan artikel-artikel agar pembaca lebih mudah menemukannya. Dengan table content yang dibagi berdasarkan berbagai macam kategori, pembaca bisa menemukan konten Anda dengan mudah.

19. Xtron

19. template wordpress gratis xtron

Portofolio pribadi online sudah menjadi hal wajib bagi para profesional masa kini. Salah satu caranya adalah dengan membuat website pribadi. Anda memerlukan tema WordPress yang bisa menunjukkan sisi personal dan profesional Anda dengan seimbang.

Salah satu tema WordPress gratisrekomendasi kami untuk portofolio online Anda adalah Xtron. Tema ini cukup sederhana, tapi tidak melupakan esensinya untuk mengenalkan Anda kepada dunia dengan tampilan yang elegan dan profesional.

20. Shopstore

20. tema wordpress gratis shopstore

Anda ingin membuka sebuah website toko online? Tenang, Anda tidak perlu bingung-bingung mencari tema WordPress yang cocok. Sebab Shopstore bisa menyelesaikan masalah tampilan website toko online Anda.

Dengan Shopstore Anda bisa membuat website toko online yang optimal baik untuk perangkat desktop maupun perangkat mobile. Tema ini sudah terintegrasi dengan WooCommerce sehingga memudahkan Anda dalam membuat website toko online.

21. Builders Landing Page

21. template wordpress gratis builders

Landing page merupakan salah satu bagian penting di website atau blog Anda. Dengan landing page Anda bisa mengumpulkan subscriber atau bahkan pelanggan.

Anda tidak perlu pusing membangun halaman baru dari awal untuk membuat landing page. Anda bisa memanfaatkan Builders Landing Page untuk membuat landing page yang efektif untuk mengonversi penunjung website atau blog menjadi subscriber atau pelanggan Anda.

22. Pen

22. tema wordpress terbaru 2019 pen

Banyak blogger yang mulai menerapkan konsep minimalis pada tampilannya. Mereka fokus pada tulisan saja dan tidak terlalu memusingkan komponen lain di blog.

Jika Anda termasuk blogger dengan konsep minimalis, Pen mungkin bisa menjadi tema untuk Anda coba selanjutnya. Setelah mengaplikasikan tema ini, pembaca blog Anda akan lebih fokus pada tulisan-tulisan Anda.

23. Fotografie

23. template wordpress terbaru fotografie

Bagi Anda yang bekerja di bidang fotografi atau desain grafik, tema Fotografie bisa Anda manfaatkan untuk website portofolio Anda. Fotografie fokus menampilkan hasil karya visual Anda seperti showcase sungguhan. Dengan begitu calon klien bisa melihat hasil karya Anda dengan jelas.

24. Magpaper

24. tema wordpress gratis magpaper

Desain vintage sedang populer akhir-akhir ini. Tidak hanya di produk fashion saja, desain vintage pun mulai merambah tema WordPress. Tema-tema WordPress bergaya vintage mulai bermunculan belakangan ini.

Salah satunya adalah Magpaper. Dilihat sekilas pun siapa saja langsung paham kalau tema ini menonjolkan gaya vintage surat kabar zaman dulu. Jika Anda tertarik untuk membuat blog berita atau web magazine dengan gaya vintage, tema ini adalah solusinya.

25. Vast

25. template wordpress terbaru vast

Vast adalah tema WordPress gratis yang cocok Anda gunakan untuk membuat website company profile yang ringkas, tapi tidak mengesampingkan daya tarik visual.

Prinsip Vast adalah “You do not need tons of pointless features for your project.” Bisa Anda lihat dari contoh temanya, Vast benar-benar mengusung konsep sederhana. Walaupun sederhana, Vast tetap berhasil menyajikan website yang tidak membosankan.

26. Miyazaki

26. tema wordpress terbaru miyazaki

Website portofolio sangat penting bagi Anda. Terutama jika Anda bekerja di bidang karya visual, baik itu foto, desain, lukisan, dan lain sebagainya. Calon klien Anda perlu melihat karya Anda sebelum menggunakan jasa Anda.

Nah, jika Anda ingin mulai membuat website portofolio khusus untuk karya-karya visual, tema Miyazaki ini sangat cocok untuk Anda. Dengan tema ini, karya visual Anda bisa ditampilkan dengan elegan sekaligus profesional.

