counter easy hit
7 Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile Friendly - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Website Anda harus go mobile sekarang.

Oke, oke. Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar hal ini. Hanya saja, kami tidak mengada-ada. Website Anda memang harus go mobile sekarang!

Perubahan perilaku pelanggan turut memengaruhi hal ini.

Dalam beberapa tahun belakangan, pengguna perangkat mobile meningkat secara signifikan. Fenomena ini perlahan-lahan mengubah `wajah` dunia digital berikut perilaku penggunanya.

Saat ini ada yang dinamakan dengan Zero Moment of Truth. Istilah ini merujuk pada momen spesial yang terjalin antara calon pelanggan dengan perangkat mobile-nya ketika mencari informasi produk/layanan serta sebelum melakukan keputusan pembelian.

website mobile friendly

Dengan perangkat mobile dalam genggaman calon pelanggan, Anda perlu mencermati empat momen perilaku pelanggan di dunia online: I-want-to-know, I-want-to-go, I-want-to-do, dan I-want-to-buy.

Keempat momen di atas mengerucut pada satu kesimpulan: informasi mengenai layanan Anda di internet perlu tampil baik secara online.

Memiliki sebuah website tentu dapat Anda jadikan solusi. Website biasa saja tidak cukup. Anda membutuhkan website mobile-friendly yang bisa diakses melalui perangkat apapun, termasuk smartphone dan tablet.

Apa Itu Website Mobile-friendly?

Website mobile-friendly adalah website yang dioptimasi untuk perangkat mobile. Sebagian orang mengenal website jenis ini dengan nama website responsive, merujuk pada kemampuannya untuk ‘beradaptasi’ pada berbagai macam ukuran layar perangkat berbeda.

Ukuran, layout, serta konten website Anda dapat secara otomatis menyesuaikan perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses.

Meskipun menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan, belum banyak pelaku usaha di Indonesia yang memanfaatkan website mobile-friendly dengan baik. Padahal jika dioptimasi dengan baik, Anda berpeluang meraih banyak keuntungan dari sini.

Jika Anda memiliki bisnis, tentu Anda ingin meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, bukan? Mobile adalah salah satu channel yang bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Dan Anda bisa memanfaatkan website mobile-friendly untuk menguasai pasar.

Silakan terus baca ulasan kami kali ini karena pada bagian selanjutnya kami akan menjelaskan sederet alasan lain mengapa Anda harus memiliki website mobile-friendly!

7 Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile Friendly

1. (Hampir) Semua Orang Beralih ke Mobile

Mobile adalah tren paling hangat saat ini. Sekitar 80% pengguna internet di seluruh dunia telah menggunakan perangkat mobile, baik itu smartphone maupun tablet. Angka ini setara dengan 1,2 miliar orang dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tanpa website mobile friendly yang dioptimasi dengan baik, Anda tidak mungkin berhasil merambah segmen mobile ini.

2. Lebih dari Setengah Jumlah Website yang Ada Diakses Melalui Perangkat Mobile

StatCounter, perusahaan riset yang mendata penggunaan internet di lebih dari 2,5 juta website, menyatakan bahwa 51,26% halaman website diakses melalui perangkat mobile pada periode Oktober 2016. Jumlah akses melalui mobile ini melampaui raihan desktop untuk kali pertama dalam sejarah.

website mobile friendly

Kami melihat grafik di atas sebagai tanda perubahan zaman. Perangkat mobile memang sangat populer dalam beberapa tahun belakangan. Adanya koneksi internet ekstra cepat ditambah pemakaian yang mudah menjadikan smartphone dan tablet satu-satunya ‘komputer’ bagi banyak orang.

3. Mobile Menentukan Keputusan Pembelian

Tahukah Anda bahwa pengguna mobile lebih berpeluang membeli produk maupun menggunakan layanan Anda?

Kini semakin banyak calon pelanggan menggunakan perangkat mobile untuk browsing produk/layanan sebelum memutuskan akan membeli produk/layanan. Ya, perangkat mobile telah menjelma jadi seperti asisten belanja. Mereka akan membeli produk atau layanan yang bisa ditemukan secara online.

Bahkan, pengaruhnya sangat besar. Produk serta layanan yang ditemukan calon pelanggan melalui internet dapat membantu menentukan keputusan pembelian mereka hingga beberapa meni sebelum membeli!

4. Google Lebih Menyukai Website Mobile-Friendly

Anda tidak salah baca. Mesin pencari Google memang lebih memprioritaskan website mobile-friendly. Beberapa waktu yang lalu, dunia internet sempat digegerkan dengan update algoritma Google ini. Peristiwa ini sering disebut mobilegeddon, merujuk pada hari kiamat bagi website yang belum berorientasi mobile. Pasalnya, website yang belum mobile friendly lah yang jadi korban utama karena tidak bisa menduduki peringkat atas hasil pencarian Google.

Mengingat sebagian besar traffic ke website bisa Anda dapatkan dari mesin pencari Google, tidak ditampilkannya website Anda di sana tentu dapat menjadi kerugian besar bagi bisnis Anda di internet. Salah-salah, website Anda malah tidak ditampilkan sama sekali hanya karena belum mobile-friendly. Anda tidak mau ini terjadi, bukan?

5. Website Mobile-Friendly Dapat Meningkatkan Citra Bisnis Anda

Saat ini baru sekitar 56% website yang menggunakan fitur mobile friendly. Ini berarti kurang lebih ada separuh kompetitor Anda masih belum menggunakannya. Kalaupun sudah, biasanya belum dioptimasi dan dimanfaatkan dengan baik.

Survey lain juga menunjukkan 89% calon pelanggan setuju bahwa website dapat membuat bisnis lebih terpercaya. Sementara itu, 79% di antaranya menyatakan akan membeli atau menggunakan suatu layanan apabila memiliki website. Inilah kesempatan Anda. Jadikan ini peluang untuk mengembangkan bisnis Anda!

6. Mobile Membutuhkan Strategi Khusus

Perilaku pengguna desktop berbeda dari pengguna mobile. Nah, perilaku yang berbeda ini membutuhkan strategi khusus agar kampanye pemasaran Anda dapat berjalan mulus. Kami jamin, kampanye mobile Anda akan berjalan jauh lebih mudah menggunakan website mobile-friendly.

Strategi yang Anda bangun sifatnya harus menyeluruh. Artinya, Anda tidak dapat mengandalkan satu channel seperti akun media sosial saja. Bagaimana pun juga, Anda perlu memiliki ‘tulang punggung’ berupa landing page yang bisa Anda optimasi sendiri sesuai kebutuhan.

Peran inilah yang nantinya dimainkan oleh website mobile friendly. Dengan segala kemudahannya, Anda dapat menjadikan website jenis ini sebagai ‘pusat’ kampanye mobile Anda.

7. Mobile Ads Masih Merupakan Peluang Promosi yang Menjanjikan

Pernahkah Anda melihat iklan di Youtube? Atau postingan berbayar di Facebook dan Instagram? Kemungkinan besar, Anda pasti pernah melihatnya. Iklan mobile dapat dioptimasi agar tampil di semua perangkat, termasuk smartphone dan tablet, dengan berbagai macam kriteria pengguna sesuai keinginan Anda.

Masalahnya, ke mana selanjutnya Anda perlu mengarahkan para calon pelanggan yang melihat iklan Anda? Iklan memang dapat diarahkan ke halaman media sosial atau nomor telepon Anda. Namun, seperti yang telah kami sampaikan pada poin sebelumnya, ini saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan landing page yang selalu bisa Anda andalkan dan optimasi sendiri. Website mobile friendly bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.


Saat ini adalah era perubahan perilaku pengguna desktop menuju mobile. Bisa dibilang, website-mobile friendly adalah masa depan pemasaran online. Tentu Anda harus siap sedia. Jangan sampai Anda tertinggal oleh para kompetitor karena mereka telah menggunakan website mobile friendly lebih dahulu daripada Anda.

Membuat website mobile-friendly kini semakin mudah. Berbekal WordPress, website mobile-friendly dapat Anda miliki hanya dalam empat klik saja. Buka tautan berikut ini untuk membuatnya sekarang!

website mobile friendly

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Beta

    Yap setuju, kalau dilihat di analistik, sekarang umumnya pengunjung berasal dari mobile.
    semoga projek AMP segera bisa diaplikasikan ke banyak web.

  • Ficky

    Hampir setiap orang yang menggunakan perangkat Desktop pasti menggunakan perangkat Mobile pula. Sedangkan untuk pengguna perangkat Mobile, tidak banyak yang menggunakan perangkat Desktop.

    Sebagian developer game juga telah memulai untuk berlomba-lomba membuat game untuk perangkat mobile.

    Mungkin karena penggunaanya yang simple dan tidak ribet.