Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Setelah Beli Domain, Apa yang Bisa Dilakukan?

4 min read

Setelah Beli Domain Apa yang Bisa Dilakukan?

Anda mungkin bertanya: “Apa yang bisa dilakukan dengan domain yang sudah dimiliki?” Sebenarnya, banyak manfaat dari memiliki sebuah domain. Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahuinya. Atau, bahkan belum memahami apa itu domain. 

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjawab pertanyaan Anda tersebut sekaligus menjelaskan bagaimana cara mendapatkan sebuah domain.

Apa itu Domain?

Domain adalah alamat dari sebuah website yang bisa diakses online. 

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengunjungi situs Wikipedia, Anda cukup mengetikkan: www.wikipedia.org. Dalam sekejap halaman website Wikipedia akan ditampilkan. 

Begitu juga, saat Anda mengakses sebuah website yang belum Anda ketahui namanya, apa yang terpampang pada kolom URL di browser merupakan alamat website tersebut. 

Nama domain tampak pada kolom URL browser.

Hadirnya domain membantu Anda mengakses sebuah website tanpa perlu mengingat deretan alamat IP. IP sendiri adalah serangkaian angka yang digunakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi atau bertukar data satu sama lain. 

Dengan pemanfaatan domain, komunikasi antara manusia dengan komputer dapat berjalan dengan baik. 

Apakah Anda beranggapan bahwa domain adalah semua yang berakhiran dengan .com? Anda tidak salah. Namun, saat ini domain tidak hanya didominasi oleh ekstensi .com saja. Banyak alternatif domain unik yang bisa jadi pilihan Anda. 

Lalu, apa saja manfaat ketika Anda telah memiliki sebuah domain?

6 Manfaat Domain yang Perlu Anda Ketahui

Setelah membeli domain, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Membangun Personal Branding dengan Mudah

Ingin membangun personal branding dengan efektif? Manfaatkanlah domain yang Anda miliki. Anda bisa membangun personal branding lewat sebuah website portofolio. 

Sebuah website portfolio akan menampilkan citra diri Anda secara profesional. Tidak hanya berupa penjelasan tentang keahlian Anda, sebuah website portfolio juga bisa digunakan untuk menunjukkan karya terbaik Anda. 

Misalnya, jika Anda seorang desainer grafis, karya desain Anda bisa ditampilkan pada sebuah halaman gallery di website Anda. 

Tentunya, website portofolio Anda membutuhkan layanan hosting sebagai media penyimpanan. Jika domain adalah alamat website Anda, hosting ibarat rumah bagi semua aset website Anda. 

Dengan memiliki personal branding yang kuat, semakin mudah bagi Anda dikenal sebagai profesional. Terlebih di era digital saat ini, personal branding sangat penting untuk mendapatkan klien baru dan relasi bisnis.

Sebaiknya, Anda segera menentukan domain yang ingin Anda gunakan untuk keperluan branding ini. Ketika domain sudah menjadi milik orang lain, Anda harus rela menggunakan nama yang berbeda. 

Intinya, siapa cepat, dia dapat

2. Bisa Membuat Email yang Profesional 

Ketika melakukan korespondensi bisnis melalui email, Anda harus mampu tampil profesional. 

Menggunakan email seperti penerbitku@gmail.com atau yudideveloper@hotmail.com tentu tampak kurang bonafide. Apalagi jika Anda sedang dalam tahap menjalin bisnis dengan relasi baru. Selain kurang meyakinkan, Anda akan kesulitan bersaing dengan kompetitor yang telah menggunakan email profesional. 

Oleh karena itu, membuat email yang profesional dengan domain Anda sendiri sangatlah penting.

Sebagai contoh, jika nama domain Anda adalah digitalnews.com, tentu lebih menarik bagi relasi Anda ketika Anda menggunakan email kontak@digitalnews.com

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri! 

3. Membangun Blog yang Menarik

Domain yang Anda miliki dapat digunakan untuk membangun sebuah blog yang menarik. Untuk itu, penting untuk memilih dan membeli domain yang unik dan sesuai dengan topik yang Anda gemari. 

Blog merupakan jenis website yang berisi konten yang terupdate. Konten yang Anda buat bisa berupa teks, file audio, video, maupun perpaduan dari berbagai media tersebut. 

Selain bisa dimanfaatkan sebagai media mencurahkan ide dan pengalaman pribadi, atau melatih kemampuan menulis Anda, blog juga bisa dijadikan sumber penghasilan.

Tahukah Anda bahwa membuat blog itu mudah? Dengan mengikuti panduan yang benar, blog impian Anda bisa terwujud dalam waktu singkat. Silakan baca panduan lengkap kami tentang cara membuat blog.

4. Membangun Toko Online yang Menguntungkan

Jika domain Anda menunjukkan identitas bisnis, menggunakannya untuk membangun toko online adalah langkah yang tepat. 

Contohnya, jika domain yang Anda miliki adalah cantikcraft.com, Anda bisa menggunakannya berjualan hasil kerajinan tangan secara online.  

Faktanya, potensi ecommerce Indonesia sangat besar! Bahkan di tahun 2025, transaksi pasar online di Indonesia diprediksi bisa mencapai US$82 miliar. Dengan memasarkan produk Anda secara online, potensi keuntungan yang Anda dapatkan bisa meningkat. Apalagi jika konsumen Anda berasal dari seluruh dunia.

Untuk membangun sebuah website toko online ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Mulailah dengan menentukan platform. Salah satu platform paling umum dan banyak direkomendasikan adalah WordPress. Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa memasang WooCommerce, sebuah plugin yang akan menjadikan toko online Anda memiliki fungsi lebih lengkap.

Selanjutnya, Anda cukup melakukan kustomisasi agar toko online Anda tampil menarik. Jangan lupa untuk terus mengembangkan toko online Anda agar kian menguntungkan. 

Simak Panduan Membuat Toko Online dengan Mudah Bagi Pemula!

5. Membuat Custom Domain untuk Blogger Anda

Layanan Blogger dari Google sempat menjadi primadona bagi banyak blogger di Indonesia. Apakah Anda salah satunya?

Sayangnya, layanan ini menyematkan subdomain blogspot.com pada nama blog. Contohnya: wirausaha.blogspot.com

Nama di atas tentu terlihat kurang personal, bukan? Bandingkan jika nama blog Anda adalah wirausaha.com.  

Nah, jika Anda sudah memiliki domain sendiri, Anda bisa membuat custom domain untuk blogger Anda. Singkatnya, Anda mengganti nama panjang blogspot dengan nama domain Anda sendiri. 

Tujuan dari membuat custom domain adalah membuat blog Anda lebih fleksibel dalam hal pemilihan nama, lebih mudah ditemukan mesin pencari, dan terlihat profesional.

Terdapat beberapa langkah untuk membuat custom domain blogger. Kami memiliki panduan lengkapnya untuk Anda. 

6. Mendapatkan Keuntungan dari Penjualan Domain

Apakah Anda bisa menjual sebuah domain kembali? Jawabannya, bisa

Anda mungkin tidak terpikir bahwa sebuah domain dapat dijadikan investasi yang menguntungkan. Faktanya, sebuah domain bisa memiliki nilai penjualan yang berlipat ganda melampaui harga pembeliannya. 

Contohnya, jet.com adalah domain termahal di dunia saat ini. Walmart, sebuah perusahaan retail di Amerika, membelinya dengan harga US$3,3 miliar di tahun 2016. Wow!

Fenomena seperti ini kerap terjadi pada bisnis jual-beli domain. Seperti yang terjadi pada fb.com dan lasvegas.com. Singkatnya, memiliki sebuah domain berpotensi memberikan Anda keuntungan yang berlipat ganda jika Anda cermat mengamati tren investasi domain

Ada banyak cara untuk menjual sebuah domain. Anda bisa menjualnya secara langsung kepada pembeli atau menggunakan jasa pihak ketiga. Salah satu website yang memberikan layanan jual-beli domain adalah Sedo

Sedo adalah marketplace domain yang sudah dikenal oleh banyak pebisnis. Jika Anda ingin mengetahui cara jual domain di Sedo, silakan baca artikel kami lebih lanjut. 

Cara Membeli Domain

Setelah mengetahui berbagai manfaat memiliki domain, bagaimana cara membeli sebuah domain? Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, Anda bisa memilih penyedia layanan domain murah yang akan meregistrasikan domain Anda.

Kedua, Anda akan melakukan pengecekan apakah domain yang Anda inginkan masih tersedia. Pastikan memilih nama yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Ketiga, menyelesaikan pendaftaran domain Anda dan melakukan pembayaran.

Keempat, melakukan konfirmasi kepemilikan domain yang akan dikonfirmasikan melalui email.  

Kelima, Anda sudah bisa memanfaatkan domain Anda untuk berbagai hal yang sudah kami jelaskan di atas. 

Penutup

Ternyata, banyak sekali manfaat domain yang bisa Anda dapatkan, ya? 

Setelah membeli domain, Anda bisa membangun personal branding dengan mudah, membuat email yang profesional, membangun blog yang menarik, membuat toko online yang menguntungkan, membuat custom domain untuk blogger, dan mendapatkan keuntungan dari penjualan domain Anda

Apakah Anda tertarik membeli domain sebelum dimiliki orang lain? Atau ingin segera memanfaatkan domain yang sudah Anda miliki? 

Kami telah membagikan informasi lengkapnya untuk Anda. Semoga bermanfaat.

0
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + nineteen =