27. Getwid Base

27. template wordpress terbaru getwid

Getwid Base adalah tema WordPress gratis yang dikembangkan berdasarkan update terbaru WordPress, yaitu editor Gutenberg. Jadi bisa dipastikan tema ini sudah kompatibel dengan Gutenberg.

Bagi Anda yang sedang merintis perusahaan atau bisnis, tema ini wajib dipertimbangkan untuk mempercantik tampilan website company profile Anda. Tema ini cocok untuk berbagai jenis bisnis yang ingin menampilkan citra simple dan profesional.

28. Pinnacle

28. tema wordpress terbaru pinnacle

Dengan prinsip desain modern flat, tema WordPress Pinnacle memudahkan pengunjung dalam berselancar dan menemukan menu utama di website.

Konsep sederhana yang diusungnya membuat tema ini menjadi tema yang responsive, baik di perangkat mobile maupun perangkat desktop. Selain itu, tema ini juga cocok digunakan untuk segala macam kebutuhan, dari toko online hingga blog pribadi.

29. Euphony

29. template wordpres gratis euphony

Melakukan branding online merupakan hal yang wajib bagi profesional di semua bidang, tidak terkecuali bidang seni musik. Apalagi saat ini penikmat musik lebih suka mendengarkan musik secara online.

Alhasil pekerja profesional di bidang seni musik di era digital dituntut untuk bisa memasarkan diri secara online. Salah satu cara efektif membangun branding online adalah dengan membuat website.

Jika Anda ingin membangun karir cemerlang di bidang ini, website bisa menjadi alat efektif untuk mengenalkan diri Anda kepada banyak orang. Baik Anda anggota band lokal, penyanyi solo, atau penulis lagu, pertimbangkanlah untuk membuat website resmi.

Tidak perlu pusing-pusing mencari tema untuk website Anda. Sebab Euphony hadir untuk menyelesaikan masalah Anda. Euphony adala tema WordPress gratis yang secara khusus dirancang untuk para profesional di bidang seni musik.

30. Responsive

30. tema wordpress gratis responsive

Apabila Anda berencana untuk membuat website portofolio sekaligus blog pribadi, tema Responsive bisa Anda pertimbangkan. Tema ini menyediakan tampilan yang memadukan antara kesan profesional dan personal tanpa menghilangkan esensi dari keduanya.

Responsive menyediakan tiga layout berbeda, yaitu blog (full posts, blog excerpts, dan blog dengan tiga kolom. Anda bisa memilih layout mana saja yang cocok dengan konten yang Anda inginkan.

31. Minimalist Blog

31. template wordpress terbaru minimalist blog

Sama seperti namanya, tema WordPress gratis ini menawarkan gaya minimalis sehingga tidak membuat blog Anda penuh dengan tombol-tombol atau fitur-fitur yang tidak terlalu penting.

Tema ini cocok untuk jenis blog apa saja, baik itu traveling, kecantikan, kuliner, maupun fashion. Dengan tampilan blog minimalis seperti ini, pengunjung tidak akan kesulitan ketika berselancar di blog Anda.

32. Blacklite

32. tema wordpress terbaru blacklite

Dengan warna dasar hitam dan putih, Blacklite bisa Anda pertimbangkan untuk membuat blog yang sederhana, tapi tetap trendi dan profesional. Tema ini cocok bagi Anda yang ingin menggeluti dunia blogging secara profesional.

33. Inbox

33. template wordpress gratis inbox

Jika Anda mencari tema yang unik dan out of the box, Inbox adalah salah satunya. Inbox menawarkan tampilan blog yang dirancang seperti email. Jadi pengunjung Anda seolah-olah sedang membuka email ketika mengunjungi blog Anda.

Tentu dengan tampilan seperti ini, pembaca blog Anda akan merasa lebih personal karena tidak seperti membaca blog oran lain, melainkan membaca email yang masuk ke inbox mereka.

34. Justread

34. tema wordpress terbaru justread

Sesuai dengan namanya, Justread ingin menyediakan pengalaman membaca yang sempurna bagi pengunjung blog Anda. Tampilannya yang minimalis dan didominasi warna hitam-putih akan membuat pengunjung blog Anda nyaman dan betah berlama-lama membaca konten-konten Anda.

35. Readline

35. template wordpress terbaru readline

Jika Anda berencana membuat majalah online dengan nuansa trendi dan modern, Readline bisa menjadi pilihan terbaik Anda, Readline menawarkan tampilan yang menonjolkan perpaduan antara visual dan teks yang menarik.

Untuk menampilkan konten-konten andalan, Anda bisa memanfaatkan fitur carousel yang disediakan Readline. Jadi pembaca bisa dengan mudah menemukan konten-konten terbaik Anda.

36. Blogasm

36. tema wordpress gratis blogasm

Blogasm dirancang dengan memprioritaskan white space agar membuat pembaca nyaman berselancar di blog. Tema ini adalah salah satu dari sekian tema WordPress terbaik yang mengutamakan konsep minimalism.

Meskipun masih terhitung baru, Blogasm berhasil mendapatkan rating yang cukup memuaskan di situs resmi WordPress, yaitu 4,5 dari 5 bintang. Mungkin Anda bisa mencobanya dengan mengunduhnya di bawah ini.

37. Wpxon Blog

37. template wordpress fratis wpxon blog

Di atas saya sudah memberikan banyak rekomendasi tema WordPress gratis dengan konsep minimalis. Jika di antara tema-tema tersebut masih belum ada yang sesuai dengan selera Anda, tema satu ini mungkin bisa jadi solusinya.

Ya, Wpxon Blog adalah salah satu tema WordPress berkonsep simple yang layak Anda coba. Konsep sederhana dan minimalis seperti ini biasanya disukai banyak blogger karena tidak hanya bagus dari sisi kenyamanan pembaca, tetapi juga kualitas SEO yang lebih baik.

38. Boxstyle

38. tema wordpress terbaru boxstyle

Tema dengan konsep futuristik juga bisa menjadi pertimbangan Anda ketika memilih tema WordPress. Jika Anda ingin blog atau website dengan konsep futuristik, Boxstyle bisa Anda pertimbangkan.

Boxstyle menawarkan tampilan modern dan futuristik, tetapi tidak membuat blog atau website Anda tampak berlebihan. Bagian paling menonjol dari tema ini adalah sidebarnya yang diisi oleh ikon media sosial.

Lebih menariknya lagi, ketika pengunjung membuka website atau blog Anda di perangkat mobile, seolah-olah mereka sedang membuka sebuah aplikasi mobile. Jadi tema ini cocok sekali untuk digunakan di era yang didominasi perangkat mobile seperti sekarang ini.

39. Lingam

39. template wordpress terbaru lingam

Tema dengan konsep simple dan minimalis mungkin tidak cocok bagi semua orang. Jika menginginkan tampilan yang meriah dan warna warni, Anda bisa mencoba Lingam.

Lingam merancang temanya dengan konsep colorful dan bergaya pop art. Ketika pengunjung membuka website atau blog Anda, mereka akan langsung disuguhi tampilan warna warni yang sangat meriah.

Kalau memang Anda suka dan sesuai dengan konsep seperti ini, jangan ragu untuk mencoba tema WordPress Lingam!

40. VideoMag

40. tema wordpress gratis videomag

Jika Anda punya website atau blog yang membahas soal film, Anda perlu mencoba tema VideoMag. Tema ini khusus dirancang untuk menampilkan konten-konten yang berisi video.

41. VT Blogging

41. template wordpress gratis vt blogging

Tampilan yang ditawarkan oleh VT Blogging bisa dibilang cukup basic. Namun, tetap saja tema seperti ini juga punya pasar tersendiri. Buktinya tema ini sudah diunduh lebih dari 3000 kali dan berhasil meraih rating yang cukup bagus.

Jika Anda mencari tema yang tidak neko-neko dan mudah dioperasikan, VT Blogging mungkin bisa Anda coba.

42. Mistu

42. tema wordpress terbaru mistu

Tampilan sederhana tidak harus selalu punya background warna putih. Anda juga bisa membuat blog atau website yang sederhana dengan background gelap.

Tidak terlalu banyak fitur yang ditawarkan oleh tema ini. Namun, Mistu tetap layak Anda coba untuk membuat website atau blog dengan konsep simple yang bernuansa gelap.

43. Webart

43. template wordpress terbaru webart

Ketika melihat tema ini sekilas, hal pertama yang terlintas di pikiran Anda mungkin adalah tema ini mirip dengan Pinterest. Jika Anda banyak memproduksi konten seperti foto, desain grafik, lukisan, atau sketsa, tema ini layak Anda coba.

Webart secara khusus dirancang untuk para fotografer, desainer, pelukis, dan profesional di bidang seni visual lainnya. Jadi Anda bisa memamerkan karya Anda dengan tampilan yang menarik.

44. Ultralight

44. tema wordpress gratis ultralight

Sudah tahukah Anda bahwa blog sangat penting untuk bisnis? Blog bisa membawa banyak trafik untuk bisnis Anda. Maka dari itu Anda harus membuat blog yang dikhususkan untuk menjaring trafik sesuai dengan topik yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Nah, salah satu tema WordPress gratis yang cocok untuk membuat blog bisnis adalah Ultralight. Desain Ultralight menonjolkan konsep bisnis dan profesional.

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan ajakan untuk subscribe blog di awal blog dengan elegan. Jadi Anda bisa mengumpulkan leads sebanyak-banyaknya melalui blog.

45. Shuttle Business

45. template wordpress gratis shuttle business

Shuttle Business merupakan tema yang bisa digunakan untuk tema blog atau website apa pun. Dari topik teknologi, kesehatan, kecantikan, kuliner, traveling, sastra, lingkungan, hingga entertainment cocok menggunakan tema ini.

Warna dasarnya yang netral membuatnya cocok digunakan tema apa pun. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Topik apa pun yang Anda bahas di blog, semuanya cocok menggunakan tema ini.

46. Marinate

46. tema wordpress terbaru marinate

Media visual melengkapi teks, teks melengkapi media visual. Mungkin konsep seperti itu yang ingin diangkat oleh Marinate. Meskipun fokusnya adalah menyampaikan konten berupa teks, Marinate tidak lupa bahwa media visual seperti gambar atau foto tetap penting.

Dengan konsep media visual dan teks yang saling melengkapi, Anda bisa mempercayakan Marinate untuk membuat blog Anda semakin cantik, tanpa kehilangan esensinya pada konten teks.

47. Qusq

47. template wordpress terbaru qusq

Ingin membuat website portofolio yang simple, tapi tetap kreatif? Qusq adalah solusinya. Dengan Qusq Anda bisa membuat website portofolio yang ciamik, kreatif, tapi tidak mengesampingkan simplicity.

48. MH UrbanMag

48. tema wordpress gratis mh urbanmag

Jika Anda ingin membuat website berita bernuanda dark, MH UrbanMag patut dipertimbangkan. Tema ini dirancang dengan konsep dark yang sederhana, tetapi tidak akan membuat website atau blog Anda terlihat murahan.

49. MH Biosphere

49. template wordpress gratis

Masih dari satu produsen tema WordPress MH UrbanMag, MH Biosphere juga merupaka tema yang patut Anda pertimbangkan. Berbeda dengan MH UrbanMag yang mengangkat konsep dark, MH Biosphere menggunakan nuansa yang lebih cerah, yaitu warna hijau.

Tema ini cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan website yang berkaitan dengan alam, flora, fauna, dan lingkungan. Tampilan yang ditawarkan cukup modern dan tangkas sehingga kesan profesionalitas tetap terjaga.

50. Placid

50. tema wordpress terbaru placid

Simple, minimalis, modern, dan elegan adalah kata-kata yang bisa mendeskripsikan tema ini. Tidak perlu pusing mencari tema lain lagi karena Placid bisa memberikan solusi yang Anda butuhkan. Tema WordPress gratis ini sangat cocok bagi blogger yang ingin membuat blog minimalis dan trendi.

Tema WordPress Gratis Mana yang Jadi Pilihan Anda?

Itulah daftar template WordPress premium gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat website tanpa memerlukan waktu yang lama. Selain tersedia cuma-cuma, Anda hanya perlu mengaktifkan WordPress Hosting dan instal tema tersebut kemudian melakukan pengaturan sesuai dengan petunjuk yang ada pada panduan dari masing-masing template.

Jika memiliki rekomendasi template lain yang menjadi favorit Anda, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar. Silakan Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terpopuler dan informasi terbaru seputar promo domain hosting langsung di inbox email Anda. ?

17
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

2 Replies to “50 Template WordPress Gratis dan Terbaru 2019”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + ten =