Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Ini Cara Blogger Meraih Jutaan Rupiah dari Program Afiliasi Niagahoster!

7 min read

Ini cara blogger meraih jutaan rupiah dari program afiliasi niagahoster

Pernahkah Anda bertanya-tanya: Dari mana para blogger mendapat penghasilan?

Selain memasang iklan di blog, cara lain yang sering dilakukan blogger untuk meraih keuntungan adalah dengan menjalankan pemasaran afiliasi.

Caranya sangat sederhana. Anda cukup bergabung dengan program afiliasi di suatu bisnis, menjual produknya, lalu mendapatkan komisi jika produknya terjual. Simpel sekali, bukan?

Walau terkesan gampang, tapi penghasilan dari afiliasi tidak bisa diremehkan. Buktinya, banyak mitra afiliasi Niagahoster yang berhasil meraih keuntungan hingga jutaan rupiah per bulan!

ilustrasi keuntungan afiliasi

Tunggu sebentar.. Jutaan rupiah per bulan? Gimana caranya?

Eits, penasaran kan? Tenang, karena di sini Anda akan melihat berbagai cara yang BERHASIL membantu para blogger meraih jutaan rupiah per bulan dari program afiliasi Niagahoster. 

Sounds good? Yuk kita mulai!

Apa Itu Program Afiliasi?

Sebelum membahas topiknya lebih jauh, yuk kenalan dulu dengan program afiliasi!

Jadi, afiliasi adalah metode pemasaran di mana suatu bisnis membayar mitra afiliasi untuk mempromosikan produknya. Dan jika produk yang dipromosikan berhasil terjual, maka mitra afiliasi akan mendapat komisi.

Contohnya, seorang mitra afiliasi Niagahoster bisa mendapat komisi sebesar 70% jika berhasil menjual produk Niagahoster.

Cara promosinya pun beragam, mulai dari membagikan kode kupon hingga memasang link afiliasi di banner. Untuk mempermudah pemahaman, berikut adalah ilustrasi cara kerja program afiliasi Niagahoster:

cara kerja afiliasi niagahoster

Lalu, di manakah Anda bisa mempromosikan produknya? Bebas. Anda bisa melakukannya di media sosial, YouTube, atau blog.

Di program afiliasi Niagahoster sendiri, ada cukup banyak mitra afiliasi yang sukses memanfaatkan blog untuk menjaring calon pembeli. 

Tentunya ada berbagai cara yang mereka lakukan agar blognya tidak sekadar menarik perhatian calon pembeli, tapi juga mengundang banyak transaksi.

Ingin tahu rahasianya? Yuk lihat di bagian selanjutnya!

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah di 2021

Bagaimana Cara Blogger Meraup Keuntungan Maksimal dari Program Afiliasi Niagahoster?

Anda bisa saja langsung mempromosikan produk afiliasi di blog tanpa menerapkan strategi sama sekali. Tapi, keuntungan yang didapat pasti kurang maksimal.

Sebab, ada dua tujuan penting yang Anda lewatkan, yaitu memastikan produk Anda menarik perhatian calon pembeli dan memastikan bahwa mereka bisa melakukan pembelian dengan mudah.

Nah, kedua tujuan tersebut bisa Anda capai dengan menjalankan tujuh langkah praktis yang kerap dipraktikkan para mitra afiliasi Niagahoster di blog mereka. Mari kita lihat satu per satu:

1. Pilih Niche yang Tepat

Sebelum melakukan promosi, ada baiknya Anda menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu: Siapa yang akan membeli produknya?

Karena, promosi tanpa tujuan yang jelas tidak akan menarik perhatian siapapun. Sama halnya seperti menawarkan brosur promosi ke pejalan kaki secara random, pada akhirnya malah banyak brosurnya yang tidak dibaca lalu dibuang begitu saja.

ilustrasi brosur dibuang

Itulah kenapa Anda harus memasarkan produknya ke orang-orang yang tepat, yaitu orang-orang yang memang membutuhkan produknya

Jadi, tentukan dulu niche (ceruk pasar) yang akan Anda targetkan. Contohnya, jika Anda mempromosikan layanan hosting Niagahoster, berarti niche Anda adalah orang-orang yang ingin membuat website.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Hary Sutrisno, pemilik blog caramembuatwebsite.org. Dari namanya sudah jelas bahwa blog ini menyasar orang-orang yang ingin belajar cara membangun website.

halaman utama cara membuat website

Dengan cara ini, beliau berhasil menarik target pasar ke dalam blognya. Sehingga, kesempatan untuk mempromosikan produk afiliasi jadi terbuka lebar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan

2. Lakukan Riset Keyword

Oke, katakanlah Anda sudah menentukan niche blog Anda. Lalu, bagaimana caranya agar mereka bisa menemukan blog Anda? Gampang, Anda hanya perlu melakukan riset keyword.

Dengan memasang keyword yang tepat, kemungkinan blog Anda muncul di halaman awal pencarian Google menjadi lebih besar. Jadi, blog Anda akan lebih mudah ditemukan.

Untungnya, Anda bisa menggunakan alat gratis seperti Ubersuggest untuk melakukan riset keyword. Caranya pun mudah, Anda tinggal menggali keyword yang sekiranya digunakan orang-orang yang ingin membuat website. Contohnya seperti “cara membuat website dari nol”:

keyword cara membuat website dari nol di ubersuggest

Seperti yang Anda lihat, untuk keyword ini, search volume-nya ada 480. Artinya, setiap bulannya ada sekitar 480 orang yang mengetik keyword ini di Google. 

Salah satu mitra afiliasi Niagahoster, blog IrvanTaufik menargetkan keyword ini. Dan hasilnya, blognya berhasil mencapai peringkat ketiga untuk pencarian keyword tersebut.

serp ahrefs cara membuat website dari nol

Karena peringkat kontennya di halaman pencarian cukup tinggi, blog IrvanTaufik sukses mendapat ratusan pengunjung dari konten tersebut. 

Walau jumlahnya tidak terlalu banyak, namun pengunjung yang masuk ke blog IrvanTaufik adalah orang-orang yang sudah jelas tertarik untuk membangun website. Jadi, besar kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli hosting. 

Nah, riset keyword merupakan bagian dari praktik SEO (Search Engine Optimization), yaitu metode untuk menaikkan peringkat website di halaman pencarian Google. Masih ada praktik-praktik SEO lainnya yang dapat membantu mendongkrak peringkat blog Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang SEO dan cara mempraktikkannya, Anda bisa klik banner di bawah untuk mendownload ebook gratis kami yang membahas tentang 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO: 

banner ebook langkah optimasi seo

Baca juga: 9+ Plugin Afiliasi WordPress Gratis yang Bisa Anda Coba

3. Sediakan Konten yang Menarik

Apakah pengunjung blog Anda datang karena mereka ingin melihat iklan atau promosi? Tentu saja tidak. Itulah mengapa Anda harus memberi alasan agar mereka mau datang ke blog Anda.

Tapi, kira-kira apa sih hal menarik yang dapat mengundang target pasar ke blog Anda?

Cara yang umumnya digunakan blogger untuk menjaring pengunjung adalah dengan memposting konten. Tapi, membuat konten saja tidak cukup, Anda juga harus memastikan bahwa kontennya relevan dengan kebutuhan calon pembeli.

Berikut adalah beberapa contoh konten yang biasa digunakan untuk promosi produk afiliasi:

  • Artikel Review – Di konten ini, Anda bisa memberikan review jujur tentang suatu produk. Di akhir artikel, Anda bisa memutuskan apakah produknya recommended atau tidak.
    contoh artikel review niagahoster
  • Artikel Perbandingan – Anda bisa membandingkan produk yang ingin Anda promosikan dengan produk-produk sejenis. Sehingga, Anda dapat menonjolkan keunggulannya secara lebih mudah.
    contoh artikel perbandingan
  • Artikel Panduan – Buatlah artikel tutorial yang melibatkan produk yang ingin dipromosikan. Jadi, saat mempraktikkan langkah-langkahnya, kemungkinan besar pembaca akan menggunakan produk yang Anda tawarkan.
    contoh artikel panduan cara membuat website
  • Halaman Rekomendasi – Anda juga bisa membuat halaman khusus yang berisi produk-produk recommended. Konten ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang sedang butuh referensi produk atau layanan.
    contoh halaman rekomendasi

Jangan lupa untuk memposisikan diri sebagai orang yang sudah ahli di bidangnya dan memberikan penilaian yang objektif. Sehingga, saran dan rekomendasi yang Anda berikan akan menjadi lebih meyakinkan. 

Selain artikel, Anda bisa menyediakan fitur menarik seperti yang dilakukan blog Guenesia. Karena, blog ini menaruh link “Quiz Hosting” di menu utamanya. 

Jika diklik, pengunjung akan diarahkan ke halaman quiz yang dapat memberi informasi tentang rekomendasi hosting sesuai dengan jawaban pengunjung.

contoh quiz hosting guenesia

Jadi, fitur ini tidak sekadar menghibur, tapi juga relevan dengan kebutuhan pengunjung. Dan saat hasil quiz-nya menampilkan rekomendasi hosting, halamannya pun langsung menawarkan link produk untuk pengunjung yang tertarik untuk langsung membeli. Cerdik sekali, bukan?

Intinya, apapun cara yang Anda gunakan, pastikan konten yang Anda buat dapat menawarkan produk afiliasi sebagai solusi. Sehingga, calon pembeli akan menjadi lebih tertarik untuk membeli.

Baca juga: 10 Ide Konten Paling Ampuh Untuk Menyukseskan Afiliasi Anda

Sebanyak apapun pengunjung blog Anda, tak akan ada artinya jika mereka tidak bisa menemukan link afiliasi Anda. Ujung-ujungnya, tidak ada keuntungan yang Anda dapat.

Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan link afiliasi di tempat-tempat yang mudah ditemukan. Contohnya seperti di sidebar:

banner afiliasi di sidebar

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan penawaran produknya di dalam artikel. Jadi, pembaca bisa menemukannya dengan mudah.

Kira-kira di manakah tempat yang paling strategis untuk menaruh link afiliasi di artikel? Ada dua tempat yang bisa Anda coba:

  1. Pertengahan artikel – Di tengah-tengah penjelasan, Anda bisa merekomendasikan produk atau layanan sebagai bagian dari solusi. Jadi, penawarannya terasa lebih natural dan tidak memaksa.
    penawaran afiliasi di tengah artikel
  2. Akhir artikel – Anda dapat merangkum materi artikel sembari menawarkan produk atau layanannya. Jadi, setelah membaca kontennya, pengunjung bisa langsung diarahkan ke halaman pembelian.
    penawaran afiliasi di akhir artikel

Saat menempatkan link afiliasi di dalam artikel, pastikan penawarannya tidak terlalu terlihat terlalu maksa alias hard-selling. Tetaplah fokus pada materi artikel dan jadikan produknya sebagai pendukung. 

Baca juga: Easywebsi: Niat Awal Ingin Berbagi, Raih Ratusan Juta dari Afiliasi!

5. Gunakan Elemen Visual yang Menarik 

Selain menempatkan link afiliasi di tempat yang strategis, Anda juga perlu memastikan bahwa pengunjung tertarik untuk mengklik link produknya.

Bagaimana caranya? Menurut Awanda Muthia Sari, Affiliate Account Manager Niagahoster, ada dua cara yang bisa Anda lakukan:

Pertama, Anda bisa menggunakan elemen visual yang menarik seperti banner.

Tapi, bagaimana jika Anda tidak punya skill desain? Tak perlu khawatir, sebab Niagahoster menyediakan berbagai banner yang siap dipasang di blog Anda. Cukup copy code banner-nya, lalu simpan di dalam konten atau sidebar blog.

banner afiliasi niagahoster

Selain menggunakan banner dari Niagahoster, apakah Anda bisa memasang banner buatan Anda sendiri? Tentu saja! Anda bisa membuatnya dengan alat desain gratis seperti Canva.

Agar bannernya terlihat lebih menarik, gunakan warna yang kontras, pasang gambar yang menarik, tulis kata-kata yang unik, dan sesuaikan visualnya dengan style blog Anda. Jadi, calon pembeli akan lebih tertarik untuk mengkliknya.

6. Buatlah Copy yang Menjual

Lho, itu kan baru satu cara? Apa cara keduanya?

Tenang, kami tidak lupa kok. Jadi, menurut Awanda, cara kedua untuk membuat pengunjung tertarik mengklik link produk afiliasi adalah dengan membuat copy yang menjual di bagian penawaran, terutama di tombol CTA (Call-To-Action) nya. Contohnya seperti ini:

pemasaran afiliasi di blog rahmandi

Seperti yang Anda lihat, copy yang digunakan pada tombol CTA-nya sangat simpel dan manfaat yang ditawarkan pun sangat jelas, yaitu: Pembaca bisa mendapatkan hosting plus domain gratis.

Jadi, bagaimana caranya agar copy yang Anda buat menjadi lebih menarik? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Utamakan manfaat dibanding fitur – Contohnya, tulislah “Miliki website berkualitas dengan dukungan hosting terbaik” dibanding “Hosting ini menyediakan kapasitas disk space dan RAM yang tinggi”.
  • Gunakan kalimat aktif – Contohnya, tulislah “Klik di sini untuk mendapat hosting dan domain gratis” dibanding “Halaman utama Niagahoster”. 
  • Hindari kalimat yang terlalu panjang – Jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele. Langsung jelaskan penawarannya secara to-the-point.
  • Pastikan bahasanya mudah dimengerti – Hindari kata-kata yang sifatnya terlalu teknis. Jadi, gunakan bahasa yang mudah dimengerti orang awam.

Sebetulnya, masih banyak lagi cara untuk membuat copy Anda lebih menarik. Jika Anda tertarik untuk mencari tahu lebih dalam, Anda bisa klik banner di bawah untuk mendownload ebook gratis kami yang membahas tentang 30+ tips dan contoh copywriting menarik:

banner ebook tips copywriting

7. Pastikan Blog Anda Mudah Diakses

Walau langkah yang satu ini tidak terkait langsung dengan konten atau produk afiliasi, tapi dampaknya bisa mempengaruhi jumlah pengunjung yang ada di blog Anda lho.

Sebab, jika loading blog Anda lelet dan tidak stabil, tentu tidak akan ada orang yang mau berkunjung ke sana, kan? Mereka pasti lebih memilih untuk mengakses website lain.

Itulah kenapa Anda harus memastikan bahwa blog Anda punya kecepatan loading yang kencang dan servernya pun harus stabil. Jadi, blog Anda bisa online non-stop 24 jam.

Tapi, bagaimana caranya? Jangan khawatir, karena Niagahoster punya yang Anda butuhkan!

Dengan membuat blog di Niagahoster, Anda akan merasakan tiga manfaat berikut:

  • Durasi loading yang singkatBlog Anda akan didukung LiteSpeed web server, yaitu web server tercepat di dunia. Selain itu, Niagahoster juga menyediakan fitur WordPress Accelerator untuk mengoptimasi kecepatan blog, khususnya di WordPress.
  • Bebas dari hackerTak perlu khawatir diserang hacker, karena blog Anda akan dilindungi fitur-fitur keamanan terbaru seperti Imunify360 dan Anti-DDoS. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapat SSL gratis untuk mencegah bocornya data website.
  • Online 24 jamUptime rate Niagahoster berada di atas 99,9%. Dengan kata lain, kemungkinan blog Anda down sangat kecil. 

Di dalam benak Anda, mungkin Anda berpikir: Wah kok malah promosi?

Eits, tunggu dulu, hosting yang berkualitas itu memang benar-benar penting kok untuk blog Anda. Hal ini sama pentingnya seperti memilih lokasi yang tepat sebelum membangun toko. Sebab, hosting yang tepat dapat membantu blog Anda bertahan dalam jangka panjang.

Selain itu, tentu akan lebih baik lagi bila Anda merasakan sendiri kualitas produk yang Anda promosikan, bukan? Jadi, Anda bisa menilai kualitas hosting Niagahoster berdasarkan pengalaman Anda sendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk mendapat blog dengan performa terbaik di Niagahoster? Yuk klik tombol di bawah!

Sudah Siap Meraih Keuntungan Maksimal dari Program Afiliasi Niagahoster?

Oke, sekarang Anda sudah tahu berbagai cara yang digunakan para blogger untuk mendapat penghasilan pasif dari program afiliasi Niagahoster, yaitu:

  1. Memilih niche yang tepat
  2. Melakukan riset keyword
  3. Menyediakan konten yang menarik
  4. Menaruh link afiliasi di tempat yang tepat
  5. Menggunakan elemen visual yang menarik
  6. Membuat copy yang menjual
  7. Memastikan blognya mudah untuk diakses

Walau begitu, mungkin Anda masih bertanya-tanya. Kira-kira sebanyak apa sih penghasilan yang bisa Anda raih dengan program afiliasi Niagahoster?

Berkat komisi 70%, banyak blogger yang mampu meraih passive income di angka jutaan rupiah per bulannya:

contoh payout afiliasi niagahoster

Dan jika Anda lebih semangat lagi, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih penghasilan seperti Aden Rahmandi–blogger sekaligus mitra afiliasi Niagahosteryaitu hampir 30 juta per bulan!

Nah, selain jumlah komisi yang besar, kira-kira apa lagi sih manfaat yang ditawarkan program afiliasi Niagahoster?

Jadi, setiap pembeli yang menggunakan kode kupon Anda akan mendapat diskon sebesar 5%. Dengan begitu, mereka pasti akan lebih tertarik untuk menggunakan kode kupon Anda.

Tidak hanya itu, proses pencairan komisinya juga sangat mudah! Hanya dengan dua pelanggan aktif, Anda bisa langsung mencairkan komisi 30 hari setelah transaksi pertama. 

keuntungan program afiliasi niagahoster

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk dapatkan penghasilan pasif dari blog Anda dengan program afiliasi Niagahoster!

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]