Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

9 Keunggulan Data Center Niagahoster: Website Aman, Bisnis Lancar

3 min read

Featured image keunggulan data center Niagahoster

Kalau Anda sudah memutuskan terjun ke bisnis online, totalitas memberikan yang terbaik itu penting. Mulai dari produk, layanan, hingga teknologi yang digunakan.

Nah, bagi sebuah website bisnis, peran hosting yang didukung dengan data center terbaik tak dapat ditawar lagi. Alasannya, itulah yang akan membuat website Anda bisa diakses terus selama 24 jam penuh.

Data center seperti apa yang dikatakan paling baik? 

Jawabannya, data center dengan spesifikasi tier 4 yang memberikan jaminan kestabilan dan kecepatan. Dan, itulah alasan Niagahoster menggunakan kategori data center ini dari DCI Indonesia (DCII).

Lalu, apa saja keunggulan data center Niagahoster? Kenapa Anda perlu menggunakannya untuk mendukung bisnis online Anda terus berkembang? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah!

9 Keunggulan Data Center Niagahoster

Setidaknya ada sembilan keunggulan yang dimiliki data center Niagahoster. Apa saja?

1. Berada di Lokasi Sangat Aman

Bangunan data center yang digunakan Niagahoster didesain untuk meminimalkan dampak gempa hingga 8,2 skala Richter. Selain itu, bangunannya ditinggikan 2,5 meter dari permukaan jalan untuk mengurangi kemungkinan terkena banjir. 

Data center yang digunakan Niagahoster berada di kawasan industri Cibitung, yang cukup jauh dari pusat pemerintahan di Jakarta. Dengan begitu, lebih kecil kemungkinan untuk terdampak hal yang tidak diinginkan seperti huru-hara, dan lainnya.

2. Fasilitas Data Center Dijaga Ketat 

Data center Niagahoster berada di kawasan yang dijaga ketat sehingga hanya pihak yang memiliki kepentingan yang bisa memasukinya.

Bahkan, setiap fasilitas dilengkapi dengan sistem keamanan tiga lapis, yaitu:

  • Access card — Kartu berisi chip identitas. Kartu ini diberikan oleh data center pada pengguna dan staf data center dan digunakan untuk memasuki ruangan dan area tertentu.
  • Optical turnstile — Gerbang kecil yang harus dilewati ketika menuju area tertentu. Alat ini memindai kartu akses orang yang melewatinya. Jika tidak memiliki kartu akses atau tidak terdaftar, alarm akan berbunyi.
  • Mantrap — Sebuah ruangan kecil di antara dua pintu. Pintu kedua yang ada di dalam ruangan ini hanya bisa dibuka menggunakan biometrik. Jika biometrik individu yang ingin masuk ke ruangan selanjutnya tidak terdaftar, pintu pertama (akses keluar) otomatis terkunci.

3. Bersertifikasi Tier 4 Internasional

Data center yang digunakan Niagahoster memiliki sertifikasi tier 4 dari Uptime Institute, lembaga internasional yang menentukan standar operasional data center. Bahkan, merupakan data center pertama di Asia Tenggara yang mendapatkannya.

Badge tier 4 data center

Apa artinya? Data center Niagahoster memiliki kualitas terbaik

Alasannya, tier 4 sendiri adalah klasifikasi terbaik bagi sebuah data center yang harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Berstatus 2N, yaitu menggunakan dua set infrastruktur
  • Memiliki cadangan listrik
  • Jumlah downtime per tahun maksimal 5 menit
  • Koneksi internet selalu tersedia
  • Memiliki sistem cyber security yang baik

Semua syarat di atas diwujudkan dalam berbagai infrastruktur yang ada di dalamnya. 

4. Mendapat Jaminan Pasokan Listrik yang Baik

Data center Niagahoster mendapatkan pasokan listrik yang berlimpah dari dua pembangkit listrik besar, yaitu Jababeka dan MM2100. Keduanya mampu diandalkan untuk menyediakan listrik yang dibutuhkan.

Namun, bagaimana kalau terjadi listrik padam? Tak perlu khawatir. Ada generator yang siap untuk menyediakan listrik yang cukup untuk 72 jam!

Ilustrasi pasokan listrik data center
Ilustrasi pasokan listrik data center. Sumber: Unsplash

Itupun masih didukung dengan penyimpan daya atau UPS yang mampu menyediakan listrik hingga 15 menit sebelum generator menyala.

Singkatnya, pasokan listrik untuk data center yang digunakan Niagahoster terjamin. Baik menggunakan dua sumber listrik utama, maupun cadangan tenaga listrik tanpa gangguan hingga empat hari.

5. Didukung Koneksi Internet yang Selalu Tersedia

Bisa dikatakan koneksi internet cepat selalu tersedia di dalam data center Niagahoster. Alasannya, data center tersebut menggunakan sistem multiple upstream yang melibatkan 35 penyedia layanan internet.

Artinya, Niagahoster tidak bergantung pada satu provider, kalau ada kendala di salah satu provider, Niagahoster telah di-backup oleh beberapa provider lainnya sehingga tidak berdampak pada layanan yang Niagahoster berikan kepada customer.

Selain itu, adanya dedicated network memungkinkan koneksi yang stabil dan bandwidth yang cukup.

Ilustrasi koneksi cepat

6. Memiliki Sistem Pendingin yang Optimal

Dengan suhu ruangan yang tepat, infrastruktur akan tahan lama dan performanya terjaga.

Nah, data center Niagahoster memiliki dua sistem pendingin sekaligus, water cooling dan air cooling

Sistem water cooling-nya menggunakan dua jaringan water chiller untuk menjaga suhu ruangan sesuai dengan standar, sedangkan sistem air cooling-nya menggunakan dual coil computer room air conditioning (CRAC) agar pendinginan ruangan lebih optimal.

Nah, mungkin Anda akan bertanya, apakah aman menggunakan jaringan water chiller untuk fasilitas seperti data center?

Jangan khawatir. Lantai data hall di data center tersebut lebih tinggi 0,9 meter dari lantai lainnya untuk menghindari genangan. Selain itu, ada sensor kebocoran air di bawah lantai data hall agar kebocoran bisa segera dideteksi dan diatasi.

7. Minim Risiko Kebakaran

Bagi sebuah data center, bahaya kebakaran adalah hal utama yang harus dihindari. Untungnya, data center yang digunakan Niagahoster memiliki tiga sarana untuk mencegah kebakaran.

Yang pertama adalah pendeteksi asap yang akan otomatis membunyikan alarm ketika mendeteksi asap di dalam data center. Dengan begitu, staf dapat segera memadamkan api dengan cepat.

Kedua, data center Niagahoster menggunakan sistem gas suppression. Maksudnya, apabila terjadi kebakaran di sebuah ruangan, sistem akan mengurangi kadar oksigen di dalam ruangan tersebut untuk memadamkan api.

Ketiga, pemadaman api juga bisa dilakukan dengan sprinkler yang menggunakan sistem dry piping. Itu artinya, pipa tidak menyimpan air, sehingga tidak ada pembentukan es yang bisa membuat sprinkler buntu.

8. Pemeliharaan Infrastruktur yang Rutin

Sebagai fasilitas tier 4, pemeliharaan infrastruktur di data center Niagahoster adalah prioritas. Itulah kenapa downtime bisa diminimalkan demi menjaga kualitas layanan.

Bahkan, kalaupun ada jadwal pemeliharaan, selalu ada informasi yang disampaikan sehingga bisa dilakukan persiapan agar tidak mengganggu bisnis online yang dijalankan.

Ilustrasi pemeliharaan infrastruktur

9. Memiliki Keamanan Online yang Baik

Selain secara fisik, cyber security juga menjadi perhatian data center yang digunakan Niagahoster. Berbagai ancaman siber, seperti DDoS yang membanjiri server dengan request hingga overload akan selalu diantisipasi.

Canggihnya lagi, data center Niagahoster menggunakan software WanGuard untuk memblokade server yang terkena DDoS saja. Dengan begitu, server lain bisa tetap beroperasi ketika ada gangguan yang terjadi di salah satu server.

Ilustrasi keamanan online

Ingin Menikmati Keunggulan Data Center Niagahoster?

Itu tadi 9 keunggulan yang dimiliki data center Niagahoster yang telah bersertifikat tier 4. Fasilitas yang ditawarkan oleh data center Niagahoster juga terus berkembang sesuai kebutuhan pengguna dan kemajuan teknologi.

Intinya, kecepatan, stabilitas, dan keamanan adalah fokus utama data center yang digunakan Niagahoster untuk memastikan website Anda bisa diakses dengan baik.

Yang menarik, keunggulan data center Niagahoster masih didukung dengan berbagai teknologi terbaru dan layanan terbaik bagi pengguna, yaitu

  • LiteSpeed Web Server dan LiteSpeed Memcached yang membantu mengoptimalkan kecepatan website
  • Imunify360 yang menjaga website dari serangan malware
  • Dukungan teknis yang siap melayani Anda 24 jam setiap hari
  • Garansi uang kembali 30 hari

Semua keunggulan dan fitur yang ditawarkan Niagahoster, bisa Anda nikmati mulai dari Rp10.000 per bulan, lho. Pilihlah paket hosting yang terbaik untuk Anda!

Kalau sudah menggunakan hosting lain dan ingin pindah ke Niagahoster, bagaimana? Cukup klik link di bawah ini dan isi formulir transfer hosting, kami akan membantu proses transfernya.

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *