Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Review Lengkap Tema GeneratePress Premium: Apakah Worth It?

8 min read

review lengkap tema generatepress premium

Punya tampilan website impian, tapi awam dengan coding? Solusi praktisnya tentu menggunakan tema. 

Masalahnya, di dunia ini ada ribuan tema. Kalau kita berselancar di internet mencari tema idaman satu per satu, sama saja seperti mencari jarum ditumpukkan jerami. 

Nah kali ini, kami akan mengulas satu tema premium yang mungkin bisa menjawab segala kebutuhan website Anda, yaitu GeneratePress Premium.

Hm, premium pasti berbayar ya? Apa sih spesialnya dari tema ini? Memang apa saja fiturnya dan apakah setimpal dengan harganya?

Anda dapat menemukan jawabannya di artikel ini. Yuk simak pembahasan selengkapnya.

Apa Itu GeneratePress Premium?

tema GeneratePress Premium untuk WordPress

GeneratePress adalah tema WordPress yang unggul pada sisi kecepatan dan kegunaan. Karena itu pula tema ini dibuat seringan dan sestabil mungkin agar website memiliki performa maksimal.

Tema ini pada dasarnya dapat di-download gratis. Namun, agar dapat bekerja lebih optimal GeneratePress mengeluarkan versi premium.

Nah, versi premium ini nih yang menjadi idaman bagi para pengguna WordPress. Selain ringan dan stabil, fitur tema premium sangat lengkap untuk kustomisasi setiap bagian website. 

Buktinya? Selama enam tahun mengudara, tema ini sudah di-download lebih dari 3 juta kali, dengan 300.000+ pengguna aktif!

Free vs Premium

Kalau bisa pakai yang gratis kenapa harus berbayar? 

Jika Anda bertanya seperti itu, maka kira-kira jawabannya akan seperti tabel di bawah ini:

FiturFreePremium
HargaGratisUSD 59 – 249
Jumlah Pemakaian SitusUnlimitedUnlimited
Setting LayoutTerbatasUnlimited
Mobile Friendly
SEO Friendly
Update Berkala
Terjemahan Bahasa
Site LibraryХ
Unlimited ColorsX
TypographyX
ElementsX
WooCommerceX
Menu PlusX
SpacingX
BlogX
Secondary NavigationX
BackgroundsX
SectionsX
CopyrightX
Import/ExportX
Disable ElementsX

Sangat terlihat bedanya, bukan? 

Sekilas pun bisa diketahui bahwa fitur versi free sangat terbatas dan kostumisasi tidak fleksibel.

Beda cerita dengan versi premium, fitur lengkap yang jangankan website pribadi, untuk mengembangkan toko online ataupun niche blog lainnya pun sangat mumpuni.

Mengapa Harus Pakai GeneratePress Premium?

Walau berbayar tapi GeneratePress Premium tetap menjadi tema dambaan warga WordPress. Kenapa? Berikut tiga alasan utama mengapa tema ini layak untuk dipertimbangkan.

keunggulan tema generatepress premium

1. Performa Maksimal dengan Berat Tema Minimal

GeneratePress mengusung jargon Ringan dan Responsif. Hal itu bisa kita cek sendiri kebenarannya. 

Yang pertama, dengan Google Pagespeed Insight, kecepatan yang dihasilkan berada pada skor 92. Sangat optimal untuk website dengan banyak elemen gambar.

uji kecepatan tema GeneratePress Premium dengan Google Pagespeed Insight

Hal senada juga ditemukan saat mengecek dari Gleek Flare. Hasilnya, skor untuk performa website tembus angka 94 dengan loading kurang dari 1 detik!

kecepatan unggul tema GeneratePress Premium

Baca juga: Cek Kecepatan Website Anda dengan 10 Tools Gratis Ini!

Salah satu faktor kecepatan website malaspulang.id yaitu fitur-fitur GeneratePress Premium dapat diaktivasi maupun dinonaktifkan sesuai kebutuhan website.

Itu mengapa website dapat bekerja lebih ringan dan cepat. Karena hanya menjalankan sistem tertentu yang benar-benar berfungsi. Jadi, performa website juga semakin maksimal.

Performa website sangat penting karena berpengaruh pada beberapa hal, misalnya:

  • Memberikan pengalaman maksimal bagi pengunjung – Menurut Google, 53% pengunjung akan pergi dari website dengan loading lebih dari 3 detik.
  • Meningkatkan kepercayaan 79% pengunjung tidak akan kembali ke website yang lambat.
  • Membantu ranking tinggi di Google – Kecepatan adalah salah satu dari 11 faktor yang mempengaruhi Google Ranking.

Perlu diingat bahwa salah satu yang menyebabkan website lambat adalah menggunakan tema yang “berat”

Misalnya, element tambahan yang tidak terlalu berguna, seperti extra toolbar, slider dalam jumlah banyak, dan lainnya.

Semakin banyak element, semakin rumit kode pemrogramannya, semakin lama juga loadingnya.

2. Support yang Siap Sedia 

Untuk membantu para penggunanya, GeneratePress Premium memiliki tiga sarana support. Seperti petunjuk dokumentasi, support forum resmi GeneratePress, dan layanan support di WordPress.

Mari kita bahas satu per satu. 

Dokumentasi

Yang pertama adalah bantuan dokumentasi yang berupa dokumen-dokumen berisi petunjuk, tutorial, dan lain-lain. 

Dokumentasi ini sangat bermanfaat bagi pengguna awal GeneratePress Premium karena tutorial yang diberikan terbilang lengkap.

kelengkapan dokumentasi atau tutorial generatepress premium

Support Forum

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala pada tema, solusinya Anda dapat menggunakan support forum resmi milik GeneratePress

Di sana, terdapat banyak sekali topik yang sudah dibahas sebelumnya. Misalnya, cara mendesain website podcast, setting mega menu, dll.

Jadi Anda bisa mencari dan membaca topik-topik seputar pertanyaan terlebih dahulu. Siapa tahu ketemu solusinya dan hemat waktu juga kan? Hehehe.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi tim support kapanpun. Disana, pertanyaan Anda dapat direspon oleh pengguna GeneratePress Premium lainnya.

support forum resmi generatepress

Layanan Support WordPress

Dan yang terakhir, Anda juga dapat memanfaatkan layanan support di WordPress. Sama seperti support forum resmi, di sini Anda juga akan dijawab oleh anggota komunitas GeneratePress langsung.

support atau layanan bantuan dari wordpress untuk tema GP Premium

Waktu respons yang relatif cepat dan interaktif, ya seperti Anda live chat saja!

3. Premium Module Paling Unggul

Masih ingat apa saja fitur di tema premium? Sekarang saatnya untuk membahas satu per satu. 

Namun, sebelum lebih jauh melangkah, harap diingat bahwa fitur di tema GeneratePress Premium disebut dengan module. Module inilah yang dapat diaktivasi dan dinonaktifkan.

Nah, saatnya kita menyelam lebih dalam ke setiap modulenya. Yuk, mari.

1. Site Library

Site Library adalah kumpulan demo tema website yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Demo website adalah layout tema siap pakai yang dapat di-import ke website Anda. 

akses penuh site library untuk akun premium generatepress

Kumpulan demo ini terbagi tiga sesuai dengan jenis editor yang digunakan. Ada yang menggunakan editor standar WordPress, Elementor, ataupun Beaver Builder.

Baca juga: 5 Cara Edit Tema WordPress Tanpa Ribet

2. Colors/Warna

Sesuai namanya, Anda dapat mengatur 60 opsi warna di website Anda. Caranya, masuk ke Appearance > pilih Colors dan Activate > Customize > Colors

Gambar sebelah kanan adalah bagian-bagian yang dapat Anda kustomisasi. 

variasi elemen warna yang bisa di kustomisasi

Misalnya, Anda ingin mengatur warna pada Body website, lalu Anda akan diberi opsi-opsi pewarnaan pada gambar di sebelah kiri.

Module ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membangun branding bisnis. Karena Anda dapat mengatur warna dominan maupun warna-warna lain pada tiap sudut website.

Sangking lengkapnya, Anda dapat mengatur warna hingga bagian terkecil di website Anda. Misalnya, warna yang berbeda antara link yang belum dan sudah di-klik oleh pengunjung.

Baca juga: Cara Menentukan Warna Efektif untuk Desain Website

3. Typography

Pada versi gratis, Anda hanya akan menemukan beberapa pilihan font dengan pengaturan yang sangat terbatas. Beda halnya di tema premium yang memberikan opsi pengaturan lebih lengkap.

Cara pengaturannya pun mudah yaitu, masuk ke Appearance > pilih Typography dan Activate > Customize

pengaturan tipografi tema GeneratePress Premium

Selanjutnya pilih Typography dan Anda dapat mengedit tipografi pada bagian-bagian website di bawah ini. Tak tanggung-tanggung, total ada 70 bagian yang dapat Anda atur tipografinya!

Anda bebas bereksperimen saat mengatur tipografi. Misalnya, pemilihan font, kombinasi font, besar-kecil font, tata letak, dan lain-lain.

Baca juga: Kombinasi Font Sempurna untuk Website Anda

4. Elements

Sudah pilih salah satu demo di site library, tapi kok kayaknya masih ada yang kurang ya?

Dengan module elements, Anda dapat mengedit layout website Anda sesuai keinginan. Misalnya, menambahkan hero page, mengatur header, sidebar, footer, CTA, dan lain-lain. Tanpa limit!

Caranya sangat mudah, silakan masuk ke menu Appearance > Elements > Add New Element

Spesialnya lagi, terdapat tools GP Hooks. Anda dapat menyisipkan element pada area manapun di website Anda, tanpa mengacaukan kode inti atau keseluruhan kode. 

Misalnya, tulisan di bagian sebelum header di bawah ini.

fitur GP Hooks untuk penyisipan element tambahan

Kalau tema biasa, perlu adanya custom html dan css secara khusus. Namun, dengan GeneratePress Premium, Anda dapat menginput kode hingga menentukan lokasi display di editor WordPress.

pengaturan letak, lokasi GP Hooks

5. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin toko online gratis dan terbaik di WordPress. Fitur-fitur yang dimiliki WooCommerce sudah sangat lengkap untuk sekelas toko online. 

Misalnya, mengelola produk, pesanan, kupon, diskon, hingga ke pengaturan alamat toko, dan beragam manfaat lainnya untuk bisnis online.

Nah, kalau Anda pengguna GeneratePress Premium, Anda dapat mengaktifkan plugin ini secara praktis! Tinggal klik Appearance > pilih WooCommerce dan Activate.

Selanjutnya, Anda dapat mengatur toko online Anda dengan memilih opsi WooCommerce pada bagian kiri layar atau klik menu Shop pada visual editor.

Untuk kustomisasi WooCommerce pun sangat mudah. Karena GeneratePress Premium memungkinkan Anda melihat preview langsung setelah klik. Seperti contoh di bawah ini.

contoh kustomisasi WooCommerce di tema GeneratePress Premium

Baca juga: Tutorial WooCommerce untuk Membuat Toko Online

6. Menu Plus

Module Menu Plus memungkinkan Anda membuat custom navigasi. Misalnya, sticky navigation, off canvas panel, dan lain sebagainya. Seperti contoh off canvas panel di bawah ini.

contoh off canvas panel menu tambahan di GP Premium

Untuk kustomisasi, semua opsi sudah lengkap tersedia di menu Layout, dengan kemudahan setting.

Namun, pastikan module lain seperti Colors, Spacing, dan Typography juga aktif ya, karena mereka digunakan bersamaan.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

7. Spacing

Jika Anda membangun website dengan HTML, pasti akan sering bertemu dengan pengaturan spacing. Seperti mengatur ukuran element, padding, dan margin di tiap element.

Eits, hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan tema GeneratePress Premium. Karena terdapat module Spacing, sehingga setting bisa dilakukan secara dengan lebih mudah, tanpa coding. 

Pertama-tama aktifkan module Spacing terlebih dahulu, caranya sama saja kok dengan mengaktifkan module-module lain.

Lalu, pilih opsi Layout > pilih element yang ingin Anda edit, sebagai contoh opsi Container.

fitur pengaturan spacing tema GP Premium

Module ini sangat membantu Anda membangun website yang otentik dan beda dari yang lain. 

8. Blog

Mau punya tampilan blog yang memukau?

GeneratePress Premium memberikan Anda kontrol penuh pengaturan setiap post, baik blog arsip maupun single post. 

Untuk pengaturannya dapat Anda temukan di Layout > Blog. Disana terdapat opsi kustomisasi yang lengkap. Misalnya, pengaturan excerpt tiap artikel, tags, kategori, dll.

Bisa apa aja sih? 

Contohnya, Anda ingin menyembunyikan atau menampilkan post, setting featured image, lokasi, scroll tak terbatas, bahkan hal sesimpel pengaturan kolom, dan masih banyak lainnya.

9. Secondary Navigation

Menu primer belum cukup? Tenang, Anda dapat menambah menu sekunder. 

Menu ini berfungsi untuk memperluas aktivitas website yang bersifat sampingan tetapi sangat penting. Misalnya, form login/logout, My Account, keranjang belanja bagi toko online, dan lain sebagainya.

contoh secondary navigation tema GP Premium

Module ini harus diaktifkan bersamaan dengan module Colors, Spacing, dan Typography. Anda dapat mengatur dengan bebas menu sekunder. Misalnya, lebar menu, tata letak, lokasi menu, font, warna, dan lain-lain.

10. Background

Mau pakai foto di background website? Sangat bisa!

Saat sudah mengaktifkan module background, Anda dapat mengatur di Customize > Background Images

Pada versi gratis, Anda hanya bisa memberi background foto di bagian body website saja. Kalau premium, background mana saja sih yang bisa diedit?

menu yang dapat di edit backgroundnya

Di atas adalah bagian-bagian yang bisa disetting background-nya, dari header sampai footer. Anda bisa mengatur ukuran, posisi, gaya gulir, dan lain-lain. Wah, lengkap sekali ya!

11. Sections

Pernah lihat tampilan seperti ini dalam satu halaman website?

contoh section pada website

Nah, bagian-bagian di atas adalah sections. Ciri-ciri yang dapat ditangkap mata yaitu adanya beberapa poin yang berkumpul di dalam suatu halaman website.

Biasanya halaman ini sangat cocok dipakai di homepage atau landing page, karena terkesan rapi dan khas. Opsi seperti ini sangat jarang ditemukan di tema website lainnya, apalagi yang gratisan hehehe.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page di WordPress

Dilihat sekilas saja sepertinya butuh coding yang lumayan rumit ya? Eits, mari kami beritahu rahasianya.

Pertama, aktifkan dulu module Sections, lalu buat halaman baru dengan cara Page > Add New > aktifkan dengan Use Section.

Di sana Anda dapat menambahkan section sesuai keinginan. Misalnya, background berbeda tiap section, menambahkan kode HTML khusus, efek parallax, bahkan mengatur spacing tiap section.

setting section page tema GP Premium

12. Disable Elements

Modul ini bisa dibilang adalah kunci kecepatan tema GeneratePress Premium. 

Jika di satu page beberapa elements yang tidak Anda butuhkan atau ingin dihapus, Anda bisa menonaktifkan element tersebut. Jadi, Anda bisa mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Poin ini juga membuat loading di page website Anda lebih cepat. Karena hanya menampilkan elemen yang berguna.

Ada beberapa elements yang dapat dinonaktifkan, seperti gambar di bawah ini.

pilihan mengaktifkan atau menonaktifkan element sesuai kebutuhan

Di bagian paling bawah dari sebuah website, pernahkah Anda melihat tulisan seperti ini?

contoh penggunaan copyright

Ya, itulah copyright. Biasanya terletak di bagian paling akhir sebuah footer. Nah, tulisan tersebut menunjukkan valid atau tidaknya sebuah website. 

Tetapi, jika menggunakan tema gratisan, Anda tidak akan bisa mengedit copyright tersebut. Karena yang Anda tidak memiliki lisensi penggunaan tema.

Beda cerita jika memakai GeneratePress Premium, Anda dapat mengaktifkan module Copyright. Lalu mengaturnya di Layout > Footer > Copyright.

kustomisasi copyright atau white label

Untuk mendapatkan tulisan “Copyright ©️ Nama Bisnis Anda 2021”, Anda dapat menuliskan “Copyright %copy% Nama Bisnis Anda %current_year%” (hilangkan tanda kutip dua). 

Begitu juga jika posisinya mau diubah-ubah. Bebas kok!

14. Export/Import

Kalau sebelumnya sudah punya website, Anda dapat dengan mudah mengimportnya ke GeneratePress Premium. 

eksport atau import data dari/ke GeneratePress Premium

Lakukan hal yang sama jika Anda ingin mengeksport sebagian atau keseluruhan website ke situs Anda yang lainnya.

Cara Install GeneratePress Premium

Hanya dengan beberapa klik, Anda sudah bisa menggunakan tema premium. Beneran loh, instalasinya mudah banget! Anda bisa mengikuti tutorial singkat berikut.

Pertama-tama, karena didesain sebagai tema WordPress, maka Anda harus mengaktifkan plugin GeneratePress terlebih dahulu. 

Caranya, login ke dashboard WordPress > Appearance > Themes > cari kata kunci generatepress > Install > Activate.

aktivasi tema GP Premium di WordPress

Setelah itu, login ke akun GeneratePress dan download GP Premium Plugin. Dokumen plugin akan terdownload dengan format .zip.

download GP Premium plugin

Kembali ke dashboard WordPress, lalu klik Plugin > Add New > Upload Plugin > pilih file .zip GP Premium yang telah Anda download sebelumnya dan klik Install Now.

upload GP Premium Plugin di WordPress

Dan, Activate Plugin.

Selanjutnya, aktifkan update otomatis premium plugin Anda. Caranya, kembali ke akun GeneratePress, lalu double klik di nomor lisensi GP Premium Anda.

salin nomor lisensi GP Premium

Di dashboard WordPress, klik Appearance > GeneratePress > dan salin License Key pada kolom Updates, lalu Save.

masukkan nomor lisensi GP Premium ke WordPress

Sip! GeneratePress Premium Anda sudah siap digunakan.

Baca Juga: Ingin Kustomisasi WordPress dengan Aman? Lakukan Staging!

Plus Minus GeneratePress Premium

Sebelum benar-benar memakainya, kami akan bandingkan pro dan kontra dari tema berbayar yang satu ini. Semoga bisa membantu Anda menentukan pilihan ya.

Kelebihan (+)Kekurangan (-)
Keamanan terjamin dan stabil. Berbayar.Biaya per tahun: USD 59/Rp828.000Lifetime: USD 249/Rp3.493.000
Pengaturan default tema kurang dari 10 kb per halaman.
Kecepatan optimal.
Pilihan module yang beragam.
Dapat memilih module yang digunakan.
Ringan.
Dibangun berbasis SEO.
Telah menggunakan standar WCAG 2.0 untuk akses penyandang disabilitas.
Mobile-friendly.
100+ opsi kostumisasi.
Akses penuh ke site library.
Puluhan demo situs siap pakai.
Kompatibel dengan berbagai plugin.
Support RTL language.
Support 24/7 dan dokumentasi lengkap.
30 hari garansi uang kembali.

Tergoda dengan Tema GeneratePress Premium?

Untuk mendapatkan website yang maksimal, effort yang dibutuhkan terbilang minimal. 

Karena sangat terbantu dengan premium module, instalasi yang mudah, bantuan dari para expert, dan lain-lain. Belum lagi kecepatan di atas rata-rata hingga beragam pilihan module premium sangat menggoda! 

Kesimpulannya, Anda tidak akan rugi mengeluarkan sejumlah uang untuk performa website lebih optimal. 

Tema unggul + hosting terbaik = website optimal!

Nah website Anda akan semakin paripurna jika menggunakan hosting yang luar biasa juga. Seperti layanan hosting terbaik di Indonesia, Niagahoster yang memprioritaskan keamanan dan kecepatan. 

Fitur komplit dengan harga kompetitif!

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.