4 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Signifikan – Niagahoster Blog

Anda tentu tidak ingin blog yang Anda miliki sepi pengunjung. Sepinya pengunjung dapat berarti minimnya klik iklan serta, lebih jauh lagi, tidak adanya penjualan produk yang Anda tawarkan di website utama. Ada banyak cara meningkatkan pengunjung blog yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Kami akan membahasnya satu per satu untuk Anda dalam kesempatan kali ini.

Berdasarkan sebuah studi, hanya sekitar 25% dari semua website yang ada pada saat ini mendapatkan lebih dari 5000 pengunjung baru setiap bulan. Ini berarti 75% sisanya hanya mendapatkan pengunjung harian lebih sedikit dari angka tersebut.

Apakah blog Anda termasuk dalam bagian 75% ini? Jika iya, ulasan kami kali ini dapat membantu Anda meningkatkan pengunjung blog, hanya dengan melalui 4 cara!

[ecko_alert color=”gray”]Catatan: Pastikan Anda sudah melakukan verifikasi website ke Google Webmaster dan Bing Webmaster, supaya konten di website Anda mudah diindex oleh mesin pencari.[/ecko_alert]

Selamat membaca.

Berikut adalah empat cara meningkatkan pengunjung blog yang dapat Anda coba sendiri!

Pilihan 1: Lakukan Optimasi Blog untuk Search Engine

cara meningkatkan pengunjung blog

Anda wajib melakukan optimasi SEO pada seluruh konten website Anda. Optimasi ini akan meningkatkan pengunjung organik, atau pengunjung yang datang dari mesin pencari. 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset keyword. Tujuannya, agar artikel yang Anda buat menggunakan keyword yang tepat. Ini adalah aspek yang sayangnya kerap dikesampingkan. Tidak sedikit pengelola website yang menampilkan konten di internet tanpa target kata kunci yang tepat sehingga website mereka sepi pengunjung. Padahal jika optimasi ini dilakukan, mereka telah menemukan cara meningkatkan pengunjung blog yang ampuh dan berpengaruh secara signifikan.

Ada banyak tool online yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset keyword. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah tool milik Google bernama Google Keyword Planner. Tool ini dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui rata-rata pencarian keyword tertentu dalam kurun waktu satu bulan, bahkan dapat menampilkan keyword baru sesuai keinginan Anda.

Proses riset keyword ini dapat hanya memakan waktu beberapa menit saja. Keyword seperti apa yang perlu Anda utamakan? Tentu keyword populer, alias keyword yang banyak digunakan untuk pencarian.

Setelah menemukan keyword yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu mulai melakukan optimasi pada website. SEO sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis.

  • On-page SEO: Optimasi pada website dan konten. Pengelola website memiliki kontrol penuh pada On-page SEO.
  • Off-page SEO: Kebanyakan pemilik website berpikiran bahwa off-page SEO hanya link building saja. Akan tetapi, sebenarnya apapun yang Anda lakukan di luar website seperti sosial media, social bookmarking, dan link building dapat dikatakan sebagai upaya Off-page SEO.

Kedua hal di atas sama-sama penting dan perlu dilakukan bersamaan. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, Anda dapat fokus pada On-page SEO terlebih dahulu, seperti yang disarankan oleh banyak ahli internet marketing dan pakar SEO.

Di bawah ini adalah beberapa aspek pada website yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan optimasi On-page SEO.

  • Title Tag: Buat judul menarik yang berisi target keyword.
  • Tag Description: Sama halnya seperti title, deskripsi juga harus menarik dan mengandung keyword yang Anda tentukan. Deskripsi yang baik dapat menghasilkan Click Through Rate tinggi.
  • Keyword Tag: Meskipun tag ini tidak lagi relevan dengan Google, Anda tetap perlu menggunakannya untuk search engine lain. Anda dapat memasukkan maksimal 10 keyword di sini.
  • Heading: Search engine dan pengunjung website menyukai format heading yang tepat, sehingga konten lebih mudah dibaca. Gunakan tag H1, H2, serta H3 pada konten dan masukkan keyword setidaknya pada salah satu tag tersebut.
  • Struktur URL: Jika memungkinkan, masukkan juga keyword pada URL. Jangan gunakan underscore, karakter, atau spasi. Silakan gunakan tanda hubung ‘dash’ atau ‘strip’.
  • Alt Text pada Gambar: Alternative text juga menjadi faktor penentu peringkat Google. Karenanya, sebaiknya alt text ini pada gambar ini tetap Anda isi dengan keyword.
  • Konten: Agar website Anda mendapatkan peringkat yang baik di search engine, usahakan agar konten yang Anda buat tetap unik, segar, dan memiliki manfaat bagi pembaca.
  • Kecepatan Website: Tidak seorang pun pengunjung website Anda menyukai website yang lambat diakses. Oleh karena itu, lakukan optimasi kecepatan pada website. Anda pun dapat memanfaatkan tool dari Google bernama PageSpeed Insights untuk melakukan analisa performa suatu website.

Setelah semua faktor On-page SEO di atas sepenuhnya Anda implementasikan, selanjutnya Anda perlu melakukan optimasi Off-page SEO.

Anda dapat mulai meninggalkan komentar pada blog maupun forum yang berhubungan dengan niche/tema website Anda. Pastikan Anda berkomentar pada blog yang menyediakan kolom untuk menyertakan URL website anda, contohnya seperti blog Niagahoster ini.

Submit website Anda ke direktori blog seperti Blogging Fusion. Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda juga dapat memulai dengan menjadi guest blog di blog yang memiliki tema serupa dengan website Anda. Sementara itu, membagikan artikel di social network dan submit di website social bookmark merupakan cara lain untuk mendapatkan backlink. Selain cara di samping, masih ada banyak cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat backlink serta melakukan optimasi Off-page SEO.

Pilihan 2: Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Iklan Berbayar

cara meningkatkan pengunjung blog

Banyak pelaku internet marketing melakukan hal ini karena promosi website melalui iklan berbayar adalah cara tercepat untuk mendapatkan pengunjung website. Hanya saja, cara ini memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk beriklan. Selain itu, agar lebih efisien Anda perlu melakukan optimasi berkala guna mendapatkan conversion rate terbaik.

Untuk memulai, Anda dapat menggunakan layanan iklan Google Adwords. Ini adalah layanan milik Google dimana pengiklan dapat melakukan penawaran harga pada tiap keyword yang ada. Penawar tertinggi berhak menampilkan iklan pada halaman hasil pencarian Google maupun kolom iklan pada website rekanan Google Display Network.

Di samping Google Adwords, Anda juga dapat menggunakan layanan lain seperti berikut ini …

Pilihan 3: Bagikan Website di Media Sosial

cara meningkatkan pengunjung blog

Membuat artikel berkualitas baik saja tidak cukup untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda. Lebih jauh lagi, Anda perlu memberitahu orang-orang mengenai artikel yang Anda buat. Di sinilah media sosial dapat membantu Anda. Bagikan artikel baru Anda melalui media sosial dan ini akan menjadi cara meningkatkan pengunjung blog Anda dalam waktu singkat.

Mungkin Anda akan mengalami sedikit kebingungan memilih sosial media mana untuk membagikan artikel yang Anda buat. Saran kami, utamakan media sosial yang sesuai dengan niche dari website Anda.

Sebagai contoh, Google+ akan bekerja maksimal untuk perusahaan B2B, sementara Twitter lebih cocok untuk website berita. Secara umum demografinya memang seperti ini. Namun, memastikannya kembali, Anda dapat mencoba beberapa media sosial sekaligus kemudian melakukan perbandingan. Selanjutnya Anda dapat menggunakan akun media sosial yang paling banyak mendatangkan pengunjung.

Nah, di bawah ini adalah daftar media sosial yang dapat Anda gunakan untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung …

Pilihan 4: Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Email Marketing

cara meningkatkan pengunjung blog

Email marketing adalah hal yang sering dilupakan oleh para pemilik website. Padahal, mengirimkan email langsung ke inbox subscriber ketika ada artikel baru adalah cara ampuh untuk meningkatkan pengunjung ke website.

Anda dapat mulai dengan membuat akun di MailChimp, suatu layanan yang menyediakan berbagai macam fitur untuk keperluan email marketing.

Perlu Anda ingat bahwa sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam melakukan kampanye email marketing. Saran kami, sebaiknya Anda mulai mengirimkan newsletter setidaknya satu kali setiap bulan ke subscriber website Anda. Jika dirasa kurang, Anda bisa meningkatkannya menjadi dua minggu atau satu minggu sekali. Jangan lupakan juga aspek manfaat dalam konten newsletter yang Anda kirimkan. Blog post dan informasi berguna lain dapat Anda masukkan di sana dan bukan hanya seputar informasi diskon saja.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung blog. Sebenarnya masih banyak cara lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengunjung, misalnya menggunakan Google AMP.

Dalam kesempatan kali ini kami hanya membahas 4 cara berbeda yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan traffic ke website Anda. Semua cara tersedia untuk Anda. Kini giliran Anda untuk mencobanya satu per satu dan menentukan cara mana yang paling cocok untuk blog Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan maupun masukan mengenai bahasan pada artikel ini, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar di akhir halaman ini. Selain itu anda dapat berlangganan artikel kami dengan melakukan Subscribe pada kolom yang tersedia, kami akan mengirimkan artikel menarik langsung ke email anda. 🙂



Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Kasamago

    sudah diterapkan semua n memang bermanfaat banget.. tp ditengah derasnya arus persaingan, ketekunan dan kerja keras utk senantiasa menghasilkan konten dan rajin berpromosi dg berbagai macam cara adalah vital

  • Naimlog

    Makasih, karena ini saya mendapatkan peringkat yang baik dengan keyword "Cara beli domain di indomaret"

  • Terseram

    Sebenernya rajin nulis konten jg udah cukup kok buat ningkatin trafik blog. Eksperimen saya pada blog http://www.terseram.com , sekitar 4 bulan tiap hari bikin artikel. Alhasil sekarang lumayan lah trafik pageviews udah stabil diatas 10ribu per hari.

  • Bisnis online dunia maya

    Mntab ini tutornya, patut dicoba agar pengunjung bisa kita optimalkan nih ke blog, thanks ya gan sangat bermanfaat

  • erwan oey

    makasih yah gan buat infonya, manfaat banget buat saya yang baru belajar ngeblog

  • Blogger Setia

    Artikel yang sangat bagus, ada dua point yang dapat saya tangkap dari ulasan diatas. Pertama penggunaan kata kunci yang tepat dan banyak dicari oleh netter & kedua rajin-rajin berpromosi. Salam kenal….

  • Asep Supriyadi

    terimakasih informasinya, sangat bermanfaat buat saya yang baru belajar ngeblog..

  • Hasif Priyambudi

    Cara yang lebih simpel ada gak gan?

  • Ali hidayat

    untuk sementara masih fokus ke keyword dulu, semakin banyak keyword maka semakin besar potensi digerudug pengunjung. kuncinya sabar dan telaten. salam juoz gandoz kotos kotos

  • kangtoha

    terimakasih banyak, artikel ya seo memang sangat disukai google

  • Kang Uem

    terimakasih mash sudah memberikan informasinya tentang meningkatkan pengunjung blog. kapan2 mampir ke blog saya ya. salam blogger

  • DataLokal

    Ngak mudah ya untuk blog baru agar pengunjungnya bisa ramai.. sepertinya langkah-langkah diatas perlu dicoba untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya.

  • Bhaskoro

    Sebenarnya konten yang baik itu bagus buat para pembaca dan penulisnya sendiri tentunya, tp para pembaca yang rata -rata diarahkan oleh mesin pencari google, alangkah baiknya setiap artikel yang dipoting itu didaftarkan di google, agar terindex oleh google, sehingga google/pembaca lebih mudah menemukan konten kita.. menurut pengalaman saya begitu min,

  • Halo Pramuka

    Terimakasih informasinya gan. Oiya kalau kita rajin posting (sehari 2 artikel) dan mempromosikan artikel kita di media sosial, kira kira butuk berapa lama ya untuk mendapatkan pengunjung hingga 1000. terimakasih

    • Waryanto

      Tergantung dari artikel yang Anda buat, karena target sosial media berarti artikel Anda harus artikel viral.

  • untung gendut

    mas kalau menggunakan google AMP bayar apa gak terima kasih

  • AnakDagang

    1 lagi om admin, gunakan https. Dijamin maknyos. he he . . .

  • cerita erde

    makasih ya tulisannya, aduh saya harus lebih semangat. nulis aja ngot ngotan. makanya blog saya sepi hiks hiks

  • eao

    makasih inponya gan…. jd tambahan ilmu buat ane ngembangin blog. tlong review.a yax ke.bog saya.

  • Dedy Aditya

    Informasinya mantap dan bermanfaat memberi pencerahaan kepada Sy dan banyak blogger lainnya.
    Sy sdh berkelana mencari referensi2 tntng blogging,di artikel tersebut Saya kembali menemukan hal-hal baru guna membantu kesuksesan blog yg Saya kelolah.
    Secra pribadi,Sy mengirimkan ucapan terimah kasih buat Mas Waryanto sebgai Admin blog ini.

    Salam kenal dan salam sukses dari Saya,Dedi Aditya di Palu

    • Waryanto

      Sama-sama pak Dedi, salam kenal juga. 🙂

  • anzon toyota bekasi

    Artikel yang sangat bermanfaat..terimakasih atas informasinya min di tunggu artikel selanjutnya yang dapat memberi masukan dan arahan untuk blogger pemula.

  • Rangga

    Usefull bgt gan,makasih artikelnya

  • bam

    Terima kasih sangat bermanfaat bagi blog pemula

    • Matias Sri Aditya

      Sama-sama, senang bisa membantu. Semoga pengunjungnya segera meningkat ya, pak 🙂

  • Muji Sasmito

    Untuk daftar isi pakai plugin apa min?

  • SAHRUL PARAWIE

    Mau tanya gan kl tipe domain itu ngaruh gak? maksudnya yg gratisan ama domain yg berbayar

    • Yasin Manganugrahana K

      Ada, domain yang berbayar biasanya lebih dipercaya oleh Google sedangkan untuk domain gratis memang bisa, tapi cukup susah, kecuali kontennya menarik dan sudah terpercaya.

  • Adi Prayogo

    Seo off page yang saya lihat, hanya berjalan sementara…tapi untuk seo on page lebih tahan banting alias kuat di serp..thank's gan buat trik dan sarannya..

  • Paket Internet Murah

    Terimakasih artikel yang sangat bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya ini…

  • bhaskoro

    dari penjelasan ini, mengiklan berbayar di goole, atau medsos kelihatanya akan leebih cepat meningkatkan trafik blog…

    • Yasin K

      Kalau tema yang lain bagaimana? apakah tidak ada masalah?

  • Alvie

    Thanks mas untuk tulisannya yang pastinya bermanfaat ini 🙂
    Klo saya pribadi pake SEO (belajar) dan sosmed, lumayan juga trafficnya 😀

  • Iswadi

    Baru belajar SEO, semoga setelah membaca artikel ini website saya makin banyak visitornya. Thanks sharingnya gan…

  • Ahmad

    Masya allah keren
    ad yg memang sudah saya terapkan namun hasilnya msh sementara
    harus usaha ekstra agar lbh banyak pengunjung lagi

    terima kasih mas

    kunjungi juga web saya : http://www.ahmadsuryadi.net

  • Adz Kia

    terimakasih sudah berbagi tips, bermanfaat dan menambah wawasan

  • bimahartono

    Terimakasih gan ,sangat bagus dan membantu sekali tips nya. salam kenal newbie

  • dnata

    Sudah diterapkan semua, syukur sampai saat ini blog saya https://www.pameranata.com/ sudah memiliki pengunjung yang lumayan, plus sudah menghasilkan, hehe..

  • CaraBelajarInggris

    Terima kasih sudah berbagi tips diatas, saya sebagai blogger pemula sangat terbantu

  • Nanang

    Penjelasan sangat lengkap, saya sangat sedikit paham tentang seo blog, makasih maz dan sukses selalu

15 + seventeen =