Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Cara Membuat Kategori di WooCommerce yang Menarik Bagi Pelanggan

4 min read

Mengenal 5 Konsep Pemasaran dan Contohnya

Tahukah Anda? Menurut penelitian SMX West di tahun 2020, kategori produk dapat meningkatkan traffic sampai 413%

Bila Anda belum memiliki halaman kategori yang menarik, bisa-bisa Anda melewatkan potensi ini, lho! Jadi, jangan sampai hal itu terjadi. 

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan menyertakan panduan cara membuat kategori di WooCommerce yang menarik. Tak perlu berlama-lama lagi, mari langsung simak panduannya di bawah ini!

Hal yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah melakukan beberapa hal berikut:

  • Memiliki domain dan hosting. Domain dan hosting memungkinkan website toko online Anda diakses oleh banyak orang.
  • Menginstall WordPress. WordPress adalah satu-satunya CMS yang mendukung pembuatan toko online dengan WooCommerce. Jadi, tentu saja Anda wajib menginstall WordPress.
  • Menginstal WooCommerce. WooCommerce adalah plugin WordPress yang dapat mengubah website biasa menjadi web toko online canggih. Jika Anda belum menginstall-nya, simak panduan di link sebelumnya.
  • Menambahkan Produk. Untuk dapat membuat kategori, Anda harus menambahkan beberapa produk terlebih dahulu. Tujuannya, agar efekt fitur kategori langsung bisa dilihat.

Cara Membuat Kategori Produk di WooCommerce

Setelah menginstal WooCommerce Anda dapat langsung mengikuti panduan dibawah ini:
1. Pertama, pilih menu Product > Categories.

Tampilan menu kategori produk woocommerce

2. Setelah itu, pada bagian Add new category, isikan informasi sebagai berikut:

  • Name: Nama kategori Anda
  • Slug: URL singkat kategori Anda
  • Parent category: Pilih None
  • Description: Deskripsi dari kategori Anda
  • Display Type: Pilih Default 
  • Thumbnail: Foto kategori Anda
Pengaturan detail kategori produk woocomerce baru

3. Jika sudah, klik tombol Add new category yang berada dibawah Thumbnail.

4. Selanjutnya, masuk ke menu Product > All Product. Kalau Anda sudah menambahkan beberapa produk lebih dulu, Anda tinggal klik edit salah satu produk.

Pilihan untuk mengedit produk woocommerce

5. Selanjutnya, centang salah satu kategori yang sesuai di Product categories. Lalu, jangan lupa untuk klik Update.

Pilihan kategori produk woocommerce

6. Selamat! Anda sudah berhasil membuat dan menggunakan kategori produk. Selanjutnya, kita akan menampilkan kategori produk pada halaman website Anda.

Menampilkan Halaman Kategori Produk WooCommerce di Menu Website

Setelah Anda berhasil membuat kategori produk, langkah selanjutnya adalah menampilkan kategori tersebut pada halaman website Anda.

1. Pertama, buat halaman baru dengan cara klik Pages > Add New.

2. Setelah Anda membuat halaman baru, tambahkan kategori dengan cara klik Add block, lalu ketik Products by Category.

Menampilkan produk berdasarkan kategori woocommerce

3. Selanjutnya, centang kategori yang diinginkan lalu klik Done.

Pilihan produk berdasarkan kategori woocomerce

4. Berikut adalah tampilan halaman produk setelah Anda memilih kategori yang ingin ditampilkan.

Tampilan produk berdasarkan kategori woocomerce pada halaman

5. Untuk menampilkan halaman tersebut pada menu di website Anda, pilih Appearance > Menus pada dashboard WordPress. Pastikan Anda memilih Primary menu pada bagian Select a menu to edit. Hal ini untuk memastikan menu tersebut akan tampil di bagian paling atas halaman website. 

Pilihan menu utama pada pengaturan menu WordPress

6. Selanjutnya, pada bagian Add menu items pilih Pages. Lalu, centang halaman produk yang sudah dibuat. Setelah itu, klik Add to Menu. Setelah menu sudah ditambahkan, jangan lupa untuk klik Save Menu yang ada di pojok kanan bawah.

Menambahkan halaman kategori produk pada pengaturan menu WordPress

7. Jika halaman kategori sudah muncul, maka hal selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menambahkan menu pada halaman kategori.

Tampilan halaman kategori produk pada website

Cara Membuat Menu di Kategori di WooCommerce (Dropdown Menu)

Dalam satu kategori, biasanya terdapat beberapa subkategori yang berisi produk-produk serupa tapi berbeda. Misal, dalam kategori baju terdapat subkategori baju anak, baju laki-laki, baju perempuan, dan sebagainya.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat menu pada kategori produk Anda dapat mengikuti panduan berikut:

1. Pertama, pilih Appearance > Menus.

2. Lalu, klik dan tahan kategori. Arahkan hingga posisinya sedikit menjorok kekanan dan menjadi sub-item.

Cara membuat menu di kategori di woocomerce

3. Langkah terakhir, klik tombol Save Menu di pojok kanan bawah.

Tampilan menu di kategori di woocommerce

4. Selamat! Anda sudah berhasil mengikuti cara membuat menu di kategori di WooCommerce. Setelah ini, kita akan membahas lebih lanjut cara untuk membuat halaman kategori lebih menarik.

3+ Tips Cara Membuat Kategori yang Menarik

Anda harus memiliki halaman kategori yang menarik agar pelanggan lebih mudah menemukan produk di toko online Anda. Cara membuat kategori yang menarik tidak sulit, kok. Cukup mengikuti langkah-langkah mudah ini:

1. Tambahkan Deskripsi Pada Halaman Kategori

Tidak hanya pada halaman produk, deskripsi juga harus ditambahkan pada halaman kategori. Dengan menambahkan deskripsi, halaman kategori akan menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Apalagi jika Anda menerapkan copywriting yang ciamik.

Tidak hanya itu, deskripsi di halaman kategori juga sering dipakai untuk menerapkan trik Search Engine Optimization (SEO) pada website. Dengan begitu, website toko online Anda mudah ditemukan. 

Deskripsi pada halaman kategori produk

Contohnya, Nike memiliki halaman kategori bernama ‘Men’ yang didalamnya terdapat produk busana pria. Pada halaman tersebut tulisan ‘Tech Pack’ yang diikuti dengan deskripsi lebih lanjut.

Anda tentu bisa juga meniru hal yang dilakukan Nike. Tidak hanya menyertakan gambar, Anda bisa juga menambahkan tulisan pada halaman kategorinya. Apalagi jika tulisan tersebut menyebutkan keyword-keyword yang berhubungan dengan produk dan bisnis Anda. Hal ini menambah kesan menarik pada halaman kategori tersebut.

2. Gunakan Gambar Unik sebagai Header 

Di samping menambahkan tulisan, header yang unik juga dapat membuat kategori produk menjadi lebih menarik, lho!

Selain unik, gambar pada header harus relevan dengan kategori produk Anda. Dengan demikian, pelanggan dapat memahami isi halaman kategori Anda.

Kami akan menggunakan contoh halaman kategori ‘Men’ dan ‘Women’ milik Nike. Pada halaman kategori Men terdapat gambar header berikut:

Header Unik pada halaman kategori produk pria Nike

Sedangkan, pada halaman kategori Women terdapat gambar header berikut:

Header Unik pada halaman kategori produk wanite Nike

Bagaimana, menarik bukan? Selain itu, gambar yang ditampilkan juga relevan dengan produk-produk milik Nike.

Oh ya, kalau Anda mau menerapkan hal yang sama dengan Nike, jangan lupa untuk mengikuti trik SEO khusus gambar. Dengan begitu, gambar Anda juga lebih mudah ditemukan pelanggan.

Mau tahu triknya? Coba baca Panduan Lengkap Memaksimalkan Image SEO untuk Website.

3. Pastikan Semua Kategori Terlihat

Dengan mencantumkan semua kategori, pelanggan akan lebih cepat dan mudah menemukan produk yang diinginkan.

Tampilan sub kategori pada kategori pria website Nike

Contohnya pada halaman website milik Nike. Jika pengunjung mengklik kategori ‘Men’ maka semua sub kategori akan muncul. Dengan begitu, kategori lain juga akan mendapat perhatian dari pengunjung.

Anda dapat mencoba untuk menggunakan Max Mega Menu untuk mendapatkan tampilan menu yang mirip dengan website Nike. 

Baca juga: Cara Membuat Menu di WordPress dengan Sub Menu

  1. Gunakan Page Builder 

Dengan menggunakan page builder, halaman kategori dapat tampil lebih menarik. Sebab, page builder memiliki berbagai widget atau blok fitur yang lebih lengkap dari editor Gutenberg bawaan WordPress. Hal ini tentu saja membuat website Anda kelihatan lebih unik dan menarik.

Selain itu, terdapat template yang bervariasi buatan desainer profesional yang dapat membuat halaman kategori layaknya website terkenal. Anda tinggal utak-atik saja templatenya dan ganti konten dengan konten toko online Anda.

Selain mengedit halaman, page builder  juga dapat mengedit beberapa bagian lain pada website Anda seperti header, footer, pos, dan halaman archive.

Di pasaran, ada banyak sekali pilihan page builder yang tersedia. Kalau Anda bingung pilih yang mana, silakan cek rekomendasi kami di artikel 7 Plugin WordPress Page Builder Terbaik

  1. Gunakan Tema

Selain page builder, tema juga dapat membuat halaman website menjadi lebih menarik secara menyeluruh. 

Dengan menggunakan tema, Anda akan dimudahkan dalam melakukan pengaturan karena desainnya sendiri biasanya sudah dibuat khusus untuk niche website Anda. Apalagi, pembuat tema umumnya sudah menyediakan berbagai fitur penunjang untuk membuat website beroperasi maksimal.

Sama seperti page builder, tema premium biasanya berbayar. Namun, Anda juga dapat melihat beberapa pilihan tema yang tersedia secara gratis. Coba baca 5+ Tema WooCommerce Terbaik untuk Toko Online.

Yuk Buat Kategori Produk WooCommerce Yang Menarik!

Di artikel ini, Anda sudah cara membuat kategori produk di WooCommerce yang menarik bagi pelanggan. Sekarang, produk andalan Anda bisa tampil dengan rapi di halaman kategori.

Oh iya, selain membuat halaman kategori produk yang menarik, masih banyak lagi cara untuk meningkatkan penjualan Anda. Penasaran, kan?

Dapatkan semua tips ampuh berjualan online dengan mendownload ebook 35+ Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Melalui Website. Anda akan mempelajari cara-cara jitu yang sayang banget kalau dilewatkan.

Tunggu apa lagi? Download ebooknya secara gratis dengan klik banner di bawah ini!

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published.