Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

15+ Contoh Blog dan Website Pribadi Inspiratif

5 min read

Contoh Blog dan Website Pribadi Inspiratif

Anda sedang mencari beberapa contoh blog sebagai sumber inspirasi membuat blog pribadi? Artikel ini bisa membantu Anda.

Kami akan mengulas contoh web blog yang berhasil mendapat banyak pengunjung. Contoh blog pribadi yang kami berikan tentu bukan berasal dari satu niche saja. Ada blog kuliner, blog wisata, blog teknologi, dan lainnya.

Agar tidak makin penasaran, mari simak daftar contoh blog yang inspiratif di bawah!

15+ Contoh Blog atau Website Pribadi

Berikut ini adalah contoh blog pribadi yang berasal dari Indonesia dan juga luar negeri:

  1. The Naked Traveler
  2. Gari Cruze
  3. Anak Jajan
  4. Robby Leonardi
  5. Gary Sheng
  6. Sudut Pandang
  7. Kendra Schaefer
  8. Diana Rikasari
  9. Everywhereist
  10. Minimalist Baker
  11. Christopher Lee
  12. Nick’s Car Blog
  13. Mira Sahd
  14. Agus Mulyadi
  15. Sugeng.id
  16. Quinton Harris

Ini ulasan lengkap dari blog pribadi yang inspiratif tersebut:

1. The Naked Traveler

  • Kategori: Travel
contoh blog trinity traveler

The Naked Traveler adalah milik blogger kenamaan, Trinity. Ia merupakan contoh blogger terkenal karena kisah perjalanannya ke luar negeri dengan budget minim. Ia juga disebut sebagai travel blogger pertama di Indonesia.

Berawal dari menulis catatan setiap melakukan perjalanan, Trinity mulai membagikan kisah perjalanannya melalui blog pada tahun 2005. Sejak itu, banyak yang menyukai kisah-kisah perjalanan Trinity dan menginspirasi banyak orang untuk mengabadikan kisah perjalanannya melalui tulisan.

Nama blog keren the Naked Traveler sendiri ternyata membawa keberuntungan. Trinity berhasil menyabet gelar national best selling author dengan 14 buku travelingnya (beberapa buku sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris).

Bahkan bukunya,Trinity, The Naked Traveler, juga diadaptasi menjadi film pada tahun 2017 dengan Maudy Ayunda sebagai pemeran utamanya.

Trinity pun pernah menjadi pembicara di acara-acara kepenulisan bergengsi seperti Ubud Writers and Readers Festival dan Frankfurt Book Fair.

Blog mengantarkan Trinity menjadi salah satu orang berpengaruh di Indonesia. Tentu hal ini juga didukung dengan ketekunan dan kualitas konten yang dibuat oleh Trinity Traveler.

2. Gari Cruze

  • Kategori: Blog Pribadi
contoh blog geri cruze

Blog pribadi bisa menjadi sarana untuk ‘mempromosikan’ diri Anda atau melakukan personal branding.

Gari Cruze memanfaatkan blognya sebagai portofolio sehingga ketika ada yang ingin menggunakan jasanya bisa mengetahui seperti apa kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Gari Cruze adalah adalah seorang copywriter asal Amerika Serikat. Ia memiliki blog yang berisi hasil kerjanya sebagai copywriter untuk produk-produk seperti Slack, P&G, dan U.S Xpress Shipping.

3. Anak Jajan

  • Kategori: Food Blog
blog anak jajan

Terkadang ketika ingin menentukan makan apa, orang Indonesia mencarinya terlebih dahulu di Google. Ini kesempatan bagi Anda yang tertarik dengan dunia kuliner dan jago menulis.

Kenapa begitu? Anda bisa membuat blog yang berisi review tentang makanan dan restoran yang menarik. Ini merupakan jenis blog yang cocok untuk pemula juga.

Salah satu food blogger yang cukup terkenal di Indonesia adalah Anak Jajan.

Blog ini dikelola oleh pasangan Julia Veronica dan Marius Tjenderasa. Blog berbahasa Inggris ini pun telah banyak memenangkan penghargaan seperti Influence Asia 2017, RCTI Socmed Awards 2016, dan Dreamer Radio Celegram Award.

4. Robby Leonardi

  • Kategori: Website Pribadi Portofolio
website pribadi milik robby leonardi

Kreativitas selalu dibutuhkan agar Anda bisa menonjol di tengah kerumunan orang dengan kemampuan yang sama. Apa hubungannya dengan contoh blog yang sedang dibahas?

Robby Leonardi adalah seorang illustrative designer yang memanfaatkan website pribadinya sebagai resume dan portofolio dengan cara yang kreatif seperti terlihat di atas.

Pengunjung websitenya bisa melihat profil dan portofolio Robby melalui games simpel di websitenya. Upaya mengenalkan skill pribadi dengan cara yang unik, bukan?

5. Gary Sheng

  • Kategori: Website Pribadi
contoh blog gary sheng

Website pribadi Gary Sheng berisi riwayat pendidikan, proyek, dan pengalaman kerja yang pernah ia lakukan. Inilah contoh blog pribadi yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Gary mampu menampilkan keahlian software engineering dan web development secara apik melalui desain websitenya. Jika Anda ingin membuat website pribadi simpel Anda bisa melihat website pribadi Gary Sheng, baik dari layout maupun kontennya.

6. Sudut Pandang

  • Kategori: Blog Pribadi
contoh blog sudut pandang

Nukman adalah salah satu blogger yang memprakarsai acara Pesta Blogger 2007 bersama Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution.

Nukman dikenal sebagai pakar media sosial dan digital marketing di Indonesia. Di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan untuk menulis di blog pribadinya, yaitu Sudut Pandang. 

Bisa dikatakan bahwa Sudut Pandang adalah contoh blog yang cukup inspiratif dengan beragam topik, mulai dari manajemen personal, tips bisnis hingga liputan khusus.

7. Kendra Schaefer

  • Kategori: Website pribadi
contoh website pribadi kendra

Kendra tidak hanya menampilkan resume dan portofolio di situs pribadinya. Ia juga secara aktif menulis artikel tentang travel dan teknologi di kanal blognya.

Jadi, inilah contoh blog pribadi yang terbilang lengkap. Selain bisa melihat proyek profesional yang sudah dilakukan Kendra, pengunjung juga bisa membaca cerita kehidupan pribadinya.

Artikel blognya memiliki alur cerita yang cukup menarik. Jadi, bisa menjadi contoh untuk blog pribadi yang ingin Anda bangun.

8. Diana Rikasari

  • Kategori: Fashion Blog
contoh blog diana rikasari

Menjadi blogger itu harus konsisten. Salah satunya, konsisten pada topik yang dibahas. Banyak contoh blog pribadi yang sukses berkat komitmen ini.

Salah satu topik populer di Indonesia adalah fashion. Nah, kalau Anda tertarik dengan dunia fashion, Anda bisa menjadikan blog Diana Rikasari sebagai inspirasinya.

Diana Rikasari merupakan salah satu contoh blogger yang mendesain blognya dengan konsep youth and colorful. Ini sesuai dengan nuansa blog fashion yang ingin dibangun.

Selain aktif ngeblog, Diana juga aktif membuat vlog di kanal YouTube dan menulis buku.

9. Everywhereist

  • Kategori: Travel
contoh blog everywhereist

Butuh lebih banyak contoh blog traveling? Everywhereist bisa menjadi salah satu contoh blogger sumber inspirasi Anda.

Everywhereist adalah blog traveling milik Geraldine DeRuiter yang dinobatkan sebagai Best Blog of 2011 oleh TIME Magazine.

Blognya kebanyakan berisi kisah-kisah perjalanan ke berbagai belahan dunia bersama suaminya. Ia juga menerbitkan buku berdasarkan kisah perjalanannya dengan judul “All Over the Place

Baca Juga: 15 Tips Desain Blog Agar Tampil Keren dan Menarik

10. Minimalist Baker

  • Kategori: Food Blog
contoh blog minimalist baker

Jika blog Anak Jajan lebih banyak mengulas tentang makanan dan restoran, food blog luar negeri ini lebih banyak memberikan konten resep makanan.

Minimalist Baker ini dikelola oleh Dana, seorang recipe developer, content creator, dan food photographer. Dana sudah mengelola blog ini sejak tahun 2010 dan juga aktif menulis buku-buku resep makanan.

11. Christopher Lee

  • Kategori: Website Pribadi Portofolio
contoh blog website pribadi christopher lee

Para graphic designer biasanya memamerkan karyanya di situs Dribbble. Selain Dribbble, graphic designer juga bisa memamerkan karya-karyanya di website pribadinya. Christopher Lee melakukan hal itu.

Christopher Lee memamerkan karya-karya profesionalnya di website pribadinya, dari desain untuk Wendy’s, Line Corp, Honda Canada, dan Nickelodeon.

12. Nick’s Car Blog

  • Kategori: Blog Otomotif
nick's car blog

Bagi para penggemar otomotif, Anda juga bisa memulai blog dengan topik ini. Anda bisa mengisi blog Anda dengan konten-konten terkait dengan mobil, cara merawat mobil, berita otomotif terbaru, dan lain-lain.

Salah satu blog otomotif yang bagus adalah Nick’s Car Blog.

Blog milik Nick Roshon ini kebanyakan berisi artikel tentang mobil Audi. Ia juga berbagi tips memilih mobil dan pengalaman modifikasi beberapa mobil.

13. Mira Sahid

  • Kategori: Blog Parenting
contoh blog parenting milik mira sahid

Bagi para orangtua membuat blog dengan tema parenting bisa menjadi pilihan.

Mira Sahid adalah salah satu parenting blogger yang terkenal di Indonesia. Ia juga merupakan pendiri Kumpulan Emak Blogger yang kini sudah memiliki sekitar 1000 anggota.

Baca Juga: 9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Anda Follow

14. Agus Mulyadi

  • Kategori: Blog Pribadi
contoh blog agus mulyadi

Selain berprofesi sebagai pemimpin redaksi di Mojok, Agus Mulyadi juga aktif menulis di blog pribadinya. Blog pribadi Gus Mul kebanyakan berisi tentang kisah keseharian yang dialaminya. Blog ini pun mengantarkan Gus Mul untuk menjadi pembicara di Ask and Question #TrenSocial BBC Indonesia.

15. Sugeng.id

  • Kategori: Blog Pribadi
contoh website pribadi agus mulyadi

Bagi yang sering belajar tentang blog, WordPress, Blogspot, dan SEO tentu blog ini tidak asing. Sugeng.id memang dikenal sebagai blog SEO yang cukup baik.

Banyak artikel dari blog ini yang berada di posisi top 3 di hasil pencarian Google, jadi bisa dipastikan pengunjung blognya juga banyak.  

16. Quinton Harris

  • Kategori: Website Pribadi
contoh website pribadi quinton harris

Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi membuat website pribadi untuk resume yang menarik, website Quinton Harris bisa Anda jadikan contoh. Homepage websitenya berisi 11 poin penting dalam hidupnya, dari keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga skill yang dimiliki.

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang dari Blog 

Sampai di sini, Anda sudah melihat berbagai contoh blog dan website pribadi. Jika masih kurang, Anda dapat melihat contoh desain web sederhana untuk dijadikan sebagai inspirasi.

Kesimpulan

Contoh-contoh blog dan website pribadi di atas dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat blog atau website pribadi Anda menjadi lebih baik. Terapkan prinsip Amati, Tiru, Modifikasi (ATM).

Amati contoh blog dan website pribadi di atas. Lalu tentukan apa yang bisa ditiru dari blog atau website pribadi tersebut, bisa dari segi desain, segi SEO, atau konten. Kemudian modifikasi hal tersebut disesuaikan dengan blog atau website pribadi Anda.

Yang menarik, kini membuat blog semakin mudah. Anda hanya perlu mendaftar ke salah satu layanan penyedia blog seperti Blogspot atau WordPress, mengikuti instruksi yang disediakan, dan blog Anda pun jadi.

Jika Anda ingin mempunyai blog dengan domain dan web hosting sendiri pun mudah, Anda bisa pindah dari blog sebelumnya ke Niagahoster. Kami menyediakan hosting & domain murah mulai dari Rp 14K/tahun.

Tidak perlu khawatir jika Anda mengalami kesulitan atau masalah ketika memodifikasi blog atau website. Anda bisa menemukan berbagai tips dan tutorial berkaitan dengan blog dan website di Blog Niagahoster.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

7 Replies to “15+ Contoh Blog dan Website Pribadi Inspiratif”

  1. Alhamdulillah sejak 2009 lalu ngeblog masih eksis hingga saat sekarang ini, jangan berpikir muluk2 sing penting iso update terus udah cukup bahagia rasanya.

  2. Wah, sangat inspiratif. Saya pun saat ini rajin membuat artikel baru di blog saya. Kebetulan, saya menggunakan Niagahoster sebagai platform blog saya dan pengunjungnya semakin lama semakin banyak saja. Semoga kedepannya semakin meningkat pengunjungnya dan Niagahoster memberikan tawaran yang lebih terjangkau untuk harga VPS (karena saya tertarik dengan layanan VPS Niagahoster)…

    1. Terima kasih telah menggunakan layanan kami. Sebaiknya jika memang trafik sudah membludak segera pindah ke VPS 🙂

  3. Contoh-contohnya unik-unik banget… jadi tambah semangat ngeblognya.
    pertama kali ngeblog 2011 dengan Blogspot, tapi vakum bertahun-tahun karena bosan dengan bentuk blog yang gitu-gitu aja, hingga akhirnya ngeblog lagi setelah jumpa Niagahoster 3 tahun yang lalu pakai WP 🙂

  4. Artikelnya sangat informatif dan inspiratif. Luar biasa Niagahoster.

    Saya Bru mau belajar ngeblog, semoga dgn artikel” ini dpt membantu.

    1. Terima kasih apresiasinya, kak. Simak juga artikel kami lainnya yang juga membahas tips dan trik ngeblog. Semoga sukses dengan blognya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *