6 Website Penyedia Gambar Gratis untuk Konten Website Anda - Niagahoster Blog

Melalui internet Anda bisa mendapatkan gambar gratis dengan mudah. Hanya berbekal kata kunci di mesin pencari, berbagai macam gambar akan terhampar di hadapan Anda dalam hitungan detik.

Meskipun terbilang mudah, menemukan gambar yang tepat untuk postingan website terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Aturan pertama, Anda tentu perlu menemukan gambar yang sesuai dengan tema postingan lebih dahulu. Kemudian, Anda pun tidak serta-merta bisa memasang gambar milik orang lain yang secara acak Anda temukan di internet dan memasangnya pada website. Kami tidak menyarankannya karena dalam beberapa kasus aktivitas tersebut dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hak cipta.

Agar lebih aman, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah gambar yang Anda temukan sifatnya legal dan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Hanya saja, gambar yang termasuk dalam kategori legal biasanya tersedia dengan cara berbayar atau dengan sistem royalti. Lihat saja website foto seperti Getty Images atau Shutterstock yang menyediakan stock photo berbayar. Anda hanya bisa menggunakan foto yang mereka sediakan dengan ‘membeli’ lisensi terlebih dahulu.

Anda memang akan mendapatkan gambar berkualitas sangat baik untuk postingan yang Anda terbitkan. Hanya saja, dari segi anggaran cara ini bisa jadi kurang efektif karena akan menguras rekening Anda. Bayangkan saja, satu lisensi stock photo bisa dipatok seharga jutaan rupiah!

Namun, jangan khawatir. Anda tetap bisa mendapatkan stock photo premium bebas lisensi dengan cuma-cuma. Saat ini tersedia banyak website yang menyediakan gambar gratisan yang bisa Anda gunakan untuk postingan tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya apa-apa.

Berikut ini adalah daftar website penyedia gambar gratis untuk Anda …

1. WikiMedia Commons

WikiMedia Commons adalah website pertama dalam daftar ini yang menyediakan gambar gratis untuk keperluan Anda. Ada banyak jenis gambar yang dapat Anda temukan, mulai dari tema alam sampai ilmu pengetahuan.

Anda tinggal perlu memerhatikan, ketentuan yang dibuat oleh si empunya gambar saja. Dalam banyak kasus, Anda cukup mencantumkan sumber URL dan gambar bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

2. Flickr: Creative Commons

flickr

Gambar yang tersedia dalam Flickr dilindungi oleh lisensi Creative Commons. Mirip Wikimedia Commons, ada syarat yang harus Anda penuhi agar dapat menggunakan gambar yang disediakan website ini. Beberapa di antaranya adalah persetujuan penggunaan untuk keperluan non-komersil, pencantuman sumber gambar, dan lain-lain.

3. StockPhotosforFree.com

penyedia gambar gratis

Seperti namanya, StockPhotosforFree.com menyediakan gambar premium gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk mengisi konten website atau sosial media Anda tanpa adanya risiko pelanggaran hak cipta. Menariknya lagi, website ini menyediakan beragam gambar dengan resolusi besar. Anda hanya perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum mulai mengunduh.

4. Open Clip Art

openclipart

Jika Anda tidak membutuhkan foto, Anda bisa langsung menuju Open Clip Art. Website ini menyediakan berbagai macam gambar clip art serta vector yang bisa Anda unduh secara cuma-cuma. Lebih menarik lagi, Anda juga bisa memodifikasinya sesuai keinginan.

5. Freeimages

freeimages

Hanya dengan mengetikkan keyword di kolom pencarian, Anda bisa mendapatkan gambar di Freeimages dengan mudah. Terdapat beragam kategori gambar dengan kualitas gambar tinggi yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi postingan website Anda. Mudah, bukan?

Kesimpulan

Demikian lima website penyedia gambar gratis yang kami rekomendasikan untuk Anda. Semuanya tersedia secara cuma-cuma dan Anda dapat menggunakannya sesuai keperluan website yang Anda kelola.

Untuk menghemat waktu unggah gambar dari penyedia gambar gratis, silakan ikuti tutorial cara mudah menambahkan stock foto gratis di WordPress.

Apabila Anda memiliki referensi lain, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar pada bagian bawah halaman ini. Silakan klik Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • alihamdan

    Ehem ternyata ada lagi nih yang baru, bisa lah buat penunjang. Selama ini saya taunya cuma flickr sama pixabay doang, makasih min sudah berbagi 😀

  • Gani

    6. Unsplash
    Saya biasa ambil disitu buat bahan demo theme. 😀