Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah

9 min read

cara menghasilkan uang dari blog

Anda bisa menghasilkan uang dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan juga tempat Anda menghasilkan uang. Anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara, dari endorsement hingga Google AdSense.

Di artikel ini, selain belajar cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal, Anda juga akan belajar tentang bagaimana membangun blog. Seperti apa blog yang berkualitas? Bagaimana cara membuat blog berkualitas dan menghasilkan uang? Selengkapnya dapat Anda baca di artikel ini.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Pertanyaan ini tentu sering terlintas di kepala Anda. Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan Anda bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Berikut adalah 6 langkah menghasilkan uang dari blog:

  1. Buat Blog di Platform Blog Terbaik
  2. Buat Konten Blof Bermanfaat dan Menarik
  3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda
  4. Promosikan Blog di Media Sosial
  5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog
  6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Di awal kami sudah menyinggung soal blog berkualitas. Mengapa blog berkualitas ini penting dalam mendapatkan uang dari blog? Karena dengan membangun blog berkualitas Anda bisa menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama.

Jadi yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog Anda baru kemudian Anda bisa berpikir cara meraup rupiah belakangan. Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog yang kualitasnya rendah.

Jadi pastikan kualitas blog Anda adalah yang terbaik terlebih dahulu baru mendulang rupiah kemudian. Berikut adalah cara membangun blog berkualitas dan cara menghasilkan uang dari blog tersebut:

1. Buat Blog di Platform Terbaik

Blog berkualitas berawal dari platform blog yang berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa Anda pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress.

Platform blog mana yang terbaik untuk Anda?

Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika diminta untuk memilih, saya sarankan untuk memilih WordPress. Banyak alasan mengapa WordPress adalah platform blog terbaik untuk Anda.

cara mengambil uang dari blog

Pertama, Anda bisa menggunakan WordPress secara gratis. Kedua, WordPress cocok digunakan oleh siapa saja, baik pemula ataupun tingkat mahir. Ketiga, blog yang dihasilkan WordPress berkualitas tinggi. Untuk penjelasan lengkap mengenai WordPress dapat Anda baca di sini.

Intinya, WordPress sangat cocok untuk Anda jika ingin membuat blog yang berkualitas. Untuk cara membuat blog menggunakan WordPress dapat Anda baca selengkapnya di artikel cara membuat blog.

Baca Juga: Apa Itu WordPress? Pengertian dan Manfaatnya

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik

Setelah Anda berhasil membuat blog, kini saatnya Anda menerbitkan konten yang sudah Anda tentukan topiknya. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik.

Konten Anda bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang Anda tulis. Ingat, ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Selain bermanfaat, konten Anda juga harus menarik. Banyak website dan blog yang membahas satu topik yang sama. Anda harus bisa memenangkan persaingan tersebut dengan membuat konten yang bermanfaat dan juga menarik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog jadi menarik. Pertama, ambil sudut pandang yang unik. Satu topik bisa dibahas dengan berbagai sudut pandang. Usahakan ambil sudut pandang unik yang belum digunakan blog atau website lain.

Kedua, buat judul yang kreatif. Judul adalah hal yang pertama kali dilihat pembaca. Jika judul tidak menarik, mereka tidak akan repot-repot membaca artikel Anda. Jadi pastikan judul artikel Anda kreatif dan menarik.

Ketiga, tambahkan media visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan membosankan. Sebaiknya tambahkan gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

Pengunjung blog Anda berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Oleh karena itu, Anda harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Konten-konten yang Anda tulis harus muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO yang baik, Anda bisa mencapai hal tersebut, bahkan konten Anda bisa menduduki peringkat pertama Google.

Walaupun begitu, membangun kualitas SEO tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Perlu waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu lama bukan berarti mustahil kalau Anda mengikuti panduan yang tepat.

Anda bisa mempelajari bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO blog dengan membaca ebook gratis dari Niagahoster. Ebook 30 Langkah Ampuh SEO membahas secara lengkap mengenai cara meningkatkan kualitas SEO.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain pencarian organik, media sosial adalah media lain yang berpotensi menjadi sumber pengunjung blog Anda. Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial.

Ada berbagai macam media sosial yang bisa Anda manfaatkan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi. Mungkin Anda bingung, media sosial mana yang harus Anda gunakan untuk mempromosikan blog.

Tidak perlu khawatir karena kami sudah membahas topik tersebut di blog. Anda bisa membaca panduan lengkap bagaimana menerapkan social media marketing di artikel Panduan Lengkap Social Media Marketing 2019.

Artikel tersebut akan memandu Anda memilih platform media sosial yang tepat, merencanakan strategi media sosial, hingga membuat konten yang menarik untuk media sosial.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Memulai blog yang berkualitas bukan hal mudah. Dan mempertahankan kualitas tersebut adalah hal yang lebih sulit lagi. Meskipun sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Anda harus menjaga konsistensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Selalu minta feedback, kritik, dan saran dari pembaca agar Anda paham apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog Anda.

Dengan begitu pembaca akan semakin setia dengan blog Anda. Dan bukan tidak mungkin mereka akan dengan sukarela membagikan blog Anda kepada teman-temannya.

6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Setelah membuat blog yang berkualitas, Anda sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, Anda tidak bisa mendapatkan uang dari blog! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Kini saatnya Anda mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang sudah Anda buat. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog. Anda bisa pilih salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

1. Sumber Penghasilan Blog dari Google AdSense

cara mengambil uang dari blog

Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan yang paling populer saat ini, dimiliki oleh perusahaan besar yaitu Google. Layanan ini diperuntukan bagi para publisher atau pemilik website menayangkan iklan.

Adwords dan Adsense pada intinya adalah layanan yang sama. Yang membedakan, untuk Adwords mereka menyediakan layanan bagi para pengiklan untuk membeli iklan.

Sedangkan untuk publisher menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka dari layanan Adsense. Untuk prosesnya cukup sederhana:

  1. Sebagai pemilik website, Anda meletakan code Adsense di website Anda.
  2. Pengiklan atau Advertiser melakukan penawaran untuk iklan, dan penawaran dengan harga terbesar akan ditampilkan di website Anda.
  3. Anda akan mendapatkan bayaran setiap ada klik iklan oleh pengunjung website Anda. Google akan mengurus penagihan ke advertiser dan memastikan Anda menerima bayaran.

Google Adsense menggunakan algoritma komplek untuk melakukan analisa pada konten website Anda. Hal ini memastikan iklan yang tampil sesuai dengan website Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki website tentang kucing, Andsense akan menampilkan iklan berupa promosi yang berhubungan dengan hewan piaraan.

Bayaran setiap kliknya bervariasi mulai $0.1 sampai $5 tergantung negara, kompetitor antar advertiser dan artikel yang dibahas, untuk indonesia sendiri berkisar $0.01 sampai $5.

Sebagai contoh, iklan yang tampil pada website dengan artikel tentang mobil iklannya lebih mahal jika dibandingkan dengan website mainan anak-anak. Sederhana saja, untuk mobil harganya lebih mahal, sehingga untuk investasi iklan juga lebih mahal.

Jika Anda ingin mengambil keuntungan dan memulai mendapatkan uang dengan menampilkan iklan Adsense, silahkan daftarkan blog Anda dengan membuat akun Adsense. Hal ini biasanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk melakukan pendaftaran.

Setelah itu Anda tinggal menunggu email pemberitahuan dalam beberapa hari apakah disetujui atau tidak. Jika sudah diterima, saatnya Anda memasang iklan adsense di blog.

2. Sumber Penghasilan Blog dari Endorsement

Mungkin Anda sering melihat para blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di konten blognya. Baik itu dalam bentuk review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk.

Apa yang Anda lihat di blog-blog tersebut adalah endorsement. Blogger bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya. Benefitnya bisa beragam, dari uang tunai hingga produk gratis. Tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan.

Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk menghasilkan uang dari blog. Biasanya perusahaan yang akan menghubungi Anda terlebih dahulu untuk mengajak kerjasama. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membangun blog yang berkualitas agar semakin banyak perusahaan yang ingin bekerjasama dengan Anda.

3. Sumber Penghasilan Blog dari Afiliasi

cara mengambil uang dari blog

Cara mendapatkan uang dari blog yang cukup populer lainnya adalah dengan program afiliasi. Melalui program ini Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link atau banner afiliasi.

Jumlah komisi yang didapatkan berbeda-beda tiap perusahaan. Ada yang memberikan komisi 25 persen, 50 persen, hingga 70 persen. Sebagai contoh, di program Afiliasi Niagahoster Anda akan mendapatkan komisi sebesar 70 persen. Cukup menggiurkan, bukan?

Anda bisa langsung membuka halaman Afiliasi Niagahoster untuk mendaftar sebagai afiliator. Jika masih ingin belajar lebih dalam mengenai program afiliasi, Anda bisa membaca artikel Strategi Sukses Menjalankan Affiliate Marketing 2019 terlebih dahulu.

4. Sumber Penghasilan Blog dari Jasa

cara dapat uang dari blog

Melalui blog, Anda juga bisa menawarkan jasa ke para pengunjung blog, seperti jasa pembuatan website, desain grafis, pembuatan artikel. Selain itu masih banyak jasa lainnya yang bisa Anda tawarkan sesuai keahlian yang dimiliki.

[ecko_alert color=”gray”]Tips jitu: Jika Anda ingin menawarkan jasa, disarankan membuat artikel yang berhubungan dengan jasa yang Anda tawarkan. Misalnya Anda ingin menawarkan jasa paket wisata, berarti blog yang Anda buat artikelnya mengenai wisata.[/ecko_alert]

5. Sumber Penghasilan Blog dari Produk

cara dapat uang dari blog

Anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui blog, bisa berupa produk digital atau produk fisik. Jika Anda memiliki keahlian menulis tutorial, Anda bisa membuat ebook untuk dijual. Selain menjual ebook, untuk Anda yang memiliki keahlian pemrograman, bisa memulainya dengan menawarkan aplikasi yang Anda buat untuk dijual.

Sedangan untuk produk fisik, Anda dapat menjual berbagai macam barang. Misalnya Anda memiliki keahlian memasak, Anda bisa membuat produk makanan ringan dan dijual melalui blog Anda.

6. Sumber Penghasilan Blog dari Webinar

Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog melalui webinar. Biasanya cara ini diterapkan oleh blogger-blogger yang sudah profesional dan terpercaya di bidangnya.

Jika Anda sudah membangun citra positif dan profesional di bidang yang Anda geluti, cara ini juga bisa Anda terapkan. Di webinar Anda bisa berbagi ilmu dan pengalaman profesional Anda. Tentu peserta webinar harus membayar biaya tertentu untuk bisa mendapatkannya.

7. Sumber Penghasilan Blog Lainnya

Selain dari beberapa jenis cara mendapatkan uang dari blog di atas, masih banyak cara yang bisa Anda coba, berikut tiga diantaranya:

  • PayPal untuk menerima donasi – PayPal menyediakan tool yang dapat digunakan untuk keperluan donasi dari pengunjung website. Ini adalah cara terbaik memonetisasi untuk website non-profit. Informasi lebih lanjut tentan donasi PayPal silakan menuju link berikut
  • Infolinks – Dengan infolinks Anda dapat memasang iklan berupa text. Jaringan iklan ini akan membayar setiap kali ada klik dari pengunjung. Meskipun baru akan menghasilkan bayaran yang cukup pada situs dengan banyak pengunjung, tidak ada salahnya Anda untuk mencobanya.

3 Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

Menghasilkan uang dari blog bukanlah barang baru. Sudah banyak orang yang mempraktikkannya, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Di bawah ini kami akan memberikan tiga contoh blogger yang sukses menghasilkan uang dari blog.

1. KelasWebsite

KelasWebsite sudah membuktikan bahwa mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan bukan hal mustahil.

Willya Randika, pemilik blog, memutuskan untuk mengisi blognya dengan konten yang sangat spesifik, yaitu panduan membuat website/blog. Dengan membuat konten spesifik, ia lebih mudah untuk meyakinkan pembaca bahwa ia memang ahli di topik tersebut.

Ketika orang sudah mulai percaya bahwa Anda seorang ahli di bidangnya, akan lebih mudah untuk merekomendasikan produk atau jasa kepada mereka.

Hal inilah yang dilakukan KelasWebsite. Salah satu metode monetasi blog yang ia lakukan adalah memanfaatkan afiliasi. KelasWebsite sudah dipercaya sebagai ahli membuat website sehingga lebih mudah mengajak pembacanya untuk membli produk hosting yang bekerjasama dengannya.

Menghasilkan Uang dari Blog Ala KelasWebsite:

  • Membuat konten yang spesifik
  • Mendapatkan kepercayaan pembaca sebagai ahli di topik membuat website/blog
  • Mendapatkan uang dari blog dengan cara afiliasi

2. Diana Rikasari

Jika KelasWebsite bisa menghasilkan uang dari blog melalui program afiliasi, contoh kedua ini menggunakan cara yang cukup berbeda. Diana Rikasari, seorang fashion blogger ternama, tidak fokus hanya pada satu cara monetasi blog.

Melalui blog, ia bisa menghasilkan uang dengan banyak cara. Beberapa di antaranya adalah dengan menjadi brand ambassador produk (endorsement), menulis buku, dan membangun fashion brand.

Menjadi fashion blogger yang unik mengantarkannya menjadi brand ambassador beberapa produk ternama seperti Sony Xperia. Tidak cukup sampai di situ, ia juga menerbitkan buku berjudul #88 Love Life yang berhasil menjadi best seller.

Cara terakhir yang Diana manfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual produk fashion buatannya. Diana telah menelurkan dua fashion brand, yaitu UP dan Schmiley Mo. Ia meletakkan link website fashion brand-nya di blog agar pengunjung blognya bisa dengan mudah membeli produk-produknya.

Menghasilkan Uang dari Blog Ala Diana Rikasari:

  • Mengukuhkan diri sebagai ahli di bidangnya (fashion)
  • Membuat konten yang personal
  • Pintar mencari peluang menghasilkan uang dengan banyak cara

3. AnakJajan

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan. Pasangan Mr. Jajan dan Mrs. Jajan bisa mendapatkan uang dari blog melalui review makanan dan tempat wisata.

Hal yang menarik dari blog AnakJajan adalah variasi review kuliner dan tempat wisata yang disediakan. Anda bisa menemukan review kuliner dan tempat wisata dari berbagai negara. Dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, Inggris, China, Dubai, hingga Selandia Baru, semuanya ada.

Dengan konten yang beragam, blog ini berhasil membangun citra sebagai sumber referensi kuliner dan tempat wisata yang lengkap. Tidak hanya lengkap, foto dan ulasan yang disajikan pun berkualitas tinggi. Jadi pembaca akan benar-benar puas dengan membacanya.

Apa cara monetasi yang digunakan AnakJajan? Dilihat dari blognya, ada dua cara yang mereka manfaatkan, yaitu partnership dan AdSense. AnakJajan menyediakan satu menu khusus Partnership untuk memudahkan orang untuk bekerjasama. Selain itu, di blognya juga tampak iklan-iklan dari Google AdSense yang juga bisa menjadi sumber penghasilan blog.

Menghasilkan Uang dari Blog Ala AnakJajan:

  • Membuat konten yang lengkap dengan kualitas foto dan ulasan yang baik
  • Menyediakan menu khusus untuk partnership
  • Memanfaatkan Google AdSense

Tiga contoh blogger di atas menggunakan cara yang berbeda untuk mendapatkan uang dari blog. Namun, ada kesamaan dari ketiganya. Persamaan pertama adalah mereka konsisten dengan topik yang digeluti.

Konsistensi ini penting agar Anda bisa membangun kepercayaan pembaca. Misalnya, Diana Rikasari selalu membahas soal fashion dan lifestyle di blognya. Begitu juga dengan AnakJajan yang konsisten membahas soal kuliner. Kunci pertama dalam menghasilkan uang dari blog adalah konsistensi!

Kedua, persamaan ketiganya terletak pada fokus membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Tiga blogger di atas mustahil bisa sukses mendapatkan uang dari blog jika tidak membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah mereka sama-sama membutuhkan proses panjang untuk sampai akhirnya bisa menghasilkan uang dari blog. Mereka perlu membangun reputasi, membuat konten berkualitas, dan menentukan cara monetasi terbaik. Jadi Anda memang harus siap menempuh proses yang panjang untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Modal Kecil Bagi Pemula

Hasilkan Uang dari Blog Sekarang Juga!

Kapan waktu terbaik untuk mulai menghasilkan uang dari blog? Jawabannya tentu sekarang. Menunda-nunda hanya akan membuat Anda malas dan lupa. Jadi sebaiknya lebih baik cepat dimulai.

Mulai dari apa? Tentu saja mulai dari membuat blog yang berkualitas. Lalu buat konten yang bermanfaat dan menarik. Datangkan pembaca dari berbagai sumber. Baru kemudian Anda bisa mulai mendapatkan uang dari blog yang Anda bangun.

Memang perjalanan menghasilkan uang dari blog tidaklah singkat. Perlu banyak proses yang harus dilalui dan tentu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Namun, dengan kegigihan dan panduan yang tepat Anda pasti bisa berhasil.

Semoga artikel ini cukup membantu Anda memahami cara dapat uang dari blog secara lengkap. Anda bisa meninggalkan komentar di bawah untuk menanyakan hal-hal yang tidak Anda pahami atau masukan.

Jangan lupa subscribe Blog Niagahoster untuk mendapatkan update terkini tentang website, blog, internet marketing dan promo domain dan hosting murah. Selamat mendapatkan uang dari blog Anda!

Rekomendasi Ebook Gratis untuk Anda:

14
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

7 Replies to “Cara Menghasilkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah”

    1. Pengaruhnya dari segi kecepatan website jika diakses dari luar Indonesia, tapi Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan melakukan konfigurasi CloudFlare di website. Berikut tutorialnya: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-setting-cloudflare/

  1. Hai Azon, tidak ada pengaruhnya, saya menjual produk Clickbank dan menggunakan VPS Niagahoster.co.id dan bisa rank 1 Google juga. Tapi pastikan lokasi server hosting atau VPS yang anda pilih berada di US.

  2. Saya biasanya memasang iklan google adsense di blog Saya untuk mendapatkan uang, dan hasilnya cukup memuaskan.

  3. Terimakasih untuk infonya yang sangat bermanfaat , saya akan mencoba mempraktikan tips dan trik dari anda. Semoga lebih banyak orang yang mengunjungi agar lebih banyak orang yang mendapatkan rezeqy dengan memanfaatkan digital yang berkembang saat ini. Semangat terus untuk menulis blog bermanfaat ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =