Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

6 min read

cara mempromosikan blog

Mengelola blog memang gampang gampang susah. Pekerjaan Anda tidak terbatas pada membuat konten saja, tetapi juga mempromosikannya. Anda tidak bisa hanya menerbitkan konten dan menunggu pembaca akan datang dengan sendirinya.

Sebagai pemilik blog, Anda harus melakukan berbagai promosi blog agar banyak yang mengunjungi blog Anda dan membagikan konten di blog Anda. Artikel ini akan memandu Anda mempromosikan blog di berbagai platform online.

Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung  

Mempromosikan blog dapat dilakukan di berbagai platform online, dari media sosial, forum online, hingga grup komunitas di Facebook. Berikut adalah 10 cara mempromosikan blog agar banyak pengunjung:

1. Pastikan Konten Anda Berkualitas

Sebelum membagikan konten di berbagai platform online, Anda perlu memastikan kualitas konten terlebih dahulu. Kualitas yang dimaksud di sini adalah kualitas baik secara teknis maupun isi konten.

Pertama, konten harus baik kualitasnya secara teknis. Kualitas teknis konten ini meliputi penulisan judul, pembagian paragraf, penggunaan subheading, ketepatan kunci, penempatan tautan, sampai optimasi gambar.

Meskipun terlihat rumit, Anda harus memastikan kualitas teknis konten Anda untuk menjaga konsistensi semua konten di blog. Selain itu, konten yang terstruktur secara rapi akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Pembaca akan mudah menemukan poin-poin penting dalam konten yang terstruktur rapi.

Kedua, konten juga harus bagus kualitasnya secara isi. Kualitas isi konten ini meliputi alur cerita, gaya bahasa, kelengkapan konten, sampai solutif atau tidaknya konten. Kualitas isi konten Anda dinilai bagus jika bisa menjawab pertanyaan pembaca.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Walaupun Anda sudah membuat konten yang terstruktur rapi, konten tersebut tidak akan berarti jika tidak bisa menjawab pertanyaan pengunjung. Ketika orang mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari Google, yang ingin mereka dapatkan adalah jawaban yang jelas untuk memecahkan masalah mereka.

Jadi sebelum mempromosikan blog, pastikan terlebih dahulu kualitas konten Anda. Apakah konten tersebut sudah terstruktur rapi? Apakah konten tersebut mampu menjawab pertanyaan pembaca? Jika belum memenuhi dua kriteria di atas, cara promosi blog apa pun yang dilakukan tidak akan menghasilkan efek berarti. Jika sudah memenuhi dua kriteria tersebut, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Promosikan Blog di Forum Online

Forum online merupakan salah satu platform yang perlu Anda gunakan untuk mempromosikan blog. Platform forum online biasanya menyediakan forum terpisah untuk topik tertentu sehingga Anda bisa mempromosikan blog ke calon pembaca yang spesifik.

promosi blog di forum

Berbicara soal forum online tentu tidak bisa lepas dari Kaskus, forum online tertua dan terbesar di Indonesia. Di Kaskus, Anda bisa menemukan forum online dengan topik bermacam-macam, dari teknologi, otomotif, olahraga, kecantikan, wisata, hingga kuliner.  

3. Aktif di Grup Facebook

Berbagi konten di linimasa saja belum cukup. Anda juga perlu mendekati calon pembaca di lingkup yang lebih kecil lagi, yaitu grup Facebook. Cara mempromosikan blog di Facebook cukup mudah. Hampir sama dengan forum online, grup Facebook memungkinkan Anda untuk menjangkau calon pembaca sesuai dengan minatnya.

Ketik kata kunci yang berkaitan dengan topik blog Anda di kolom pencarian Facebook dan pilih filter Group. Facebook akan menampilkan hasil pencarian grup yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketik. Misalnya, saya mencari grup dengan kata kunci “travel” dan berikut hasilnya:

promosi blog di grup facebook

Ketika bergabung di salah satu grup Facebook, Anda harus mengikuti peraturan yang ditetapkan admin. Ada admin yang tidak memperbolehkan anggotanya untuk berjualan di grup atau anggota harus posting dengan format tertentu. Sebaiknya ikuti peraturan admin agar Anda tidak ditendang keluar dari grup Facebook.

4. Bagikan Konten di Instagram Stories

Pengguna Instagram Indonesia adalah yang terbanyak keempat di dunia. Per November 2018, jumlah pengguna Instagram Indonesia mencapai 60 juta pengguna yang kebanyakan berasal dari kalangan usia 18 sampai 34 tahun.

Fakta di atas tentu membuat Anda tidak bisa mengabaikan media sosial satu ini. Instagram menjadi ladang promosi bagi siapa saja, termasuk Anda, pemilik blog. Salah satu fitur menarik dari Instagram adalah Instagram Stories.

Kini algoritma feed Instagram sudah berubah mengikuti apa yang sering dilihat dan disukai pengguna. Akibatnya seringkali postingan Instagram Anda terlewatkan oleh follower Anda. Anda bisa mengatasi masalah ini menggunakan Instagram Stories.

Untuk melihat Instagram Stories, pengguna akan mengklik satu Instagram Stories dan secara otomatis akan berpindah dari stories satu ke stories lainnya. Dengan begitu, meskipun pengguna tidak mengklik stories Anda, stories Anda tetap memiliki kemungkinan untuk dilihat oleh pengguna.

Jika akun Instagram Anda memiliki lebih dari 10 ribu follower, Anda bisa meletakkan tautan di Instagram Stories dan pengguna bisa langsung swipe up untuk membuka tautan tersebut. Apabila follower Anda belum mencapai 10 ribu, Anda bisa meletakkan tautan di bio Instagram Anda.

5. Tinggalkan Komentar di Blog Orang Lain

Meskipun terlihat sepele, meninggalkan komentar di blog orang lain bisa menjadi cara promosi blog yang efektif untuk Anda. Dengan meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda bisa mendatangkan trafik dengan dua cara.

promosi blog lewat komentar

Pertama, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut. Jika pemilik blog menganggap konten Anda layak untuk dibaca banyak orang, ia tidak akan ragu untuk mempromosikan blog Anda di blog dan media sosialnya.

Kedua, ketika meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda juga bisa berdiskusi dengan orang lain di kolom komentar. Dengan begitu Anda tidak hanya menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut, tetapi juga blogger-blogger lain.

Supaya Anda bisa merasakan efeknya, tentu Anda perlu meninggalkan komentar di blog-blog yang sudah terkenal dan trafiknya tinggi. Dengan begitu komentar Anda akan dibaca lebih banyak orang.

Baca juga: 20 Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website Hingga 2x Lipat

6. Promosikan Blog di SlideShare

SlideShare adalah platform berbagi slide presentasi secara online. Platform ini sudah berdiri sejak 2006 dan diakuisisi oleh LinkedIn pada 2012. Platform ini memang kalah populer jika dibandingkan dengan Facebook atau Instagram.

Walaupun begitu, SlideShare merupakan salah satu platform yang bisa secara efektif mendatangkan trafik untuk blog Anda. Seorang blogger bernama Ana Hoffman pernah melakukan percobaan dengan menerbitkan sembilan slide presentasi di SlideShare yang berisi konten blognya.

promosi blog di slideshare

Dari sembilan slide presentasi tersebut ia berhasil mendapatkan 243 ribu view di SlideShare dan 1.400 klik ke blognya dalam waktu kurang dari 30 hari. Ana Hoffman juga mengungkapkan, SlideShare menjadi sumber trafik terbesar kedua untuk blognya.

Anda tidak perlu membuat konten baru untuk SlideShare. Anda cukup mengubah format konten-konten di blog Anda menjadi slide presentasi dan menerbitkannya di SlideShare. Cukup mudah, bukan?

7. Pin Konten Blog di Pinterest

Cara promosi blog lainnya yang sering diabaikan blogger adalah Pinterest. Pinterest adalah platform online dengan jumlah pengguna 250 juta yang memungkinkan penggunanya untuk mencari dan menyimpan ide dari berbagai macam topik secara online.

Jumlah pengguna Pinterest memang tidak sebanyak Instagram atau Facebook yang sudah mencapai 1 milyar pengguna. Namun, platform ini tetap layak untuk Anda gunakan sebagai sarana promosi blog.

promosi blog via pinterest

Pinterest membantu pembaca Anda untuk menyimpan artikel Anda untuk dibaca di lain waktu. Platform ini juga menyediakan board khusus untuk artikel-artikel yang disimpan pengguna, yaitu Pin Now, Read Later. Bahkan media online besar NY Times pun memanfaatkan Pinterest seperti gambar di atas.

Seorang blogger, Mandy Wallace, telah membuktikan efektivitas Pinterest untuk cara meningkatkan pengunjung blog. Mandy berhasil mendatangkan trafik sebanyak 1.000 pengunjung per hari menggunakan Pinterest.

8. Kontak Calon Pembaca Secara Personal

Selain membagikan konten di media sosial, Anda juga perlu mengontak langsung pengunjung blog Anda. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, “Apakah bisa saya mengontak langsung pengunjung blog yang tidak mengenal saya secara personal untuk membaca konten saya?”

promosi blog secara personal

Kabar baiknya, Anda bisa mengontak pengunjung blog secara personal melalui email atau biasa disebut juga sebagai email marketing. Menghubungi pengunjung blog melalui email bahkan bisa lebih efektif dibandingkan dengan share di media sosial. Menurut McKinsey, email marketing 40 kali lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter.

Pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa meyakinkan pengunjung blog untuk membagikan alamat email mereka kepada Anda? Pertama, tambahkan tombol subscribe di blog Anda. Kedua, tawarkan konten eksklusif seperti infografik atau ebook gratis agar orang-orang tertarik untuk subscribe. Ketiga, kirimkan email newsletter untuk mengingatkan subscriber untuk membaca konten terbaru blog Anda.

9. Gunakan Paid Ads

Mungkin sebagian besar orang berpikir, “Buat apa menghabiskan uang untuk paid ads? Cara promosi blog di media sosial saja sudah cukup.”

promosi blog lewat iklan

Buang mindset seperti di atas jauh-jauh sekarang juga. Mengapa? Pertama, cara promosi blog menggunakan paid ads jauh lebih murah dari yang Anda kira. Anda bisa mengatur budget iklan sesuai anggaran yang Anda miliki. Jadi tidak perlu khawatir tentang biaya iklan yang mahal.

Kedua, paid ads memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens secara spesifik. Jadi penyedia jasa iklan seperti Google, Facebook, dan Instagram akan menampilkan iklan Anda kepada audiens sesuai karakteristik yang Anda tentukan.

Ketiga, menggunakan paid ads itu susah adalah mitos belaka. Pengoperasian paid ads mungkin terlihat sulit saat ini karena Anda belum pernah mencobanya. Dengan sedikit belajar menggunakan panduan yang tepat, Anda bisa menguasai paid ads dalam waktu singkat.

Terdapat berbagai pilihan paid ads yang bisa Anda gunakan untuk promosi blog seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Anda bisa membaca masing-masing panduannya di artikel berikut: Cara Membuat Google Ads, Cara Membuat Facebook Ads, dan Cara Membuat Instagram Ads.

10. Kerja Sama dengan Blogger Lain

Sama seperti profesi pada umumnya, Anda perlu menjalin hubungan yang baik dengan sesama blogger. Dengan begitu Anda bisa bekerja sama untuk berbagi konten atau guest post di blog masing-masing melalui tautan atau share di media sosial.

Anda bisa bergabung dengan salah satu atau beberapa komunitas blogger di Indonesia. Terdapat berbagai macam komunitas blogger yang bisa Anda ikuti. Berikut adalah beberapa komunitas blogger terkenal di Indonesia Travel Blogger Indonesia, Blogger Perempuan, Blogger Jakarta, Blogger Jogja, Emak Blogger, Ganjel Rel, dan Tugu Pahlawan.  

11. Republish Konten di Medium  

Selain menjalin kerja sama dengan blogger dan media online melalui guest post, Anda juga bisa memanfaatkan platform medium untuk mendapatkan backlink berkualitas. Dengan begitu, Anda bisa mempraktikkan link building untuk mendongkrak performa SEO website Anda.

republish konten di medium

Medium memungkinkan Anda untuk menerbitkan kembali (republish) konten blog Anda di platformnya dan memberikan canonical link. Canonical link berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari bahwa dua konten yang identik sebagai satu URL yang sama sehingga tidak akan merusak reputasi SEO blog Anda.

Selain fitur import, Anda juga bisa menerbitkan konten baru yang masih berkaitan dengan website Anda di Medium dan meletakkan link ke salah satu konten di blog Anda. Meskipun hanya menyumbang link no-follow, cara kedua tetap layak Anda coba untuk mempromosikan blog atau website Anda.

Kesimpulan

Ada pepatah yang mengatakan, “Banyak jalan menuju Roma.” Sama halnya dengan cara promosi blog, banyak jalannya. Banyak platform online yang dapat Anda manfaatkan. Belum terlambat untuk mulai mempromosikan blog Anda di platform-platform yang sebelumnya Anda abaikan seperti SlideShare, Pinterest, atau Medium.

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan? Supaya tidak ketinggalan lagi perkembangan terbaru mengenai website dan blog, klik Subscribe Blog Niagahoster di bawah ini. Kami juga akan selalu menyediakan promo menarik seperti promo service hosting dan domain, serta artikel yang membahas tips, trik, dan perkembangan terbaru mengenai website, blog, dan belajar digital marketing.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

5 Replies to “10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung”

  1. Paling suka menggunakan Pinterest dan Medium. Lebih gampang dari yang lainnya. oke, Terimakasih untuk artikelnya.

  2. Keren nih artikelnya!
    Saya sebagai pemula dalam blogging akhirnya mengerti,
    Terima kasih artikelnya!

    1. Sama-sama, kak. Senang bisa membantu. Jangan lupa simak artikel Niagahoster Blog yang lain, ya!

    2. Sama-sama, kak. Semoga informasinya bermanfaat. Jangan lupa kepoin artikel Niagahoster Blog lainnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *