Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Apa Itu Afiliator? Pengertian, Tugas, dan Keuntungannya

3 min read

Ini cara blogger meraih jutaan rupiah dari program afiliasi niagahoster

Afiliator adalah salah satu pekerjaan menjanjikan yang bisa Anda geluti di era seperti sekarang ini. Apalagi, semuanya yang sudah serba digital membuka banyak peluang untuk menciptakan profesi baru dengan memanfaatkan teknologi.

Selain mudah untuk memulainya, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta dari menjadi afiliator, lho! Terlebih lagi, Anda bisa melakukannya dari rumah.

Kedengarannya sangat menggiurkan, ya? Tapi, apa itu afiliator sebenarnya? Seperti apa pekerjaan afiliator?

Nah, di artikel ini, kami akan mengupas tuntas apa yang dimaksud dengan afiliator. Tidak hanya itu, kami juga akan menjelaskan manfaat menjadi afiliator dan cara memulainya bagi Anda yang tertarik menjalani profesi ini. Jadi, simak terus sampai selesai, ya!

Apa Itu Afiliator?

Afiliator adalah sebutan untuk orang yang mengikuti program afiliasi. Sementara itu, afiliasi adalah program kerja sama suatu brand dengan orang lain, yang akan memberikan komisi apabila orang tersebut berhasil menjual produk brand yang bekerja sama.

Untuk menjadi afiliator, tugas Anda adalah mengajak orang untuk membeli produk milik brand yang program afiliasinya Anda ikuti. 

Besaran komisinya sendiri ditentukan oleh brand yang menyelenggarakan program pemasaran afiliasi, mulai dari beberapa persen saja hingga komisi 70% seperti program afiliasi Niagahoster.

Untuk mengajak orang mau membeli produk, Anda harus rajin mempromosikan produk dengan social media marketing. Bisa melalui berbagai konten online, seperti postingan blog, media sosial, dan video di YouTube.

Contohnya, Anda menulis ulasan di blog tentang keunggulan suatu produk dan mengajak pembaca untuk membelinya melalui link yang Anda cantumkan.

Link tersebut berisi kode referral khusus yang Anda dapatkan setelah mendaftar program afiliasi. Anda wajib menggunakan link tersebut agar terhitung sebagai penjualan yang berhasil dan mendapatkan komisi.

Nah, itu dia arti afiliator yang perlu Anda pahami.

Sekilas, pekerjaan afiliator memang mirip dengan apa yang dilakukan seorang influencer. Keduanya sama-sama memasarkan produk atau layanan milik suatu brand. Akan tetapi, keduanya sebenarnya merupakan profesi yang berbeda. 

Apa Perbedaan Antara Afiliator dan Influencer?

Ada beberapa hal yang membedakan influencer dengan afiliator. Influencer dipilih oleh brand untuk mempromosikan produknya, sedangkan afiliator mendaftar secara mandiri pada suatu program afiliasi.

Di samping itu, penghasilan influencer biasanya dihitung berdasarkan jumlah yang disepakati dengan brand yang bekerja sama. Sedangkan untuk afiliator, pendapatannya berupa komisi dari setiap penjualan yang berhasil closing.

Kemudian perbedaan berikutnya yaitu influencer mendapatkan bayaran sebelum membuat konten promosi yang disetujui dengan brand. Nah, afiliator mendapatkan komisi setelah mempromosikan dan berhasil menjual produk.

Dari segi tugas yang perlu dilakukan, influencer biasanya bisa menyudahi kerja sama setelah membuat konten pemasaran untuk brand pada periode tertentu sesuai ketentuan kerjasama. Sementara itu, afiliator bisa terus menjual produk sesuai dengan keinginan selama tidak melanggar ketentuan program.

Jadi, meskipun kedua profesi ini sekilas terlihat mirip, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara afiliator dengan influencer. Setelah mengetahuinya, Anda mungkin sudah bisa menebak keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan menjadi afiliator.

Penasaran? Berikut kami ulas keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi afiliator.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Afiliator?

Pekerjaan afiliator menawarkan beberapa kelebihan yang menarik, yaitu:

1. Bisa Bekerja Dimana pun dan Kapan pun

Kalau Anda ingin bebas work from home, kafe, atau tempat lainnya, menjadi afiliator adalah salah satu pilihan tepat. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat komputer untuk bekerja dan koneksi internet yang stabil.

Selain itu, Anda tidak harus bekerja dari pagi hingga sore untuk melakukan tugas afiliator. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai profesi sampingan setelah menyelesaikan pekerjaan utama Anda.

2. Memiliki Penghasilan Pasif

Keunggulan utama menjadi afiliator adalah memiliki penghasilan pasif yang jumlahnya cukup menggiurkan. Sebab, link afiliasi Anda akan terus-menerus mendatangkan uang selama tidak dihapus dari konten Anda.

Bahkan, para afiliator top bisa mendapatkan ratusan juta dari link afiliasi saja. Jika tidak percaya, Anda bisa simak kisah afiliator Niagahoster yang penghasilan afiliasinya melebihi pendapatan utamanya.

Agar bisa terus meraup pendapatan dari program afiliasi, tentunya konten Anda harus bisa mempengaruhi audiens agar membeli produk menggunakan link Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti afiliasi yang produknya sesuai dengan niche blog atau media sosial Anda.

Contohnya, apabila blog Anda membahas tentang teknologi, tentunya ulasan tentang produk skincare kurang bisa menghasilkan komisi dari afiliasi yang diikuti.

Selain itu, pastikan konten Anda mudah ditemukan audiens agar mereka tahu tentang promosi Anda. Misalnya, Anda perlu menerapkan SEO untuk postingan blog Anda agar berada di puncak hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

3. Tidak Memerlukan Modal Besar

Memulai pekerjaan afiliator adalah hal yang mudah. Apalagi bagi Anda yang sudah gemar blogging dan posting di media sosial serta kemampuan untuk membuat konten promosi yang efektif.

Selanjutnya, Anda tinggal bergabung dengan suatu program afiliasi yang umumnya gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk mulai memasarkan produk yang ditawarkan brand penyedia program afiliasi.

Namun, jika ingin mampu melakukan promosi yang lebih mendetail tentang kualitas produk, Anda bisa mencoba produk brand tersebut. 

4. Tidak Terbatas pada Satu Program Afiliasi

Ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan? Sah-sah saja kalau Anda mengikuti lebih dari satu program afiliasi, lho.

Namun, pastikan dulu bahwa Anda punya cukup waktu dan energi untuk membuat beberapa konten sekaligus dan memantau efektifitas masing-masing promosi yang dilakukan. 

Selain itu, pelajari syarat dan ketentuan penyelenggara program afiliasi. Sebab, ada juga yang tidak memperbolehkan Anda menjadi afiliator brand lain.

Sudah Tahu Apa Itu Afiliator, kan?

Di artikel ini Anda sudah mengenal arti afiliator. Jika menjadi seorang afiliator, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian produk dari suatu brand melalui link afiliasi di konten Anda.

Afiliator adalah profesi yang menguntungkan dan mudah dijalankan. Anda hanya perlu bermodal komputer, koneksi internet, dan kemampuan membuat konten pemasaran yang baik untuk mendapatkan penghasilan jutaan rupiah.

Nah, jika tertarik untuk menjadi seorang afiliator, program afiliasi Niagahoster bisa jadi pertimbangan Anda. Selain menawarkan komisi 70%, program afiliasi Niagahoster memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Pencairan komisinya mudah. Anda cukup memiliki dua pelanggan aktif dan bisa mencairkan keuntungan 30 hari setelah transaksi pertama.
  • Menawarkan diskon menarik untuk pelanggan. Jika membeli produk Niagahoster melalui link afiliasi Anda, pelanggan akan mendapatkan diskon 5%. Tentunya, potongan harga itu bisa Anda manfaatkan untuk menarik pembeli.
  • Produk afiliasi beragam. Anda bisa memasarkan beberapa produk hosting Niagahoster, seperti WordPress hosting, cloud hosting, dan email hosting.
salah satu contoh afiliasi adalah adalah program afiliasi Niagahoster dengan komisi 70%

Menariknya lagi, Niagahoster tidak memungut biaya untuk pendaftaran program afiliasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera jadi afiliator Niagahoster dan dapatkan penghasilan sebesar-besarnya!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *