Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Apa Itu Shopify dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

5 min read

shopify adalah

Apakah Anda ingin memiliki toko online, tetapi tidak mengerti tentang coding dan pemrograman sama sekali? Jangan khawatir, Anda tetap bisa memiliki toko online tanpa mengerti semua itu! Bagaimana caranya? Anda bisa membuat toko online menggunakan Shopify. Shopify adalah solusi membuat toko online tanpa coding!

Shopify menawarkan shop builder yang mudah, desain toko yang beragam, sampai pengelolaan toko online melalui smartphone. Nah, di artikel ini Anda akan belajar mengenai apa itu Shopify, bagaimana cara mendaftar Shopify, hingga cara menggunakan Shopify.

Sudah tidak sabar untuk membuat toko online dengan Shopify? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Apa itu Shopify ?

Shopify adalah ecommerce web builder berbayar yang berguna untuk membuat toko online, dari manajemen produk, inventaris harga, pembayaran, hingga shipping. Platform pembuatan toko online ini cocok untuk para pemilik bisnis yang ingin membuat toko online sendiri, tapi tidak punya pengalaman coding sama sekali. 

Anda hanya perlu mendaftarkan diri di situs resmi Shopify lalu Anda bisa mulai membuat website toko online melalui dashboard yang disediakan. Shopify menyediakan dashboard yang sangat mudah dipahami untuk orang-orang awam. 

Shopify menawarkan tiga paket, Basic Shopify, Shopify, dan Advanced Shopify. Namun, Anda tidak perlu langsung membeli paket berbayar. Anda bisa memanfaatkan kesempatan trial selama 14 hari terlebih dahulu untuk mencoba, apakah Anda cocok dengan platform ini atau tidak. 

  • Basic Shopify : Meskipun biaya langganan rendah, biaya per transaksi yaitu 2%. Plan ini cocok untuk Anda yang sedang mencoba membangun toko online untuk pertama kali.
  • Shopify : Biaya berlangganannya sedikit lebih tinggi, namun biaya per transaksi lebih rendah dari Basic Shopify yaitu 1%. Plan ini cocok untuk Anda yang sudah memiliki toko online sebelumnya, tetapi ingin berpindah menggunakan layanan Shopify.
  • Advanced Shopify : Biaya berlangganan tinggi, namun Anda bisa menikmati semua fitur yang disediakan Shopify. Biaya per transaksi paling rendah di antara paket lainnya, yaitu 0,5%. Plan ini cocok untuk Anda yang benar-benar sudah memiliki bisnis yang besar. 

Berdasarkan tabel harga di atas, Anda bisa memilih plan yang paling tepat untuk membangun toko online Anda. Anda bisa berlangganan saat masa percobaan habis atau bisa berlangganan sejak awal mendaftar Shopify. 

Keunggulan Shopify

Sebelum menggunakan Shopify untuk membangun toko online, sebaiknya Anda mengetahui keunggulan-keunggulannya terlebih dahulu. Inilah keunggulan Shopify yang perlu Anda ketahui :

1. Shop Builder Mudah

Banyak yang berfikir bahwa membuat website adalah sesuatu yang sulit, Shopify hadir untuk mematahkan semua anggapan tersebut. Adanya drag-and-drop Shop Builder memudahkan pengguna untuk membangun sebuah website toko online. Semua bisa dibangun dalam satu malam saja. Mudah, bukan?

2. Tema Beragram

Desain toko menentukan seberapa unik toko online Anda dan hal ini merupakan salah satu faktor yang mendorong konsumen betah berlama-lama di toko Anda. Shopify memiliki lebih dari 100 varian tema yang bisa Anda gunakan dan modifikasi, banyaknya pilihan tema memperkecil kemungkinan risiko kemiripan tampilan toko online Anda dengan toko lain. Anda bisa memilih tema yang gratis atau berbayar, sesuai dengan anggaran Anda ya!

3. Manajemen Toko Melalui Smartphone

Untuk Anda yang suka berpergian dan tidak sempat membawa laptop untuk mengelola toko online tidak perlu khawatir, dengan Shopify Anda bisa mengelola toko online melalui smartphone. Pengelolaan tidak hanya terbatas pada menerima pesanan saja, tetapi Anda juga bisa mengunggah gambar produk, menambahkan produk ke koleksi, hingga berkomunikasi dengan staf Anda. Aplikasi Shopify tersedia di Google Playstore dan bisa Anda download secara gratis.

4. Layanan Bantuan 24/7

Anda tidak perlu khawatir jika mendapati kendala dalam penggunaan aplikasi Shopify karena Shopify menyediakan layanan selama 24 jam penuh melalui open chat, email, dan phone call. 

5. Trial Gratis 14 Hari 

Fasilitas trial gratis 14 hari memungkinkan Anda untuk mencoba Shopify sebelum berlangganan. Setelah masa percobaan habis, Anda bisa melanjutkan pembayaran untuk berlangganan dan jika Anda tidak melanjutkan untuk berlangganan, Shopify akan secara otomatis menghapus akun Anda.

Sampai pembahasan ini Anda jadi tahu tentang keunggulan Shopify dan kini saatnya Anda mengetahui cara bagaimana mendaftar Shopify.

Cara Mendaftar Shopify

Untuk menggunakan Shopify, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu di situs resminya. Tenang saja, Anda bisa mendaftar secara gratis! Ikuti langkah berikut ini untuk mendaftar Shopify : 

Langkah 1. Buka Shopify

Pertama yang harus anda lakukan adalah menuju link www.shopify.com untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan akses untuk membangun toko online. Anda bisa memulainya dengan klik “Start Free Trial”.

Langkah 2. Isi Email dan Password

Setelah klik “Start Free Trial” akan muncul form “Start your free 14-day trial of Shopify”. Anda bisa memiliki toko online di Shopify dengan masa percobaan selama 14 hari. Lengkapi data yang diminta oleh Shopify, setelah semua data terisi dengan benar, klik “Create Your Store” untuk melanjutkan langkah selanjutnya untuk membangun toko online.

Langkah 3. Isi Data Toko Online

Ceritakan sedikit tentang dirimu, kemudian klik “next” untuk melanjutkan misi anda membangun toko online. 

Langkah 4. Tambahkan Alamat Anda

Anda harus mengisi form “Add an address so you can get paid” dan pastikan masukan data sesuai dengan data diri anda, karena akan digunakan sebagai alamat bisnis default anda nanti.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Jualan Online 2019

Cara Menggunakan Shopify

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, kini saatnya Anda untuk belajar membuat toko online dan cara mengelolanya di Shopify. Ikuti langkah ini supaya Anda tahu cara menggunakan Shopify dengan maksimal: 

1. Mengenal Dashboard dan Fungsinya

Proses pendaftaran sudah selesai, kita akan lanjut ke halaman dashboard. Saya akan menjelaskan tentang tools yang tersedia di dashboard Shopify. Pada segi tampilan, dashboard Shopify memiliki penampilan yang cukup simple.

  • Home: Halaman depan untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di toko anda secara detail dan ringkas.
  • Orders: Halaman yang berisi tentang pemesanan produk yang anda miliki, di menu ini Anda bisa mengelola pesanan yang masuk, hingga status pembayaran.
  • Product: Halaman yang berisi tentang pengelolaan produk yang Anda jual, di menu ini Anda dapat mengelola produk dengan mudah. Mulai dari pembuatan kategori hingga Gift Card.
  • Customers: Di halaman Customers Anda bisa melihat informasi pelanggan Anda secara detail.
  • Analytics: Halaman ini berisikan tentang segala jenis transaksi jual beli, dari keuntungan hingga kerugian. Di halaman ini Anda juga bisa melihat laporan tentang transaksi penjualan secara detail.
  • Marketing: Di halaman ini Anda bisa merencanakan dan mengatur kegiatan marketing toko online Anda. Kegiatan periklanan akan secara otomatis terintegrasi oleh Facebook dan Google.
  • Discounts: Halaman ini khusus untuk membuat diskon produk/layanan Anda. Mulai dari memberikan promo maupun kode pembelian.
  • Apps: Halaman ini menyediakan tools untuk mengembangkan toko online Anda, tidak jauh berbeda dengan widget yang ada di WordPress.
  • Online Store: Halaman yang berisi tentang pengaturan umum seperti, penggantian tema toko, blog post, pages, navigation, domain dan preference.

2. Cara Menambahkan Produk Ke Shopify

Setelah paham isi dashboard dan masing-masing fungsi di dalamnya, Anda juga perlu belajar bagaimana cara menambahkan produk di Shopify. Ikuti langkah ini untuk menambahkan produk Anda di Shopify:

Langkah 1. Klik Add Product

Klik icon products dan kemudian Anda akan menemukan button “Add product”, klik untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Langkah 2. Isi Data Produk

Selanjutnya isi semua data yang berkaitan dengan product Anda. Pastikan berisi tentang informasi produk yang jelas dan detail demi menjaga kepercayaan dan kenyamanan konsumen Anda. Pada bagian Organization bisa Anda tambahkan tentang Product Type dan Vendor.

Langkah 3. Tambahkan Gambar

Masih di halaman yang sama, masukan gambar tentang produk Anda. “Add Image from URL” berfungsi untuk menambahkan gambar yang diambil dari situs dan “Add Images” berfungsi untuk mengambil gambar dari komputer Anda.

  • Pricing : Masukkan harga produk yang Anda ingikan. Ceklist “Charge taxes on this product” saat Anda merasa perlu membebankan pajak kepada pembeli. 
  • Collections : Anda bisa menambahkan produk Anda ke Collections yang Anda inginkan.
  • Tags : Tag bisa Anda gunakan untuk mengklasifikasikan produk Anda.

Langkah 4. Tambahkan Inventaris Produk

Masih berada di halaman yang sama, Inventory berfungsi untuk memasukan data berdasarakan kebijakan bisnis Anda. Mulai dari SKU, Barcode,dan Inventory policy.

Langkah 5. Isi Detail Pengiriman Produk

Disini Anda juga bisa mengatur detail pengiriman barang dan lainnya. Lengkapi masing-masing data sesuai dengan kebijakan bisnis Anda.

Langkah 6. Tambahkan Variasi Produk

Di Variants Anda bisa menambahkan detail tentang produk Anda, misalnya variasi dari segi ukuran, warna, dan apapun yang Anda perlukan untuk menjelaskan produk Anda. Anda juga bisa menentukan harga yang berbeda untuk masing-masing variasi yang sudah Anda buat.

Langkah 7. Optimasi SEO Produk

Optimasi SEO adalah fitur yang disediakan oleh Shopify dan SEO merupakan faktor penting untuk meningkatkan traffic toko online Anda dan Anda tidak perlu bingung dalam menentukan seperti apa tampilan setiap produk toko online Anda di mesin pencari nantinya. Untuk mengenal apa itu SEO lebih lanjut, Anda bisa membacanya di artikel 15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website

Setelah semua langkah selesai, langkah terakhir adalah menyimpan produk Anda. Pada bagian bawah pojok kanan terdapat button “Save product” untuk menyimpan produk Anda.

Perlu diketahui, semua tools yang ada di dashboard Shopify hanya akan bekerja secara maksimal ketika Anda berlangganan. Tools Orders dan Produk (Gift Card) adalah tools yang belum bisa Anda gunakan sebelum Anda berlangganan.

Baca Juga: Tutorial WooCommerce Lengkap untuk Membuat Toko Online

Sudah Siap Buat Toko Online Menggunakan Shopify?

Shopify adalah CMS toko online premium yang bisa Anda nikmati dengan maksimal saat Anda mulai berlangganan. Menggunakan Shopify untuk membangun toko online tidaklah sulit, cukup mudah dan cepat. Maksimalkan semua yang Shopify sediakan dan buatlah toko online versimu sendiri.

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 13 =