15+ Contoh Blog dan Website Pribadi Inspiratif - Niagahoster Blog

Sejarah panjang blog berawal dari pembuatan laman pribadi oleh Justin Hall pada tahun 1994 hingga lahirnya WordPress dan akuisisi Blogger oleh Google pada tahun 2003.

infografis contoh blog dan sejarah blog

Blog di Indonesia

Blog mulai dikenalkan di Indonesia oleh Enda Nasution yang juga disebut sebagai Bapak Blogger Indonesia. Julukan tersebut bukan tanpa alasan. Enda tercatat sebagai blogger pertama di Indonesia dan mengenalkan blog kepada masyarakat Indonesia melalui artikel berjudul “Apa itu Blog” pada tahun 2001.

Pada 27 Oktober 2007, Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga diprakarsai oleh perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.

Pesta Blogger inilah yang menjadi cikal bakal Hari Blogger Nasional. Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, yang saat itu memberikan sambutan pembukaan berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada tahun 2015, Antara melaporkan terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.

Walaupun jumlah blogger di Indonesia masih terhitung sedikit dibandingkan rasio penduduknya, ketertarikan terhadap profesi sebagai blogger tetap ada, terutama pada anak muda dan kalangan ibu.

Pilihan menjadi blogger tetap menarik karena berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas online tersebut. Setidaknya terdapat lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ngeblog.

Pertama, Anda memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan menulis.

Kedua, Anda dapat berbagi informasi dan pengalaman.

Ketiga, blog bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk personal branding.

Keempat, dari blog Anda juga bisa menghasilkan uang.

Kelima, Anda juga bisa membangun network dengan blogger-blogger lain.

Bagi yang sudah memiliki blog, Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat blog yang lebih baik lagi. Bagi yang belum memiliki blog, mungkin contoh-contoh blog di bawah ini dapat mendorong Anda untuk mulai ngeblog.

15+ Contoh blog atau website pribadi

1. Trinity Traveler

contoh blog trinity traveler

Blogger satu ini mungkin sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Trinity terkenal karena kisah perjalanannya ke luar negeri dengan budget minim yang ia bagikan di blog. Ia juga disebut sebagai travel blogger pertama di Indonesia.

Berawal dari menulis catatan setiap melakukan perjalanan, Trinity Traveler mulai membagikan kisah perjalanannya melalui blog pada tahun 2005. Sejak itu, banyak yang menyukai kisah-kisah perjalanan Trinity dan menginspirasi banyak orang untuk mengabadikan kisah perjalanannya melalui tulisan.

Trinity berhasil menyabet gelar national best selling author dengan 14 buku travelingnya (beberapa buku sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris). Bahkan bukunya (Trinity, The Naked Traveler) juga diadaptasi menjadi film pada tahun 2017 dengan Maudy Ayunda sebagai pemeran utamanya.

Trinity pun pernah menjadi pembicara di acara-acara kepenulisan bergengsi seperti Ubud Writers and Readers Festival dan Frankfurt Book Fair. Blog mengantarkan Trinity menjadi salah satu orang berpengaruh di Indonesia. Tentu hal ini juga didukung dengan ketekunan dan kualitas konten yang dibuat oleh Trinity Traveler.

2. Gari Cruze

2. contoh blog geri cruze

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, blog bisa menjadi sarana untuk ‘mempromosikan’ diri Anda atau personal branding.

Gari Cruze memanfaatkan blognya sebagai portofolio sehingga ketika ada yang ingin menggunakan jasanya bisa mengetahui seperti apa kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Gari Cruze adalah adalah seorang copywriter asal Amerika Serikat. Ia memiliki blog yang berisi hasil kerjanya sebagai copywriter untuk produk-produk seperti Slack, P&G, dan U.S Xpress Shipping.

3. Anak Jajan

3. contoh blog anak jajan

Terkadang ketika ingin menentukan makan apa, orang Indonesia mencarinya terlebih dahulu di Google. Ini kesempatan bagi Anda yang tertarik dengan dunia kuliner. Anda bisa membuat blog yang berisi review tentang makanan dan restoran.

Salah satu food blogger yang cukup terkenal di Indonesia adalah Anak Jajan. Blog ini dikelola oleh pasangan Julia Veronica dan Marius Tjenderasa. Blog berbahasa Inggris ini pun telah banyak memenangkan penghargaan seperti Influence Asia 2017, RCTI Socmed Awards 2016, dan Dreamer Radio Celegram Award

4. Robby Leonardi

4. contoh blog website pribadi robby leonardi

Kreativitas selalu dibutuhkan agar Anda bisa menonjol di tengah kerumunan orang dengan kemampuan yang sama.

Robby Leonardi adalah seorang illustrative designer yang memanfaatkan website pribadinya sebagai resume dan portofolio dengan cara yang kreatif. Pengunjung websitenya bisa melihat resume dan portofolio Robby melalui games simpel di websitenya.

5. Gary Sheng

5. contoh blog gary sheng

Website pribadi Gary Sheng berisi riwayat pendidikan, proyek, dan pengalaman kerja yang pernah ia lakukan.

Gary mampu menampilkan keahlian software engineering dan web development secara apik melalui desain websitenya. Jika Anda ingin membuat website pribadi simpel Anda bisa mencontoh website pribadi Gary Sheng.

6. Sudut Pandang (Nukman Luthfie)

6. contoh blog sudut pandang

Nukman adalah salah satu blogger yang memprakarsai acara Pesta Blogger 2007 bersama Enda Nasution. Nukman dikenal sebagai pakar media sosial dan digital marketing di Indonesia. Di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan untuk menulis di blog pribadinya, yaitu Sudut Pandang. 

7. Kendra Schaefer

7. contoh blog website pribadi kendra

Kendra tidak hanya menampilkan resume dan portofolio di situs pribadinya. Ia juga secara aktif menulis artikel tentang travel dan teknologi di kanal blognya. Jadi, selain bisa melihat proyek profesional apa yang sudah dilakukan Kendra, pengunjung juga bisa membaca kehidupan pribadinya melalui artikel-artikel blognya.

8. Diana Rikasari

8. contoh blog diana rikasari

Menjadi blogger itu harus konsisten. Salah satunya adalah konsisten pada topik yang akan dibahas. Salah satu topik populer di Indonesia adalah fashion. Jika Anda tertarik dengan dunia fashion, Anda bisa menjadikan blog Diana Rikasari sebagai inspirasi.

Diana Rikasari mendesain blognya dengan konsep youth and colorful. Sekali melihat blognya dan Anda bisa mengetahui bahwa blognya adalah blog fashion. Selain aktif ngeblog, Diana juga aktif membuat vlog di kanal YouTube dan menulis buku.

9. Everywhereist

9. contoh blog everywhereist

Butuh lebih banyak contoh blog traveling? Everywhereist bisa menjadi sumber inspirasi Anda. Everywhereist adalah blog traveling milik Geraldine DeRuiter yang dinobatkan sebagai Best Blog of 2011 oleh TIME Magazine.

Blognya kebanyakan berisi kisah-kisah perjalanan ke berbagai belahan dunia bersama suaminya. Ia juga menerbitkan buku berdasarkan kisah perjalanannya dengan judul “All Over the Place

10. Minimalist Baker

10. contoh blog pribadi minimalist baker

Jika blog Anak Jajan lebih banyak mengulas tentang makanan dan restoran, food blog yang satu ini lebih banyak memberikan konten resep makanan.

Minimalist Baker ini dikelola oleh Dana, seorang recipe developer, content creator, dan food photographer. Dana sudah mengelola blog ini sejak tahun 2010 dan juga aktif menulis buku-buku resep makanan.

11. Christopher Lee

11. contoh blog website pribadi christopher lee

Para graphic designer biasanya memamerkan karyanya di situs Dribbble. Selain Dribbble, graphic designer juga bisa memamerkan karya-karyanya di website pribadinya. Seperti yang dilakukan oleh Christopher Lee.

Christopher Lee memamerkan karya-karya profesionalnya di website pribadinya, dari desain untuk Wendy’s, Line Corp, Honda Canada, dan Nickelodeon.

12. Nick’s Car Blog

12. contoh blog nick's car blog

Bagi para penggemar otomotif, Anda juga bisa memulai blog dengan topik ini. Anda bisa mengisi blog Anda dengan konten-konten terkait dengan mobil, cara merawat mobil, berita otomotif terbaru, dan lain-lain.

Salah satu blog otomotif yang bagus adalah Nick’s Car Blog. Blog milik Nick Roshon ini kebanyakan berisi artikel tentang mobil Audi. Ia juga berbagi tips memilih mobil dan pengalaman modifikasi beberapa mobil.

13. Mira Sahid

13. contoh blog mira sahid

Bagi para orangtua bisa juga membuat blog dengan tema parenting. Mira Sahid adalah salah satu parenting blogger yang terkenal di Indonesia. Ia juga merupakan pendiri Kumpulan Emak Blogger yang kini sudah memiliki sekitar 1000 anggota.

14. Agus Mulyadi

14. contoh blog agus mulyadi

Selain berprofesi sebagai pemimpin redaksi di Mojok, Agus Mulyadi juga aktif menulis di blog pribadinya. Blog pribadi Gus Mul kebanyakan berisi tentang kisah keseharian yang dialaminya. Blog ini pun mengantarkan Gus Mul untuk menjadi pembicara di Ask and Question #TrenSocial BBC Indonesia.

15. Sugeng.id

15. contoh blog sugeng

Bagi yang sering belajar tentang blog, WordPress, Blogspot, dan SEO tentu blog ini tidak asing. Banyak artikel dari blog ini yang berada di posisi top 3 di hasil pencarian Google, jadi bisa dipastikan pengunjung blognya juga banyak.  

16. Quinton Harris

16. contoh blog website pribadi quinton harris

Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi membuat website pribadi untuk resume yang menarik, website Quinton Harris bisa Anda jadikan contoh. Homepage websitenya berisi 11 poin penting dalam hidupnya, dari keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga skill yang dimiliki.

Download E-Book: Hasilkan Uang dengan Blog dari Hobi Jalan-Jalan

Kesimpulan

Kini membuat blog semakin mudah. Anda hanya perlu mendaftar ke salah satu layanan penyedia blog seperti Blogspot atau WordPress, mengikuti instruksi yang disediakan, dan blog Anda pun jadi.

Jika Anda ingin mempunyai blog dengan domain dan hosting sendiri pun mudah, Anda bisa pindah dari blog sebelumnya ke Niagahoster.

Contoh-contoh blog dan website pribadi di atas dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat blog atau website pribadi Anda menjadi lebih baik. Terapkan prinsip Amati, Tiru, Modifikasi (ATM).

Amati contoh blog dan website pribadi di atas. Lalu tentukan apa yang bisa ditiru dari blog atau website pribadi tersebut, bisa dari segi desain, segi SEO, atau konten. Kemudian modifikasi hal tersebut disesuaikan dengan blog atau website pribadi Anda.

Tidak perlu khawatir jika Anda mengalami kesulitan atau masalah ketika memodifikasi blog atau website. Anda bisa menemukan berbagai tips dan tutorial berkaitan dengan blog dan website di Blog Niagahoster.

 

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Dwi Wahyudi

    Alhamdulillah sejak 2009 lalu ngeblog masih eksis hingga saat sekarang ini, jangan berpikir muluk2 sing penting iso update terus udah cukup bahagia rasanya.

  • Achmed Islamic Hernawan

    Wah, sangat inspiratif. Saya pun saat ini rajin membuat artikel baru di blog saya. Kebetulan, saya menggunakan Niagahoster sebagai platform blog saya dan pengunjungnya semakin lama semakin banyak saja. Semoga kedepannya semakin meningkat pengunjungnya dan Niagahoster memberikan tawaran yang lebih terjangkau untuk harga VPS (karena saya tertarik dengan layanan VPS Niagahoster)…

    • Ilham Mubarok

      Terima kasih telah menggunakan layanan kami. Sebaiknya jika memang trafik sudah membludak segera pindah ke VPS 🙂

  • irfan.id

    Contoh-contohnya unik-unik banget… jadi tambah semangat ngeblognya.
    pertama kali ngeblog 2011 dengan Blogspot, tapi vakum bertahun-tahun karena bosan dengan bentuk blog yang gitu-gitu aja, hingga akhirnya ngeblog lagi setelah jumpa Niagahoster 3 tahun yang lalu pakai WP 🙂

seventeen + 5 =