Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

10 Tokoh Wirausahawan Sukses di Indonesia yang Inspiratif!

7 min read

wiraausahawan sukses di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali tokoh wirausahawan sukses di berbagai sektor bisnis. Dan sebagai pebisnis, Anda tentunya perlu belajar bagaimana tokoh wirausahawan yang sukses membangun bisnisnya, bukan?

Untuk itu, kami telah merangkum 10 tokoh wirausahawan sukses di Indonesia yang dapat menginspirasi Anda.

Siapa saja pebisnis sukses yang patut Anda contoh? Bagaimana kisah wirausahawan sukses yang dalam membangun bisnisnya?

Simak cerita selengkapnya di artikel ini!

10 Tokoh Wirausahawan Sukses di Indonesia 

Berikut adalah beberapa contoh pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil membangun bisnis berskala nasional bahkan internasional. Siapa saja, ya? 

1. Robert Budi Hartono 

Nama Bisnis: Djarum 
Bidang Bisnis: Tembakau

Pengusaha sukses Robert Budi Hartono Djarum
Sumber: voi.id

Robert Budi Hartono adalah wirausahawan sukses dibalik besarnya perusahaan rokok PT. Djarum Super

Djarum sendiri awalnya merupakan perusahaan kecil bernama Djarum Gramophon. Pada 1951, Djarum Gramophon dibeli oleh ayah Budi Hartono dan rebranding dengan nama Djarum. 

Namun, pabrik tembakau Djarum sempat mengalami kebakaran besar di tahun 1963 dan nyaris tak bersisa. Untuk bangkit kembali, Budi dan adiknya melakukan inovasi dengan menciptakan berbagai varian produk rokok terbaru.

Hingga pada 1972, Djarum dapat berkembang dan berekspansi. Misalnya, mulai menggunakan mesin produksi rokok, mengekspor produk ke luar negeri, dan lainnya.

Tak sampai disitu, Budi Hartono kini juga menjadi pemegang saham terbesar Bank Central Asia (BCA). 

Tak heran, Robert Budi Hartono didapuk sebagai pebisnis sukses sekaligus orang terkaya nomor satu di Indonesia selama 11 tahun oleh Forbes. Total kekayaannya pun mencapai USD21.3 miliar atau setara dengan Rp303 triliun.

2. Anthony Salim

Nama Bisnis: Group Salim 
Bidang Bisnis: Makanan, Ritel, Perbankan, Telekomunikasi, dan Energi

Tokoh pengusaha Salim Group Anthony Salim
Sumber: voi.id

Anthony Salim merupakan pemimpin Salim Group, yang membawahi dua perusahaan besar yaitu Indofood dan Bogasari.

Karena berasal dari keluarga Salim Group, langkah Anthony untuk terjun ke bidang bisnis tentu mudah, bukan? Kenyataannya, tentu tidak semulus itu. Nyatanya, pada 1998, Anthony harus memutar otak untuk menyelamatkan Salim Group dari hutang 55 miliar dan nyaris bangkrut.

Salah satu kunci keberhasilan bisnis Anthony yang dapat Anda contoh adalah inovasi dan ekspansi. Kedua prinsip bisnis tersebut sukses membuat Anthony memiliki kekayaan sebesar USD8.5 miliar atau setara dengan Rp91 triliun!

Contoh ekspansi yang dilakukan Anthony Salim seperti membuka waralaba di lini bisnis Indomaret pada 1997, yang berhasil menghasilkan sebanyak 18.113 minimarket di seluruh Indonesia.

Contoh inovasi pada produk Indomie dengan varian rasa dan ekspor ke berbagai negara terbukti berhasil. Hal tersebut menjadikan Indomie sebagai brand mie instan terbesar di dunia dengan laba sebesar USD5,8 miliar.

Kisah wirausahawan sukses Anthony Salim makin paten dengan mulai melebarkan sayap ke bidang teknologi, khususnya Data Center. Wah, sangat menginspirasi, bukan?

3. Dato’ Sri Tahir 

Nama Bisnis: Mayapada 
Bidang Bisnis: Finansial, Layanan Kesehatan, Properti, dan Pariwisata

Dato’ Sri Tahir tokoh pengusaha sukses di Indonesia
Sumber: inakoran.com

Kisah wirausahawan sukses selanjutnya berasal Dato’ Sri Tahir yang berhasil membangun Mayapada Group sejak tahun 1986. 

Lahir dari ibu penjaga toko kecil dan ayah seorang tukang becak, membuat Tahir hidup dalam kondisi yang serba kekurangan. Dari keluarga tersebut, nilai kejujuran, kerja keras, dan berbagi tanpa pamrih selalu tertanam di benak Tahir.

Dengan kegigihan dalam berbisnis, Tahir mampu mengembangkan Mayapada Group dalam berbagai unit bisnis. Mulai dari Mayapada Hospital, Bank Mayapada, Fairmont Hotel Bali, Menara Topas, Forbes Indonesia, hingga ELLE Indonesia pun berada di bawah payung Mayapada Group.

Laba dari setiap bisnis Tahir pun tidak main-main. Contohnya saja, Bank Mayapada yang mencatatkan laba Rp64,16 miliar pada laporan keuangan 2020.

Dengan segala bisnisnya, Tahir sukses memiliki kekayaan sebesar USD2.7 miliar setara dengan Rp39,8 triliun. 

Sudah kaya tetap dermawan, merupakan sebutan yang pas untuk Tahir. Hal itu karena Tahir juga terkenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia yang juga menjadi filantropis dengan Tahir Foundation.

4. Chairul Tanjung

Nama Bisnis: CT Corp
Bidang Bisnis: Perbankan, Ritel, Media, Hiburan, Lifestyle, dan Properti

Chairul Tanjung pengusaha CT Corp
Sumber: voi.id

“Si Anak Singkong”, begitulah panggilan Chairul Tanjung, seorang wirausahawan sukses yang meniti karir dari nol semenjak usia muda.

Kisah bisnis Chairul Tanjung dimulai dari usaha kecil-kecilan, seperti bisnis fotocopy dan menjual buku ketika kuliah, mendirikan toko perlengkapan kedokteran, hingga bisnis sepatu anak-anak.

Pada 1987, Chairul Tanjung mendirikan perusahaannya sendiri yaitu Para Corp yang berubah nama menjadi CT Corp pada 2011. 

Bermodal kerja keras dan membangun networking, CT Corp kini menaungi banyak unit bisnis berskala nasional. Sebut saja Bank Mega, Trans Corp, Transmart, dan masih banyak lainnya.

Kerajaan bisnis Chairul Tanjung juga diperluas dengan membuka franchise beberapa brand besar, seperti Wendy’s, Versace, Mango, dan Jimmy Choo. Tak heran, Chairul Tanjung memiliki total kekayaan sebesar USD6.7 miliar atau setara dengan RP98,9 triliun!

5. Edward Tirtanata dan James Prananto

Nama Brand: Kopi Kenangan 
Bidang Bisnis: Minuman

tokoh wirausahawan sukses Edward Tirtanata dan James Prananto
Sumber: hipwee.com

Anda suka ngopi? Pastinya sudah familiar dengan Kopi Kenangan, bukan? Nah, tokoh kewirausahaan dibalik suksesnya kopi kekinian tersebut adalah Edward Tirtanata dan James Prananto.

Mereka berdua melihat adanya masalah kesenjangan antara cafe kelas atas dengan kedai kopi kecil pinggir jalan. Dari sanalah muncul ide Kopi Kenangan, yang menjadi alternatif kopi berkualitas dengan harga terjangkau.

Kesuksesan Kopi Kenangan tidak lepas dari beberapa hal yang dilakukan Edward Tirtanata dan James Prananto, yaitu:

  • Kejelian melihat peluang dari kebiasaan ngopi orang Indonesia.
  • Memahami buyer persona bisnis yang menyasar anak muda.
  • Berinovasi dengan penamaan produk yang unik agar lebih akrab dengan para konsumen.
  • Terus bereksperimen dalam sisi product development dengan membuat produk kopi varian baru.
  • Memaksimalkan social media marketing sesuai pangsa pasar mereka.
  • Menjaga kualitas bahan baku dan proses produksi.

Dengan langkah tersebut, Kopi Kenangan telah memiliki 600 gerai di 45 kota, serta berhasil menjual tiga juga gelas kopi tiap bulannya. 

Kesuksesan itu mengantar Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan seri C dengan nilai valuasi mencapai USD333 juta atau setara dengan Rp4,9 triliun. Sebuah kesempatan untuk dapat terus memajukan bisnis.

Tak heran, Edward Tirtanata dan James Prananto menjadi contoh orang sukses yang masuk dalam Forbes 30 Under 30 sebagai tokoh kewirausahaan muda di Asia Pasific.

download eboog panduan digital marketing gratis

6. Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa 

Nama Brand: Dekoruma
Bidang Bisnis: Home Improvement 

Pendiri Dekoruma Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa
Sumber: kumparan.com

Dimas Harry Priawan dan Aruna Harsa adalah pengusaha sukses di Indonesia. Mereka berhasil mengembangkan startup di bidang home improvement bernama Dekoruma.

Kisah sukses mereka dimulai pada 2015 ketika merintis Dekoruma pertama kali, dengan Dimas sebagai CEO dan Aruna menggawangi posisi CTO. 

Keduanya sangat jeli melihat peluang di sektor kebutuhan primer, di mana pemain bisnisnya masih sangat jarang, yaitu papan.

Baca juga: Lean Startup: Metode yang Wajib Dipelajari Pebisnis Online!

Awalnya, Dekoruma dirilis sebagai marketplace yang menjual berbagai produk furniture dan perabotan rumah. Tetapi, mereka tak berhenti berinovasi dengan merambah segmen home improvement lainnya, seperti menawarkan material bangunan, jasa desain interior, hingga jasa pembangunan. 

Kini, Dekoruma berhasil memiliki satu juta pelanggan, dengan menyediakan 100.000 produk dan memiliki 400 merchant. Tak sampai disana, Dimas dan Aruna memperluas mitra bisnis dengan lebih dari 250 desainer interior.

download ebook gratis kiat sukses bisnis online 2021

7. Achmad Zaky 

Nama Brand: Bukalapak
Bidang Bisnis: Marketplace

Founder startup sukses Bukalapak Achmad Zaky
Sumber: techinasia.com

Tokoh wirausahawan yang sukses selanjutnya adalah Achmad Zaky melalui marketplace Bukalapak. Sesuai namanya, Bukalapak yang berasal dari kata “membuka lapak”,  memiliki misi “fair economy for all”.

Dan untuk mewujudkan misi tersebut, Achmad Zaky menginisiasi beberapa inovasi yang dikhususkan bagi para UMKM, seperti:

  • 1001 Program Pelapak – Menetapkan fee rendah kepada Super Seller.
  • Kontes Pelapak Indonesia – Membekali UMKM dengan edukasi dan pelatihan pengembangan bisnis, serta mengadakan kompetisi penjualan.
  • Digitalisasi Warung (Mitra Bukalapak)- Menyediakan teknologi untuk UMKM offline.

Baca juga: Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Dengan begitu, Achmad Zaky memberikan wadah bagi pelaku UMKM untuk mendapat akses yang sama terhadap modal, dapat memanfaatkan teknologi, memanfaatkan infrastruktur, dan terhubung dengan konsumen melalui Bukalapak.

Strategi bisnis Achmad Zaky sukses membuat Bukalapak memiliki 110+ juta pengguna dan 15 juta mitra UMKM. Bahkan, marketplace ini berhasil menjadi startup unicorn dengan valuasi USD 1,5 miliar atau Rp21,9 triliun pada tahun 2017.

Baca juga: Jiwa Wirausaha: Kunci Sukses Membangun Bisnis Di Era Digital!

8. Ferry Unardi 

Nama Brand: Traveloka
Bidang Bisnis: Travel, Finansial, dan Lifestyle

Wirausahawan sukses Indonesia Ferry Unardi
Sumber: bisnismuda.id

Ferry Unardi adalah tokoh wirausahawan yang sukses dengan startup Traveloka. Kisah bisnis Ferry bermula sejak semester satu perkuliahannya Harvard, dimana Ia menjajal bisnis jual beli tiket pesawat terbang.

Hal tersebutlah yang menginspirasi Ferry untuk membuat bisnis penjualan tiket berbasis online, dengan membuat satu platform yang bisa diakses dengan mudah dan real time oleh pengguna.

Hadirnya Traveloka merupakan solusi dari permasalahan konsumen, karena konsumen tidak perlu bolak-balik datang ke bandara atau agen penerbangan.

Di tangan Ferry, Traveloka tidak berhenti berekspansi. Misalnya, kini Traveloka juga menyediakan tiket hotel, tiket lokasi wisata, layanan finansial, hingga layanan on-demand seperti delivery makanan.

Selain itu, Traveloka berhasil menjadi startup unicorn pada 2017 dengan total investasi sebesar USD 1,2 miliar atau setara Rp17,7 triliun!

Nah, terdapat beberapa kunci sukses lainnya yang dilakukan Ferry Unardi dalam Traveloka, yaitu:

  • Berinvestasi besar pada aset teknologi, seperti membuat website dan aplikasi.
  • Bermitra dengan banyak pihak, seperti maskapai penerbangan, lokasi wisata, hotel, dan lainnya.
  • Memperluas networking untuk mendapatkan investasi.

Baca juga: Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Tips Menjalankannya

Karena berbasis online, Traveloka mencatatkan total kunjungan website 12,8 juta per bulan. Kebayang seberapa besar transaksi yang terjadi di website Traveloka?

Tak heran, dengan strategi bisnis tersebut, Ferry menjadi pengusaha sukses di Indonesia dan masuk ke daftar Forbes 30 Under 30 pada 2016.

Download Ebook Gratis: 30+ Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Melalui Website]

9. Andre Soelistyo 

Nama Brand: GoTo
Bidang Bisnis: Layanan On-Demand, Ecommerce, Transportasi, Finansial, dan Lifestyle

Andre Soelistyo tokoh wirausahawan yang sukses
Sumber: bloomberg.com

GoTo adalah startup hasil merger dua startup terbesar di Indonesia, Gojek dan Tokopedia. Keberhasilan GoTo tidak lepas dari tangan wirausahawan sukses Andre Soelistyo.

Awalnya, Andre Soelistyo merupakan Presiden Gojek, yang berperan membangun pondasi perkembangan dan pertumbuhan jangka panjang Gojek. Lalu pada 2019, Andre ditunjuk sebagai Co-CEO Gojek, kemudian pada 2021 didapuk sebagai CEO GoTo.

Dibawah kepemimpinan Andre, GoTo berhasil memberikan kombinasi layanan on-demand, ecommerce, dan finansial sekaligus ke para konsumen.

Keberhasilan tersebut membuat nilai valuasi GoTo mencapai USD 18 miliar. Hingga 2020, GoTo berhasil mencatatkan nilai transaksi hingga USD 22 miliar atau setara dengan Rp319 triliun pada 2020.

Dengan kesuksesan tersebut, Andre Soelistyo masuk ke dalam daftar Bloomberg 50 sebagai tokoh wirausahawan sukses di Indonesia. Bahkan, Bloomberg menyebutkan bahwa merger GoTo setara dengan Amazon.com, DoorDash, Netflix, PayPal, dan Uber jika bergabung!

Baca juga: Cara Membangun Startup dan Tips untuk Mengembangkan Startup

10. Amanda Susanti

Nama Brand: Sayurbox
Bidang Bisnis: Ecommerce

kisah wirausahawan sukses Amanda Susanti
Sumber: thephrase.id

Kisah wirausahawan sukses terakhir yaitu Amanda Susanti, founder Sayurbox, sebuah startup ecommerce di bidang pangan. Amanda berhasil mengambil peluang beralihnya metode belanja kebutuhan pokok secara online. 

Amanda sukses menjadikan Sayurbox sebagai solusi bagi kesulitan utama para petani, yaitu memutus rantai pasok yang panjang

Awalnya, para petani tidak memiliki akses langsung ke pasar, melainkan harus melalui beberapa tahapan pengepul atau tengkulak. Sehingga, harga sayur mayur menjadi melambung dan di sisi lain harga yang ditawarkan ke petani pun terpaksa ditekan.

Nah, Amanda menggunakan teknologi untuk memangkas alur penjualan tradisional tersebut. Sehingga, proses dari petani ke konsumen dapat langsung terjadi, dan distribusi sayur mayur pun menjadi lebih cepat.

Win-win solution bagi konsumen dan petani, bukan?

Pada awal kemunculannya, Amanda mempromosikan Sayurbox hanya melalui media sosial. Tetapi, karena permintaan terus meningkat, maka Sayurbox upgrade ke website dan aplikasi.

Namun, Amanda sempat menghadapi tantangan yang sempat dihadapi. Misalnya, tidak memiliki pendanaan, UI UX aplikasi yang kurang memuaskan, server sering down, dan sebagainya.

Untungnya, Amanda mampu melewatinya, hingga kini Sayurbox setidaknya memiliki 1000 pesanan per hari. Pesanan tersebut dipasok dari 300 mitra peternakan dan petani lokal untuk 50.000 pelanggan. 

Baca juga: Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

Siap Menjadi Tokoh Wirausahawan Sukses Selanjutnya?

Memiliki bisnis yang sukses merupakan keinginan semua wirausahawan. Itulah kenapa mempelajari tokoh wirausahawan sukses adalah langkah penting.

Jika dilihat, masing-masing pebisnis sukses memiliki caranya sendiri untuk mengembangkan bisnis. Nah, di era digital seperti saat ini, cara yang paling banyak ditempuh dan terbukti manjur adalah go online. Kopi Kenangan, Dekoruma, dan Sayurbox adalah contohnya. 

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk mendukung bisnis tersebut, mulai media sosial hingga website dan aplikasi. Namun, kalau bisnis makin berkembang dan permintaan produk semakin banyak, website adalah platform yang paling direkomendasikan

Tak sekadar punya website, Anda harus memastikan konsumen bisa mengaksesnya 24 jam penuh dengan dukungan hosting yang baik. Dan agar Anda tidak mengalami permasalahan seperti Sayurbox, dimana server website sering down, Anda membutuhkan hosting yang tepat.

Nah, Niagahoster menyediakan layanan Unlimited Hosting Niagahoster dengan uptime server 99,98%! Artinya, website bisa diakses tanpa khawatir sering terjadi down yang mengganggu proses bisnis.

Performa website Anda juga akan ngebut dengan fitur LiteSpeed Enterprise sebagai web server yang cepat. 

Dengan segala keunggulan tersebut, Anda bisa membuat website bisnis mulai dari Rp26 ribu saja! Jadi, tunggu apa lagi?

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published.