Annisa Fauziyyah Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

9 Plugin Ecommerce WordPress Terbaik untuk Toko Online

3 min read

plugin ecommerce wordpress

Plugin untuk e-commerce memegang peran vital jika Anda ingin membangun bisnis online dari nol dan terlibat dalam setiap pengoperasian website, dari mulai membuat desain toko online hingga menentukan metode pembayaran. Ada banyak plugin ecommerce WordPress saat ini. Semakin banyak opsi maka semakin luas ruang kreativitas. Sayangnya, Anda akan semakin bingung menentukan plugin mana yang akan Anda gunakan.

Tidak perlu khawatir karena di artikel ini kami akan membahas tuntas plugin ecommerce apa saja yang wajib Anda install untuk toko online Anda!

9 Plugin Ecommerce WordPress Terbaik

Salah satu kunci sukses membangun toko online adalah memilih plugin e-commerce yang pas. Populer dan berstatus terbaik belum tentu sesuai untuk Anda. Fitur, kemudahan pengoperasian, dan harga akan menjadi pertimbangan dalam memilih. Anda tentu tidak mungkin mencoba satu-satu plugin e-commerce. Untuk membantu pencarian yang Anda lakukan, berikut adalah 10 plugin e-commerce WordPress terbaik yang ada saat ini.

1. WP eCommerce

WP eCommerce adalah plugin ecommerce WordPress terpopuler. Dalam hal tampilan dan fitur, WP eCommerce memang tidak menghadirkan fitur-fitur yang unik. WP eCommerce ini mudah untuk dioperasikan karena tersedianya panduan mengenai bagaimana mengoperasikan plugin ini. Tim support WP eCommerce pun diklaim sebagai tim support yang sangat responsif dalam membantu Anda mengoptimalkan plugin ini.

Untuk mendapatkan fitur dan dukungan penuh, Anda harus membayar $499 (Rp 7,1 juta) per tahun. Bukan harga yang murah memang. Namun, jika Anda seorang pemula dan benar-benar buta soal dunia ecommerce, WP eCommerce merupakan salah satu pilihan terbaik. Beberapa fitur plugin ini adalah opsi PayPal yang beragam, SEO-ready, manajemen katalog, beragam payment gateways, marketing-ready, dan sertifikat SSL.

2. WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin ecommerce WordPress yang mendapatkan penilaian yang sangat impresif, baik dari para pelaku bisnis online maupun dari para kritikus. Bahkan, plugin ini banyak diklaim sebagai plugin terbaik ecommerce WordPress. Dengan plugin ini, website Anda akan dibuat menjadi mesin penjualan yang sempurna. WooCommerce dilengkapi beragam fitur penjualan yang beragam.

Kelebihan WooCommerce di antaranya murah dan ekonomis (cocok untuk pemilik toko online kecil-menengah), opsi penjualannya sangat beragam (produk digital, kupon, dan hal lain yang tidak biasa), sudah mendukung beragam payment gateway, dan mudah untuk dioperasikan dan dikuasai. WooCommerce ini untungnya gratis. Anda bisa membeli beragam ekstensi yang akan membuat plugin ini semakin kuat di CodeCanyon.

Baca Juga: Tutorial WooCommerce untuk Membuat Toko Online

3. Easy Digital Downloads (EDD)

Anda penjual produk digital dan tidak menjual produk fisik? Jika iya, Easy Digital Downloads (EDD) adalah plugin terbaik untuk Anda. Sesuai dengan namanya, EDD memfasilitasi download produk digital dengan mudah. Beberapa fitur tersedia di EDD adalah multiple files per download, bundle purchases, cart system, promotional code system, dan multiple payment gateways.

Toko online Anda juga akan dilengkapi beberapa tools fungsional, di antaranya refund tracking dan affiliate systems. Fitur dan tools yang ada memang dioptimalkan untuk penjualan produk digital semacam ebook dan audio musik. Anda bisa menggunakan beragam perpustakaan ekstensi yang dipenuhi beragam addon. Melalui EDD, toko digital yang Anda miliki menjadi lebih komplit dan berkelas.

4. Jigoshop

Jigoshop adalah salah satu plugin ecommerce WordPress tertua. Plugin ini boleh dikatakan merupakan pionir plugin yang akan menyulap website WordPress Anda menjadi website toko online profesional. Sempat tertinggal dengan para pelaku baru, Jigoshop banyak melakukan perubahan dan perkembangan yang membuat plugin ini masuk dalam jajaran plugin ecommerce WordPress terbaik.

Jigoshop mendukung penjualan beragam produk, mulai dari produk fisik hingga digital. Status open source Jigoshop membuat plugin ini cocok untuk siapa pun, dari pemilik bisnis kecil hingga perusahaan besar. Hal lain yang menonjol dari plugin ini adalah memiliki jumlah pengembang yang banyak (banyak konten/publikasi) dan biaya jasanya murah.

5. BigCommerce

BigCommerce terkenal karena kualitas sistem manajemen kontennya baik. Baiknya kualitas manajemen konten tersebut membuat BigCommerce menjadi salah satu plugin ecommerce terbaik yang banyak digunakan oleh pebisnis online. BigCommerce sudah bekerja sama dengan beragam perusahaan pembayaran. Hal tersebut membuat proses pembayaran melalui kartu kredit menjadi lebih cepat.

Tersedia fitur headless commerce yang akan membuat manajemen katalog menjadi lebih cepat dan optimal. BigCommerce juga dapat dioperasikan di berbagai website melalui sebuah modul. Hal tersebut membuat operasi bisnis dan pengembangan yang Anda lakukan menjadi lebih mudah. Anda bisa melakukan manajemen penjualan dan produk melalui satu dashboard saja. Akibatnya kerja Anda menjadi lebih sederhana.

6. iThemes Exchange

Jika Anda mencari plugin e-commerce WordPress yang sederhana, mudah dioperasikan, dan tidak membutuhkan banyak fitur kustomisasi tingkat lanjut, iThemes Exchange bisa menjadi pilihan. Keunikan dari plugin ini adalah kesederhanaannya baik dalam hal tampilan maupun pengoperasian. Anda dijamin tidak akan kesulitan membuat katalog produk dan mengintegrasikan metode pembayaran online.

Plugin ini seolah diciptakan bagi Anda yang menginginkan toko online yang sederhana dan mengutamakan fungsinya ketimbang desain yang super kreatif dan kompleks. Plugin ini cocok digunakan untuk Anda yang menjual produk fisik maupun produk digital. Tersedia edisi premium (Pro Pack) yang akan memberikan Anda support selama 24 jam penuh dan fitur-fitur tambahan.

7. WP Easy Cart

Dibandingkan plugin ecommerce lain, WP Easy Cart memang tidak begitu populer. WP Easy Cart mulai angkat nama karena plugin ini banyak dianggap sebagai versi sederhana dari plugin-plugin kelas berat, seperti WooCommerce. Plugin ini cocok bagi Anda pemilik bisnis kecil yang tidak membutuhkan kustomisasi tingkat lanjut. Edisi premiumnya ($99 per tahun) menawarkan banyak fitur yang cocok untuk bisnis kecil.

8. Ecwid

Ecwid dikenal sebagai plugin ecommerce WordPress yang mampu berintegrasi dengan banyak website builders dan sistem manajemen konten. Jika Anda ingin mengoptimalkan toko online dengan beragam platform media sosial, Ecwid sangat direkomendasikan untuk Anda. Ecwid menyediakan shopping cart yang responsif untuk pengguna mobile dan kemampuan menjual produk di banyak website.

9. Cart66 Cloud

Cart66 Cloud memiliki kesamaan dalam hal kualitas support dengan WP eCommerce. Tim support konsumen Cart66 Cloud bahkan diklaim sebagai tim support terbaik. Cart66 Cloud mudah untuk dioperasikan. Tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk menguasai plugin satu ini. Pujian pada plugin ini juga disematkan pada fitur email marketingnya. Dalam hal penjualan online, Cart66 Cloud cocok bagi penjual produk fisik maupun digital.

Butuh waktu memang untuk membangun toko online yang mumpuni. Terlebih, jika Anda memilih untuk membangun website secara mandiri tanpa menggunakan jasa profesional. Memilih plugin ecommerce WordPress yang tepat merupakan hal yang tidak boleh Anda abaikan. Kesuksesan Anda bergantung pada kesabaran, kreativitas, kemampuan mengeksplorasi apa yang WordPress miliki, dan visi berbisnis Anda.

1
Annisa Fauziyyah Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − seventeen =