Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

41 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh 2023

15 min read

cara mendapatkan uang dari internet

Internet bukan hanya sebatas ladang informasi dan sarana berkomunikasi. Kini, internet sudah menjadi tempat sejuta potensi untuk mencari cuan tambahan. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. 

Ingin mencoba peruntungan dengan cara menghasilkan uang di internet?

Artikel ini akan membantu Anda memilih cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula, yang tentunya bisa Anda jalankan sesuai dengan skill dan preferensi Anda. Penasaran, ‘kan? Yuk langsung simak artikelnya!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Cuan!

Bagi Anda yang baru memulai, ini 10 cara menghasilkan uang dari internet untuk pemula yang bisa Anda coba dahulu:

  1. Membangun Bisnis Undangan Digital
  2. Menjual Hasil Karya Foto Digital
  3. Menawarkan Jasa Titip
  4. Bergabung dengan Program Afiliasi
  5. Membuka Toko Online
  6. Menghasilkan Uang dari Blog
  7. Berjualan Software di Internet
  8. Membangun Channel YouTube
  9. Memulai Bisnis Dropship
  10. Jual Beli Domain

Eits, masih ada banyak cara lainnya loh! Selain untuk dapat duit dari Internet, beberapa cara yang kami bahas juga bisa dilakukan bagi Anda yang sedang mencari ide usaha rumahan. Yuk langsung meluncur ke bawah!

1. Membangun Bisnis Undangan Digital

Contoh undangan pernikahan online Makna Wedding

Membangun bisnis undangan digital menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Sebab, perkembangan teknologi membuat banyak orang mulai beralih dari undangan cetak ke undangan online.

Tak perlu khawatir, Anda tidak perlu memiliki skill teknis yang mendalam tentang pengembangan website untuk memulai bisnis ini. Membuat undangan online itu mudah kok. Saat ini, tersedia berbagai website builder dan template yang bisa membantu Anda membuat website hanya dengan beberapa langkah saja.

Untuk menarik perhatian calon konsumen, coba kustomisasi website dengan berbagai tampilan desain, fitur interaktif, hingga navigasi yang intuitif. Dengan begitu, Anda bisa menawarkan katalog undangan digital yang unik.

Biasanya, penentuan harga pada bisnis ini disesuaikan pada tingkat kesulitan pembuatan website dan berbagai fitur unggulan yang dipasang di website undangan.

CTA banner web hosting

2. Menjual Hasil Karya Foto Digital

Menjual karya foto digital merupakan cara dapat uang dari internet yang baik

Tak perlu menjadi fotografer profesional, pemula pun bisa menjual hasil jepretan mereka ke tempat jual foto online seperti Shutterstock, 500px, dan Virtual Society. Platform tersebut akan membayarkan royalti ke fotografer ketika seseorang mengunduh foto yang diupload. 

Cara lainnya, Anda bisa menjual foto digital karya Anda di website pribadii lho. Cukup install plugin WordPress seperti Sell Media, Anda sudah bisa membuat website stock foto sendiri.

3. Menawarkan Jasa Titip

tampilan website bisnis jastip untuk mendapatkan penghasilan dari internet

Sesuai namanya, melayani jasa titip berarti Anda membelikan produk sesuai permintaan atau titipan konsumen. Anda bisa memotret suatu produk di toko dan menawarkannya melalui media sosial. Kalau calon konsumen tertarik, Anda tinggal membeli produk tersebut untuk mereka. 

Bagaimana jastip bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet? 

Memang sih, barang yang dibeli dari jastip harganya lebih mahal. Tapi, konsumen tetap mau membelinya karena lebih praktis. Tak perlu mengantre lama di toko hingga berebutan dengan pembeli lainnya. 

Apalagi, banyak konsumen yang terkendala metode pembayaran dan ongkos kirim yang besar. Tak heran, layanan jastip dalam maupun luar negeri banyak dicari oleh calon konsumen.

4. Bergabung dengan Program Afiliasi

program afiliasi niagahoster

Cara mendapatkan uang dari internet yang pertama adalah dengan mengikuti program afiliasi. Nah, afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda mempromosikan produk atau jasa perusahaan lain. Imbalannya, Anda akan mendapat komisi saat ada orang yang melakukan pembelian dengan menggunakan link atau kode referral milik Anda.

Langkah pertama untuk menjadi afiliator adalah dengan mendaftar sebuah program afiliasi dulu. Di luar negeri, salah satu program yang populer adalah Amazon Affiliates. Di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Niagahoster tanpa biaya pendaftaran.

Setelah mendaftar, Anda bisa membagikan banner atau kode referral dan akan mendapat komisi hingga 70% dari total penjualan. Beginilah ilustrasi sederhana cara kerja affiliate marketing:

cara kerja program afiliasi niagahoster

5. Membuka Toko Online

website toko online langsung jadi

Membuat toko online bisa menjadi cara mencari uang di internet yang efektif. Terutama, jika Anda memiliki produk barang yang berkualitas. Berbeda halnya ketika Anda menjual produk secara offline dengan pasar terbatas. Toko online juga menawarkan jangkauan audiens yang lebih luas. Selain itu, biaya pengelolaan toko online jauh lebih kecil. 

Toko online yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. adorableprojects.co.id milik Fajar dan Ira contohnya. Dengan modal awal Rp182 ribu, omzet bisnisnya mampu menembus 500 juta rupiah per bulan.

Untuk bisa mengikuti jalan sukses Fajar dan Ira, Anda perlu membuat toko online terlebith dahulu. Kami menyarankan Anda menggunakan platform WordPress dan juga plugin WooCommerce. ahap selanjutnya, lakukanlah pengaturan toko online, mulai dari menentukan jenis pembayaran yang diterima hingga aturan pengiriman barang.

Setelah itu, tambahkan produk yang Anda jual, lengkap dengan deskripsinya. Untuk memudahkan pembeli, Anda juga dapat mengaturnya dalam beberapa kategori. Selain itu, perhatikan kelengkapan fitur toko online seperti payment gateway dan halaman promo untuk meraih kesuksesan dengan cepat.

6. Menghasilkan Uang dari Blog

Menggunakan food blog sebagai cara menghasilan uang dari internet dengan mudah

Blogging adalah salah satu cara mendapatkan uang di internet tanpa modal yang paling populer. Biasanya, orang-orang yang akan membangun blog mengawalinga dengan memilih niche. Anda bebas ingin menulis topik apa pun, kok. Bisa tentang makanan, travelling, kecantikan, hingga otomotif. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat blog yang menghasilkan uang. Anda bisa menambahkan link afiliasi di postingan, memasang iklan, menulis postingan tentang produk endorse, sampai menjual merchandise. 

7. Berjualan Software di Internet

Cara mendapatkan uang dari internet dengan berjualan software di Apple Store

Memiliki kemampuan coding yang oke? Manfaatkanlah keahlian tersebut sebagai cara mendapat uang dari internet tanpa modal. Berbekal laptop yang Anda miliki, Anda bisa mulai cari uang online dari rumah. 

Ngomong-ngomong soal cara dapat uang dengan cepat lewat skill coding, yang paling efektif adalah mengunggah aplikasi yang Anda buat ke Google Play Store atau App Store. 

Meski terdengar sedikit kontraintuitif, membagikan aplikasi secara gratis itu lebih mendatangkan cuan daripada menjual aplikasi berbayar. Sebab, aplikasi gratis akan memudahkan Anda menjaring pengguna. Setelahnya, Anda tinggal melakukan upselling dengan menyisipkan fitur-fitur premium ataupun iklan untuk meraih untung.

8. Membangun Channel YouTube

Anda mengenal Ryan Kaji? Anak berusia 8 tahun ini menduduki ranking pertama dalam YouTube Top Earners. Tak kurang dari $26 juta ia hasilkan di tahun 2019. Wow!

membangun channel YouTube bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube seperti Ryan? Pertama-tama, channel Anda harus fokus pada sebuah niche untuk membangun audiens yang kuat dan loyal. Pilih topik seperti tutorial makeup, streaming game, review produk, atau topik lain yang diminati oleh banyak orang. 

Buatlah judul yang menarik perhatian tapi bukan click-bait. Lalu, selipkan keyword yang ditargetkan di deskripsi untuk optimasi postingan di hasil pencarian YouTube. Setelah mencapai 1000 subscriber, barulah Anda bisa monetisasi channel dengan menambahkan iklan. 

9. Memulai Bisnis Dropship

ilustrasi menjadi dropshipper di platform shopee

Yang satu ini menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa perlu modal. Berbekal handphone dan internet, Anda sudah bisa memulai bisnis dropship.

Dropship adalah model bisnis di mana Anda menjual sebuah produk ke konsumen tanpa perlu memikirkan penyimpanan stok barang. Sebab, supplier lah yang akan mengirimkan produk ke konsumen atas nama Anda. 

Meskipun margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, hasilnya cukup menjanjikan. Salah satu contohnya adalah Marc Chapon yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih $150.000 dalam waktu hanya tiga bulan.

Nah, kalau Anda tertarik, berikut ini cara menjadi dropshipper yang sukses dalam beberapa langkah:

  • Menentukan produk apa yang akan dijual (elektronik, kosmetik, dan lain-lain).
  • Mencari supplier dengan reputasi baik.
  • Menentukan sarana berjualan (marketplace, website, atau media sosial).
  • Membangun brand Anda sendiri dan mempromosikannya.

10. Jual Beli Domain

Bisnis jual beli domain bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang efektif

Manfaat domain untuk bisnis ada banyak, salah satunya untuk strategi branding. Makanya, banyak perusahaan yang rela menggelontorkan banyak uang demi mendapatkan nama domain ideal. Namun, ada juga yang mengeluarkan sedikit uang dengan memanfaatkan promo domain.

Inilah yang sering dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan melalui bisnis jual beli domain atau domain flipping. Tak tanggung-tanggung, sebuah domain bisa dijual berkali-kali lipat seperti yang terjadi pada voice.com. Harganya tembus $30juta!

Untuk mencoba cara dapat uang cepat yang satu ini, Anda bisa membelinya di penyedia domain terlebih dahulu seperti Niagahoster. Kemudian menampilkan informasi for sale di website dengan domain tersebut. Cara lainnya, Anda bisa coba jual domain di Sedo.

Untuk mendapatkan keuntungan berlipat, inilah tips melakukan domain flipping:

  • Pilih kategori tertentu yang Anda pahami. Misalnya, teknologi atau real estate.
  • Pikirkan nama yang memiliki nilai jual tinggi sebelum membelinya.
  • Cek ketersediaan domain dengan ekstensi berbeda-beda.
  • Pertimbangkan harga saat membeli nama domain yang potensial.
  • Promosikan penjualan Anda menggunakan berbagai media.

11. Membuat Kursus Online

Menghasilkan uang dari internet-bisa dengan membuka kursus online

Kalau Anda ahli dalam suatu bidang, Anda bisa memonetisasi pengetahuan tersebut dengan membuka kursus online. Anda bisa menjual rangkaian kursusnya di Udemy atau Coursera. Kalau sudah memiliki audiens sendiri, Anda bisa mengunggah kursusnya ke website.

Untuk membuat website kursus online, Anda bisa memilih platform WordPress dan menginstall plugin LMS. Fitur-fitur yang ditawarkan plugin ini antara lain penataan kursus, pembuatan quiz, pengelolaan pembayaran, dan lain-lain.

12. Menjadi Social Media Influencer

Anda mungkin tidak menyadari bahwa menjadi influencer, terutama di media sosial, merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang ampuh. Sesuai namanya, influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk berkat keahlian atau reputasinya.

Faktanya, 80% perusahaan bersedia membayar seorang influencer karena cara tersebut dianggap efektif. Jika seseorang sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau, tak jarang pebisnis akan mengajak kerja sama untuk memasarkan suatu produk.

Untuk menjadi seorang Instagram influencer, Anda bisa membangun personal branding Anda sendiri dan mencapai sukses di niche tertentu, seperti yang ditunjukkan Ucita Pohan, seorang Instagram fashion dan beauty influencer.

Tak hanya lewat Instagram, kalau Anda ingin menjadi social media influencer seperti Ucita Pohan, Anda bisa melebarkan sayap di platform lain seperti TikTok lho.

Saat ini TikTok juga menjadi salah satu channel yang sedang naik daun dengan jutaan pengguna. Itulah mengapa, Anda juga bisa mencoba untuk cuan dari TikTok dengan menjadi influencer.

Memilih menjadi social influencer merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang potensial

13. Membuka Jasa Online Coaching

Membuka jasa coaching online bisa menjadi cara dapat uang dengan cepat

Menerapkan cara menghasilkan uang dari internet tidak harus bermodal barang, lho. Anda juga bisa menawarkan jasa atau keahlian Anda seperti mengajar. Online coaching adalah upaya berbagi ilmu secara online. Ada banyak ilmu yang bisa anda bagikan, dari mata pelajaran sekolah, tutorial, hingga tips dan trik bisnis.

Sesi mengajar dalam online coaching bisa dilakukan melalui video call menggunakan WhatsApp atau Skype. Cara lainnya adalah mengadakan live streaming khusus anggota di website Anda.

Kalau tertarik menjalankan cara dapat uang dengan cepat yang satu ini, ada dua pilihan yang bisa Anda ikuti: bergabung ke platform mengajar online seperti KelasKita.com atau memanfaatkan website pribadi Anda. 

14. Menawarkan Keahlian Desain Grafis

Mewujudkan sebuah konsep menjadi tampilan visual yang menarik tidaklah mudah. Oleh karena itu, keahlian seorang desainer grafis sangat dibutuhkan, terutama untuk tujuan bisnis. 

Untuk menjual desain karya Anda, membuat web portofolio yang baik sangat direkomendasikan. Tujuannya untuk memudahkan klien melihat karya Anda dan langsung menghubungi Anda jika ingin melakukan kerja sama. 

Untuk melakukan upaya promosi, Anda bisa menggunakan media sosial atau bergabung ke beberapa platform freelance untuk memudahkan klien menemukan Anda.

15. Menjadi Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance adalah cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal yang menjanjikan. Salah satu alasannya yaitu, 91% perusahaan menggunakan strategi content marketing untuk menjangkau konsumen mereka agar dapat meningkatkan penjualan produk. 

Peran penulis menjadi sangat diperlukan mengingat kebutuhan memproduksi konten yang berkualitas terus meningkat. Untuk menjadi freelancer, Anda bisa bergabung menjadi anggota situs freelance seperti Sribulancer atau Projects.co.id. Lalu, Anda pilih saja tawaran pekerjaan yang sesuai dan lakukan bid. 

Menjadi penulis freelancer merupakan cara dapat uang dengan cepat

Namun, promosi di platform freelance saja belum cukup. Anda juga perlu membuat web portofolio untuk memajang karya terbaik Anda. Jika klien tertarik dengan kemampuan Anda, mereka akan menghubungi melalui kontak yang telah Anda sediakan di portofolio tersebut. 

16. Bergabung ke Platform Survei Online

cara mendapatkan uang dari internet melalui website survey online

Cukup menjawab beberapa pertanyaan mudah, Anda sudah bisa menambah penghasilan dari internet. Bergabung ke online survei memang menjadi cara mendapatkan uang dari hp untuk pemula yang mulai digemari.

Saat ini, kian banyak perusahaan yang membutuhkan survei untuk mengukur indikator kepuasan pelanggan dan mendapatkan berbagai data untuk pengembangan produk. Artinya, online survey akan tetap dibutuhkan.

Untuk mulai mendapatkan uang dari internet dengan cara ini, Anda bisa bergabung ke platform survei seperti YouGov Indonesia dan OpinionWorld. Jumlah pendapatannya tergantung platform yang Anda pilih. Nantinya, Anda juga bisa memilih bentuk pembayaran berupa cash atau voucher belanja.

17. Menjadi Tester Website

Menjadi tester website merupakan cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan

Pernah terpikir untuk menjadi tester website sebagai cara menghasilkan uang dari internet? Yap, tester website adalah seseorang yang melakukan pengujian pada website, baik sebelum diluncurkan secara online maupun untuk tujuan pengembangan.

Saat ini, banyak platform yang bersedia membayar Anda $10-$60 tiap melakukan pengujian website. Beberapa contohnya adalah User Testing dan Trymata. Platform tersebut memiliki klien dengan nama besar seperti Adobe, Microsoft, hingga Facebook.

Untuk dapat uang dengan cepat lewat cara yang satu ini, Anda bisa daftar ke salah satu platform dan menjalani tes yang diberikan. Berbeda dengan survei online, Anda hanya bisa memulai website testing setelah lolos uji kemampuan. Jadi, kalau Anda paham tampilan website bagaimana yang terlihat bagus, cara ini layak untuk dicoba. 

18. Berjualan eBook

berjualan ebook bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet

Berbekal keahlian di bidang tertentu dan kemampuan menulis yang baik, Anda bisa membuat ebook sendiri lalu menjualnya. Saat ini, ebook menjadi populer hingga banyak toko buku konvensional yang sudah mulai menyediakan buku versi digital melalui website resmi. Contohnya, Gramedia.

Itulah mengapa, berjualan ebook bisa menjadi cara menghasilan uang dari internet yang menjanjikan. Memangnya, berapa sih yang bisa didapatkan dari berjualan ebook? Seorang penulis bisa mendapatkan hingga $2000 dari penjualan produk digitalnya di Amazon saja. Luar biasa!

19. Menjual Kerajinan Tangan Online

Berjualan kerajinan tangan secara online bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet

Jika Anda memiliki keahlian menciptakan produk kerajinan yang berkualitas, jangan ragu mencoba cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini. Supaya semakin yakin, contoh sukses dari cara ini adalah Aling Nur Naluri. Aling mendirikan Rancange yaitu usaha kerajinan berbahan sampah yang sudah menjangkau pasar Eropa dengan omset Rp40 juta/bulan, lho. 

Supaya bisa bersaing seperti Aling, pastikan produk Anda unik dan berkualitas. Selanjutnya, Anda bisa mulai menjual produk Anda. Baik dengan membuat website toko online, bergabung ke marketplace, atau menggunakan media sosial.

Jika menggunakan media sosial, buatlah konten yang menarik dan siapkan budget untuk beriklan. Membuat Facebook ads merupakan salah satu strategi yang mampu memberikan hasil yang baik untuk meningkatkan penjualan. 

20. Menjual Tema dan Plugin WordPress

Menjual tema dan plugin WordPress di Themeforest bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet

Web developer adalah profesi dengan skill coding yang cukup potensial digunakan sebagai cara mendapatkan uang dari internet. 

Tidak hanya melalui jasa pembuatan website, Anda bisa juga menjual tema dan plugin website WordPress. Bahkan, berjualan tema WordPress bisa mendatangkan keuntungan hingga $1 juta hanya dari satu marketplace saja!

21. Mendapatkan Uang dari Subtitling/Transcription

Transcripting/subtitling bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet karena makin banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Misalnya, ketika perusahaan melakukan promosi produk lewat talkshow dan membutuhkan versi teks untuk tujuan publikasi di website.

Transcription adalah proses untuk mengubah percakapan dalam bentuk audio/video menjadi teks. Jika perubahan tersebut dilakukan dengan bahasa yang berbeda maka disebut subtitling. Untuk dapat uang dengan cepat lewat cara ini adalah bergabung menjadi freelancer di platform seperti Tujju dan Rev.

22. Menjadi Proofreader

Menjadi proofreader merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang menguntungkan

Jumlah orang yang membutuhkan jasa proofreading terus meningkat, terutama di berbagai situs freelancer seperti Freelancer.co.id. Nah, proofreading adalah proses pengecekan kesalahan pada sebuah dokumen agar siap diterbitkan. 

Berbeda dengan proses edit yang lebih kompleks, proofreading lebih banyak fokus pada typo, format penulisan dan tata bahasa. Jadi, jika Anda memiliki ketelitian dalam melakukan koreksi sesuai standar penulisan yang baik, Anda bisa mencoba pekerjaan ini.

23. Mengikuti Kontes Desain Online

Mengikuti kontes desain bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet yang baik

Punya kemampuan desain yang baik dan ingin adu skill dengan desainer lain? Beberapa platform menggelar berbagai kontes desain yang bisa Anda ikuti jika ingin dapat uang dengan cepat. 

Beberapa website sering mengadakan kontes adalah 99designs, LogoMyWay, dan DesignCrowd. Bahkan beberapa kontes yang diadakan LogoMyWay memungkinkan Anda mendapatkan uang hingga $1000 dari satu kontes saja.

Untuk mengikuti sebuah kontes, Anda bisa mendaftar ke salah satu platform yang dituju dan lampirkan portofolio. Pilih kontes yang ingin Anda ikuti dan terbuka untuk umum. Kirimkan karya sesuai format yang diminta dan tunggu hasil penentuan pemenangnya.

24. Menjadi Freelancer Data Entry

Menjadi freelancer data entry merupakan cara dapat uang dengan cepat

Pilihan cara menghasilkan uang dengan cepat melalui data entry cukup banyak, mulai yang perlu keahlian khusus hingga yang sederhana. Salah satu contohnya adalah captcha entry dimana Anda akan diminta mengerjakan captcha untuk digunakan pada sebuah website.

Kami merekomendasikan captcha entry sebagai pekerjaan sampingan saja karena hasilnya tidak sebesar beberapa cara yang lain. Namun, tanpa kualifikasi khusus, pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja dari rumah. 

Caranya, Anda cukup bergabung ke salah satu platform seperti 2captcha dan mulai mengerjakan data entry sesuai waktu yang Anda inginkan. Uang yang dihasilkan dari 1000 captcha bisa mencapai $1 yang akan masuk ke akun PerfectMoney yang didaftarkan.

25. Menawarkan Jasa Rangkai Kata

Jasa Rangkai Kata mulai populer sebagai cara mendapatkan uang dari internet

Lewat salah satu postingan di Twitter, seorang penulis buku kenamaan Zarry Hendrik, mengenalkan jasa rangkai kata miliknya yaitu Kapitulis. Zarry menawarkan jasa membuat caption untuk media sosial, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. 

Kenapa cara mendapatkan uang di internet yang unik ini masuk ke dalam daftar kami? Sebab, penghasilan dari jasa rangkai kata cukup fantastis, hingga Rp40juta dalam satu bulan! Jadi kalau Anda punya skill copywriting, Anda bisa mengikuti jejak sukses Zarry dan mendapatkan penghasilan dari internet. 

Untuk memulai cara ini, tentu Anda harus memiliki reputasi online yang baik dan mampu menunjukkan kemampuan Anda. Selanjutnya, tentukan siapa yang akan menjadi target pasar Anda, bisa pribadi atau bisnis. Lalu, manfaatkanlah website dan media sosial Anda untuk mulai melakukan promosi. 

26. Menjadi Social Media Manager

Melakukan pekerjaan sebagai social media manager bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet

Kemampuan mengelola akun media sosial bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet lho. Yaitu, dengan menjadi seorang social media manager.

Seperti Anda tahu, media sosial berperan penting dalam membangun reputasi online dan meningkatkan penjualan produk. Tak heran, banyak perusahaan maupun sosok penting yang menunjuk seorang manajer mengelola akun resmi mereka. 

Tanpa perlu mengeluarkan modal, Anda bisa bergabung ke platform freelance dan menawarkan jasa pengelolaan akun media sosial. Jika ingin tampak lebih profesional, bangunlah web portofolio dan tunjukkan klien yang pernah Anda tangani untuk membangun reputasi Anda sebagai social media manager.

27. Mendapatkan Uang dari Podcasting

podcasting merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan

Seperti halnya blogging, podcasting memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan, sponsor, afiliasi, donasi, dan lainnya. Berbeda dengan blog yang berupa konten tulisan, podcast adalah konten audio dengan format mirip dengan radio yang bisa diakses secara online. 

Kalau ingin mencoba membuat podcast, Anda bisa membuat website WordPress dan memasang plugin podcast seperti PowerPress. Kemudian, tinggal hubungkan  saja ke platform seperti Spotify for Podcaster atau Google Podcasts. 

28. Menekuni Cryptocurrency

Menekuni bisnis Cryptocurrency bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang cepat

Anda tentu tahu cryptocurrency, bukan? Benar, mata uang kripto memudahkan transaksi online menggunakan uang digital. Nah, karena dianggap sebagai mata uang masa depan, cryptocurrency bisa dimanfaatkan sebagai cara menghasilkan uang lewat internet. 

Bagaimana sih cara mendapatkan penghasilan dari cryptocurrency?

  • Pertama, Investasi. Anda bisa membelinya dan menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. 
  • Kedua, Mining. Proses ini dilakukan menggunakan komputer untuk memverifikasi transaksi yang terjadi di jaringan cryptocurrency. Jika berhasil, Anda akan mendapat imbalan. 
  • Ketiga, Trading. Apabila ada peluang dapat untung dari menjual cryptocurrency, Anda bisa langsung melakukannya.

29. Menjadi Customer Service Online

mendapatkan uang dari internet dengan menjadi customer service online

Tahukah Anda bahwa menjadi seorang customer service online bisa menjadi cari dapat duit dari internet yang menjanjikan? 

Faktanya, kemudahan komunikasi dan maraknya bisnis online menyebabkan kebutuhan akan customer service freelance meningkat. Terutama mengingat kepuasan pelanggan merupakan kunci dari keberlangsungan bisnis.

Di Indonesia, permintaan untuk jasa ini memang masih belum banyak. Namun, tak jarang pebisnis online yang mencari customer service freelance melalui platform seperti freelancer.co.id.

30. Membuat Situs Berlangganan (Membership Site)

Ada beragam cara mendapatkan uang dari internet berbekal skill yang Anda miliki. Salah satunya adalah membuat situs berlangganan.

Sebuah situs membership memuat banyak artikel dengan ulasan mendalam dan memberikan preview kepada pengunjungnya. Jika ingin membaca lebih lengkap, pengunjung harus berlangganan terlebih dahulu. 

Contoh situs membership adalah website miliki YosefArdi. Sebuah situs tentang Indonesia yang berbahasa Inggris. Untuk mendapat akses ke semua artikel barunya, pengunjung harus membayar Rp1 juta per bulan. 

Membuat situs berlangganan potensial untuk dijadikan cara mendapatkan uang dari internet

Kalau ingin membuat situs membership, cukup pasang saja plugin membership di website WordPress Anda. Beberapa plugin membership WordPress terbaik yang bisa digunakan secara gratis adalah Ultimate Member dan Paid Membership Pro.

31. Membuka Jasa Optimasi Website

SEO adalah optimasi website agar berada di ranking atas mesin pencari dengan tujuan meningkatkan jumlah pengunjung. Bagi website bisnis, berada di posisi atas pencarian Google itu sama dengan peningkatan penjualan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan optimasi ini. Oleh karena itu, jasa optimasi website banyak dibutuhkan. 

Untuk memulai cara mendapatkan uang dari internet ini, Anda tentu harus memiliki sebuah website untuk membangun reputasi bisnis Anda. Kemudian, jelaskanlah jasa optimasi apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu klien. Lalu, tentukan harga yang kompetitif untuk masing-masing jasa Anda. 

32. Mendapatkan Uang dari Live Streaming Game

Menjadikan live streaming game sebagai cara mendapatkan uang dari internet sudah merupakan hal lazim

Anda tidak salah dengar. Hanya dengan duduk santai memainkan game dan menayangkannya secara live, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet!

Contoh sukses cara ini adalah Randy yang sudah memiliki 13 ribu follower dari streaming game DOTA 2.

Ada beberapa cara mendapatkan uang dengan cepat dari live streaming game:

  • Donasi. Anda bisa mendapatkan donasi dari subscriber Anda melalui PayPal dan lainnya.
  • Afiliasi. Sebagai bagian dari Amazon, menjual barang melalui Amazon Affiliates bisa menghasilkan komisi untuk Anda. 
  • Sponsor. Jika ada pihak sponsor yang tertarik, Anda bisa saja ditunjuk sebagai influencer untuk memasarkan produk mereka.
  • Penjualan Merchandise. Anda bisa membuka toko online Anda sendiri dengan beragam merchandise yang unik. 

33. Menciptakan Jingle

Menciptakan jingle bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan instan

Jika Anda memiliki kemampuan menciptakan lagu dan musik yang enak dinikmati, menciptakan jingle promosi produk bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari internet. Karena merupakan karya seni yang eksklusif, pendapatan yang Anda terima bisa sangat besar.

Contoh nyata cara ini adalah Sarah Hughes. Musisi perempuan ini mendapatkan hingga £92.000 dalam setahun dari menciptakan jingle. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet dengan membuat jingle, pamerkan saja karya Anda di website, atau gabunglah ke platform khusus musisi seperti Taxi atau platform yang lebih umum seperti Fiverr.

34. Menyewakan Space Iklan di Website

Anda pasti sering melihat “Space Iklan Disewakan” pada papan baliho di berbagai penjuru kota, kan? Nah, Anda juga bisa melakukannya pada website/blog Anda, lho.

Jadi, Anda sediakan space kosong khusus di website Anda. Entah itu di halaman utama atau di dalam artikel. Lalu, Anda sewakan space tersebut untuk dipasang banner iklan.

Keuntungan dari menyewakan space iklan ini adalah Anda bebas memasang harga. Namun ingat, pastikan website/blog Anda mempunyai pengunjung yang besar dan stabil agar orang lain tertarik menyewa space tersebut. 

35. Membuat Website Lowongan Kerja

Siapa sangka, ternyata website lowongan kerja (loker) juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang banyak di internet. Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan uang dari website loker? 

Ada dua caranya: pertama, membebankan biaya pada perusahaan yang ingin memasang iklan di website loker Anda. Kedua, menerapkan biaya berlangganan bagi pengunjung agar mereka bisa melihat dan mendaftar loker tersebut.

Namun, sebelum Anda bisa menerapkan kedua cara tersebut, pastikan website loker Anda mendapatkan banyak pengunjung, ya. Sebab, website loker yang sepi akan terlihat kurang meyakinkan di mata pemasang iklan dan pencari kerja.

36. Menjadi Guru Bahasa Asing Online

Bagi Anda yang ahli bahasa asing juga bisa menjadi guru bahasa asing online. Caranya, dengan bergabung ke website seperti Learn4Good, VerbalPlanet, arau Remote.co. Nah, agar peluang Anda diterima semakin besar, sebaiknya Anda mempunyai sertifikat keahlian bahasa asing tersebut, ya!

37. Lakukan Micro Job

ilustrasi-melakukan-micro-job

Dapat uang dengan cepat melalui internet itu tak harus punya skill di suatu bidang tertentu, kok. Ada pekerjaan mudah seperti micro job atau sering disebut juga dengan micro task. Artinya, pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan keahlian khusus. Contohnya saja, pekerjaan untuk mengecek ulang hasil pencarian suatu kata kunci, mengategorikan data, hingga menerjemahkan beberapa kalimat.

Meski tak perlu skill khusus, mengerjakan micro job memerlukan ketelitian yang tinggi. Walaupun begitu, tanpa adanya modal yang besar membuat jenis pekerjaan ini masuk ke dalam daftar cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Kalau tertarik, beberapa contoh platform micro job terpopuler yang bisa Anda coba yaitu Amazon Mechanical Turk, Clickworker, dan Appen.

38. Narator Audiobook

Apakah Anda hobi membaca buku dan juga mempunyai suara yang bagus? Jika iya, cara menghasilkan uang dari internet sebagai narator audiobook ini sangat cocok untuk Anda. 

Seperti namanya, audiobook adalah buku suaranya. Jadi, alih-alih pembaca membaca bukunya, mereka mendengarkan buku tersebut. Popularitas audiobook ini semakin meningkat karena pembaca bisa melakukan aktivitas lain sembari mendengarkan.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjadi narator audiobook, Anda bisa mendaftar pada platform ACX dan mengikuti audisinya. Jangan lupa siapkan mikrofon yang berkualitas dan software untuk merekam sampel suara Anda, ya!

39. Menjadi Asisten Virtual

portofolio virtual assistant

Dengan semakin banyaknya bisnis yang dibangun, kebutuhan akan virtual assistant kian naik setiap harinya. Virtual assistant adalah individu yang menawarkan jasa pengurusan pekerjaan administrasi secara online. Pengisian data, pengelolaan email, hingga pembukuan merupakan beberapa contoh jasa yang bisa ditawarkan asisten virtual.

Jika tertarik, Anda bisa mencari lowongan sebagai asisten virtual pada website freelance seperti Upwork, Fiverr, dan semacamnya.

40. Dibayar untuk Melakukan Pencarian di Mesin Pencari

menghasilkan uang dari internet dengan melakukan pencarian di mesin pencari

Seberapa sering Anda melakukan pencarian di Google setiap harinya? Nah, kegiatan yang sudah sering Anda lakukan itu ternyata juga berpeluang menghasilkan cuan, lho.

Tinggal mendaftar pada platform Qmee, install extension-nya, dan lakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Nantinya akan ada tanda samping website dalam halaman pencarian Anda yang jika diklik akan memberikan Anda uang.

41. Dapatkan Uang dengan Menonton Video

Selain membuat video di YouTube, ternyata Anda juga bisa menghasilkan uang dari internet dengan hanya menonton video, lho. 

Video yang Anda tonton tentu saja sudah ditentukan oleh pihak yang membayar Anda. Kebanyakan video tersebut berupa iklan atau video pendek. Nah, beberapa platform terkenal yang membayar Anda untuk menonton video adalah Swagbucks dan ysense. 

Yuk, Menghasilkan Uang dari Internet Sekarang!

Ternyata banyak juga ya cara menghasilkan uang dari internet? Semoga daftar di atas bisa membantu Anda menemukan cara yang paling sesuai dengan keahlian Anda. 

O iya, meskipun Anda bisa cari uang online tanpa membangun website, memiliki website sendiri tetap merupakan pilihan terbaik. Tak hanya soal reputasi, tapi juga kemudahan dalam mengelolanya sesuai keinginan Anda. 

Nah, supaya website semakin terlihat profesional, pastikan Anda memilih layanan web hosting yang teruji kualitasnya. Sebab, tampilan website yang menarik tak ada artinya kalau hosting yang digunakan punya performa yang buruk.

Bisa-bisa website Anda malah jadi lambat saat diakses atau malah sering down. Nah, jika Anda membutuhkan layanan hosting dengan kualitas jempolan, Web Hosting Niagahoster bisa jadi pilihan.

Layanan Web Hosting memastikan akses website super gesit berkat dukungan LiteSpeed Web Server. Selain itu, website Anda juga dijamin selalu online dengan Uptime hingga 99,99%. Yang paling menarik, keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, mulai Rp23 ribuan/bulan saja! 

Tunggu apa lagi? Yuk, raih cuan dari internet bersama Web Hosting Niagahoster sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

41 Replies to “41 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Ampuh 2023”

  1. Kalau boleh tahu cara yang paling mudah dan g banyak ngeluarin biaya yang mana ya mas waryanto? btw Penulisnya sudah ngebuktiin belum ya? he he he 😀

    1. Yang paling mudah adalah cara yang sesuai minat Anda, silakan di pilih salah satu, karena setiap orang akan memiliki minat yang berbeda. Dari 11 cara, untuk biaya yang paling murah, jadi penulis artikel. Kebetulan sudah, tapi belum semua saya coba. 🙂
      Semoga berhasil. 🙂

    1. Banyak pak, dapat penghasilan di internet kini jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu 😉

  2. Sangat bermanfaat Bang,,,Baru Tau kalau di dunia internet banyak yang bisa mendapatkan uang,,,jadi tambah semangat. Kalau saya masih berkutat di Blogspot pak,,,belum merambah ke dunia internet yang lainnya

  3. Mantap nih infonya, udah coba coba di adsense dan hasilnya lumayan buat jajan hehe

  4. Artikel yang sangat bermanfaat saya telah subscribe artikel dan saya sangat menghargai jerih payah anda yang telah membuat artikel ini saya tahu betul bagai mana membuat sebuah postingan seperti ini , kunjungi saya jika anda tidak keberatan.

  5. Butuh sarannya pak , kalau untuk pelajar seperti saya bisakah saya mendapatkan uang dan bagaimana saya bisa menerima uang itu?

    1. Bisa Mas Desta, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Seperti yang sudah kami sebutkan pada daftar di artikel ini tinggal di sesuaikan mana sekiranya cara yang Mas paling minati. Seperti misalnya menjual barang dengan dropship. Terimkasih.

  6. Alhamdulillah saya sudah mempraktekkannya di blog saya dan terbukti. Saya ikut program adsense, jasa menulis artikel, dan juga jasa pasang backlink. Btw, nice share Niaga!

  7. Artikel yang ditampilkan sangat bermanfaat.. Pasti dibutuhkan ekstra kerja keras buat menghasilkan artikel seperti ini.. Salut buat penulis… Regards

  8. pengen coba nih beli domain + hosting di niaga, tapi masih ragu ragu.. kalo pengunjungnya dikit penghasilan biaya hosting ketutup ga ya dari adsense?
    sama tolong minta sarannya buat web ane bang.. https://djomin.wordpress.com

    1. AdSense memang membutuhkan proses untuk membangun dari awal.
      Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

  9. Informasi yang sangat bagus gan, tapi saat ini menjadi salah satu pemain games online profesional bisa dijadikan profesi yang mempunyai prospek bagus loh.

  10. Mantap nih info nya. Saya sudah buat website di NiagaHoster sejak lama, tinggal di optimasi lagi webnya biar di approve sama adsense. Semangat.

  11. Paling cepat ya jadi freelancer dan berburu kerjaan online di aneka situs freelancing seperti upworks, freelancer, fiverr, peopleperhour, warriorforum, dan lain-lainnya. Jual jasa keahlian yang kita miliki! Yang penting bisa bahasa Inggris dengan baik, minimal dalam bentuk tertulis.

  12. dari banyak cara mendapatkan uang, saya lebih suka memilih jadi dropshipper dan mitra publisher adsense blog. seru tantangannya dengan pencapaian hasil yang berbeda. kalau jadi youtuber itu susah banget ke approve karena memang lebih sulit mencari viewer dan subscribe.

  13. Terimaskaih artikelnya sangat bermanfaat, semoga saya bisa praktekin dan berhasil. oya, kok susah daftar jadi affiliat niagahoster, saya macet di password, passwordnya slalu salah…kenapa ya?tks

    1. Apakah sampai sekarang masih kesulitan?
      Jika masih, Anda dapat mengontak customer support melalui fitur live chat yang ada di niagahoster.co.id

  14. Dalam mencari uang melalui online selain dari cara cara di atas adalah kita harus rajin dan niat.

  15. Thanks min.. semangat belajar cari uang online ini. masih cari2 yang bisa jadi pasif income. Moga sukses

    1. Sama-sama, kak. Semangat untuk mengumpulkan cuan dari internet. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan skill agar potensi pendapatkan semakin meningkat. Semangat, kak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *