Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

20+ Contoh Website Sederhana untuk Inspirasi Desain Web

8 min read

featured image tips desain website

Memiliki website memang penting, tapi mendesain website yang menarik juga tak kalah penting. Sayangnya, banyak orang salah kaprah dengan merancang tampilan situs terlalu meriah, sehingga malah membingungkan pengunjung.

Padahal, website dengan desain sederhana pun bisa tampil menarik, lho. Bahkan, manfaatnya juga banyak, seperti meningkatkan pengalaman pengunjung, mempercepat loading website, dan mempermudah navigasi website.

Nah, Anda butuh contoh website sederhana sebagai inspirasi desain?

Tenang, di artikel ini, kami akan menyajikan daftar website dengan tampilan simpel dan minimalis untuk referensi desain Anda. Selain itu, kami juga akan membocorkan tips desain website sederhana tapi tetap memikat perhatian pengunjung.

Tanpa basa-basi, ini dia penjelasan lengkapnya!

21 Contoh Website Sederhana Sebagai Inspirasi Anda

Berikut kami sajikan contoh website sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi desain web:

  1. Zerodha
  2. Design Pieces
  3. Adoratorio Studio
  4. Nice and Serious
  5. A Book Apart
  6. Nowness
  7. Locomotive
  8. Third Wave Wichteln
  9. Hongkiat
  10. Shape
  11. Mikiya Kobayashi
  12. Qards
  13. Hello Monday
  14. Raw Studio
  15. Lounge Wizard
  16. Code for America
  17. We Ain’t Plastic
  18. The New Tropic
  19. Dave Gamache
  20. Code & Pepper
  21. CSG Interactive

Langsung saja, mari menuju contoh desain web sederhana yang pertama!

1. Zerodha

contoh website sederhana zerodha

Zerodha adalah contoh website sederhana yang menarik perhatian. Situs ini berfungsi sebagai platform perdagangan dan investasi online yang berkantor pusat di India.

Dalam desainnya, website Zerodha didominasi warna latar putih dengan teks hitam yang mudah dibaca. Terdapat juga fitur “dark mode” bagi Anda yang suka browsing dengan warna gelap.

Pada halaman utamanya, Zerodha menyediakan berbagai ikon navigasi menuju halaman lain. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih cepat dalam mengakses konten-konten penting.

2. Design Pieces

contoh desain web sederhana designpieces

Design Pieces adalah salah satu contoh blog yang fokus pada desain dan kreativitas. Situs ini menyediakan berbagai artikel, panduan, serta resource gratis untuk dimanfaatkan para desainer grafis dan pengembang web.

Secara umum, tampilan Design Pieces membuat fokus pengunjung tertuju pada konten yang disajikan. Di halaman utama, pengunjung akan disambut dengan berbagai artikel terbaru dan populer yang diharapkan menarik perhatian mereka.

Menggunakan font yang mudah dibaca dan tata letak sederhana, Design Pieces berhasil menghadirkan website yang minimalis dan memberikan kesan bersih.

3. Adoratorio Studio

desain web simple keren adoratorio studio

Contoh desain web sederhana berikutnya datang dari Adoratorio Studio. Bagi yang belum tahu, Adoratorio Studio adalah sebuah website studio desain yang berbasis di Spanyol.

Ketika membuka situs Adoratorio Studio, pengunjung dengan mudah menemukan portofolio yang disajikan secara terstruktur. Dengan navigasi yang sederhana, mereka juga dapat mengakses berbagai portofolio desain grafis dari Adoratorio Studio.

Meskipun dirancang dengan sangat sederhana, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Adoratorio Studio adalah salah satu contoh website portofolio terbaik.

4. Nice and Serious

contoh website minimalis nice and serious

Nice and Serious adalah contoh website sederhana selanjutnya yang bisa Anda jadikan ide mendesain web. Situs ini merupakan sebuah studio kreatif yang berasal dari London, Inggris.

Boleh dibilang, Nice and Serious adalah sebuah contoh desain website yang berhasil menunjukkan kreativitas secara penuh, dalam portofolio yang mereka tampilkan pada website.

Website Nice and Serious tergolong nyentrik, tanpa mengesampingkan kesan sederhana dan minimalis. Mereka memilih untuk menggunakan kombinasi font dan palet warna yang efektif dalam menarik perhatian pengunjung.

5. A Book Apart

a book apart

Contoh website minimalis lain yang bisa Anda jadikan ide untuk merancang tampilan web yaitu A Book Apart. Sesuai namanya, A Book Apart adalah sebuah penerbit buku, khususnya untuk topik teknis dan panduan desain website.

Sebagai salah satu contoh website toko online, A Book Apart memang terbilang sederhana. Tidak ada popup atau elemen visual lain yang sifatnya mengganggu fokus pengunjung.

Sebaliknya, tampilan warna latar putih dengan sentuhan palet warna bumi dan gambar resolusi tinggi berhasil membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi produk buku yang dijual A Book Apart.

6. Nowness

nowness

Nowness adalah contoh desain website sederhana yang menyediakan berbagai video seni, budaya, dan desain. Jika Anda menduga tampilan platform video yang satu ini begitu meriah, Anda salah besar.

Tampilan website ini sangat minimalis dengan penggunaan variasi warna dan teks yang minim. Namun, Nowness berhasil menyajikan konten video mereka secara efektif.

Maka bisa dibilang, strategi Nowness untuk mengajak pengunjung agar langsung menikmati sajian video cukup sukses.

7. Locomotive

contoh website sederhana locomotive

Contoh desain web simple keren berikutnya yang kami hadirkan adalah Locomotive. Sedikit info, Locomotive adalah sebuah studio desain website yang berlokasi di Montreal, Kanada.

Agak unik dari contoh website lainnya, Locomotive  memilih full page header dalam bentuk video. Seiring bergulirnya kursor, baru terlihat kesan sederhana dan minimalis dari website Locomotive.

Penggunaan gambar yang tak berlebihan dan teks berukuran besar terbilang efektif dalam menjelaskan fokus bisnis mereka. Anda tak akan kesulitan menengok koleksi portofolio Locomotive dari berbagai sektor.

8. Third Wave Wichteln

contoh desain web sederhana third wave wichteln

Third Wave Wichteln adalah contoh website sederhana lainnya yang tak kalah ciamik. Platform ini memfasilitasi pertukaran hadiah antar sesama penggemar kopi.

Desain website ini sederhana dengan warna latar hitam dan palet warna yang kontras. Halaman utamanya menyimpan informasi tersembunyi yang bisa diakses jika Anda menekan dan menahan kursor selama beberapa detik.

Baru setelahnya, muncul beberapa baris teks berisi tautan menuju lokasi dan akun media sosial mereka yang dapat dikunjungi.

9. Hongkiat

desain web simple keren hongkiat

Hongkiat adalah contoh website minimalis bagi Anda yang butuh inspirasi desain blog. Berdiri sejak 2007, Hongkiat secara konsisten menyediakan konten artikel dengan topik desain dan teknologi.

Tampilan website ini sederhana, namun responsif dan mudah dinavigasi. Desain website Hongkiat dibalut palet warna monokromatik khas situs teknologi dengan tipografi yang mudah dibaca.

Kombinasi dari semua hal di atas menjamin pengalaman menjelajahi konten-konten Hongkiat jadi lebih menyenangkan untuk pengunjung.

10. Shape

contoh website minimalis shape

Shape adalah sebuah studio desain kreatif yang berbasis di Manchester, Inggris, dan mereka juga memiliki website yang menarik untuk  Anda lihat desainnya..

Website Shape menampilkan desain minimalis dengan palet warna netral plus sentuhan sedikit warna pastel. Pemilihan tipografi mereka juga elegan dan mudah dibaca.

Pada halaman utama situs ini, hanya terdapat tautan ke proyek yang pernah mereka kerjakan dan layanan yang ditawarkan.

Secara keseluruhan, Shape berhasil mencerminkan kualitas dan profesionalisme mereka sebagai studio desain.

11. Mikiya Kobayashi

mikiya kobayashi

Website Mikiya Kobayashi adalah contoh desain website sederhana tanpa mengesampingkan aspek estetika. Ini tak mengherankan karena Mikiya sendiri merupakan desainer furnitur yang telah meraih banyak penghargaan.

Halaman utama website Mikiya hanya menampilkan gambar produk terbaru berbentuk grid. Apabila diklik, pengunjung akan diarahkan ke halaman produk atau portofolio yang bersangkutan.

Perpaduan palet warna netral dan tipografi minimalis semakin menambah kesan website sederhana. Hal ini semakin memudahkan pengunjung untuk menjelajahi karya-karya Mikiya yang unik dan inovatif.

12. Qards

qards

Desain web simple keren lainnya yang patut Anda simak adalah Qards. Mereka adalah perusahaan pengembang plugin yang memungkinkan pelanggannya merancang landing page dengan mudah.

Website Qards memiliki tampilan yang sederhana, dilengkapi font berukuran besar dan palet warna terang. Konten situsnya tersusun rapi guna memudahkan pengunjung membaca informasi dengan jelas.

Qards juga menggunakan gambar dan video berkualitas tinggi untuk membuat websitenya tampak lebih menarik. Hal ini bisa meyakinkan pengunjung untuk mencoba produk yang mereka tawarkan.

13. Hello Monday

contoh website sederhana hello monday

Hello Monday, sebuah studio desain digital yang berbasis di Denmark, memiliki website sederhana yang yang patut Anda tengok.

Begitu membuka situs ini, pengunjung langsung disambut dengan gambar animasi dan tipografi berukuran besar yang saling bersinergi. Seiring menggulirkan kursor, nuansa minimalis bisa semakin Anda rasakan.

Susunan portofolio dalam bentuk grid yang tidak teratur di atas latar belakang putih pada website ini menambah kesan estetika, namun tidak membingungkan pengunjung. Dengan begitu, pengunjung dapat melihat portofolio dan menikmati tampilan visual yang menarik.

14. Raw Studio

contoh desain web sederhana raw studio

Satu lagi contoh website sederhana untuk Anda dari agensi desain, yaitu Raw Studio, sebuah studio desain kreatif ternama yang berkantor pusat di Barcelona, Spanyol.

Website yang menyediakan jasa desain UI/UX ini hadir dengan dominasi warna hitam dan putih. Ditambah dengan gambar berukuran besar, tampilan Raw Studio tampak minimalis tapi tetap mewah.

Kesan profesional dan modern hadir dari pemilihan font yang sederhana dan elegan. Dengan desain website sederhana seperti ini, fokus pengunjung ketika mengunjungi website Raw Studio akan langsung tertuju pada portofolio desain mereka.

15. Lounge Lizard

desain web simple keren lounge lizard

Lounge Lizard adalah contoh desain web sederhana yang patut Anda pertimbangkan ketika mendesain tampilan website. Oh ya, Lounge Lizard merupakan agensi digital dari New York yang menawarkan jasa pengembangan web, desain web, dan pemasaran digital.

Ketika mengunjungi websitenya, pengunjung akan langsung disambut dengan full page header berbentuk animasi gambar. Scroll ke bawah, akan terlihat warna dasar putih dengan aksen merah lembut yang sangat memanjakan mata.

Setiap informasi di website Lounge Lizard dikelompokkan menurut kategorinya, guna menonjolkan kesan rapi. Pemilihan tipografi yang pas, tidak terlalu besar maupun kecil, memudahkan pengunjung untuk menyimak setiap konten yang disajikan.

16. Code for America

contoh website minimalis code for america

Contoh website sederhana lain adalah dari Code for America, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan tahun 2009 lalu. Code for America berfokus untuk membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan publik dengan bantuan teknologi.

Website mereka dirancang secara sederhana dan efektif. Warna latar putih yang dikombinasikan dengan palet warna ungu berhasil menyejukkan mata. Menu-menu yang tersedia juga ampuh mengarahkan pengunjung ke halaman yang dituju.

Dengan begitu, tak akan ada yang kesulitan untuk menemukan informasi maupun berpartisipasi dalam program kegiatan mereka. Secara keseluruhan, kesederhanaan desain membantu pengunjung untuk fokus terhadap tujuan Code for America.

17. We Ain’t Plastic

we aint plastic

We Ain’t Plastic adalah contoh website minimalis selanjutnya yang bisa kami rekomendasikan. Dibuat oleh seorang Creative Technologist & User Experience Engineer bernama Roland,  We Ain’t Plastic menyediakan berbagai jasa desain, seperti product design, UX design, dan prototyping.

Berbeda dengan sebagian besar website sederhana lain, We Ain’t Plastic mengusung konsep Single Page Application (SPA), di mana seluruh informasi disajikan dalam satu halaman web. 

Menggunakan SPA, pengunjung website We Ain’t Plastic bisa menavigasi website dengan mudah, serta memahami profil serta layanan yang ditawarkan Roland dalam sekali gulir.

Di samping itu, pemilihan palet warna dan tipografi semakin menunjukkan kesan sederhana, tanpa mengesampingkan aspek profesionalitas yang mereka usung.

18. The New Tropic

the new tropic

The New Tropic adalah contoh desain web simple keren berikutnya yang bisa Anda jadikan inspirasi. Website ini menyediakan konten seputar budaya, kehidupan sosial, dan berita lokal di Miami, Amerika Serikat.

Saat mengaksesnya, pengunjung langsung disambut dengan header berisi ajakan untuk berlangganan berita via email. Scroll ke bawah, website The New Tropic hadir dengan warna dominan putih pada latar.

Artikel-artikel yang mereka tulis disajikan dengan font yang besar dan jelas. Desain minimalis membuat pengunjung dapat menavigasi situs secara mudah serta membaca konten dengan lebih fokus.

19. Dave Gamache

dave gamache

Di antara semua contoh website sederhana di daftar ini, boleh dibilang website Dave Gamache adalah yang paling sederhana. Dave Gamache sendiri merupakan desainer web dan UI/UX yang bermukim di San Fransisco, Amerika Serikat.

Situs milik Dave didominasi warna hitam dengan sedikit sentuhan warna merah hati. Di bagian atas terdapat informasi profesi dan lokasi yang bersangkutan.

Pada bagian bawah, terdapat beberapa tautan menuju akun media sosial, portfolio, maupun email Dave. Di sana, pengunjung juga bisa memilih mau melihat portofolio Dave di beberapa platform seperti Medium, Github, Behance, ataupun Dribbble.

20. Code & Pepper

contoh website sederhana code and pepper

Mendekati akhir, contoh desain web sederhana berikutnya yaitu Code & Pepper, website perusahaan pengembang aplikasi, khususnya untuk bidang kesehatan dan finansial.

Website mereka memiliki desain yang minimalis dan modern khas situs teknologi, dengan kombinasi warna putih dan biru laut. Di bagian atas terdapat beberapa menu menuju halaman produk maupun klien yang pernah ditangani.

Menuju ke bawah, Code & Pepper mengoptimalkan penggunaan gambar dan ilustrasi, sehingga tidak membosankan mata. Pun demikian, hal ini tidak mengesampingkan kesan serius dan profesional yang mereka usung.

21. CSG Interactive

contoh desain web sederhana csg interactive

Contoh website sederhana yang terakhir datang dari CSG Interactive. Jika Anda belum tahu, CSGI adalah perusahaan yang menyediakan berbagai platform Software as a Service (SaaS) untuk bisnis lain.

Website CSGI menampilkan desain yang sederhana, tapi terlihat modern. Pemilihan warna-warna cerah serta paduan gambar yang relevan membuat pengalaman mengunjungi situs ini terasa menyenangkan.

Navigasi di website CSGI juga tersusun rapi, sehingga mudah untuk diakses pengunjung. Semua informasi perusahaan, produk, dan klien ditampilkan secara jelas dengan porsi yang pas.

[Bonus] Tips Desain Website Sederhana yang Menarik

Setelah melihat contoh website dengan desain sederhana, apakah Anda tertarik merancang tampilan web sendiri? Jika ya, simak panduan desain web berikut:

1. Tampilkan Konten yang Relevan secara Menarik

Konten website yang relevan dan berguna akan memikat pengunjung website Anda. Namun, tampilannya juga harus tepat dan menarik agar pengunjung nyaman menjelajahi setiap halaman dan mau mampir kembali ke website Anda.

2. Gunakan Desain Bersih dan Minimalis

Tips desain website berikutnya yaitu gunakan desain yang bersih dan minimalis, agar menampilkan kesan profesional di website Anda. Sebisa mungkin hindari penggunaan elemen yang terlalu ramai karena berpotensi membingungkan pengunjung.

3. Pilih Warna yang Sesuai

Ketika mendesain situs, Anda perlu tahu kombinasi warna efektif untuk desain website. Pilihlah warna yang menarik, tidak terlalu mencolok, dan sesuai dengan citra yang ingin Anda tampilkan.

4. Pasang Font yang Mudah Dibaca

Sekarang sudah bukan zamannya menggunakan font estetik tapi sulit dibaca. Sebaliknya, gunakanlah font keren yang minimalis agar pengunjung Anda nyaman saat membaca konten situs.

5. Buat Navigasi yang Gampang Diakses

Navigasi website adalah aspek yang membuat pengunjung dapat menjelajahi seluruh isi website. Untuk itu, buatlah navigasi situs yang mudah dipahami guna membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari.

6. Optimasi Responsive Design

Responsive website adalah situs yang tampilannya dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar pengunjung. Dengan desain yang responsive, pengunjung bisa mengakses website Anda dengan nyaman lewat perangkat apa pun..

7. Perhatikan Tren Web Design

Setiap tahunnya, tren web design selalu berubah. Untuk itu, Anda perlu mengikuti perkembangan desain web terbaru agar situs Anda selalu memberikan pengalaman yang lebih modern. 

Ayo Buat Desain Website Anda Sendiri!

Di artikel ini, Anda sudah melihat contoh website sederhana serta tips mendesain website yang minimalis. Dengan website sederhana, fokus pengunjung Anda akan langsung tertuju pada konten yang disajikan.

Selain itu, website dengan tampilan sederhana umumnya juga bisa mempercepat loading website. Namun ingat, kecepatan website tak hanya dipengaruhi oleh desain, melainkan juga kualitas web hosting yang digunakan. 

Sebab, meskipun desain website sederhana, loading website akan tetap lambat dan tidak responsif jika hostingnya kurang memadai. Untungnya, layanan Unlimited Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat.

Loh, apa bedanya dengan hosting lain?

Jangan salah! Layanan Unlimited Hosting Niagahoster didukung oleh LiteSpeed Web Server untuk memastikan loading website selalu gesit. Di samping itu, Uptime 99.99% menjamin website Anda selalu online dalam kondisi apa pun.

Menariknya lagi, Unlimited Hosting Niagahoster dibanderol dengan harga terjangkau, mulai dari Rp9.900/bulan saja! Jadi tunggu apa lagi, yuk berlangganan layanan ini sekarang!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *