Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

13 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Penyebabnya

5 min read

bisnis dropship gagal

Berbisnis adalah impian banyak orang. Namun, tidak semua orang mampu mewujudkan impian tersebut. Banyak bisnis gulung tikar sebagai akibat dari faktor kegagalan wirausaha.

Faktanya, 90% usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia tidak bertahan lebih dari 5 tahun.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Beberapa di antaranya adalah faktor internal seperti kurangnya jiwa wirausaha. Faktor eksternal juga dapat mempengaruhi, misalnya perubahan ekonomi tak terduga.

Dengan memahami faktor kegagalan wirausaha, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari risiko tersebut. Pada artikel ini, kami akan membahas 13 faktor kegagalan wirausaha yang wajib Anda ketahui.

Yuk pelajari selengkapnya!

CTA banner web hosting

13 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Cara Mengatasinya

Berwirausaha adalah impian bagi banyak orang. Namun, tidak semua orang bisa menjadi wirausahawan sukses.

Menurut pakar kewirausahaan Thomas W. Zimmerer, faktor kegagalan wirausaha dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut adalah faktor kegagalan wirausaha menurut Zimmerer:

  1. Tidak kompeten dalam manajerial atau pengelolaan usaha.
  2. Kurang berpengalaman dalam mengelola sumber daya manusia dan potensinya.
  3. Sulit dalam mengendalikan keuangan.
  4. Gagal dalam perencanaan.
  5. Lokasi usaha kurang memadai.
  6. Minimnya pengawasan peralatan.
  7. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berwirausaha.
  8. Ketidakmampuan dalam melakukan transisi atau menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Selain faktor-faktor di atas, ada beberapa penyebab kegagalan wirausaha lainnya, yaitu:

1. Keterbatasan Modal

Keterbatasan modal adalah salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kegagalan wirausaha. Modal digunakan untuk membeli bahan baku, membayar karyawan, biaya pemasaran, sewa tempat usaha, serta berbagai kebutuhan operasional lainnya.

Ketika modal terbatas, Anda mungkin kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bisnis yang dapat menghambat pertumbuhan dan kelangsungan bisnis.

Cara untuk mengatasi keterbatasan modal dalam berwirausaha meliputi:

  • Pilih ide bisnis tanpa modal seperti jualan barang preloved, buka jasa titip, dan bergabung dengan program afiliasi.
  • Cari investor atau sumber pendanaan eksternal.
  • Kolaborasi dengan mitra bisnis yang tepat.
  • Lakukan kerja sampingan untuk menghasilan pendapatan tambahan.

Penting diingat, dengan modal awal yang terbatas, Anda perlu mengimbanginya dengan kemampuan manajemen yang baik serta cara mengendalikan keuangan yang tepat.

2. Kurang Memahami Pasar

Kurang memahami pasar adalah faktor penyebab kegagalan wirausaha karena pasar adalah tujuan dari setiap bisnis.

Jika seorang wirausaha tidak memahami pasar dengan baik, maka akan sulit dalam mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan serta preferensi pelanggan. Akibatnya, produk atau layanan jadi tidak tepat sasaran dan strategi pemasaran tidak efektif.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus benar-benar memahami target pasar, serta menganalisis kompetitor untuk menemukan peluang bisnis.

3. Strategi Pemasaran Lemah

Faktor penyebab kegagalan wirausaha berikutnya, strategi pemasaran lemah. Strategi pemasaran adalah cara untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan.

Jika wirausaha tidak memiliki strategi pemasaran yang efektif, maka bisnis mereka mungkin kesulitan untuk menjangkau dan mempertahankan pelanggan.

Agar memiliki strategi pemasaran yang kuat, Anda harus memahami siapa pelanggan Anda, serta membuat rencana pemasaran yang fokus. Baik tujuan, target pasar, dan strategi harus terarah.

4. Tidak Memanfaatkan Potensi Online

Kadang disepelekan, potensi online nyatanya bisa menjadi faktor penyebab kegagalan dalam wirausaha.

Tanpa memanfaatkan potensi internet, bisnis sulit menjangkau calon pelanggan dan peluang untuk mendapatkan uang pun lebih kecil.

Kompetitor juga mungkin sudah mengonlinekan bisnis mereka, sehingga lebih mudah ditemukan calon pelanggan.

Cara memanfaatkan potensi digital dengan baik yaitu memulai bisnis online, serta menggunakan platform digital seperti website dan media sosial. Dengan begitu, Anda lebih mudah menjangkau calon pelanggan potensial.

5. Kurangnya Inovasi

Saat menjalankan bisnis, kurangnya inovasi bisa membuat wirausaha mengalami kegagalan. Apalagi, dunia bisnis terus berkembang dan pelanggan mencari produk terbaik.

Jika seorang wirausaha tidak berinovasi, bisnisnya bisa menjadi ketinggalan zaman, kehilangan pelanggan, atau gagal bersaing. 

Agar faktor kegagalan usaha ini tidak terjadi, Anda perlu bersikap terbuka terhadap perubahan, selalu memahami pasar, dan memiliki komitmen untuk mengembangkan solusi yang lebih baik.

6. Skalabilitas Bisnis Rendah

Skalabilitas yang terbatas dapat menjadi faktor kegagalan bagi wirausaha. Karena, itu berarti bisnis Anda memiliki keterbatasan dalam kemampuan untuk memperluas operasi serta meningkatkan pendapatan dengan cara yang efisien.

Bisnis dengan skalabilitas rendah adalah bisnis yang sulit untuk ditingkatkan kapasitasnya seiring dengan meningkatnya permintaan. Ciri bisnis dengan skalabilitas rendah yaitu:

  • Ketergantungan pada tenaga kerja manusia.
  • Ketergantungan pada keterampilan khusus.
  • Terbatas oleh sumber daya fisik.
  • Proses produksi sulit.
  • Margin keuntungan rendah.

Contoh bisnis dengan skalabilitas rendah yaitu pertanian organik, jasa pijat, dan restoran dengan bahan khusus.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua bisnis dengan skalabilitas rendah mengalami kegagalan. Namun, bisnis semacam ini mungkin harus mengambil strategi pemasaran yang kuat agar bisa stabil. 

7. Tidak Memprioritaskan Kepuasan Pelanggan

Kegagalan usaha bisa juga disebabkan oleh bisnis yang tidak memprioritaskan kepuasan pelanggan. Padalah, pelanggan adalah aset berharga dalam bisnis. 

Jika wirausaha tidak memahami, melayani, atau memuaskan pelanggan dengan baik, maka bisnis bisa mengalami kegagalan usaha.

Cara menghindari faktor kegagalan ini adalah dengan memprioritaskan pelanggan Anda dan fokus pada customer experience yang baik. Anda juga bisa menggunakan indikator kepuasan pelanggan untuk mengukur sejauh mana pelanggan senang dengan produk atau layanan Anda.

8. Pengambilan Keputusan yang Tidak Tepat

Menjalankan bisnis itu membutuhkan pengambilan keputusan yang tepat. Keputusan yang salah dapat menyebabkan kegagalan dalam usaha. Mulai dari strategi, keuangan, operasional, bahkan reputasi.

Cara menghindari pengambilan keputusan yang tidak tepat adalah dengan menerapkan proses pengambilan keputusan yang baik, seperti mempertimbangkan data, melakukan analisis peluang usaha, mencari berbagai sudut pandang, dan membuat rencana cadangan.

9. Rendahnya Manajemen Risiko

Setiap bisnis memiliki risiko yang harus dikelola. Itulah mengapa rendahnya manajemen risiko bisa menjadi faktor penyebab kegagalan usaha.

Tanpa manajemen risiko yang matang, pengusaha akan sulit memahami, mengidentifikasi, dan mengelola risiko-risiko yang membawa bisnis ke masalah serius. Mulai dari cash flow berantakan dan gangguan operasional.

Untuk mengatasinya, SWOT adalah alat yang berguna dalam manajemen risiko. Ini membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal bisnis Anda serta peluang dan ancaman eksternal yang mungkin mempengaruhi bisnis.

10. Kurang Memiliki Jaringan

Dalam menjalankan bisnis, kurang memiliki jaringan akan menjadi kelemahan besar. Sebab, akses ke sumber daya dan informasi akan terbatas sehingga menghambat pertumbuhan usaha.

Agar jaringan bisnis Anda makin luas, bergabunglah ke komunitas bisnis, ikuti acara industri hingga pelatihan, dan manfaatkan media sosial untuk memperluas relasi usaha.

11. Ketidakcocokan Tim

Ketidakcocokan tim akan mempengaruhi kelancaran Anda dalam mengembangkan usaha. Perbedaan ekstrem dalam tim, seperti visi, nilai, cara komunikasi, dan kemampuan bisa menghambat bisnis dalam mencapai tujuan.

Penting untuk diingat bahwa kecocokan tim adalah kunci kesuksesan bisnis jangka panjang. Pastikan anggota tim memiliki peran dan tanggungjawab yang jelas, serta memiliki komunikasi yang terbuka.

12. Pengaruh Ekonomi yang Tidak Terduga

Pengaruh ekonomi yang tidak terduga bisa menjadi faktor kegagalan wirausaha. Karena, kondisi ekonomi yang berubah-ubah bisa berdampak besar bagi bisnis. Misalnya, resesi ekonomi, inflasi, fluktuasi mata uang, dan krisis finansial.

Contoh dari pengaruh ekonomi yang tidak terduga adalah krisis finansial global pada tahun 2008. Banyak bisnis mengalami kesulitan karena ketidakstabilan pasar keuangan, penurunan permintaan konsumen, dan pencarian modal lebih sulit. Beberapa bahkan gagal karena tidak dapat mengatasi dampak krisis tersebut.

Untuk mengatasi faktor eksternal ini, Anda perlu mempersiapkan dana darurat, melakukan diversifikasi produk atau layanan, dan mengelola keuangan secara cermat.

13. Tantangan Regulasi

Tantangan regulasi adalah faktor eksternal yang bisa mempersulit Anda menjalankan usaha. Apalagi, kebijakan pemerintah mampu membawa dampak besar pada operasional dan keuntungan bisnis.

Ketika peraturan tidak dipahami atau tidak diikuti dengan benar, bisnis dapat menghadapi beberapa masalah, termasuk hambatan operasional, sanksi hukum, atau hilangnya reputasi.

Contoh dari tantangan regulasi adalah perubahan dalam peraturan privasi data. Regulasi seperti GDPR (General Data Protection Regulation) di Uni Eropa mengharuskan bisnis untuk melindungi data pelanggan dengan ketat dan memberikan hak kepada individu atas data mereka. 

Namun dengan perencanaan yang baik, pemahaman yang mendalam, dan kesiapan untuk beradaptasi, bisnis pasti dapat mengatasi tantangan regulasi.

Atasi Faktor Kegagalan Wirausaha, Sukses Berbisnis Sekarang!

Berbisnis adalah perjalanan yang menantang, dan tidak semua orang mampu mencapai kesuksesan. Namun, dengan memahami faktor kegagalan wirausaha, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis Anda.

Berikut tips untuk menghadapi faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha:

  • Pilih ide bisnis tanpa modal dan perkuat keuangan dengan mencari investor.
  • Lakukan riset pasar secara teliti.
  • Buat rencana dan strategi pemasaran yang tepat sasaran.
  • Manfaatkan potensi online melalui website hingga media sosial.
  • Selalu tingkatkan kualitas dan potensi produk.
  • Pertimbangkan meningkatkan skalabilitas bisnis.
  • Prioritaskan kepuasan pelanggan.
  • Gunakan data untuk mengambil keputusan.
  • Miliki manajemen risiko untuk setiap strategi pemasaran.
  • Perluas jaringan usaha.
  • Bentuk tim yang harmonis dan solid.
  • Kelola keuangan secara bijak.
  • Pahami regulasi di setiap lokasi usaha.

Kalau Anda bingung mau mulai dari mana, memulai bisnis online melalui website bisa menjadi solusinya.

Selain sebagai sarana mempromosikan bisnis, website juga memungkinkan Anda melakukan beberapa solusi di atas secara sekaligus. Mulai dari mengumpulkan data performa bisnis, hingga membangun reputasi dan menjangkau pelanggan.

Di tahap awal, kami sarankan Anda menggunakan Web Hosting untuk membangun website. Selain cocok untuk website bisnis, harganya juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp24.990 hingga Rp150.000 saja per bulan.

Istimewanya lagi, jenis hosting ini juga sudah dibekali AI untuk membuat website sehingga Anda bisa membangun situs dengan mudah dan praktis.

Jadi, sudah siapkah Anda menjadi wirausaha sukses? Yuk mulai sekarang!

Siap jadi wirausaha sukses?

Buat Website Sekarang!
Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *