Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Panduan Menggunakan Instagram Shopping untuk Meningkatkan Penjualan Anda

5 min read

Panduan Lengkap Menggunakan Instagram Shopping

Instagram punya fitur baru nih..

Benar, Instagram shopping adalah fitur baru dari Instagram yang cocok banget untuk pemilik bisnis online. 

Sepertinya menarik, ya? Tapi, seberapa penting sih Instagram Shopping ini untuk bisnis? 

Penting banget! Dengan fitur ini, informasi produk Anda jadi lebih mudah dilihat oleh audiens. Apalagi, 87 persen pengguna Instagram cenderung langsung melakukan pembelian dan mengunjungi website setelah melihat produk di platform ini, lho.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin menggunakan fitur Instagram Shopping ini dong? Tapi, bagaimana caranya ya?

Tak perlu bingung. Di artikel ini, Anda akan belajar cara membuat Instagram Shopping secara lengkap. Sebelumnya, mari pelajari dulu apa itu Instagram Shopping beserta fitur-fiturnya.

Apa itu Instagram Shopping? 

Instagram Shopping adalah fitur Instagram untuk membuat katalog produk bisnis Anda. Fitur ini juga memungkinkan pelanggan Anda membeli produk secara langsung melalui postingan feed, stories, atau katalog di profil Anda. 

Kalau Anda menggunakan fitur Instagram shopping, akan nampak beberapa perubahan pada akun Instagram Anda.  Salah satunya, adanya tombol View Shop

tampilan instagram shopping

Selain itu, akan ada ikon tas beserta harga produk pada postingan Anda.  Jika ikon tersebut diklik, pengguna bisa melihat harga produk tersebut. Menarik, bukan? 

tampilan instagram shopping

Fitur Instagram Shopping 

Berikut ini beberapa fitur Instagram Shopping yang bisa Anda manfaatkan. 

1. Instagram Shopping Tag 

Fitur Instagram shopping tag berfungsi untuk memberikan label produk yang ada pada postingan Anda dan tersedia dalam katalog produk. 

instagram shopping tag

Dengan tag ini, pelanggan dapat melihat harga serta detail produk. Anda dapat memilih produk mana yang ingin Anda tag pada sebuah postingan Anda sesuai dengan kebutuhan. 

2. Katalog Produk 

Sesuai namanya, produk Anda akan ditampilkan pada katalog produk yang bisa dilihat oleh pelanggan. Anda pun bebas menambahkan produk yang ingin Anda jual. 

katalog produk instagram

Di tampilan katalog, pelanggan hanya akan melihat tampilan foto, nama, dan harga produk. Sedikit tips untuk menambahkan gambar produk ke katalog. Pilihlah gambar produk terbaik. Untuk produk tertentu Anda bisa menggunakan background yang senada, seperti yang dilakukan The Body Shop.

3. Halaman Detail Produk

Jika pelanggan Anda klik salah satu produk pada katalog, mereka akan melihat halaman detail produk. 

halaman detail produk instagram shopping

Detail informasi yang ditampilkan pada halaman tersebut yaitu foto, harga, nama, deskripsi lengkap produk, ukuran dan warna yang tersedia, dan link ke website toko online. 

Nah, sebisa mungkin buatlah deskripsi yang singkat tapi mencakup semua informasi penting. 

4. Instagram Shopping Ads 

Instagram Shopping Ads merupakan fitur untuk mengiklankan postingan Instagram Shopping. 

Fitur ini dapat digunakan untuk menjangkau audiens lebih luas. Sama seperti fitur Instagram Ads pada umumnya, Anda dapat menentukan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda. 

Baca juga: Panduan Instagram Ads

5. Shopping Tag di Akun Tertentu 

Ingin bekerjasama dengan influencer? Instagram shopping tag bisa Anda manfaatkan untuk membuat produk semakin dikenal oleh banyak audiens. 

Fitur ini memudahkan produk Anda ditag oleh influencer di postingan mereka. Harapannya, akan semakin banyak follower influencer tersebut yang tahu produk dan bisnis Anda. 

6. Product Launches 

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda membuat pengumuman untuk launching produk terbaru. Anda dapat mengatur waktu hitung mundur sehingga pelanggan Anda dapat bersiap untuk langsung berbelanja online. Pelanggan Anda juga dapat mengaturnya sebagai pengingat untuk memberikan notifikasi ketika produk telah dirilis. 

7. Live Shopping

Fitur ini dapat digunakan untuk menjual produk Anda melalui Instagram Live. Jadi, Anda bisa mengajak orang untuk membeli produk secara langsung. Pelanggan Anda pun dapat langsung membeli produk dari sesi Instagram Live tersebut. 

Cara Membuat Instagram Shopping? 

Setelah mengetahui beberapa fitur menarik dari Instagram Shopping, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara membuat Instagram Shopping. 

1. Buat Facebook Katalog 

Instagram dan Facebook itu saling terkait. Nah, salah satu syarat membuat Instagram shopping adalah membuat katalog Facebook terlebih dulu. Berikut ini langkahnya: 

Pertama, buat halaman Facebook bisnis Anda dan lengkapi data yang diminta. 

membuat halaman facebbok

Setelah memiliki halaman Facebook, buka halaman Commerce Facebook. Lalu, klik tombol Create a Catalogue terlebih dahulu. 

membuat katalog facebook

Selanjutnya, pilih opsi E-commerce pada pilihan seperti gambar berikut. Klik Next. 

membuat katalog produk facebook

Pilih opsi untuk mengupload informasi detail produk yang Anda miliki. Nah, jika Anda memiliki website toko online, Anda bisa langsung menautkan pada katalog di website toko online Anda supaya lebih mudah. Pilih Connect E-commerce Platform.

Kemudian pilih platform yang Anda gunakan. Pada tutorial ini, kami akan menjelaskannya menggunakan plartform WooCommerce

menghubungkan platform WooCommerce dengan facebook

Setelah semua selesai, klik tombol Finish Set-up untuk menyimpan pengaturan. 

2. Hubungkan Facebook Katalog dengan WooCommerce Anda

Setelah memiliki Facebook Katalog, saatnya menghubungkannya akun WooCommerce Anda. Di sini, Anda perlu mendownload Facebook Pixel Extension terlebih dahulu untuk mensinkronkan kedua akun. 

Klik pada tombol Download untuk mendapatkan Facebook Pixel Extension. Selanjutnya, pilih tombol Continue setelah selesai.

menghubungkan katalog dengan WooCommerce

Selanjutnya, ikuti semua perintah yang diminta. Klik Upload Plugin. Lalu, pilih file yang baru saja tadi Anda download. Kemudian, klik Install Now dan Continue untuk melanjutkan proses. 

menambahkan plugin pada WooCommerce

Langkah selanjutnya, Anda perlu menuju platform WooCommerce Anda. 

Lakukan hal yang sama seperti di Facebook. Buka Plugins > Add New di dashboard WordPress Anda. Klik Upload Plugin. Lalu, upload file yang baru saja Anda download di Facebook tadi. 

3. Tambahkan Produk pada Facebook Katalog

Setelah berhasil menautkan kedua akun, selanjutnya pilih dan tambahkan produk di Catalog Manager yang baru Anda buat. 

Klik pada katalog yang ingin Anda gunakan. Lalu, tambahkan produk secara manual dengan klik tombol Add Item.

Tambahkan produk pada katalog Facebook

4. Hubungkan Facebook dengan Instagram Bisnis 

Setelah katalog berisi beberapa produk, saatnya menghubungkannya ke profil Instagram bisnis Anda dan melakukan peninjauan akun. Bagaimana caranya?

Pertama, pastikan akun instagram Anda telah diatur ke akun Instagram bisnis dengan cara masuk ke Settings. Lalu, klik Business.

pengaturan instagram shopping

Pada halaman Business, pilih Set Up Instagran Shopping.  

set up Instagram Shopping

Selanjutnya, klik Get Started, lalu klik Connect Facebook Account

Facebook  telah terhubungInstagram shopping

Login dulu ke akun Facebook Anda untuk membuat katalog. 

Namun, Anda belum dapat langsung melakukannya karena perlu menunggu selama 3-7 hari untuk peninjauan dari faecbook. 

5. Instagram Shopping Siap Digunakan 

Setelah Anda mendapatkan notifikasi persetujuan dari Facebook, Anda perlu mengaktifkan tag produk di Instagram Anda. 

Tag produk siap digunakan

Caranya, klik pada tombol Start. Kemudian, pilih opsi Produk dan pilih katalog yang ingin Anda tautkan.

Cara Menambahkan Instagram Shopping Tag

Instagram shopping Anda sudah aktif, saatnya posting dan menambahkan Instagram shopping tag. 

Caranya sama dengan membuat postingan pada akun Instagram reguler: klik tombol “+”, pilih foto, dan tambahkan filter jika memerlukannya. 

Nah, bedanya Anda akan melihat menu Tag Product

cara menggunakan tag product

Pilih menu tersebut untuk menampilkan daftar item dalam katalog Anda. Pilih item yang paling sesuai untuk gambar dan pastikan tag berada di lokasi yang tepat. 

Postingan tersebut nantikan akan akan memiliki fitur Instagram shopping tag.

Baca juga: Saat Berjualan di Instagram, Hindari Link ke Online Marketplace! Ini alasannya…

Tips Sukseskan Instagram Shopping

Anda sudah mengetahui cara membuat Instagram Shopping. Kurang lengkap kan kalau belum tahu tips untuk membuat promosi Instagram Shopping Anda berhasil? Ini dia tipsnya: 

1. Gunakan Hashtag yang tepat 

Hashtag Instagram dibuat untuk mengelompokkan posting dalam kategori tertentu. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai strategi untuk membuat konten mudah ditemukan. 

Ciptakan hashtag khusus untuk produk yang akan dipromosikan. Nantinya, pencarian dengan hashtag tertentu akan menampilkan semua postingan Anda di halaman pencarian dan jelajah (explore). 

Dengan hashtag pula, audiens akan lebih mudah mengikuti update konten Anda. Jadi, secara tak langsung, konten Anda telah dipromosikan secara gratis.

2. Bagikan di Instagram Stories 

Instagram stories juga menyediakan fitur shopping. Jadi, kenapa tidak memanfaatkannya saja?

Caranya, pilih foto terbaik untuk posting. Kemudian, pilih stiker ikon berbentuk tas belanja. Lalu, tulis akun bisnis instagram Anda. 

Nah, ketika pelanggan klik ikon tersebut, mereka akan diarahkan ke akun bisnis Instagram Anda. 

Sayangnya, setelah publish, Anda tak dapat mengedit postingan di Instagram stories. Jadi, pastikan semua informasi penting sudah dimasukkan, ya? 

3. Pakai Instagram Shopping Ads 

Punya anggaran khusus untuk promosi? Instagram Shopping Ads bisa menjadi strategi marketing Anda berikutnya.

Dengan iklan yang ditampilkan, audiens  yang mengetuk iklan akan diarahkan ke halaman deskripsi item di Instagram. Selanjutnya, dapat membeli produk Anda langsung ponsel mereka.

Untuk menyiapkan Iklan Belanja Instagram, buka Pengelola Iklan Facebook Anda dan ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Klik + Buat dan pilih tujuan: jangkauan, kesadaran merek, klik tautan, keterlibatan pos, atau konversi.
  • Pilih audiens yang ingin Anda targetkan.
  • Pilih Edit penempatan dan Feed Instagram sebagai tempat Anda ingin menjalankan iklan.
  • Selama penyesuaian set iklan, pilih Gunakan Posting yang Ada.
  • Pilih konten belanja yang ingin Anda jalankan sebagai iklan.
  • Lengkapi informasi untuk iklan Anda. 

Pastikan juga foto untuk iklan berkualitas tinggi, berisi hastag, dan tag produk yang tepat. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah menerima informasi dan mengunjungi website toko online Anda.  

Baca: Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2020

Yuk, Pakai Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda!

Sekarang Anda sudah memahami cara menggunakan Instagram Shopping untuk bisnis. 

Sekilas mungkin terlihat sulit karena langkahnya cukup banyak. Mulai dari pengaturan di Facebook, WooCommerce, dan Instagram Bisnis Anda. Namun, kalau mengikuti panduannya dengan baik, pasti akan berhasil kok. 

Nah, menggunakan Instagram Shopping bisa jadi strategi pemasaran bisnis yang sangat tepat. Selain fitur ini masih terhitung baru sehingga kompetitor Anda mungkin belum banyak yang menggunakan, pengguna Instagram di Indonesia cukup banyak lho.

Artinya, potensi untuk mengenalkan produk lebih dekat ke audiens langsung dari media sosial cukup besar. Pada akhirnya, penjualan produk Anda bisa digenjot lebih baik. 

Nah, agar cara pemasaran yang dilakukan tepat sasaran, Anda perlu menerapkan strategi digital marketing yang tepat. Kami sudah menyiapkan panduannya dalam bentuk ebook yang bisa Anda download gratis! 

banner ebook panduan digital marketing
Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]