Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Cara Cek Pemilik Domain dengan Mudah [Update 2023]

3 min read

Cara Cek Pemilik Domain

Anda ingin beli domain untuk website, tapi domain tersebut sudah ada yang punya? Jangan kesal dulu! Anda bisa cek pemilik domain yang diinginkan terlebih dahulu.

Dengan mengecek pemilik domain, Anda punya peluang untuk mendapatkan domain dari pemiliknya secara langsung. Dengan begitu, domain impian bisa berada di tangan Anda.

Namun, bagaimana cara cek pemilik website sebenarnya? Di artikel ini, kami akan membocorkan langkah-langkahnya. Yuk scroll ke bawah!

3 Cara Cek Pemilik Domain

Berikut adalah 3 cara cek pemilik domain yang bisa Anda coba:

  1. Cek Pemilik Domain dengan WHOIS
  2. Cek Status Domain di Website ICANN
  3. Kunjungi Website secara Langsung

1. Cek Pemilik Domain dengan WHOIS

Cara cek pemilik website yang pertama yaitu menggunakan WHOIS. Bagi yang belum tahu, WHOIS adalah layanan di internet yang menyediakan informasi terkait suatu domain.

Anda bisa memanfaatkan layanan WHOIS Domain Niagahoster untuk mengetahui informasi domain termasuk nama pemiliknya secara gratis. Berikut cara menggunakannya:

  1. Buka halaman pengecekan WHOIS (www.niagahoster.co.id/whois)
  2. Masukkan nama domain yang ingin Anda ketahui pemiliknya 
  3. Klik Cek Sekarang atau tekan Enter
  4. Selesai! Sekarang Informasi terkait nama domain akan muncul.
cara cek pemilik domain dengan whois untuk melihat informasi pemilik website

Walau begitu, Anda tidak selalu bisa melihat informasi kontak pemilik domain website dengan WHOIS. Sebab bisa saja, mereka menggunakan layanan WHOIS Privacy Protection.

WHOIS Privacy Protection merupakan fitur tambahan yang biasa ditawarkan penyedia domain, untuk menyembunyikan semua informasi pribadi pemilik domain, misalnya nama dan alamat email.

Jika begitu, Anda perlu menggunakan cara cek pemilik domain yang lain.

2. Cek Status Domain di Website ICANN

Anda juga bisa cek pemilik domain dengan cara mengunjungi website ICANN. ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah organisasi yang mengawasi dan mengelola semua nama domain di internet.

Berikut cara cek pemilik domain di website ICANN:

  1. Buka halaman ICANN Lookup.
  2. Masukkan nama domain yang ingin Anda ketahui informasinya.
  3. Klik tombol Lookup atau tekan Enter.
  4. Informasi pemilik domain beserta registrar akan muncul.
cara cek domain lewat website icann guna mendapatkan data pemilik website

3. Kunjungi Website secara Langsung

Alternatif lain cara mengetahui pemilik website yaitu dengan mengunjungi domain website tersebut secara langsung. Dengan begitu, Anda jadi tahu apakah domain tersebut masih digunakan atau tersedia untuk dijual.

Sebab, beberapa orang melakukan bisnis jual beli nama domain agar bisa dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi. Jika sebuah domain berstatus ‘for sale’, si pemilik umumnya akan menampilkan informasi kontak seperti ini:

ilustrasi nama domain dijual

Jika Anda memang tertarik membeli nama domain tersebut, cobalah menghubungi pemilik domain untuk menanyakan harga dan melakukan negosiasi pembelian domain.

Baca juga: Cara Menggunakan Domain

Sudah Cek Pemilik Domain, Apa Selanjutnya? 

Setelah mengecek pemilik domain dengan berbagai cara di atas, kini Anda sudah tahu informasi lengkap tentang pemilik domainnya. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan sekarang? Berikut tipsnya:

1. Bernegosiasi dengan Pemilik Domain

Anda masih bisa mengupayakan untuk memiliki domain pilihan Anda meski telah dipakai oleh lain. Anda bisa menghubungi pemilik domain melalui email ataupun nomor telepon. Lalu beritahukan minat Anda untuk membeli nama domain tersebut. 

Harga yang perlu Anda keluarkan mungkin akan lebih mahal. Namun, informasi tanggal kedaluarsa yang tertera dapat membantu Anda menentukan penawaran yang tepat. Misalnya waktu kedaluarsa hanya tersisa beberapa bulan lagi, Anda bisa menawar harga sesuai masa berlaku domain. 

Intinya, di sini Anda mencoba bernegosiasi dengan pemilik domain untuk mendapatkan domain website impian Anda.

2. Beli Domain dengan Ekstensi Lain

Jika akhirnya Anda tidak bisa mendapatkan domain tersebut, Anda masih bisa memiliki nama domain dengan ekstensi lain. 

Misalnya, Anda ingin membuat website dengan nama domain jualkomputer.com. Namun, karena domain tersebut telah dimiliki orang lain, Anda bisa mendaftarkan nama domain baru dengan ekstensi domain lain.

Ada banyak domain yang bisa Anda pakai, seperti .CO, .TECH, .WEBSITE, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Domain?

[Bonus] Cara Cek Pemilik Website Tanpa Informasi Kontak

Nama domain yang Anda inginkan sama sekali tidak mencantumkan data dan informasi kontak pemiliknya? Jangan khawatir, karena masih ada beberapa hal yang bisa Anda tempuh:

1. Hubungi Registrar Domain

Jika Anda tidak dapat menemukan informasi pemilik domain seperti nama, alamat email, atau nomor telepon, cobalah untuk menghubungi registrar nama domain.

Dalam beberapa kasus, registrar bisa saja meneruskan informasi bahwa Anda tertarik membeli domain yang dimaksud, atau bahkan membantu Anda menghubungi pemilik website secara langsung.

2. Kontak Penyedia Proteksi WHOIS

Beberapa pemilik nama domain memilih untuk menyembunyikan informasi kontak mereka melalui layanan WHOIS Protection. Jika begitu, Anda masih bisa berusaha menghubungi penyedia layanan proteksi WHOIS tersebut.

Sama seperti poin sebelumnya, layanan WHOIS Protection mungkin dapat memberikan informasi kontak yang Anda butuhkan, agar bisa menghubungi si pemilik domain.

3. Cari Tahu Lewat Media Sosial

Cara cek pemilik domain tanpa informasi kontak yang terakhir yaitu menelusuri lewat akun media sosial mereka, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedln, dan sebagainya.

Jika pemilik domain memiliki akun media sosial, Anda mungkin bisa menghubungi mereka secara langsung, atau setidaknya menemukan informasi kontak milik mereka.

Yuk Cek Pemilik Domain dari Website yang Anda Inginkan!

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui cara cek pemilik domain dengan beberapa metode. Dengan kata lain, Anda masih berpeluang mendapatkan domain impian, meskipun orang lain telah mendaftarkan domain tersebut.

Secara singkat, berikut beberapa opsi cek pemilik domain:

  • Menggunakan layanan WHOIS.
  • Cek pemilik website lewat situs ICANN.
  • Kunjungi alamat domain secara langsung.
  • Hubungi registrar untuk minta informasi pemilik.
  • Kontak penyedia proteksi WHOIS jika data disembunyikan.
  • Telusuri akun media sosial dari pemilik domain.

Namun jika akhirnya Anda memilih untuk beli domain baru, sebaiknya amankan nama domain Anda sekarang juga. Hal ini untuk mengantisipasi domain tersebut diambil orang lain.

Anda bisa mendaftarkan domain ke penyedia layanan terpercaya, seperti Niagahoster. Kenapa harus punya domain dari Niagahoster?

Pertama, Niagahoster adalah layanan domain terpercaya dengan akreditasi ICANN. Kedua, tersedia berbagai ekstensi domain untuk Anda pilih. Ketiga, Anda bisa mendapatkan berbagai promo domain, domain .com murah dan ekstensi lainnya mulai Rp14 ribuan saja!

Masih kurang? Kami masih memiliki jasa transfer domain dari layanan lain dengan biaya terjangkau. Jadi tunggu apa lagi, yuk cek ketersediaan domain impian Anda sekarang!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *