Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Kode Referral: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

6 min read

apa itu kode referral

Anda tentu sering melihat pengguna aplikasi dan influencer membagikan kode-kode unik tertentu, kan? Entah di sosial media, YouTube, atau platform online lain. Yup, itu adalah kode referral. Memangnya kenapa sih mereka gencar menyebarkan kode referral tersebut?

Jangan salah, program referral code tersebut bisa sangat menguntungkan, lho. Anda bisa mendapatkan diskon pembelian sampai komisi yang besar. Tentu, untuk mendapatkan keuntungan dari kode referal Anda harus mengerti cara menggunakannya.

Lantas, apa itu kode referal, fungsi, dan cara kerja kode referral? Serta bagaimana cara menggunakannya? Jangan khawatir! Jika Anda masih belum paham, di artikel ini kami akan menjelaskan tentang referral code secara lengkap. Pastikan Anda simak hingga tuntas, ya.

Apa itu Kode Referral?

Kode referral adalah kode unik berupa angka, huruf, simbol atau kombinasi dari semuanya. Kode ini digunakan untuk mengajak orang bergabung ke dalam keanggotaan suatu platform atau melakukan pembelian suatu produk yang akan berakhir dengan pemberian hadiah. 

Referral code juga ada yang berupa tautan. Tautan ini bisa mengarah langsung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunduh atau mendaftar akun.

Pemegang kode bisa membagi-bagikan referal ini dengan teman atau keluarga untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Seperti diskon produk, cashback, sampai komisi. 

Di ecommerce, kode referal biasanya ditawarkan untuk diskon. Jadi ketika pengguna berbelanja online, mereka dapat menerapkan kode mereka saat checkout dan diskon tersebut langsung diterapkan.

Pada jenis bisnis lain, referral code ditawarkan berupa hadiah seperti komisi bagi kedua belah pihak (pemilik referral code dan pengguna kodenya). 

Banyak orang yang menganggap kode referral dan kode voucher/promo itu sama. Padahal keduanya jelas berbeda, lho. Kode promo biasanya dibuat langsung oleh perusahaan guna meningkatkan transaksi penjualan.

Sementara kode referal dibuat oleh perusahaan untuk didistribusikan ke user-nya. Jadi, perusahaan memanfaatkan words of mouth (WoM) pelanggannya untuk promosi.

Agar promosi pelanggan bisa berjalan efektif, biasanya program referral code juga memberikan diskon bagi pengguna. Itu mengapa kode referral dan kode voucher mirip.

Perbedaan lainnya terletak pada jangka waktunya. Kode voucher memiliki masa aktif dan hanya bisa digunakan sekali. Sedangkan kode referral bersifat berkelanjutan dan relatif tidak memiliki masa aktif. Jadi, selagi referal digunakan oleh orang baru, maka pemilik kode referral akan terus mendapatkan keuntungan.

Cara Kerja Kode Referral

Kode referral memiliki tahapan kerja yang sederhana

Bisa dikatakan cara kerja kode referral sebenarnya cukup sederhana, lho. Kira-kira, begini tahapannya:

1. Buat Kode Referral

Kode referal biasanya akan dibagikan secara otomatis kepada setiap pengguna aplikasi atau member program tertentu. 

Referral code yang diterbitkan berbeda-beda untuk setiap penggunanya. Pada beberapa aplikasi, masing-masing pengguna juga bisa melakukan kustomisasi kode sesuai yang diinginkan.

2. Menyebarkan Kode Referral

referral code bisa disebarkan di platform manapun

Kode referal ini bisa didistribusikan oleh setiap pengguna ke platform mana saja. Seperti melalui media sosial, promosi lewat blog atau website, pesan broadcast, dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya. 

Setiap orang dapat menggunakan kode tersebut, kecuali bagi pengguna yang telah mendaftar dengan akun yang sama sebelumnya.

3. Redeem Kode Referral

Ketika referral code tersebut digunakan oleh pengguna lain, maka sistem akan mendeteksi dan mengumpulkan data. Penyedia referral code akan melakukan verifikasi dari akumulasi penggunaan kode referral. 

4. Mendapatkan Keuntungan

Setelah verifikasi, sistem akan memberikan sejumlah keuntungan kepada pemegang kodenya sesuai kebijakan. Biasanya, rewards program referral ini berupa poin, komisi uang, promo diskon, dan lain sebagainya.

Dari keempat step tersebut, contohnya bisa dijabarkan sebagai berikut:

Teman Anda adalah pengguna aplikasi XYZ. Kebetulan Ia memiliki kode referral di aplikasi ini. Lalu teman Anda mengajak Anda untuk menginstal aplikasi XYZ dan Anda pun turut menginstall-nya. Saat proses pembuatan akun, Anda memasukkan kode milik teman Anda pada kolom yang tersedia. Saat selesai, kode referral yang Anda masukkan tersebut akan diverifikasi oleh sistem dan menandai Anda dan teman Anda untuk berhak mendapatkan rewards.

Manfaat Menggunakan Kode Referral Bagi Pengusaha

Pengusaha dapat memanfaatkan program kode referral untuk kesuksesan marketing

Referral code merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis yang akan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, dalam hal ini perusahaan dan konsumen.

Berikut manfaat program referral code bagi pengusaha:

1. Menjaring Konsumen Lebih Banyak

Kode referral merupakan strategi bisnis yang mampu menjangkau lebih oleh banyak orang, lho. 

Misalnya saja, data dari extole.com mengungkapkan bahwa perusahaan B2B dengan promosi referral memiliki rasio konversi 70% lebih tinggi. Selain itu, pelanggan yang dirujuk ke suatu merek memiliki kemungkinan hingga 5x lebih besar untuk menggunakan program rujukanya. 

Menarik, bukan? Anda juga dapat melihat data kepercayaan orang terhadap program referral pada gambar di bawah ini.

setiap generasi mayoritas menyukai produk yang dipromosikan lewat kode referral

Baca Juga: Ingin Meraih Pasar Milenial? Ini Strategi Terbaik yang Bisa Anda Coba..

2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Keuntungan referral code lainnya untuk pengusaha yaitu meningkatkan loyalitas konsumen. Karena selain berbelanja, konsumen juga bisa mendapatkan untung dari program referral code tersebut seperti diskon, komisi, dan lainnya. 

Dengan hadirnya beragam keuntungan dari program referral code ini, kedepannya konsumen akan lebih  memprioritaskan layanan atau produk tersebut.

3. Membuat Nama Perusahaan Lebih Dikenal

Tentu, setiap perusahaan harus melakukan promosi agar produknya dapat dikenal lebih luas, bukan? Kini semua perusahaan berlomba-lomba melakukan promosi produk dengan cara yang efektif. Menggunakan kode referral afiliasi adalah salah satunya.

Jangkauan promosi program referral ini bisa lebih efektif, lho. Pengguna dapat mendistribusikan kode referral-nya ke mana saja secara personal. Dengan begitu, perusahaan akan terbantu untuk promosi di channel-channel yang tidak terjangkau sebelumnya. 

Lewat referral yang lebih personal, kepercayaan pelanggan lain terhadap bisnis dapat meningkat. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis, tentunya akan semakin meningkatkan penjualan.

4. Meningkatkan Transaksi Penjualan Produk

Siapa sangka, program referral juga mampu meningkatkan transaksi penjualan produk. Biasanya orang yang membagikan kode referral juga akan memberikan testimoni dan menyebutkan keunggulan dari produk.

Sebuah studi dari referralcandy.com mengungkapkan, bahwa kode referral dipercaya oleh 86% pelanggan. Seorang konsumen juga 50X lebih mungkin untuk membeli produk ketika direkomendasikan oleh teman dekat atau keluarga mereka. Konsumen lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari orang terdekat ketimbang iklan bersponsor.

Hal tersebut membantu calon pelanggan baru yang biasanya mencari tahu apakah produk ini worth it atau tidak. Hasilnya, kemungkinan besar orang jadi tertarik untuk menggunakan produk yang dimaksud. Dan benar saja, menurut McKinsey & Company, 41% pelanggan menentukan keputusan pembelian mereka dari komentar dari orang lain. 

Nah, dengan begitu, kode referal akan menjadi faktor pendukung yang baik untuk membuat pelanggan melakukan pembelian produk. 

Baca Juga: 10+ Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda!

5. Menghasilkan Konten Promosi yang Beragam

Program kode referral mendorong lebih banyak konten untuk perusahaan, lho. Mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari kode referral akan ‘dipaksa’ membuat konten promosi yang menarik.

Beberapa pelanggan akan mempromosikan kode referal mereka dengan konten-konten yang menarik di YouTube, Reels Instagram, blog, dan sebagainya untuk mendapatkan imbalan dari program referral ini. 

Dengan banyaknya konten promosi yang dibuat, maka perusahaan akan lebih bisa menghemat anggaran promosi.

Referral Code ini sudah banyak diadopsi perusahaan-perusahaan besar, seperti Niagahoster, Shopee, TikTok, Bibit, Bank Jago, dan lain sebagainya sebagai strategi affiliate marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Referral Code bagi Konsumen

Selain pengusaha, referral code juga memberikan beragam keuntungan bagi konsumen, lho. Apa saja keuntungannya? 

1. Mendapatkan Komisi yang Besar

Keuntungan bagi konsumen yang pertama yaitu memungkinkan konsumen mendapatkan komisi. Komisi diberikan baik untuk pemilik maupun pengguna kode referral tersebut. Komisi nantinya diberikan ketika ada aktivitas tertentu, seperti daftar akun baru ataupun pembelian suatu produk.

Perhitungan komisi umumnya diberikan pada setiap satu item pembelian. Besaran komisi yang diberikan cukup beragam, mulai dari 10-70%.

2. Membuat Harga Produk Jadi Lebih Murah

Selain mendapatkan komisi yang besar, keuntungan program referral adalah bisa membuat harga pembelian produk jauh lebih murah. Biasanya, kode referral akan memberikan rate diskon 10-50% bagi para penggunannya.

Tentu ini akan lebih menghemat pembelian produk. Siapa pelanggan yang tidak mau diskon? 

3. Memudahkan Konsumen untuk Berbagi Diskon ke Teman atau Keluarga

Selain menguntungkan Anda sendiri, Anda juga dapat membantu konsumen lain untuk mendapatkan diskon pembelian produk, lho.

Karena kode referral Anda bisa dibagikan kepada siapapun, maka Anda bisa membantu orang lain seperti teman atau keluarga yang untuk nantinya sama-sama mendapatkan diskon produk yang besar. 

4. Mendapatkan Keuntungan Tanpa Mengeluarkan Modal

Tanpa melakukan transaksi sekalipun, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kode referral lho. Entah dari orang yang mendaftar akun lewat kode atau tautan yang Anda bagikan. 

Ini berbeda dengan kode voucher, yang keuntungannya Anda bisa dapatkan setelah Anda melakukan suatu transaksi. 

Baca Juga: Modal Promosi Dapat Komisi 70%? Cuma di Program Afiliasi Niagahoster!

5. Keuntungan yang Tidak Pernah Habis

Umumnya, kode referral ini bersifat permanen alias tidak ada masa kadaluarsa. Tentu hal ini bisa sangat menguntungkan konsumen, sebab selagi kode Anda terus digunakan oleh konsumen baru, maka Anda akan terus mendapatkan keuntungan. 

Nah, agar kode referral Anda banyak dipercaya orang lain, maka Anda bisa mengemasnya dengan cara yang unik. Seperti menaruhnya di website yang sesuai dengan niche referral aplikasi tersebut, membuat konten yang menarik di TikTok, dan lain sebagainya.

promosi kode referral harus dibuat menarik

Agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dari kode referral Anda, Anda bisa simak Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Referral?

Setelah Anda mengerti tentang kode referral, cara kerja, serta keuntungannya, mungkin Anda bertanya-tanya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan kode referral? Dan di mana kita dapat kode referral tersebut?

Untuk mendapatkan kode referral sebenarnya berbeda-beda pada setiap aplikasi. 

Tapi, secara umum langkah-langkah cara mendapatkan kode referal sebagai berikut:

  1. Login ke aplikasi 
  2. Kemudian Anda bisa pergi ke profil akun Anda 
  3. Setelah masuk ke menu profil, Anda bisa cari opsi menu “Kode Referral”
menu kode referal mudah ditemukan dalam aplikasi
  1. Setelah melihat kode referal-nya, Anda bisa lakukan kustomisasi sesuai yang Anda inginkan
kustomisasi kode referral dibuat agar kode mudah dibaca dan diingat
  1. Bagikan kode referal atau link referral.

Nah, pada beberapa aplikasi Anda bisa langsung membagikannya dalam bentuk link. Caranya sama, Anda bisa pergi ke bagian profil, lalu cari opsi menu “ajak teman untuk bergabung..”. Setelah itu Anda akan mendapatkan tautan dan bisa langsung membagikannya ke orang lain. 

Contohnya seperti ini:

tautan kode referal lebih efektif karena bisa langsung masuk ke aplikasi

Cara mendapatkan kode referal sangat mudah, bukan? Nah, kode referal berupa kombinasi karakter umumnya Anda bisa mengkostumisasinya. Tapi untuk yang tautan, Anda tidak dapat mengubah format link-nya.

Baca Juga: 25+ Cara Menghasilkan Uang dari HP, Ini Dia Rekomendasinya!

Sekarang Sudah Paham Kode Referral? Langsung Saja Manfaatkan Untuk Mendapatkan Keuntungannya!

Keuntungan kode referral bisa didapatkan oleh siapapun termasuk Anda. Sebagai pengguna aplikasi yang menawarkan program referral code, Anda tentu harus memanfaatkannya. Karena, Anda tidak perlu modal apapun, alias hanya perlu membagikannya. 

Keuntungan dari kode referral terbilang lumayan besar, lho! Misalnya saja menjadi afiliator di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 70% dari harga pembelian produk. Semakin tinggi harga produk yang dibeli, maka semakin besar juga keuntungan yang Anda dapatkan

Untuk mendapatkan keuntungan dari kode referral Niagahoster, caranya mudah saja. Anda hanya perlu bergabung dengan program afiliasi Niagahoster. Begitu mendaftar, Anda langsung mendapatkan kode referral yang Anda bisa bagikan ke semua orang.

Menariknya, pendaftaran sebagai partner afiliasi Niagahoster tidak dipungut biaya. Anda tinggal mengisi formulir yang dibutuhkan, dan setelahnya bisa langsung mempromosikan referral code milik Anda.

pencairan komisi dari kode referal Niagahoster sangat besar

Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk menerima penghasilan. Dengan 2 pelanggan aktif saja, Anda sudah bisa mencairkan komisi 30 hari setelah transaksi pertama. Tertarik mencobanya?

Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *