Cara Mengganti Template WordPress - Niagahoster Blog

Apabila Anda memiliki website WordPress, mungkin Anda berkeinginan mengubah template (sering juga disebut theme) agar tampil lebih menarik. Salah satu kemudahan yang ditawarkan WordPress adalah Anda dapat dengan mudah berganti template. Dan ini dapat Anda lakukan dengan beberapa klik saja. Berikut kami hadirkan cara mengganti template WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke dashboard WordPress
  • Menggunakan blog WordPress Self-Hosted

Cara Mengganti Template WordPress Baru

Ada dua cara mengganti tema WordPress yang akan dibahas pada tutorial kali ini.

Cara 1 – Menginstal template WordPress melalui dashboard

Jika Anda akan menginstal atau mengganti template dengan versi gratis, dapat melalui dashboard langsung.

1. Silakan login ke admin area WordPress, kemudian pilih menu Apperance > Themes > Add New.

cara menganti template wordpress

2. Pilih template yang ingin Anda instal. Anda dapat mencarinya melalui kolom pencarian. Setelah menemukan template yang ingin Anda gunakan, silakan klik Install. Tentu, jangan lupa mengaktifkannya.

cara mengganti template wordpress2

3. Setelah proses instalasi selesai, silakan untuk aktifkan template dengan menekan tombol Activate.

cara mengganti template wordpress

Pada langkah ini, template Anda telah berubah sesuai dengan tampilan yang baru. Anda dapat mengeceknya dengan cara mengakses domain Anda.

Cara 2 – Instal Template WordPress dengan Upload File .zip

Cara ganti template wordpress selain instalasi langsung dari daftar direktori template yang ada di dashboard, Anda juga dapat menginstal template dalam bentuk file .zip.

Hal ini berguna ketika Anda ingin mengganti template WordPress dengan versi berbayar. Daftar template yang ada di dashboard sejauh ini hanya tersedia untuk versi gratis. Oleh karena itu, jika Anda akan menginstal template berbayar perlu mengunggahnya sendiri dalam bentuk file .zip.

PENTING – Pastikan template yang akan Anda instal berasal dari sumber terpercaya. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan template bajakan karena sangat rawan dari segi keamanan, misalnya lebih rawan terkena malware.

1. Silakan mengunduh template yang ingin Anda instal. Setelah file .zip selesai diunduh, silakan unggah melalui dashboard WordPress pada menu Apperance > Themes dan klik tombol Add New.

cara mengganti theme wordpress

2. Selanjutnya, silakan pilih tombol Upload Theme > Browse dan pilih template yang sudah Anda unduh dalam bentuk file .zip, kemudian klik tombol Install Now.

cara instal theme

3. Setelah proses instalasi selesai, aktifkan template dengan menekan Activate

mengganti template wordpress

Pada langkah ini, cara mengganti template WordPress dengan hasil unduhan telah berhasil dilakuan. Tampilan website Anda pun sudah berubah dengan tampilan baru.

Kesimpulan

Setelah berhasil menyelesaikan langkah pada tutorial cara mengganti template WordPress ini, kami harap tutorial ini dapat membantu proses instalasi blog WordPress Anda dengan template baru.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Sampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar pada bagian akhir halaman ini. Kemudian, jangan lupa klik Subscribe untuk selalu mendapatkan artikel terbaru kami langsung dari inbox Anda 🖐📩

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • astridnaningyuana

    work 100%.. thanks 🙂

  • Anton Mahmud

    Mantab..
    Ilmu baru buat saya
    Thanks

  • adam

    Niagahoster terbaik memang,,,,

  • nanda

    saya sudah coba, dan tetap tidak bisa berubah.. sudah saya upload juga di cpanel file templatenya dan tetap juga tidak mau berubah tolong.. 🙁 web saya nusapenidadaily.com tolong secepatnya

    • Waryanto

      Jika prosesnya sesuai tutorial ini dan sampai pada tahap mengaktifkan template, seharusnya template dapat diganti. Untuk memastikannya bukan cache pada browser yang ditampilkan, silakan akses website melalui private browser. Jika masih belum berubah, Anda dapat melakukan instalasi ulang WordPress.

  • Ruangbisnis

    Apa effeknya, jika situs saya sering ganti themes mas ?

    • Waryanto

      Ada beberapa kemungkinan jika sering mengganti tema website. Salah satunya jika template yang Anda gunakan sudah terdapat fitur SEO dan Anda menggunakan fitur tersebut, tentu akan berpengaruh dalam hal SEO. Jika ingin mengganti tema, pastikan tema baru Anda lebih baik dari tema sebelumnya, baik dari sisi SEO, fitur, dan kecepatannya.

  • Sayuti

    Mas, mau tanya apa blog dr wordpress gratisan bisa ganti template?dan jika boleh bagi donk referensi Template seo friendly,saya dapat download di mana?? Makasih

    • Waryanto

      Bisa, tapi hanya template gratis yang sudah tersedia melalui menu Themes. Jika ingin bisa mengupload template, Anda harus upgrade ke paket Bisnis.

  • ayu

    adakah hilang semua setting web sebelum ini mean semua setting kena buat balik atau tak perlu selepas tukar theme

    • Waryanto

      Untuk setingan yang Anda lakukan pada tema sebelumnya, jika mengganti tema maka setingannya akan hilang, misalnya tag untuk Google Analytics.

  • Davi

    Mas, kenapa dasboard wordpress saya ketika mau ganti tema gratisan tertulia terjadi galat ? Bagaimana caranya memperbaikinya?

  • ridlo

    mas saya beli hosting di niaga hoster. template wp premium yang di sediakan gratis semua..?

  • Hafidz Yusuf

    kalo sering2 ganti template ngefek buruk ke web kita g mas? thanks…..

  • Taji

    Min, kenapa ya saat saya ganti tema berbayar dari luar, selalu terjadi error 500? Mohon bantuannya. Terimakasih

  • AMIN

    mas say mau ganti tema tapi tidak bisa, muncul kterngan ini kenapa ya??
    Fatal error: Call to a member function add_partial() on a non-object in /home/payurcom/public_html/daihatsu-cibubur.com/wp-content/themes/sydney/inc/customizer.php on line 24

  • Muhammad Fahrizal

    Terima kasih..Sangat membantu..

11 − 10 =