Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Tutorial WooCommerce Lengkap untuk Membuat Toko Online

7 min read

tutorial woocommerce

Punya produk yang ingin dijual secara online? Ingin mulai membuat toko online, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tenang saja karena Anda akan mendapatkan panduan terlengkap cara membuat toko online di tutorial WooCommerce ini.

Apa Itu WooCommerce?

Sebelum mulai membuat toko online menggunakan WooCommerce, ada baiknya untuk mengenal plugin terbaik untuk toko online ini terlebih dahulu. WooCommerce adalah plugin toko online gratis dari WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat toko online dari display produk sampai pembayaran tanpa coding.

Mengapa Harus Menggunakan WooCommerce?

Sebenarnya tersedia berbagai pilihan plugin toko online selain WooCommerce. Namun, WooCommerce adalah yang terbaik di antara plugin atau software toko online lainnya. Berikut alasan-alasan mengapa WooCommerce adalah plugin terbaik untuk toko online Anda:

1. Telah Dipercaya Jutaan Pengguna

WooCommerce telah dipercaya untuk menjadi platform toko online oleh lebih dari 59 juta pengguna di seluruh dunia. Artinya WooCommerce telah menjadi platform toko online untuk 28 persen toko online secara global. Kualitasnya pun tidak diragukan. Sebab sebanyak 21 persen toko online yang menggunakan WooCommerce berhasil masuk ke Top 1 Million Sites.

2. Cocok dengan WordPress

WooCommerce adalah plugin yang dikembangkan oleh WordPress langsung. Jadi Anda bisa dengan mudah memasang WooCommerce di website WordPress Anda cukup dengan menginstall plugin WooCommerce seperti memasang plugin lainnya.

3. Keamanan Terjamin

Semua toko online harus meyakinkan para pelanggannya bahwa toko online-nya adalah tempat yang aman untuk melakukan transaksi pembelian. Jika menggunakan WooCommerce, Anda tidak perlu khawatir soal keamanan. Sebab WooCommerce melindungi semua data transaksi yang terjadi di toko online Anda agar tidak jatuh ke tangan pihak ketiga. Jadi pelanggan Anda bisa berbelanja dengan aman.

4. Gratis

Salah satu kelebihan utama dari WooCommerce dibanding platform toko online lain adalah gratis. Pada dasarnya WooCommerce menyediakan layanannya secara gratis untuk siapa saja. Akan tetapi, WooCommerce juga menyediakan beberapa fitur yang harus Anda beli jika ingin menggunakannya.

5. Mudah Digunakan Siapa Saja

WooCommerce membuktikan bahwa membuat toko online itu sulit hanya mitos belaka. Dengan WooCommerce, Anda dapat dengan mudah membangun toko online, dari membuat display produk, mengatur kategori produk, menambahkan promosi dan diskon, sampai membuat pilihan pembayaran tanpa perlu mengetahui coding sama sekali.

6. Menyediakan Banyak Pilihan Tema

Tampilan tentu menjadi hal penting bagi semua toko online, bukan? Setiap jenis toko online memiliki konsep masing-masing. Konsep toko online pakaian laki-laki tentu berbeda dengan konsep toko online pakaian perempuan. Begitu juga dengan konsep toko online buku pasti berbeda dengan konsep toko online barang elektronik. Tidak perlu khawatir karena WooCommerce menyediakan berbagai macam pilihan tema, baik gratis maupun berbayar.

Cara Install WooCommerce

install woocommerce

Sebelum memasang WooCommerce, pastikan bahwa Anda sudah memiliki WordPress yang sudah terpasang. Jika belum memasang WordPress, Anda bisa memasang WordPress dengan mengikuti panduan di artikel cara install WordPress.

1. Install dan Aktivasi WooCommerce

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WooCommerce adalah plugin yang dapat dipasang dengan mudah melalui WordPress. Memasang WooCommerce di website WordPress Anda sangatlah mudah. Pertama, yang perlu dilakukan adalah login ke dashboard WordPress Anda. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Pilih Plugins di menu sidebar
  • Klik tombol Add New
  • Ketik WooCommerce di kolom pencarian
  • Temukan hasil pencarian WooCommerce dan klik Install Now
  • Setelah proses instalasi selesai, klik tombol Activate

2. Cara Setting WooCommerce

Setelah proses instalasi dan aktivasi selesai, Anda akan melihat pemberitahuan dari WooCommerce untuk menjalankan Setup Wizard seperti gambar di bawah.

Cara di atas adalah yang termudah untuk mulai mengatur WooCommerce. Akan tetapi, jika Anda melewatkan pemberitahuan dari WooCommerce, ada cara lain untuk memulai Setup Wizard. Anda bisa membuka menu WooCommerce > Help > Setup Wizard.

Setelah Setup Wizard dimulai, Anda akan melihat gambar di bawah ini:

Langkah 2.1. Pengaturan Halaman

Di langkah ini, WooCommerce akan memberitahu Anda mengenai halaman utama apa saja yang akan disediakan untuk toko online Anda (shop, cart, checkout, dan my account). Halaman-halaman ini dibutuhkan agar toko online Anda berjalan dengan baik. Pahami masing-masing halaman lalu klik continue.

Langkah 2.2. Atur Lokasi

Langkah selanjutnya adalah mengatur lokasi toko Anda, mata uang yang Anda gunakan, dan dimensi ukuran apa yang Anda gunakan (Kilogram, Centimeter).

Langkah 2.3. Pengiriman Barang dan Pajak

Selanjutnya adalah mengatur apakah produk Anda bisa dikirimkan melalui ekspedisi atau tidak. Apabila Anda menjual jasa, Anda tidak perlu mencentang ceklis di pengiriman barang. Anda juga perlu mencentang kolom pajak jika ingin membebankan pajak kepada pelanggan Anda.

Langkah 2.4. Pembayaran

Di langkah ini, Anda akan mengatur metode pembayaran apa saja yang Anda terima. Anda bisa menerapkan metode pembayaran kartu kredit, PayPal, transfer bank, atau Cash On Delivery (COD). Sesuaikan metode pembayaran dengan kebiasaan pelanggan Anda.

Setup WooCommerce sudah selesai. Selanjutnya adalah menambahkan produk pertama Anda dengan menekan tombol Create your first product!

3. Menambahkan Produk

Tentu untuk menjalankan sebuah toko online, Anda membutuhkan produk. Namun, sebelum menambahkan produk, ada beberapa pengaturan produk yang perlu Anda ketahui, yaitu kategori produk dan attribute. Berikut penjelasannya:

– Kategori Produk

Kategori produk membantu Anda untuk mengelompokkan produk-produk Anda. Misalnya, Anda menjual pakaian. Anda bisa membuat kategori produk menjadi pakaian atasan, bawahan, outwear, underwear, dan aksesoris. Kategori produk memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Anda bisa menambahkan kategori produk sebanyak mungkin.

– Attribute

Attribute membantu untuk menyaring atau filter produk. Misalnya, di toko online pakaian, Anda bisa mengatur attribute menjadi ukuran, warna, bahan, atau filter lainnya yang sesuai dengan produk Anda.

-Tipe Produk

WooCommerce memungkinkan Anda untuk menjual berbagai tipe produk, bukan tipe produk fisik saja. Berikut adalah beberapa tipe produk yang bisa dijual di WooCommerce:

  • Simple: Produk yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi tanpa ada variasi. Contoh: buku
  • Virtual: Produk yang dijual tidak membutuhkan pengiriman. Contoh: jasa seperti konsultasi
  • Downloadable: Produk yang dapat diunduh. Contoh: e-book, video, gambar
  • External: Anda mengiklankan sebuah produk di toko online Anda, tetapi dijual di toko online lain.
  • Variable: Produk yang dijual memiliki beberapa variasi. Contoh: baju

Menambahkan produk di WooCommerce sangat mudah seperti Anda menerbitkan postingan di WordPress. Pilih menu Products > Add New. Masukkan judul dan deskripsi produk yang Anda jual.

Di sebelah kanan terdapat menu Product Categories, klik tombol +Add New Category dan tambahkan nama untuk kategori produk Anda. Kategori produk akan berguna ketika pembeli mencari produk Anda berdasarkan kategori.

Di bawah deskripsi dan gambar ada menu Product Data. Di bagian ini Anda bisa memasukkan detail produk Anda. Berikut adalah beberapa detail produk yang perlu Anda tambahkan:

  • Harga
    Di sub menu General, Anda bisa menambahkan harga produk.
  • Informasi Ketersediaan Produk
    Sub menu Inventory membantu Anda untuk inventaris barang sehingga Anda bisa menyediakan informasi ketersediaan barang kepada pelanggan.
  • Metode Pengiriman Barang
    Di sub menu Shipping, Anda bisa menambahkan detail berat produk, panjang produk, hingga perkiraan biaya pengiriman.
  • Saran Produk
    Anda juga bisa menambahkan saran produk yang mirip dengan produk yang sedang dibeli pelanggan di sub menu Linked Product.
  • Filter Produk
    Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Anda bisa menambahkan filter produk. Di sub menu Attribute Anda bisa menambahkan filter yang sesuai dengan deskripsi produk Anda.
  • Review Produk
    Anda juga bisa menambahkan review produk di sub menu Advance.

Setelah menambahkan semua informasi penting produk, Anda bisa merilis produk tersebut dengan menekan tombol Publish.

4. Mengelola Produk

Jika sudah menambahkan banyak produk di toko online, Anda bisa mengelolanya dengan mudah melalui menu Products. Anda bisa mengedit, menghapus, dan menduplikat produk di halaman ini.

Cara duplikat produk cukup mudah. Pilih produk kemudian klik Duplicate. Fitur ini memudahkan Anda jika menjual produk yang deskripsinya mirip. Anda juga bisa membuat salah satu atau beberapa produk menjadi andalan dengan menekan ikon bintang.

5. Mengelola Pesanan

Pesanan baru selalu dibuat ketika pelanggan Anda menyelesaikan proses checkout. Anda bisa melihat berapa pesanan yang Anda dapatkan dengan memilih menu Orders di sidebar menu.

Setiap pesanan memiliki Order ID unik dilengkapi dengan detail informasi seperti email pelanggan, nomor kontak, alamat, dan metode pembayaran. Anda bisa mengelola pesanan satu per satu dengan mengklik tombol Edit yang terletak di bawah nomor pesanan.

6. Menambahkan Kupon

Kupon adalah salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. Dengan WooCommerce, Anda bisa menambahkan kupon melalui menu Coupons. Anda bisa menambahkan detail syarat dan ketentuan kupon melalui menu ini.

7. Mengelola Laporan

Anda juga bisa mendapatkan laporan mengenai perkembangan penjualan di toko online Anda melalui menu Reports. Di menu ini, Anda bisa melihat jumlah produk terjual, penjualan kotor, rata-rata penjualan per hari, dan data statistik lainnya.

Anda bahkan bisa mendapatkan laporan statistik untuk setiap produk secara terpisah, data statistik per kategori, dan kupon yang terpakai.

8. Konfigurasi Pengaturan di WooCommerce

Sebelum mengubah pengaturan awal WooCommerce, sebaiknya Anda baca dan pahami terlebih dahulu instruksi dan penjelasannya di bagian Help WooCommerce. Hal ini untuk menghindari error dan kesalahan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa pengaturan dasar WooCommerce:

  • Umum
    Di sub menu General, Anda bisa mengubah pengaturan seperti lokasi pengiriman barang, mata uang yang berlaku, hingga penerapan pajak.
  • Produk
    Sub menu produk memungkinkan Anda mengubah pengaturan mengenai informasi produk, dari berat produk, dimensi produk, hingga review produk. Anda juga bisa mengubah pengaturan untuk inventaris produk.
  • Pengiriman Barang
    Jika Anda ingin mengirimkan barang ke banyak lokasi, terutama luar negeri, konfigurasi pengaturan ini penting untuk Anda. Di sub menu Shipping, Anda bisa mengatur lokasi pengiriman, metode pengiriman, hingga perkiraan biaya pengiriman.
  • Checkout
    Di sub menu ini Anda bisa mengubah pengaturan Checkout dan metode pembayaran. Secara default, WooCommerce menyediakan lima metode pembayaran. Untuk menambahkan metode pembayaran lainnya, Anda perlu memasang ekstensi berbayar.
  • Account
    Anda bisa mengubah pengaturan akun, dari pembuatan akun, login, hingga registrasi.
  • Email
    Di pengaturan ini, Anda bisa mengatur email apa saja yang perlu dikirimkan kepada pelanggan, dari email selamat datang, email pesanan baru, email pesanan gagal, hingga email pengingat untuk membayar tagihan.

9. Periksa Status Toko Online (System Status)

Halaman System Status berguna untuk memeriksa keadaan toko online Anda secara menyeluruh. Anda bisa mendapatkan laporan lengkap mengenai keadaan toko online dengan klik tombol Get System Report. Dengan begitu Anda bisa mengetahui “kesehatan” toko online. Jika ada error di laporan, Anda bisa memperbaikinya segera.

10. Mengganti Tema WooCommerce

Menggunakan tema default dari WooCommerce bisa jadi bukan ide yang bagus. Sebab setiap jenis toko online memiliki konsep masing-masing. WooCommerce menyediakan berbagai macam tema yang bisa Anda pilih sesuai dengan konsep toko online Anda. Mengganti tema WooCommerce sama mudahnya dengan mengganti tema di WordPress. Buka dashboard WordPress lalu klik Appearance > Themes > Add New untuk memasang tema baru WooCommerce Anda.

11. Memasang Ekstensi WooCommerce

WooCommerce menyediakan ekstensi gratis dan berbayar untuk menambah fitur di toko online. Fitur-fitur tambahan tersebut memudahkan pelanggan berbelanja di toko online Anda. Memasang ekstensi WooCommerce pun sangat mudah. Semudah memasang plugin di WordPress. Anda hanya perlu membuka dashboard lalu klik Plugin > Add New. Kemudian ketik nama ekstensi yang ingin Anda pasang.

Berikut adalah beberapa ekstensi berguna yang perlu Anda pasang:

a. WooCommerce Currency Switcher

Ekstensi ini wajib Anda pasang jika toko online Anda menjual produk ke berbagai negara. WooCommerce Currency Switcher memudahkan pelanggan untuk mengganti mata uang yang akan digunakan untuk membayar produk Anda.

b. PayPal

Tambahkan ekstensi PayPal untuk memudahkan pelanggan membayar tagihan toko online Anda dengan solusi pembayaran online PayPal.

c. WooCommerce Multilingual

Apabila Anda melayani pelanggan dari berbagai negara, ekstensi WooCommerce multilingual perlu Anda tambahkan untuk memudahkan Anda menampilkan toko online dalam berbagai bahasa.

d. WooCommerce Product Filter

Seperti namanya, WooCommerce Product Filter memungkinkan Anda untuk memfilter produk berdasarkan kriteria tertentu seperti harga, ukuran, kategori, dan lain-lain.

e. WooCommerce Menu Cart

Dengan WooCommerce Menu Cart, Anda bisa menampilkan keranjang belanja pelanggan di setiap halaman sehingga pelanggan bisa mengetahui barang apa saja yang sudah mereka masukkan ke keranjang belanja.

f. YITH WooCommerce Wishlist

Ekstensi YITH WooCommerce Wishlist memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur wishlist di toko online. Dengan begitu, pelanggan bisa menyimpan barang-barang yang ingin dibelinya sebelum memasukkannya ke keranjang belanja. Selain itu, pelanggan juga bisa membagikan wishlist-nya ke media sosial.

g. Pushover

Pushover adalah ekstensi yang membantu Anda untuk memberikan update terbaru mengenai toko online Anda, baik itu pesanan baru, inventaris barang, penjualan, dan lain-lain.

h. FraudLabs Pro for WooCommerce

Keamanan adalah isu utama untuk semua toko online. Dengan FraudLabs Pro, Anda bisa menambahkan fitur keamanan untuk menghindari penipuan di toko online Anda. Ekstensi ini melindungi Anda dari pesanan palsu dengan mengidentifikasi elemen-elemen seperti lokasi, proxy, email, kartu kredit, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online

Kesimpulan

Membuat toko online tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan adanya platform seperti WordPress dan WooCommerce, siapa pun bisa membuat toko online profesional dengan mudah, tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali. Jadi sudah siap membuat toko online? Raih kesuksesan online Anda bersama Niagahoster!

2
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − one =