Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Berbagai Platform

7 min read

pengertian dan manfaat podcast untuk bisnis

Apa Anda tertarik membuat podcast? Di artikel ini, Anda akan menemukan panduan lengkap cara membuat podcast di berbagai platform. Mulai dari website Anda sendiri, Spotify, Joox, hingga Anchor.

Namun sebelum itu, Anda perlu belajar cara pembuatan konsep podcast, persiapan teknis, rekaman, hingga rilis ke publik. Supaya podcast Anda nantinya menonjol diantara yang lainnya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

Baca juga: Belajar Podcast untuk Strategi Branding

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Podcast

ilustrasi cara membuat podcast

Cara membuat podcast tak bisa sekedar rekam, edit, dan publikasikan begitu saja. Ada beberapa hal kecil yang jika dilakukan akan membantu podcast lebih stand out dari yang lainnya. Apa saja?

1. Tentukan tema dan topik podcast

Podcast memang bisa bicara soal apa saja. Tapi, alangkah lebih baik untuk fokus pada tema yang sama. Dengan begini, pendengar podcast bisa tahu konten macam apa yang Anda buat.

Untuk menentukan tema podcast, coba pikirkan hal apa yang paling membuat Anda bersemangat untuk bercerita. Bisa saja soal cerita sehari-hari yang Anda alami, tren kecantikan paling baru atau tips dan trik sukses berkarir. Jika Anda memiliki beberapa jawaban, coba tuliskan ide tersebut di selembar kertas.

Kemudian, coba pikirkan lagi. Dari sekian banyak tema, mana yang paling mungkin disukai pendengar? Itulah tema yang perlu Anda eksplor lebih lanjut ke dalam topik-topik tertentu. Hasil ekpslorasi ini kemudian bisa diplot menjadi episode-episode podcast.

2. Rencanakan konten podcast

Merencanakan konten adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpanya, podcast akan terdengar amatir karena pembahasannya tak runut.

Dalam merencanakan konten podcast, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

Konten tiap episode. Setiap baiknya selalu sinkron dengan tema besar podcast. Untuk membuat konten yang fokus, coba buat satu pertanyaan mengenai tema podcast. Misalnya, the Creative Introvert Podcast pernah mengupas pertanyaan soal How to Discover Creative Type.

Dengan begitu, episode podcast bisa fokus membahas topik yang diinginkan. Cara seperti ini juga menantang Anda untuk menjawab pertanyaan dari berbagai sisi.

Lama setiap episode. Selain topik, durasi juga ikut mempengaruhi orang untuk mendengarkan podcast. Sebelum membuat podcast sepanjang 45 sampai 60 menit, ada baiknya untuk membuat episode perkenalan sepanjang 5 sampai 10 menit.

Di episode perkenalan, Anda bisa bercerita soal alasan di balik membuat podcast dan hal apa saja yang akan dibahas di dalamnya. membangun keakraban dengan pendengar. Baru dari situ, Anda bisa mempengaruhi pendengar untuk mendengarkan podcast dengan durasi yang lebih panjang.

Storyboard atau alur pembahasan. Merekam podcast tanpa persiapan apa-apa bisa dibilang sebagai hal ceroboh. Tanpa alur yang terencana, episode podcast hanya akan menjadi panjang. Tanpa bisa menyampaikan gagasan dengan tajam.

Maka itu, coba tulis hal-hal apa saja yang perlu disampaikan. Berapa waktu yang diperlukan untuk perkenalan diri dan tema podcast? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membahas konten utama? Hal-hal semacam ini perlu lebih dulu dipikirkan.

3. Merekam podcast

Kejernihan suara di podcast tentunya penting. Maka dari itu, perlu untuk memastikan piranti yang digunakan untuk merekam berkualitas baik.

Sebetulnya, ada banyak alternatif alat untuk merekam suara. Untuk entry level, Anda bisa menggunakan microphone seharga Rp150.000-an di pasaran. Kalau Anda cukup ambisius dan ingin menginvestasikan lebih, Zoom H1N seharga sepuluh kali lipat dari entry level, bisa dipertimbangkan.

Namun, kalau Anda belum ingin membeli microphone baru, solusi lainnya adalah menggunakan ponsel pintar. Kebanyakan ponsel pintar memiliki aplikasi rekam suara yang bisa Anda gunakan. Hasil rekaman pun tak jauh berbeda dengan microphone entry level. Anda hanya perlu memastikan lingkungan saat merekam cukup tenang dan kondusif.

4. Mengedit podcast

Pembuatan podcast takkan lengkap tanpa proses editing. Di bagian ini, Anda bisa memotong bagian-bagian yang dirasa tak perlu. Seperti bagian kosong ketika berpikir atau filler, “Emmm” “Ee….”, dan sebagainya.

Selain menghapus bagian yang tak perlu, Anda juga bisa menambahkan latar musik untuk podcast. Banyak podcast memberikan latar musik di bagian pembukaan. Di bagian ini, musik yang dipakai biasanya sama untuk semua episode. Bisa dikatakan bagian ini adalah bagian branding podcast itu sendiri.

Tak hanya itu saja, menambahkan latar musik juga bisa dilakukan di tengah hingga akhir bagian. Beberapa podcast sengaja menaruh latar musik lirih untuk menyetel mood episode. Entah itu mood bersemangat, santai, ataupun sedih.

Namun, Anda tentu tak bisa sembarang menaruh musik ke podcast. Salah-salah justru karya Anda yang terkena penalti Google karena alasan hak cipta. Maka dari itu, Anda perlu memakai musik bebas lisensi untuk podcast. Untuk mengunduh jenis musik ini, Anda bisa kunjungi

YouTube Audio Library, Free Music Archive, atau Free Stock Music.

Soal software edit podcast sendiri, kami merekomendasikan podcaster pemula untuk memakai Audacity. Selain mudah untuk dipakai, software ini juga tersedia gratis bagi Mac dan Windows. Sedangkan untuk Anda yang membutuhkan fitur yang lebih pro, bisa juga gunakan Adobe Audition.

Cara Membuat Podcast di Berbagai Platform

Akhirnya sampai juga di bagian yang Anda tunggu-tunggu. Berikut cara membuat podcast di berbagai platform:

Cara Membuat Podcast di Website

1. Buat nama domain dan tentukan hosting WordPress

Hal pertama dalam cara membuat website berisi podcast, tentunya Anda butuh domain dan web hosting. Kedua hal ini bisa Anda dapatkan melalui Niagahoster. Cukup kunjung alamat website kami dan tentukan paket mana yang paling sesuai kebutuhan.

Hosting WordPress sebagai salah satu cara membuat Podcast

Paket hosting termurah, yaitu paket Bayi, bisa didapatkan seharga Rp10.000. Untuk tiga paket lainnya, yaitu Pelajar, Personal, dan Bisnis, Anda sekaligus mendapatkan domain gratis.

Terlepas soal hal teknis, Anda perlu memastikan beberapa hal sebelum menentukan nama domain. Anda perlu nama domain yang singkat, mudah diingat, dan sesuai dengan persona yang Anda ciptakan.

Cara termudah adalah dengan menggunakan nama sendiri untuk domain. Menggunakan nama sendiri cocok untuk tema-tema podcast yang sifatnya serius sampai kasual. Tema pengembangan diri, karir, dan kesehatan masih masuk dalam kategori ini.

Kalau nama sendiri terasa terlalu kaku, kata kunci yang masih berhubungan dengan tema juga bisa dipakai. Contohnya, WTFpod.com yang dibuat oleh standup comedian Amerika Serikat, Marc Maron.

2. Pilih plugin untuk podcast

Ada dua cara untuk mempublikasikan podcast di internet, yaitu lewat hosting service dan plugin. Pada panduan ini, kita akan fokus ke cara yang kedua.

Plugin digunakan untuk memudahkan Anda mempublikasikan podcast di website WordPress. Segala hal soal publikasi podcast bisa dilakukan di satu tempat. Dibandingkan dengan hosting service, di mana Anda perlu mengurus publikasi di dua tempat: website hosting itu sendiri dan website milik Anda.

Berikut kami merekomendasikan beberapa plugin podcast yang populer. Tak lupa ada ulasan singkat di setiap plugin tersebut:

Lybsyn Publisher Hub plugin WordPress dalam cara membuat podcast

Libsyn adalah penyedia hosting podcast pertama di dunia. Libsyn mulai beroperasi pada September tahun 2004, tahun yang sama saat podcast pertam kali muncul.

Untuk bisa menggunakan plugin Libsyn di website WordPress, Anda perlu lebih dulu teregistrasi di website Libsyn. Setelah itu, Anda bisa mengunggah episode podcast atau menyimpan drafnya dulu. Lewat plugin, file podcast yang Anda unggah akan tersimpan ke website Libsyn langsung. Dengan begini, kapasitas penyimpanan data website WordPress Anda tak akan berkurang.

Sayangnya, plugin ini masih ada dalam versi beta. Sehingga mungkin saja beberapa fitur belum beroperasi maksimal.

PowerPress plugi podcast untuk WordPress sebagai cara membuat podcast

PowerPress merupakan plugin keluaran podcast hosting Blubrry. Plugin ini menyediakan segala fitur yang Anda butuhkan untuk membuat dan mempublikasikan podcast.

Untuk mempublikasikan podcast, Anda hanya perlu membuat post baru di website. Post baru ini kemudian bisa diimpor ke berbagai kanal podcast seperti Apple Podcast, Google Podcast, Soundcloud, dan Spotify.

Plugin ini juga memiliki memperhatikan SEO. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir kalau-kalau podcast Anda tidak terindeks oleh Google.

Plugin Seriously Simple Podcasting WordPress

Seriously Simple Podcasting merupakan plugin yang terintegrasi dengan Castos. Dengan plugin ini, Anda bisa mempublikasikan podcast tanpa harus beranjak dari halaman website WordPress.

Plugin memungkinkan Anda membuat dua jenis podcast yang berbeda dalam satu website. Selain itu, memiliki media player yang dapat dikustomisasi tampilannya. Anda bisa juga menambahkan sampul podcast ke media player tersebut.

Untuk memaksimalkan fitur plugin satu ini, Anda bisa menginstal berbagai add-ons. Terdapat add-ons untuk menambahkan profil pembicara podcast, statistik, dan support supaya kompatibel dengan tema WordPress.

Buzzprout Podcasting plugin

Menggunakan BuzzSprout, Anda bisa menghubungkan episode podcast di server BuzzSprout ke website WordPress. Cukup tambahkan media dan klik opsi episode yang pernah diunggah ke BuzzSprout.

3. Install tema WordPress khusus untuk podcast

Tema WordPress bisa menyempurnakan website podcast Anda. Tak hanya soal tampilan yang semakin apik, secara fungsional website akan semakin user-friendly. Maka dari itu, tak salah kalau meluangkan waktu lebih untuk berburu tema WordPress yang tepat.

Demi membantu Anda, berikut kami merekomendasikan beberapa tema WordPress yang didedikasikan khusus untuk podcast. Tema-tema di bawah ini merupakan tema gratis yang tersedia di WordPress Theme Directory.

Tema Podcaster SecondLine WordPress sebagai salah satu cara membuat podcast

Podcaster Secondline merupakan tema WordPress yang ringan, elegan, dan responsif. Tema ini didedikasikan untuk menampilkan berbagai macam bentuk media. Termasuk di dalamnya adalah podcast, musik, dan video.

Tema WordPress Podcast

Podcast merupakan tema WordPress gratis. Tema ini didedikasikan untuk podcast, radio, YouTube, dan segala macam konten multimedia lainnya. Podcast memiliki tampilan yang cukup simpel. Anda bisa memilih salah satu dari tujuh warna tema bawaan.

Audioman Tema Podcast WordPress

Meski merupakan tema gratisan, Audioman memiliki fitur dan tampilan yang cukup premium. Dengan tema ini, Anda bisa membuat slider dengan gambar beresolusi tinggi (hero content). Hampir setiap bagian dapat di kustomisasi sesuai keinginan. Layout, warna, font, logo, favicon, background, media sosial, hingga CSS bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tema My Music Band WordPress

Seperti namanya, My Music Band adalah tema WordPress yang dibuat khusus untuk musisi. Tema ini mampu mengombinasikan tampilan yang simpel nan elegan dengan visual yang tajam. Dengan tampilan macam ini, website yang Anda kelola akan nampak profesional dan terurus.

Dengan My Music Band, Anda juga bisa membuat playlist dari beberapa episode podcast. Ada juga fitur testimoni yang bisa Anda aktifkan.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Berikut panduan lengkap cara membuat podcast di Spotify:

  1. Login akun Spotify Anda di Spotify for Podcasters. Jika tidak punya akun Spotify, Anda harus membuat dahulu sebelum lanjut ke langkah selanjutnya.
  2. Klik tombol Get Started. Masukkan nama Anda di kotak Your legal name, lalu centang I have read and agree… dan klik tombol Continue.
  3. Isikan URL RSS feed podcast Anda di kotak yang tersedia. Lalu, klik NEXT
  4. Masukkan alamat email Anda karena Spotify akan melakukan mengirimkan kode verifikasi. Maka dari itu, cek email Anda dan masukkan kodenya di kotak yang tersedia.
  5. Setelah terverifikasi, Anda harus memasukkan informasi lengkap tentang podcast Anda. Mulai dari negara, bahasa, hosting, hingga kategori. Jika sudah, klik Next.
  6. Cek ulang informasi yang barusan Anda masukkan. Jika semuanya sudah benar, klik Submit. Spotify akan mengecek podcast Anda secara menyeluruh dan biasanya membutuhkan waktu beberapa jam. Tapi tak jarang juga memakan waktu antara dua hingga lima hari.

Cara Membuat Podcast di Joox

cara membuat podcast di Joox

Berikut panduan lengkap cara membuat podcast di Joox:

  1. Kunjungi musicblast.id, lalu klik Sign In. Jika sudah punya akun, masukkan detail akun Anda dan klik Login. Jika belum, klik Register di bawah tombol login untuk membuat akun baru.
  2. Pilih Single jika podcast Anda hanya satu episode. Tapi, jika lebih dari satu episode, klik Album.
  3. Masukkan informasi tentang podcast Anda. Mulai dari judul, nama pembuat, tanggal rilis, bahasa, kontak, dan semacamnya. Jika sudah, klik Simpan.
  4. Anda harus mengupload cover podcast sebelum lanjut ke langkah selanjutnya. Cover harus beresolusi minimal 1440 x 1440 pixel. 
  5. Klik Store, lalu pilih Joox, dan klik Publish.
  6. Cek email Anda untuk melakukan konfirmasi. Lalu, tunggu email balasan dari musicblast yang biasanya masuk antara dua sampai tiga hari.
  7. Jika sudah mendapat email balasan dari musicblast, podcast Anda seharusnya akan terbit di Joox sesuai tanggal rilis yang Anda masukkan sebelumnya.

Cara Membuat Podcast di Anchor

Berikut panduan lengkap cara membuat podcast di Anchor:

  1. Download dan install aplikasi Anchor di smartphone Anda melalui Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.
  2. Daftar akun baru menggunakan alamat email Anda. Jika menggunakan Gmail, Anda klik saja Continue with Google.
  3. Klik I want to make new podcast untuk merekam podcast baru. Tapi, jika Anda sudah merekam podcast, klik I have podcast I want to import.
  4. Klik Record untuk mulai merekam podcast Anda. Jika ada kesalahan pengucapan atau kesalahan lain, Anda bisa memberikan penanda dengan klik Add Flag.
  5. Saat rekaman sudah selesai, klik Stop. Jika Anda ingin menambahkan music, klik Add backgroud music
  6. Klik Save untuk menyimpan podcast tersebut ke akun Anda. Jangan lupa berikan judul yang sesuai, lalu klik Add recording to episode.
  7. Klik Publish di kanan atas untuk memulai proses penerbitan podcast Anda di Anchor. Lalu, masukkan judul episode dan deskripsi singkat.
  8. Jika informasi sudah terisi semua, klik Publish Now untuk langsung menerbitkannya. Atau klik Change publish date untuk menerbitkan podcast di hari dan jam tertentu.

Langkah terakhir….

Siapkan niat! Seperti halnya blog maupun video, kesuksesan podcast tak bisa terwujud dalam semalam. Butuh waktu dan konsistensi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Namun, semoga saja panduan cara membuat podcast di atas bisa membantu Anda.

Untuk tahu lebih banyak soal channel marketing lain, baca juga Belajar Digital Marketing Lengkap untuk Pemula. Di dalamnya, kami membahas bermacam strategi marketing untuk mendekatkan Anda dengan pelanggan.

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]