Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Payment Gateway: Metode Pembayaran untuk Bisnis Online

4 min read

Selama mengelola toko online, mungkin pernah ada pelanggan yang meminta Anda untuk menambahkan metode pembayaran. Sedikitnya metode pembayaran yang ditawarkan bisa menyulitkan pelanggan, mengingat beragamnya metode pembayaran yang diminati konsumen Indonesia.

Berdasarkan survei Ipsos, terdapat tiga metode pembayaran yang paling disukai konsumen Indonesia, yaitu transfer bank/internet banking (75 persen), cash on delivery/COD (13 persen), dan kartu kredit (12 persen).

Transfer bank/internet banking sebagai metode pembayaran paling populer di Indonesia punya kekurangan tersendiri, yaitu tambahan biaya admin jika mentransfer uang antar bank. Jadi Anda dituntut untuk menyediakan metode pembayaran yang beragam agar memudahkan dan meringankan konsumen saat berbelanja online.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memasang payment gateway di toko online Anda.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah layanan e-commerce yang memproses otorisasi pembayaran kartu kredit, kartu debit, dan metode pembayaran lainnya untuk transaksi online. Payment gateway memfasilitasi transaksi ini dengan mentransfer informasi penting antara toko online dan bank.

Cara Kerja Payment Gateway

Berikut adalah cara kerja payment gateway, dari konsumen melakukan pembayaran hingga toko online menerima pembayaran:

Pertama, konsumen memilih produk yang ingin dibeli di website toko online, memilih metode pembayaran, dan melakukan checkout.

Kedua, setelah itu toko online akan mengirimkan data pembelian ke penyedia payment gateway. Konsumen harus melakukan pembayaran sesuai yang dipilih sebelum melakukan checkout. Transaksi ini akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan yang berwenang seperti VISA, MasterCard, American Express, atau Union Pay.

Ketiga, bank atau institusi keuangan yang berwenang akan melakukan otorisasi terhadap transaksi yang dilakukan konsumen. Transaksi dapat ditolak jika terdapat indikasi kesalahan pembayaran atau data yang tidak tepat.

Keempat, setelah mendapatkan otorisasi dari institusi keuangan berwenang, penyedia payment gateway akan mengirimkan pesan kepada toko online mengenai berhasil atau tidaknya transaksi.

Kelima, institusi keuangan menerima pembayaran dari transaksi konsumen kemudian meneruskan pembayaran tersebut kepada toko online.

Selesai! Meskipun terlihat panjang, sebenarnya proses di atas hanya memakan waktu beberapa detik saja.  

Mengapa Harus Menggunakan Payment Gateway?

Menggunakan payment gateway tidak hanya akan menguntungkan Anda sebagai pemilik website toko online, tetapi juga menguntungkan pelanggan Anda. Berikut adalah empat alasan mengapa Anda perlu menggunakan payment gateway di toko online Anda:

1. Metode Pembayaran Lebih Variatif

Menyediakan metode pembayaran yang beragam akan memudahkan dan meringankan konsumen dalam berbelanja di toko online Anda. Konsumen punya banyak pilihan ketika ingin melakukan pembayaran, tidak terbatas pada satu metode pembayaran saja.

Misalnya, jika Anda hanya menyediakan satu rekening bank sebagai metode pembayaran, pelanggan yang bukan nasabah dari bank tersebut akan terbebani biaya transfer antar bank. Ada yang menyiasatinya dengan menumpang transfer melalui rekening temannya yang menggunakan bank yang sama. Cukup merepotkan, bukan?

Belum lagi ada pelanggan yang ingin membayar menggunakan kartu kredit, cash on delivery (COD), pembayaran di minimarket, atau dompet digital seperti Go-Pay. Masalah ini dapat Anda atasi dengan memasang payment gateway di toko online Anda.

2. Instalasinya Mudah

Tidak perlu khawatir soal pemasangan payment gateway. Memasang payment gateway di website toko online Anda jauh lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda cukup menginstall plugin payment gateway yang ingin Anda gunakan. Bahkan beberapa payment gateway menyediakan support 24/7.

3. Proses Transaksi Lebih Cepat

Dengan menggunakan payment gateway, proses transaksi konsumen menjadi lebih cepat. Tanpa payment gateway, transaksi pembelian terjadi secara manual. Konsumen harus mengirimkan uang melalui transfer. Mereka juga harus melakukan konfirmasi pembayaran secara manual. Anda juga harus membuat invoice secara manual.

Intinya, Anda membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikan satu transaksi. Padahal Anda punya banyak transaksi menumpuk dalam satu hari. Semakin lama proses transaksi, konsumen menjadi tidak sabar dan akan menanyakan proses transaksinya terus menerus.

Dengan payment gateway, Anda bisa menyelesaikan transaksi lebih cepat sehingga Anda bisa fokus pada masalah-masalah lain di bisnis Anda.

4. Transaksi Lebih Aman

Ketika menerapkan metode pembayaran transfer bank manual, Anda perlu melakukan pengecekan secara mandiri untuk memeriksa apakah transaksi tersebut fiktif atau tidak. Tentu proses ini memerlukan waktu yang tidak sedikit dan tingkat akurasinya lebih rendah dibanding pemeriksaan yang dilakukan dengan mesin.

Dengan menggunakan payment gateway, Anda bisa meningkatkan keamanan transaksi di toko online Anda. Perusahaan penyedia payment gateway akan melakukan pemeriksaan semua transaksi di toko online Anda dan mencegah adanya transaksi fiktif.

4 Payment Gateway di Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak perusahaan yang menyediakan payment gateway dengan fitur yang beragam. Berikut adalah empat payment gateway di Indonesia yang dapat Anda gunakan:

1. DOKU

payment gateway doku

DOKU merupakan perusahaan penyedia payment gateway pertama di Indonesia yang berdiri sejak 2007. Selain menyediakan layanan payment gateway, DOKU juga menyediakan dompet digital dengan nama DOKU yang juga bisa dijadikan salah satu metode pembayaran di toko online Anda.

DOKU telah bekerja sama dengan lebih dari 20 penyedia jasa keuangan seperti VISA, MasterCard, ATM Bersama, BNI, Mandiri, BCA KlikPay, Permata Bank, Bank Sinarmas, Bank Danamon, CIMB Clicks, Bank Muamalat, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Kredivo, dan Dan+Dan.

2. Midtrans

payment gateway

Dengan motto “empowering ecommerce through technology”, Midtrans telah hadir di Indonesia sejak 2012 menyediakan layanan payment gateway. Midtrans menyediakan 20 pilihan pembayaran, dari kartu kredit sampai dompet digital.

Berikut adalah beberapa institusi keuangan yang bekerja sama dengan Midtrans: VISA, MasterCard, American Express, ATM Bersama, Maybank, Bank Mandiri, BNI, Permata Bank, Bank Danamon, CIMB Clicks, Go-Pay, T-Cash, Line Pay, dan Indomaret.

Midtrans juga melengkapi layanannya dengan sistem anti-fraud sehingga Anda bisa menghindari transaksi-transaksi palsu di toko online Anda. Penyedia payment gateway ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai platform, dari PHP, WordPress, hingga Shopify.

3. Faspay

payment gateway

Faspay juga merupakan salah satu payment gateway yang bisa Anda manfaatkan. Di situs resminya, Faspay menyatakan telah mengelola lebih dari 1 juta transaksi online per tahun di Indonesia dengan nilai sekitar 900 miliar rupiah.

Faspay telah menjalin kerja sama dengan berbagai penyedia jasa keuangan, dari VISA, MasterCard, American Express, Kredivo, AkuLaku, CIMB Clicks, PermataNet, BCA KlikPay, ATM Bersama, Bank Mandiri, BNI, Bank Danamon, MayBank, BRI, LinkAja, Sakuku, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, sampai Dan+Dan.

4. iPaymu

payment gateway

Perusahaan penyedia layanan payment gateway terakhir adalah iPaymu. Di situs resminya, iPaymu mengklaim telah menyediakan layanan payment gateway kepada 68,981 mitra usaha. Perusahaan penyedia layanan payment gateway ini telah bekerja sama dengan lebih dari 140 bank di Indonesia.

Selain menyediakan metode pembayaran seperti perusahaan-perusahaan sebelumnya, iPaymu menyediakan dua fitur unik, yaitu Cash on Delivery (COD) dan integrasi WhatsApp. Sejak awal 2019, iPaymu menambahkan fitur COD karena melihat tren metode pembayaran COD masih digemari sebagian masyarakat.  iPaymu juga memudahkan Anda untuk mengakses informasi transaksi dengan mengintegrasikannya dengan WhatsApp.

Kesimpulan

Ketika baru membangun website toko online, mungkin Anda belum berpikir untuk menggunakan payment gateway karena saat itu klien atau konsumen Anda belum terlalu banyak. Mengelola transaksi konsumen dengan jumlah sedikit tentu bisa ditangani dengan cara manual.

Sayangnya, semakin besar bisnis Anda dan bertambah banyak konsumen Anda, semakin banyak juga volume transaksi yang harus Anda selesaikan dalam waktu singkat. Dengan menggunakan layanan payment gateway, Anda bisa mengatasi masalah tersebut, bahkan menambahkan metode pembayaran yang beragam.

Demikian artikel kami mengenai payment gateway. Baca juga artikel menarik lainnya untuk mengembangkan bisnis online Anda.

1
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − eight =