Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

Cara Mempercepat Loading Blog untuk Situs Anda

5 min read

Cara Mempercepat Loading Blog untuk Situs Anda-(resize)

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara mempercepat loading blog. Bagian awal kami akan menjelaskan mengenai alasan-alasan mengapa halaman web harus cepat diakses. DI bagian selanjutnya kami akan membahas cara cek kecepatan loading blog.

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mempercepat loading blog, yaitu menggunakan skrip, plugin, dan menggunakan template yang tepat. Meskipun ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Namun harus berhati-hati, bukannya malah mempercepat malah memperlambatnya.

Maka dari itu, berikut ini kami akan membahas secara lengkap apa saja hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog sesuai dengan situs web yang sedang Anda kelola.

Kenapa Harus Cepat?

Saat memposisikan sebagai pengguna terkadang tidak sabar membuka situs web yang sangat lama sekali proses untuk membukanya. Hal ini terkadang membuat pengunjung meninggalkan situs web tersebut bahkan sebelum terbuka sepenuhnya. Tentu saja hal ini menjadi sinyal yang kurang baik bagi pemilik situs web.

Tidak hanya itu, ada beberapa alasan yang penting untuk diketahui memiliki situs web yang cepat. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuat situs web yang cepat.

  • Faktor Search Engine Optimization (SEO)

Google.com merupakan situs web yang paling populer dan banyak dibuka di seluruh dunia. Semua pencarian situs web banyak dilakukan melalui Google. Tentu saja hasil pencarian yang muncul di halaman pertama banyak dikunjungi daripada di halaman kedua dan seterusnya.

Faktor yang mempengaruhi situs web berada di bagian atas pencarian adalah kualitas SEO yang dimiliki. Semakin baik SEO, semakin baik pula peringkatnya di situs pencarian.

Salah satu yang mempengaruhi kualitas SEO adalah kecepatan situs web. Semakin cepat situs web dapat dibuka, semakin cepat semakin baik pula penilaian Google terhadap situs tersebut. Namun, tentu saja tidak hanya kecepatan situs web saja. Melainkan juga konten, struktur situs web, dan lain sebagainya.

Baca juga: Belajar SEO: Panduan untuk Pemula (On Page dan Off Page) 

Kecepatan mungkin bukanlah faktor yang sangat mempengaruhi SEO pada situs web, melainkan juga ada faktor-faktor lain seperti backlink, konten, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, salah satu keinginan Google adalah menyediakan hasil pencarian dengan kualitas situs web yang baik dan kecepatan adalah salah satu komponen yang menentukan.

  • Faktor Kenyamanan Pengunjung

Pengunjung setidaknya akan tetap mengunjungi halaman situs web jika sudah dapat dibuka dalam waktu kurang dari 2 detik. Tentu saja hal ini akan merugikan pemilik situs web yang memiliki pengunjung, tetapi tidak dapat membuka halaman situs web miliknya.

Beberapa indikasi situs web tergolong lambat kinerja yang kurang baik antara lain sebagai berikut.

  1. Bounce rate yang tinggi. Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan web/blog anda setelah hanya membuka satu halaman saja. Biasanya nilainya sangat besar.
  2. Waktu yang dihabiskan oleh pengunjung mengunjungi situs web tersebut tidak lama. Tidak sampai hitungan menit, mungkin bisa jadi dalam hitungan detik saja.
  3. Jika situs web terkenal lambat, maka kemungkinan besar pengujung tidak ingin kembali lagi ke situs web yang sama.

Tentu saja beberapa hal itu sudah memberikan dampak yang tidak baik bagi kelangsungan situs web. Jika tidak segera diperbaiki, maka situs web bisa jadi tenggelam dan tidak ada pengunjungnya.

Jangan biarkan trafik situs web Anda mengalami penurunan dikarenakan terlalu lama untuk diakses. Simak beberapa langkah di bawah ini untuk memastikan situs web Anda dapat berjalan dengan baik dan tips cara mempercepat loading blog.

Cara Pengecekan Kecepatan Loading Blog

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan loading blog menggunakan beberapa tools yang tersedia di internet. Saat ini sudah banyak situs penyedia pengecekan situs web dan memberikan saran cara mempercepat loading blog di situs web.

Kecepatan loading blog Anda dapat dites dengan menggunakan berbagai tool gratis, seperti GTmetrix, Website Speed Test tool by Pingdom, Which Loads Faster, Google’s PageSpeed Insights, dan YSlow.

Cek terlebih dahulu situs web Anda dan lakukan berbagai cara yang diberikan untuk mempercepat loading blog yang Anda punya.

Pengecekan Menggunakan GTmetrix

GTMetrix merupakan tool sederhana yang bisa Anda gunakan kapan saja. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan tool ini. Meskipun terbilang sederhana, GTMetrix memiliki berbagai macam parameter untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

Simak artikel berikut untuk melakukan pengecekan situs web menggunakan GTmetrix.

Cara Mempercepat Loading Blog

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog. Kami memisahkannya antara WordPress dan Blogspot dengan Self Hosting. WordPress dan Blogspot merupakan penyedia layanan untuk membuat blog gratis, tentu saja metode yang digunakan untuk mempercepat loading blog berbeda. Banyak batasan-batasan yang diterapkan. Hal ini membuat pengguna tidak bisa leluasa untuk mengelola dan menerapkan beberapa pengaturan yang diinginkan.

Sedangkan saat menggunakan self hosting pengguna dapat melakukan beberapa konfigurasi sampai ke dalam file di penyimpanannya, mengubah skrip, dan lain sebagainya. Cara mempercepat loading blog pun lebih bervariasi.

  • WordPress dan Blogspot

1. Kurangi penggunaan gambar di home page

Homepage merupakan halaman yang penting di dalam situs web. Halaman ini akan dibuka pertama kali saat situ web di akses. Jadi Anda harus memaksimalkan tampilan pada halaman ini. Memaksimalkan bukan berarti menambahkan semua konten dengan gambar yang banyak. Cukup gunakan gambar secukupnya agar tidak terlalu membebani saat diakses.

2. Memperkecil gambar sebelum di unggah

Selain mengurangi penggunaan gambar yang kurang berguna. Jangan lupa untuk mengunggah gambar dengan ukuran yang kecil. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecilkan ukuran gambar dengan kualitas yang sama. Cara ini juga dapat diterapkan saat mengunggah konten.

3. Kurangi pemasangan link aktif di footer

Pada halaman footer biasanya banyak pemilik blog yang menambahkan beberapa link aktif yang pada periode waktu tertentu melakukan refresh. Kurangi penggunaan link semacam ini dikarenakan dapat mempengaruhi kinerja situs web.

4. Hapus widget yang tidak penting

Penggunaan widget memang harus diperhatikan baik-baik. Kelebihan widget sangat tidak baik untuk kinerja situs web. Jadi pastikan widget yang terinstall tidak terlalu banyak dan memang benar-benar dibutuhkan. Jika bisa, gunakan widget dengan beban yang ringan.

  • Self Hosting

1. Bersihkan Cache

Cache merupakan salah satu bagian dari situs web yang datanya disimpan di dalam Random Access Memory (RAM). Data yang ada di dalam RAM tentu saja lebih cepat diakses daripada di dalam hardisk. Sayangnya semakin banyak data yang disimpan di dalam RAM, maka kapasitas data yang dapat dikelola RAM semakin kecil. Hal ini dapat mengurangi kecepatan blog bahkan dapat mengalami kelebihan beban (overload).

Untuk menangani hal ini beberapa pengelola situs web menggunakan plugin yang digunakan untuk mengelola cache di situsnya. Salah satu plugin yang banyak digunakan adalah W3 Total Cache yang gratis. Namun Anda juga dapat mencoba menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan fasilitas yang lebih tangguh.

2. Menggunakan Virtual Memory Usage yang Besar

Pertimbangkan saat memilih layanan penyedia hosting Anda. Pastikan jika memori yang ditawarkan cukup besar agar dapat memproses skrip yang berjalan pada situ web Anda dengan baik.

3. Gunakan Hosting Berkualitas

Salah satu hal yang penting juga adalah gunakan hosting yang berkualitas. Anda dapat mencoba beberapa layanan hosting yang saat ini ada banyak ditawarkan di internet. Atau pilihan lain yaitu menggunakan Virtual Private Server (VPS) yang mana besar virtual memory usage tidak bergantung dengan user lain di server yang sama.

4. Memperkecil Skrip CSS

Anda dapat menggunakan beberapa tool yang disediakan secara online untuk memperkecil ukuran CSS, berikut daftar skrip yang tersedia untuk memperkecil ukuran CSS. Salah satu tool yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan CSS Compressor.

5. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

Terakhir adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN).

CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring konten situs web. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Dari ketiga CDN di atas, kami sering menggunakan CloudFlare untuk beberapa situs web yang kami kelola. Meskipun begitu segala pilihan ada di tangan Anda sendiri. Karena gratis Anda juga dapat mencoba satu persatu layanan tersebut untuk membandingkan CDN yang terbaik menurut kebutuhan.

Cara-cara yang dijelaskan di atas hanya beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Selebihnya ada cara-cara lain yang bisa Anda coba terapkan pada halaman situs web yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa panduan cara mempercepat loading blog baik ada WordPress, Blogspot, maupun menggunakan hosting sendiri.

Tes Kecepatan Loading Blog

Setelah melakukan beberapa konfigurasi untuk mempercepat loading blog, pastikan lagi dengan melakukan pengecekan kecepatan loading blog menggunakan GTmetrix. Jika masih mendapatkan nilai yang kurang Anda dapat melakukan beberapa hal yang disarankan.

Kesimpulan

Cara mempercepat loading blog bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Anda perlu memastikan terlebih dahulu di mana masalah yang terjadi pada situs web yang muncul. Pada artikel ini sudah dijelaskan cara untuk melakukan pengecekan kecepatan situs web yaitu GTmetrix. Anda juga dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet.

Setelah membaca artikel ini Anda sudah mempunyai situs web yang ringan. Langkah selanjutnya adalah mengelola konten dan SEO agar situs web Anda menjadi lebih terkenal dan mempunyai banyak pengunjung. Anda dapat membuka halaman blog dan mencari menggunakan kata kunci ‘SEO’ di sana kami sudah menyediakan beberapa panduan yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas SEO situs web.

0
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

2 Replies to “Cara Mempercepat Loading Blog untuk Situs Anda”

  1. Tambahan om, jangan lupa setting optimize di Cpnal kalo pake hosting berbayar, seperti yang ada di Cpanel dari hosting di Niagahoster ini. Lumayan sedikit membantu speed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + three =