Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

10+ Plugin WooCommerce Terbaik untuk Toko Online Anda

4 min read

plugin woocommerce

WooCommerce adalah plugin ecommerce paling populer di WordPress dengan lebih dari tiga juta pengguna.

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari plugin ini, seperti kustomisasi dan kontrol. WooCommerce menyediakan berbagai fitur penting toko online yang dapat Anda atur sendiri.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur lapak mereka dan menentukan metode pembayaran dengan mudah. Ditambah lagi masih ada banyak plugin lainnya yang bisa diintegrasikan dengan WooCommerce.

Dengan analytics tool gratis yang dimiliki plugin ecommerce ini, pengguna dapat mempelajari performa toko mereka untuk meningkatkannya.

Selain fitur-fitur yang berguna untuk bisnis online, WooCommerce juga memiliki setup yang mudah. Anda dapat mempelajarinya di sini.

Akan tetapi, WooCommerce juga menawarkan banyak potensi jika digabungkan dengan plugin lainnya. Artikel ini akan membahas 10+ plugin WooCommerce yang wajib dimiliki agar toko online Anda dapat memikat lebih banyak pembeli.

10+ Plugin WooCommerce Terbaik

Di bawah ini akan dibahas sebelas plugin WooCommerce terbaik yang perlu dimiliki toko online Anda.

1. OptinMonster

Plugin WooCommerce - OptinMonster

Tidak semua orang yang mengunjungi toko Anda akan menjadi pelanggan, atau bahkan membeli sesuatu. Karena itulah OptinMonster diciptakan.

Plugin ini membantu penggunanya untuk mendesain dan meletakkan pop-up call-to-action di dalam website mereka. Isi dari pesan pop-up ini pun bisa bermacam-macam, termasuk penawaran katalog atau newsletter untuk mendapatkan alamat email pengunjung dan countdown diskon.

Menariknya, Anda tidak perlu memiliki keahlian teknis untuk mengoperasikan plugin ini. Pembuatan pop-up dilakukan dengan drag-and-drop builder, sehingga pengguna hanya perlu memilih elemen (tombol, kolom isian, text box) yang diinginkan dan meletakkannya pada desain mereka.

Di samping itu, OptinMonster memberikan fasilitas A/B testing. Dengan fitur ini, pengguna dapat menguji variasi dari pesan pop-up mereka untuk menentukan yang paling bermanfaat.

OptinMonster bisa didapatkan secara cuma-cuma di repository WordPress.

2. WooCommerce Multilingual

Plugin WooCommerce - WooCommerce Multilingual

Ketika Anda ingin memperluas pemasaran toko atau produk secara internasional, bahasa menjadi batasan utama. Apalagi jika Anda harus menerjemahkan semua teks di website Anda ke beberapa bahasa sekaligus.

Oleh karena alasan itulah plugin WooCommerce Multilingual dibutuhkan. Dengan plugin ini, Anda dapat mengintegrasikan WooCommerce dengan plugin penerjemah WPML.

Namun perlu Anda ketahui bahwa plugin ini tidak dapat berdiri sendiri. Untuk mengoperasikannya, pengguna harus install WPML serta WPML Translation Management dan WPML String Translation, yang merupakan bagian dari plugin utama.

Meskipun WooCommerce Multilingual dapat diunduh dengan gratis, WPML sendiri merupakan plugin berbayar. Plugin tersebut tersedia dalam tiga paket yang berbeda, dengan harga terendah $29.

3. WooCommerce Customizer

Plugin WooCommerce - WooCommerce Customizer

WooCommerce memperbolehkan Anda untuk mengubah tampilan berbagai elemen yang ada dalam suatu halaman, seperti tombol dan teks. Akan tetapi, hal ini memerlukan keahlian dalam bahasa pemrograman PHP.

Untuk memudahkannya, Anda bisa install WooCommerce Customizer. Dengan plugin gratis ini, Anda dapat mengganti teks yang telah ada dengan mengetikkan kata-kata yang dikehendaki dalam menu pengaturan WooCommerce.

4. WP Mail SMTP

Plugin WooCommerce - WP Mail SMTP

Toko online biasanya mengirimkan berbagai email kepada para pelanggannya, entah itu bukti transaksi, promosi, atau newsletter. Agar Anda dapat melakukan hal ini tanpa masalah, WP Mail SMTP diperlukan.

Kendala yang ada pada WordPress adalah metode pengiriman email yang digunakan. CMS ini memakai metode PHP mail, sedangkan kebanyakan penyedia layanan web hosting tidak mendukung cara ini.

Karena alasan itu, email dari website Anda bisa saja tidak terkirim atau masuk ke folder spam penerimanya.

Kabar baiknya, plugin WP Mail SMTP bisa Anda dapatkan secara gratis. Jika Anda ingin fitur lebih, plugin ini juga tersedia dalam versi berbayar yang harganya dimulai dari $49 per tahun.

5. Order Delivery Date for WooCommerce

Plugin WooCommerce - Order Delivery Date for WooCommerce

Sesuai namanya, plugin gratis ini menambahkan fitur di mana pembeli dapat memilih kapan pesanan akan dikirimkan. Hal ini dilakukan saat pembeli berada dalam halaman checkout.

Anda juga bisa menentukan hari di mana Anda tidak melayani pengiriman agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Plugin ini memiliki sebuah add-on berbayar yang akan mengirimkan sebuah email kepada pembeli sehari setelah pesanan datang. Email ini berisi ajakan untuk memberikan review kepada penjual.

6. WooCommerce PDF Invoices & Packing Slips

Plugin WooCommerce - WooCommerce PDF Invoicing & Packing Slips

Rincian transaksi dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko Anda. Dengan plugin ini, Anda dapat mengirimkan invoice dalam email yang berisi konfirmasi pembelian. Pembeli dapat mengunduhnya sebagai file PDF. Anda juga bisa menentukan desain invoice ini melalui pengaturan plugin. 

7. WooCommerce Menu Bar Cart

Plugin WooCommerce - WooCommerce Menu Bar Cart

Tergantung tema yang anda gunakan, WooCommerce tidak selalu menampilkan tombol cart. Padahal, tombol ini memungkinkan pembeli untuk melihat produk apa saja yang telah ada di keranjang mereka.

Dengan install plugin ini, tombol cart toko Anda akan selalu ada pada menu navigasi, lengkap dengan jumlah barang dan total harga. Anda juga dapat menentukan agar tombol ini selalu ada meskipun pembeli meng-scroll halaman.

Plugin ini gratis, tapi juga tersedia dalam versi pro dengan harga mulai dari €27. Jika Anda ingin bisa meletakkan menu ini di mana saja, versi berbayar ini tidak boleh dilewatkan.

8. YITH WooCommerce Compare

Plugin WooCommerce - YITH WooCommerce Compare

Pembeli pastinya menginginkan produk yang paling cocok dengan kebutuhan mereka. Jika ada banyak produk dari kategori yang sama, mereka akan membandingkan semuanya hingga menemukan yang terbaik.

Plugin ini memungkinkan pengunjung toko Anda untuk membandingkan dua atau lebih produk. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur informasi apa saja yang akan dibandingkan.

Apabila Anda menjual berbagai produk aksesoris atau pakaian, plugin ini perlu dimiliki.

9. YITH WooCommerce Ajax Search

Plugin WooCommerce - YITH WooCommerce Ajax Search

Fitur lain yang sangat dicari dari sebuah website ecommerce adalah pencarian produk. Tanpanya, pembeli akan kewalahan dalam mencari sebuah kategori atau nama barang yang diinginkan.

Jika Anda tidak ingin kehilangan calon pelanggan, ada baiknya untuk install plugin gratis ini. Setelah dipasang, plugin ini akan menambahkan sebuah search bar pada toko Anda. Tidak hanya search bar biasa, karena hasilnya dikeluarkan dengan cepat dan tepat.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menaruh search bar ini di mana saja menggunakan shortcode.

10. WooCommerce Currency Switcher

Plugin WooCommerce - WooCommerce Currency Switcher

Apabila toko online Anda dipasarkan kepada khalayak luas, plugin ini juga penting untuk dimiliki.

WooCommerce Currency Switcher memungkinkan pengunjung website untuk mengubah harga yang tertera ke mata uang mereka. Plugin ini selalu menggunakan kurs terbaru, jadi pembeli dapat mempercayai Anda.

11. LiveChat

Plugin WooCommerce - LiveChat

Jika toko online sudah tertata dengan rapi, ada baiknya Anda juga menambahkan fitur live chat customer service. Hal ini sangat penting, mengingat tidak ada cara lain bagi calon pembeli untuk bertanya tentang produk yang mereka inginkan.

LiveChat adalah salah plugin yang direkomendasikan untuk fitur tersebut. Jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk memberikan layanan 24 jam, LiveChat juga memberikan fasilitas ticketing. Dengan demikian, calon pembeli dapat meninggalkan pertanyaan.

Penutup

Apabila Anda baru saja memulai sebuah website ecommerce di WordPress, WooCommerce bukan satu-satunya media yang diperlukan. Apalagi banyak plugin lainnya yang diciptakan khusus untuk menambah fiturnya.

Berikut adalah rangkuman semua plugin yang dibahas dalam artikel ini:

  • OptinMonster: membantu Anda untuk membuat banner pop-up untuk meningkatkan interaksi pembeli
  • WooCommerce Multilingual: menerjemahkan toko online ke berbagai bahasa
  • WooCommerce Customizer: memungkinkan Anda untuk mengubah teks dan tombol di WooCommerce tanpa menggunakan PHP
  • WP Mail SMTP: memastikan email dari toko Anda sampai di kotak masuk pelanggan
  • Order Delivery Date for WooCommerce: memungkinkan pembeli menentukan tanggal pengiriman barang
  • WooCommerce PDF Invoices & Packing Slips: menambahkan rincian pembelian dalam format PDF
  • WooCommerce Menu Bar Cart: memastikan tombol cart Anda selalu terlihat
  • YITH WooCommerce Compare: memberikan fitur perbandingan produk
  • YITH WooCommerce Ajax Search: menambahkan search bar yang responsif pada toko Anda
  • WooCommerce Currency Switcher: memungkinkan pembeli untuk menampilkan harga produk dalam mata uang mereka
  • LiveChat: menambahkan fitur live customer service

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkannya di kolom pertanyaan.

0
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =