Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Apa Itu Webmail? Cari Tahu Pengertian Sampai Contohnya!

4 min read

apa itu webmail

Webmail adalah layanan email berbasis web yang dapat diakses melalui browser tanpa perlu menginstal aplikasi email ataupun email client untuk desktop.

Nggak heran, webmail cocok digunakan oleh individu, traveler, pelajar, hingga profesional yang membutuhkan akses email dari berbagai perangkat dengan mudah. Hanya dengan login ke akun webmail, Anda bisa mengelola layanan email Anda.

Kalau belum tahu apa itu webmail, Anda wajib membaca artikel ini. Setelah menyimak artikel ini, Anda akan mengetahui pengertian webmail, contohnya, kelebihan dan kekurangan, sampai cara mengakses webmail.

Yuk meluncur ke bawah!

Apa Itu Webmail?

Webmail adalah layanan email yang bisa Anda akses melalui aplikasi web browser. Beberapa contoh webmail di antaranya adalah Gmail dan Yahoo.

Istilah webmail berasal dari kata web based mail, yang berarti layanan email yang memungkinkan Anda membaca, mengirim, dan mengelola akun email lewat web menggunakan browser di perangkat apa pun.

Lalu, apa perbedaan webmail dan email?

ilustrasi figur memgecek email lewat laptop, handphone, dan PC

Perbedaan webmail dan email yaitu, email adalah pesan digital yang Anda tulis, sedangkan webmail merupakan platform atau metode yang digunakan untuk mengakses layanan email melalui web browser.

Dengan webmail, Anda bisa mengelola layanan email secara lebih fleksibel karena tidak perlu menginstal aplikasi email apa pun di perangkat. 

Web mail masih menjadi pilihan beberapa user dibandingkan dengan aplikasi mail client karena fungsi dan manfaatnya. Penasaran dengan manfaat webmail yang menjadi keunggulannya? Mari lanjut ke bawah!

Manfaat Webmail

Webmail memudahkan siapa pun mengakses layanan email terutama karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi khusus. Manfaat webmail adalah:

  • Memudahkan akses layanan email cukup melalui web browser
  • Mengakses email tanpa perlu menginstal aplikasi email khusus
  • Dapat digunakan secara gratis, yang penting memiliki akses internet
  • Bisa merasakan fitur terbaru layanan email tanpa perlu melakukan pembaruan seperti versi aplikasinya

Nah! Kalau Anda tertarik menggunakan web email, sebaiknya cari tahu kelebihan dan kekurangan layanan email berbasis web ini. Tenang, kami akan membahasnya di bagian berikutnya.

Kelebihan Webmail

Salah satu kelebihan webmail adalah fleksibilitasnya untuk mengakses email di beberapa perangkat sekaligus. Jadi, web email cocok untuk Anda yang sering bepergian dan menggunakan perangkat yang berbeda-beda.

Ilustrasi pesawat terbang

Selain itu, webmail juga menyediakan fitur untuk mengelola email. Mulai dari membaca email, mengirim email, hingga membalas dan menghapus email. Yang terpenting, Anda harus punya koneksi internet.

Kelebihan webmail lainnya adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Menggunakan webmail, memori perangkat Anda akan lebih hemat.

Kekurangan Webmail

Di samping kelebihan webmail, ada beberapa kekurangan yang menjadikannya tak sempurna. Pertama, Anda harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses email melalui webmail. Kalau tidak, Anda tidak bisa menggunakannya sama sekali.

Dengan aplikasi email khusus, Anda masih bisa membaca atau membuka email yang sudah diterima karena pesan tersebut disimpan di memori aplikasi. Sedangkan kalau menggunakan webmail, Anda harus bisa mengakses alamatnya dulu lewat internet.

Secara fitur, layanan webmail biasanya juga memiliki fungsi yang lebih terbatas daripada versi aplikasi email client. Terutama saat Anda mau meng-custom layanan email, seperti pengaturan filter, tanda tangan digital, pengelolaan folder, dan sebagainya.

ilustrasi jari mengatur konfigurasi webmail

Terkadang, beberapa penyedia layanan webmail juga memasang iklan pada platformnya sehingga mungkin agak mengganggu.

Dari sisi keamanan, webmail lebih rentan karena data email disimpan di dalam server, bukan di perangkat. Jika server tersebut terkena malware atau serangan cybercrime lainnya, data Anda akan ikut terancam.

Cara Mengakses Webmail

Ada beberapa cara mengakses webmail tergantung pada penyedia layanan email yang Anda gunakan. Umumnya, cara mengakses webmail adalah:

  1. Buka web browser Anda. Contohnya: Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Yandex.
  2. Ketikkan alamat website dari layanan webmail Anda. Misalnya: mail.google.com.
  3. Setelah masuk ke halaman login, masukkan alamat email dan password Anda.
  4. Jika login berhasil, Anda akan masuk ke halaman inbox webmail dan Anda pun bisa mengelola email.

Bagi Anda yang memiliki website ataupun email hosting sendiri, Anda bisa membuka email melalui cPanel.

Nah khusus untuk pengguna hosting Indonesia Niagahoster, Anda juga bisa mengakses webmail pada Email Account cPanel lewat Member Area.

tampilan Quick Shortcut ke cPanel pada Member Area Niagahoster

Contoh-contoh WebMail

Saat ini beberapa provider email yang sering Anda jumpai memang sudah memiliki aplikasi mail client miliknya sendiri. Namun, beberapa layanan mereka juga masih bisa diakses sebagai webmail.

Beberapa contoh webmail yang populer yakni:

1. Mail.google.com

webmail Gmail
Sumber: Unsplash

Gmail adalah layanan email yang memungkinkan Anda mengelola email melalui webmail, klien email, maupun mobile apps. 

Secara garis besar, fitur webmail pada Gmail tidak berbeda jauh dengan versi email client maupun mobile. Jadi, Anda tetap akan mendapatkan pengalaman yang sama ketika memakai berbagai jenis media untuk mengelola email dari Google ini.

2. Yahoo Mail

webmail Yahoo

Yahoo Mail juga menyediakan versi web email yang bisa Anda akses secara gratis. Dari segi tampilan dan fitur, Yahoo Mail pada webmail memang memiliki interface yang agak berbeda-beda, tergantung pada jenis akun, perangkat, dan negara tempat penggunanya.

Terkadang webmail Yahoo Mail juga menampilkan iklan yang mungkin agak mengganggu tampilannya.

Meski begitu, Yahoo Mail tetap menjadi pilihan yang oke jika Anda membutuhkan layanan webmail dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan integrasi dengan berbagai layanan Yahoo lainnya seperti Yahoo News dan Yahoo Finance.

3. Outlook.com

webmail Outlook
Sumber: Microsoft.com

Outlook adalah layanan email dan kalender yang dikembangkan oleh Microsoft. Meski memiliki aplikasi, Anda juga bisa kok mengaksesnya lewat webmail.

Hanya saja, fitur Outlook pada webmail lebih terbatas dan antarmukanya mungkin agak rumit sehingga Anda butuh beberapa waktu untuk beradaptasi.

4. Zoho Mail

contoh webmail Zoho
Sumber: Zoho.com

Zoho Mail tersedia dalam layanan web email yang memiliki fitur lengkap: mengatur email, membalas email, hingga mengklasifikasikan email berdasarkan pencarian tertentu.

Lewat webmail ini pula, Anda bisa mengakses aplikasi Zoho lainnya, seperti Zoho CRM, Zoho Subscriptions, maupun Zoho Notebook.

Zoho Mail juga memiliki panel kanan dan kiri untuk memudahkan Anda melihat notifikasi, mengelola pengaturan, dan melakukan manajemen email lainnya.

5. Proton Mail

contoh webmail Proton Mail
Sumber: Proton.me

Proton Mail memiliki banyak kelebihan sebagai webmail, seperti keamanan yang kuat dengan enkripsi end-to-end, mendukung Pretty Good Privacy (PGP) untuk memastikan pesan hanya bisa dibaca oleh pengguna, dan juga memiliki interface yang mudah digunakan.

Sayangnya, versi gratis Proton Mail memiliki kapasitas penyimpanan dan fungsi yang terbatas, sehingga Anda perlu upgrade ke versi premium jika menginginkan penggunaan yang lebih optimal.

Webmail Adalah Solusi Akses Email Tanpa Ribet!

Webmail adalah solusi yang memungkinkan Anda mengakses email dari mana saja dan kapan saja tanpa ribet. Bagi Anda yang sering bepergian dan menggunakan beberapa perangkat, menggunakan layanan webmail adalah pilihan tepat.

Meski begitu, jangan lupakan juga kekurangan webmail. Meski webmail memberikan fleksibilitas tinggi, Anda harus memiliki koneksi internet yang cukup untuk bisa menggunakannya.

Selain itu, keamanan webmail juga cukup rawan, karena bergantung pada server yang penyedia layanan email tersebut gunakan. Kalau server si penyedia webmail bermasalah, bisa jadi data Anda ikutan kena akibatnya.

Eitss.. Jangan khawatir. Jika Anda membutuhkan webmail dengan sistem keamanan terbaik, Niagahoster menyediakan hosting email yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Inilah alasan mengapa Anda perlu menggunakan email hosting Niagahoster:

  • Menggunakan data center terbaik dan jaminan uptime 99.98%
  • Bebas menggunakan email dengan domain pribadi 
  • Proses pengiriman email cepat dan aman
  • Keamanan mailbox terjamin penuh
  • Menyediakan fitur backup email otomatis setiap minggu

Nggak usah ragu, yuk miliki email profesional Anda sekarang juga!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *