Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Apa Saja Manfaat Domain untuk Bisnis? Ini Dia 5+ Jawabannya! 

5 min read

Apa Saja Manfaat Domain untuk Bisnis Ini Dia 5+ Jawabannya!

“Setelah beli domain, apa yang bisa dilakukan, ya?” Pertanyaan tersebut mungkin terlintas di pikiran Anda. Sebenarnya, ada banyak manfaat domain yang bisa Anda rasakan, loh!

Apalagi, fungsi domain adalah untuk mengubah 16 digit IP Address menjadi alamat website yang mudah ditulis dan diingat. Maka tak heran, nama domain dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Ingin tahu apa saja manfaat punya domain sendiri? Ini dia artikel selengkapnya!

7 Manfaat Domain yang Perlu Anda Ketahui

Setelah beli domain, apa yang dilakukan? Berikut tujuh hal yang bisa Anda nikmati setelah beli domain:

  1. Membangun Personal Branding
  2. Membuat Email secara Profesional
  3. Menciptakan Blog yang Menarik
  4. Menghubungkan Custom Domain
  5. Membuka Toko Online Sendiri
  6. Meningkatkan Performa SEO Website
  7. Meraih Keuntungan Penjualan Domain

Langsung saja, mari menuju manfaat membeli domain yang pertama!

1. Membangun Personal Branding

Manfaat domain yang pertama yaitu untuk membangun personal branding yang efektif. Dengan domain yang dimiliki, Anda bisa meningkatkan personal branding lewat website portfolio.

Situs web portfolio akan menampilkan citra diri Anda secara profesional. Tidak hanya berupa penjelasan tentang keahlian Anda, sebuah website portfolio juga bisa digunakan untuk menunjukkan karya terbaik Anda.

ilustrasi manfaat domain untuk membangun branding di sebuah website portfolio

Misalnya, jika Anda seorang desainer grafis, karya desain Anda bisa ditampilkan pada sebuah halaman gallery di situs web Anda. Tentunya, website portofolio Anda butuh layanan web hosting sebagai media penyimpanan. 

Lantas, apakah domain itu penting?

Tentu saja. Selain menggunakan hosting, Anda juga perlu menyiapkan nama domain. Domain bisa diibaratkan sebagai identitas website untuk memudahkan pengunjung menemukan situs Anda. 

Dengan memiliki nama domain untuk branding yang kuat, semakin mudah bagi Anda dikenal sebagai profesional. Terlebih di era digital saat ini, personal branding sangat penting untuk mendapatkan klien baru dan relasi bisnis.

Sebaiknya, Anda segera menentukan domain yang ingin Anda gunakan untuk keperluan branding ini. Ketika nama domain sudah menjadi milik orang lain, Anda harus rela menggunakan nama yang berbeda. 

Intinya, siapa cepat, dia dapat!

2. Membuat Email secara Profesional 

Manfaat memiliki domain berikutnya yaitu untuk membuat alamat email profesional.

Ketika melakukan korespondensi bisnis melalui email, tentunya Anda harus tampil profesional, kan? Namun, menggunakan email seperti penerbitku@gmail.com atau yudideveloper@hotmail.com tentu tampak kurang bonafide.

Apalagi jika Anda sedang dalam tahap menjalin bisnis dengan relasi baru. Selain kurang meyakinkan, Anda akan kesulitan bersaing dengan kompetitor yang telah menggunakan email profesional.

ilustrasi manfaat domain untuk membuat email dengan nama domain sendiri

Oleh karena itu, membuat email yang profesional dengan domain Anda sendiri sangatlah penting.

Sebagai contoh, jika nama domain Anda adalah digitalnews.com, tentu lebih menarik bagi relasi Anda ketika Anda menggunakan email kontak@digitalnews.com.

Lantas, bagaimana langkah-langkah membangun email dengan nama domain custom? Tenang, Anda bisa mampir ke panduan cara membuat email dengan domain sendiri yang sudah kami siapkan.

3. Menciptakan Blog yang Menarik

Manfaat punya domain sendiri lainnya yaitu untuk membangun sebuah blog yang menarik. Maka dari itu, penting untuk memilih dan membeli nama domain yang unik dan sesuai dengan topik yang Anda gemari. 

Blog adalah jenis website yang berisi konten yang terupdate. Konten yang Anda buat bisa berupa teks, file audio, video, maupun perpaduan dari berbagai media tersebut. 

Selain bisa dimanfaatkan sebagai media mencurahkan ide dan pengalaman pribadi, atau melatih kemampuan menulis, Anda bisa mendapatkan uang dari blog.

Tahukah Anda bahwa membuat blog itu mudah? Dengan mengikuti panduan yang benar, blog impian Anda bisa terwujud dalam waktu singkat. Silakan baca panduan lengkap kami tentang cara membuat blog.

4. Menghubungkan Custom Domain

Manfaat domain lainnya yaitu untuk digunakan sebagai custom domain di berbagai layanan, seperti Blogger. Apalagi, layanan dari Google ini sempat menjadi primadona bagi banyak blogger di Indonesia.

Apakah Anda salah satunya?

Sayangnya, Blogger menyematkan subdomain blogspot.com pada nama unik blog. Contohnya: wirausaha.blogspot.com. 

Nama domain di atas tentu terlihat kurang personal, bukan? Bandingkan jika nama blog Anda adalah wirausaha.com.

ilustrasi manfaat membeli domain sebagai alamat custom di blogger

Nah, jika Anda sudah memiliki nama domain sendiri, Anda bisa membuat custom domain untuk blogger Anda. Singkatnya, Anda mengganti nama panjang blogspot dengan nama domain Anda sendiri. 

Tujuan dari membuat custom domain adalah membuat blog Anda lebih fleksibel dalam hal pemilihan nama unik, lebih mudah ditemukan mesin pencari, dan terlihat profesional.

Ada beberapa langkah untuk membuat custom domain blogger. Untuk tahu caranya, Anda bisa membaca panduan cara mengganti domain Blogspot yang kami sediakan.

5. Membuka Toko Online Sendiri

Kegunaan domain selanjutnya yaitu sebagai alamat toko online. Apalagi jika domain tersebut menunjukkan identitas bisnis, memanfaatkannya untuk membuka website ecommerce adalah langkah yang tepat.

Contohnya, jika nama domain yang Anda miliki adalah cantikcraft.com, Anda bisa menggunakannya berjualan hasil kerajinan tangan secara online.

Kenapa domain penting untuk toko online? Tujuan mempunyai domain adalah agar website toko online Anda dapat diakses dengan mudah oleh calon pembeli.  

Apalagi mengingat fakta, potensi ecommerce Indonesia sangat besar! Bahkan di tahun 2025, transaksi pasar online di Indonesia diprediksi bisa mencapai US$82 miliar.

Dengan memasarkan produk Anda secara online, potensi keuntungan yang Anda dapatkan bisa meningkat. Apalagi jika konsumen Anda berasal dari seluruh dunia.

ilustrasi manfaat punya domain sendiri untuk membuka website toko online

Untuk membangun sebuah situs web toko online ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Mulailah dengan menentukan strategi memilih nama domain bisnis.

Kemudian, waktunya memilih platform. Salah satu platform paling umum dan banyak direkomendasikan adalah WordPress. Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa memasang WooCommerce, sebuah plugin yang akan menjadikan toko online Anda memiliki fungsi lebih lengkap.

Selanjutnya, Anda cukup melakukan kustomisasi agar toko online Anda tampil menarik. Jangan lupa untuk terus mengembangkan toko online Anda agar kian menguntungkan.

Anda penasaran ingin praktik langsung? Silakan mampir ke panduan cara membuat website toko online dari kami.

6. Meningkatkan Performa SEO Website

Apakah domain yang Anda pilih bisa mempengaruhi ranking website di hasil pencarian? Bisa jadi, asalkan Anda memilih ekstensi domain yang tepat. Loh, kenapa begitu?

Pertama, setiap ekstensi domain itu unik. Dengan ekstensi yang tepat, Anda bisa meningkatkan branding situs web. Misalnya Anda ingin membuka kursus privat, maka kami sarankan memilih domain kursusprivat.edu.

Kedua, meningkatkan CTR atau Click Through Ratio. Jika Anda memilih jenis domain yang sudah dikenal orang seperti .com, maka peluang CTR-nya tentu lebih tinggi dibanding .surf misalnya.

Ketiga, membidik hasil pencarian lokal. Jika Anda menargetkan audiens dari negara tertentu, pilihlah jenis domain yang mewakili negara tersebut, misalnya .id untuk pengunjung dari Indonesia.

Jika Anda penasaran seberapa bermanfaat domain untuk SEO, Anda bisa berkunjung ke artikel kami yang berjudul pengaruh ekstensi domain.

7. Mendapatkan Keuntungan dari Penjualan Domain

Manfaat domain untuk bisnis yang terakhir yaitu meraih keuntungan dari jual beli domain. Jika ditanya, “Apakah Anda bisa menjual nama domain kembali?” Jawabannya, bisa!

Anda mungkin tidak terpikir bahwa sebuah domain dapat dijadikan investasi yang menguntungkan. Faktanya, nama domain bisa memiliki nilai penjualan yang berlipat ganda melampaui harga pembeliannya. 

Contohnya, jet.com adalah domain termahal di dunia saat ini. Domain tersebut dibeli oleh Walmart, sebuah perusahaan retail di Amerika, seharga US$3,3 miliar di tahun 2016. Wow!

Fenomena seperti ini kerap terjadi pada bisnis jual-beli domain. Seperti yang terjadi pada fb.com dan lasvegas.com. Singkatnya, memiliki nama domain berpotensi memberikan Anda keuntungan yang berlipat ganda jika Anda cermat mengamati tren investasi domain. 

ilustrasi manfaat domain untuk bisnis jual beli domain di sedo.com

Ada banyak cara untuk menjual nama domain. Anda bisa menjualnya secara langsung kepada pembeli atau menggunakan jasa pihak ketiga. Salah satu website yang memberikan layanan jual-beli domain adalah Sedo. 

Sedo adalah marketplace domain yang sudah dikenal oleh banyak pebisnis. Anda bisa menyimak artikel cara jual domain di Sedo apabila tertarik melakukan jual beli domain.

Cara Membeli Domain di Niagahoster

Anda sudah mengetahui berbagai manfaat dan kegunaan domain. Lantas, bagaimana sih cara daftar domain? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pilihlah penyedia layanan domain terpercaya dengan akreditasi resmi, seperti Niagahoster. Kemudian, buka halaman domain murah Niagahoster untuk mulai mendaftarkan nama domain.

halaman domain murah niagahoster untuk membeli domain

2. Lakukan pengecekan apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia. Di bagian ini, pastikan Anda sudah menyimak tips memilih nama domain yang tepat.

pilih nama domain yang tersedia untuk didaftarkan

3. Jika nama domain Anda masih bisa dibeli, segera selesaikan pendaftaran domain dan lakukan pembayaran.

menyelesaikan pendaftaran dan pembayaran domain di halaman pembelian

4. Setelah membayar domain, lakukan konfirmasi kepemilikan domain melalui email yang dikirimkan ke Anda.

5. Anda sudah bisa memanfaatkan domain Anda untuk berbagai hal yang sudah kami jelaskan di atas. Selamat menikmati!

Sudah Paham Manfaat Membeli Domain, kan?

Ada banyak manfaat domain untuk bisnis yang bisa Anda rasakan. Selain untuk membangun branding dan membuat email profesional, domain juga bisa digunakan untuk membangun toko online dan meningkatkan ranking SEO.

Bagaimana, apakah Anda tertarik memiliki nama domain sendiri? Jika ya, pastikan membeli domain dari provider dengan reputasi oke, seperti Niagahoster. Kenapa sih harus beli domain di Niagahoster?

Pertama, Niagahoster adalah layanan penyedia domain terpercaya dengan akreditasi ICANN. Kedua, tersedia berbagai ekstensi domain untuk Anda pilih. Ketiga, harganya murah banget, mulai Rp14 ribuan saja!

Oh ya, jika Anda terlanjur memiliki domain dari layanan lain, Anda bisa transfer domain ke Niagahoster dengan biaya terjangkau. Jadi tunggu apalagi, yuk segera amankan domain impian Anda!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *