Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

WordPress Trik: Konfigurasi Staging WordPress untuk Testing

3 min read

WordPress Trik Konfigurasi Staging Wordpress untuk Testing-01

Di dalam WordPress terdapat fitur yang dapat digunakan untuk melihat perubahan desain website tanpa harus mengganti desain yang sedang live. Fitur ini dinamakan Staging. Konfigurasi Staging WordPress cukup sederhana, tetapi sangat bermanfaat. Apalagi ketika Anda sudah mempunyai website yang sudah banyak pengunjungnya dan ingin memperbarui tampilan sebelumnya.

Apa itu WordPress Staging dan Kenapa itu Penting?

Konfigurasi Staging WordPress
Source: WordPress.org

WordPress Staging adalah fitur yang disediakan oleh cPanel untuk CMS. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk melihat perubahan yang sudah dilakukan tanpa harus mengganti tampilan utama WordPress yang saat itu live ‘sedang ditampilkan’.

Selain itu fitur ini dapat digunakan untuk memantau perubahan yang terjadi di WordPress. Anda dapat mengetahui perubahan/pembaruan plugin yang terkadang tidak terlacak. Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan testing plugin tambahan atau terbaru.

Fitur Staging WordPress membuat clone (tiruan) website ke dalam subfolder dari folder utama instalasi WordPress, termasuk juga database secara keseluruhan. Mungkin ini terdengar sederhana, dan itu memang apa adanya!

Pada saat Staging WordPress sudah disesuaikan dan siap, Anda cukup melakukan push kembali untuk menerapkan Staging WordPress ke halaman utama untuk agar live dan dapat diakses oleh pengunjung.

Kebutuhan Konfigurasi Staging WordPress

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar panduan cara install dan konfigurasi Staging WordPress dapat dijalankan dengan baik.

  • Username dan Password untuk mengakses cPanel Hosting
  • CMS WordPress yang sudah terinstal (optional)

Bagaimana Cara Install dan Konfigurasi Staging WordPres?

Staging WordPress sudah terdapat menunya pada saat Anda melakukan instalasi CMS WordPress di Softaculous, karena hanya berbentuk icon kecil, maka bisa jadi terlewat. Jadi Anda hanya perlu melakukan konfigurasi Staging di WordPress yang sudah terinstal.

Langkah 1 – Masuk ke cPanel Hosting

Gunakan panduan Cara Membuka cPanel untuk membuka cPanel dari Desktop maupun dari perangkat Android.

Langkah 2 – Akses Softaculous Installer

Setelah masuk, Anda dapat langsung membuka fitur Softaculous Apps Installer.

Konfigurasi Staging WordPress cPanel - Main
Softaculous Apps Installer

Langkah 3 – Masuk ke Halaman WordPress

Saat halaman Softaculous muncul, gunakan form pencarian untuk mencari halaman WordPress. Jika belum melakukan instalasi WordPress, Anda dapat menggunakan panduan Cara Install WordPress di cPanel menggunakan Softaculous.

Langkah 4 – Akses Menu Create Staging WordPress

Pada bagian “Current Installations” Anda akan menemukan daftar WordPress yang sudah diinstal, dan Anda dapat menemukan dan melakukan konfigurasi Staging WordPress dari sini.

Konfigurasi Staging WordPress Softaculous - Softaculous - WordPress (1)
Icon Staging WordPress

Klik icon “Create Staging” yang ada di bagian options.

Langkah 5 – Setup Staging WordPress

Konfigurasi Staging WordPress Softaculous - Staging Installation
Setup Staging WordPress

Pada halaman Staging WordPress masukan data sesuai dengan kebutuhan.
Keterangan:

  • Live Installation URL
    Domain sumber yang akan digunakan untuk proses instalasi Staging WordPress.
  • Choose Protocol
    Protokol domain untuk Staging WordPress.
  • Choose Domain
    Domain yang ingin digunakan untuk mengakses URL Staging.
  • In Directory
    Folder yang digunakan untuk menyimpan Staging WordPress. Pastikan nama folder tidak ada yang sama dengan folder yang sudah ada.
  • Database Name
    Nama database yang digunakan untuk Staging WordPress. Anda dapat menyesuaikan nama ini sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Setelah semua sudah terkonfigurasi, klik “Create Staging” untuk memulai proses instalasi. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, tetapi tergantung juga besar file yang yang terkandung dalam instalasi WordPress.

Langkah 6 – Selesai!

Saat proses instalasi selesai dan berhasil tidak ada masalah, maka akan muncul pesan berikut.

Konfigurasi Staging WordPress Softaculous - Staging Installation (3)
Instalasi Staging

Keterangan:

  • URL yang dapat Anda gunakan untuk mengakses Staging WordPress: https://namadomain/staging
  • Sedangkan jika ingin masuk ke Dashboard WordPress dari Staging dapat menggunakan URL: https://namadomain/staging/wp-admin atau sesuai dengan URL Login di WordPress utama.

Bagaimana Cara Menerapkan Staging WordPress ke Halaman Live?

Proses editing Staging WordPress sama saja dengan yang dilakukan pada WordPress di halaman utama, yaitu dengan mengakses https://namadomain/staging/wp-admin dan masuk dengan username dan password yang sudah diinputkan sebelumnya.

Setelah selesai. Langkah-langkah selanjutnya untuk menerapkan Staging menjadi Halaman Utama yang Live adalah dengan melakukan “Push to Live”.

Langkah 1 – Masuk ke Dashboard WordPress

Buka kembali dashboard WordPress pada Softaculous. Kemudian lihat pada bagian “Current Installation”. Pasti instalasi yang tadi ada sudah tidak ‘sendiri’ dan di sana terdapat icon mirip dengan kabel sirkuit (branch).

Konfigurasi Staging WordPress Softaculous - Softaculous - WordPress (2)
Tombol “Push to Live”

Itu adalah icon “Push to Live”, klik icon tersebut.

Langkah 2 – Halaman Konfirmasi

Pada halaman ini Anda tinggal memastikan kembali jika sudah yakin. Jika sudah, klik “Push to Live” dan website Staging Anda sudah menjadi live di halaman utama.

Konfigurasi Staging WordPress Softaculous - Push Installation to Live
Halaman Konfirmasi Push to Live

Proses ini akan mengganti seluruh file yang ada di instalasi live dengan yang ada di Staging dan menghapus semua database dan database baru akan di-import dari Staging WordPress.

Setelah proses selesai, lakukan pengecekan dengan menegakses halaman utama. Jika berhasil, tampilan halaman utama akan digantikan dengan tampilan di staging. Pastikan juga sudah menghapus cache browser sebelum melakukan pengecekan.

Sederhana bukan?

Plugin WordPress Staging

Anda juga dapat menggunakan Plugin WP Staging – DB & File Duplicator & Migration yang bisa diinstal melalui menu plugin di dashboard WordPress. Plugin ini fungsinya sama dengan Staging, hanya saja fungsinya tidak selengkap Staging WordPress yang ada di Softaculous.

Plugin menggunakan Softaculous semuanya terpisah dengan WordPress utama, sedangkan ketika menggunakan plugin, beberapa fungsi masih menggunakan halaman utama.

Konfigurasi Staging WordPress Add Plugins ‹ WordPress — WordPress
Plugin WordPress Staging

Kesimpulan

Proses instalasi dan konfigurasi Staging WordPress sangat sederhana untuk dilakukan. Karena pada dasarnya fitur ini sudah tersedia ketika Anda melakukan instalasi CMS WordPress. Dibantu dengan Softaculous, proses instalasi dapat berjalan dengan otomatis dan langsung dapat dipakai.

Selain memberikan kemudahan dalam melakukan proses pengeditan, Staging WordPress dapat mencegah terjadinya kesalahan pengeditan yang langsung berdampak pada pengunjung.

Setelah mengikuti panduan  Konfigurasi Staging WordPress untuk Testing seharusnya Anda sudah dapat melakukan pengeditan WordPress dengan nyaman tanpa takut melakukan kesalahan dan mengakibatkan website tidak dapat diakses.

Berikut ini ada beberapa panduan yang mungkin saja Anda membutuhkannya untuk mengembangkan website.

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =