Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Affiliate Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya

3 min read

featured image program afiliasi niagahoster

Affiliate marketing adalah salah satu  cara mendapatkan uang dari internet yang cukup populer, khususnya di era digital. Sebab, tanpa perlu membuat produk sendiri, siapapun bisa bergabung dengan program pemasaran afiliasi. 

Tapi meskipun affiliate marketing terlihat mudah dan menjanjikan, Anda tetap butuh strategi pemasaran yang tepat untuk sukses. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan dasar-dasar affiliate marketing untuk Anda. Yuk meluncur ke bawah!

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah model bisnis di mana affiliate marketer mempromosikan produk atau layanan orang lain, lalu menerima komisi atas penjualan yang dihasilkan.

Dengan kata lain, affiliate marketing merupakan model bisnis di mana perusahaan memberi kompensasi atau imbalan kepada affiliate marketer yang berhasil mempromosikan produk atau jasa mereka. 

cara kerja affiliate marketing

Dalam cara kerja affiliate marketing, tugas afiliator adalah melakukan promosi melalui beberapa cara seperti membagikan link referral, membuat ulasan produk, hingga membuat konten terkait.

Saat ada orang yang mengklik link ataupun memasukkan kode afiliasi, affiliate marketer akan mendapatkan komisi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa pemasaran afiliasi adalah memberikan keuntungan dua sisi baik bagi perusahaan dan afiliator. Perusahaan dapat memperluas jangkauan pemasaran mereka, sedangkan afiliator bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Perbedaan Affiliate Marketing dengan Reseller

Sekilas mirip, affiliate marketing dan reseller nyatanya berbeda.

Meskipun sama-sama menjual produk orang lain, afiliator fokus ke mempromosikan produk dan menerima komisi yang dihasilkan dari link atau kode unik. Sedangkan reseller bertanggungjawab pada penjualan dan pengiriman produk.

Dengan kata lain, affiliate marketing mendapatkan komisi alias persentase hasil penjualan. Beda dengan reseller yang perlu membeli produk untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Jenis-Jenis Affiliate Marketing

Ada sekitar empat jenis affiliate marketing berdasarkan caranya mendapat komisi, yaitu: pay-per-click,  pay-per-sale, pay-per-lead, dan pay-per-impression. Ini dia masing-masing perbedaannya:

  • Pay-per-click (PPC): komisi diterima setelah pengunjung website/blog mengklik link afiliasi
  • Pay-per-sale (PPS): komisi diterima setiap kali ada pengunjung yang melakukan transaksi melalui link afiliasi
  • Pay-per-lead (PPL): komisi diterima jika pengunjung website/blog mengisi formulir kontak tertentu
  • Pay-per-impression (PPI): komisi diterima berdasarkan impresi atau berapa kali link afiliasi Anda dilihat pengunjung website/blog

Dalam memilih jenis affiliate marketing, para pelaku pemasaran afiliasi harus mempertimbangkan kesesuaian niche dan audiens, potensi penghasilan, serta biaya promosi yang dibutuhkan. 

Kelebihan Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis yang menawarkan banyak kelebihan. Terutama sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan yang bisa dilakukan secara fleksibel.

Namun tak hanya itu saja, masih banyak lagi kelebihan affiliate marketing:

  • Bisa menjadi passive income.
  • Jam kerja fleksibel dan bisa dilakukan dari mana saja.
  • Bisa mempromosikan banyak produk atau jasa.
  • Cara kerja mudah dan simple.
  • Tidak membutuhkan modal besar.

Kekurangan Affiliate Marketing

Di samping kelebihannya, pemasaran afiliasi juga memiliki kekurangan. Kekurangan affiliate marketing adalah:

  • Persaingan yang ketat karena siapapun bisa mengikuti program afiliasi dengan mudah.
  • Pendapatan tidak menentu, tergantung pada produk atau jasa yang berhasil terjual.
  • Membutuhkan strategi promosi yang kuat untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan.

Contoh Program Affiliate Marketing di Indonesia

Ada banyak perusahaan yang menjalankan program afiliasi. Ini dia contoh affiliate marketing di Indonesia: perusahaan hosting seperti Niagahoster, e-commerce seperti Shopee, hingga platform travel semacam Traveloka.

1. Program Afiliasi Niagahoster

program afiliasi niagahoster

Salah satu program afiliasi terbaik di Indonesia dengan keuntungan besar adalah Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster.

Niagahoster menawarkan program affiliate marketing dengan komisi 70%. Angka ini terhitung besar, mengingat paket pembelian Shared Hosting yang bisa mencapai jutaan.

2. Shopee Program Afiliasi Indonesia

landing page Shopee Affiliate

Shopee, salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara, menyediakan program pemasaran afiliasi. Dalam sistem afiliasi yang ditawarkan Shopee, afiliator dapat mempromosikan produk Shopee ke audiens terutama melalui link.

3. Traveloka

landing page Traveloka Affiliate

Traveloka merupakan platform booking online yang menyediakan layanan tiket pesawat, hotel, hingga paket liburan.

Selain itu rupanya Traveloka membuka program pemasaran afiliasi di mana afiliator dapat mempromosikan layanan Traveloka untuk mendapatkan komisi setiap kali ada yang melakukan transaksi melalui link afiliasi mereka.

Pertanyaan Lain Tentang Pemasaran Afiliasi

1. Apakah affiliate marketing sama dengan dropship?

Dropship dan affiliate marketing adalah dua hal yang berbeda. Dalam affiliate marketing, affiliate marketer mempromosikan produk atau jasa melalui link afiliasi yang disediakan.

Sedangkan pada dropship, dropshipper tidak menggunakan link, melainkan perlu memesan produk ke supplier ketika ada yang membelinya.

2. Mengapa affiliate marketing tidak membutuhkan pengalaman menjual?

Affiliate marketing tidak membutuhkan pengalaman menjual karena afiliator tidak perlu menangani proses penjualan. Jadi, afiliator hanya perlu fokus ke marketing produk atau jasa.

3. Apa saja tugas affiliate marketing?

Afiliator tidak perlu memiliki produk untuk menjalankan program pemasaran afiliasi. Singkatnya, tugas affiliate marketing yaitu memasarkan produk atau jasa, membangun hubungan dengan audiens, serta menghasilkan penjualan dari metode pemasaran afiliasi yang dilakukan.

4. Bagaimana cara menjadi affiliate marketer?

Untuk menjadi affiliate marketer, Anda perlu mencari program affiliate marketing yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Lalu, pilih produk atau jasa, kemudian Anda bisa mempromosikan produk melalui website ataupun media sosial.

Sudah Siap Mendapat Penghasilan dari Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan tanpa membutuhkan modal besar.

Dengan menjadi affiliate marketer, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa sesuai minat, serta memperoleh komisi dari setiap penjualan dari link afiliasi.

Untuk menjadi affiliate marketer, Anda hanya perlu mendaftar ke program affiliate marketing yang tersedia, memilih produk atau jasa yang diinginkan, serta melakukan promosi ke website ataupun media sosial.

Nah, salah satu program afiliasi yang bisa Anda coba adalah Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster. Dengan menjadi affiliate marketer Niagahoster, Anda bisa mendapatkan komisi 70% dari setiap penjualan yang Anda hasilkan.

Tertarik untuk bergabung dengan program affiliate marketing Niagahoster? Klik tombol di bawah ini dan mulai jadi affiliate marketer sekarang juga!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

One Reply to “Affiliate Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya”

  1. sungguh bermanfaat sekali gan. Ternyata banyak juga ya yang perlu kita buat. Supaya sukses dengan affiliate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *