Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Brotli: Ini Dia Teknik Kompresi untuk Website Lebih Cepat

4 min read

Brotli adalah teknik kompresi untuk website lebih cepat

Selalu ada cara membuat website Anda lebih cepat supaya pengunjung tidak menunggu lama. Salah satunya, dengan melakukan kompresi data agar komunikasi data lebih efisien. Brotli adalah salah satu pilihan terbaik untuk melakukan hal tersebut. Apa itu Brotli?

Kami akan membahasnya secara lengkap di artikel kali ini. Mulai dari pengertian Brotli, cara kerja, dan manfaatnya untuk website Anda. Mari simak lebih lanjut. 

Apa itu Brotli?

Brotli adalah algoritma kompresi yang dikembangkan oleh dua teknisi dari Google. Brotli sengaja diciptakan untuk membuat halaman website bisa diakses lebih cepat.  

Dengan teknik kompresi ini, file data menjadi berukuran lebih kecil sehingga menghemat penggunaan data saat komunikasi data terjadi. Kondisi tersebut juga membuat proses transfer data bisa berjalan lebih baik. 

Jika akses ke halaman website bisa lebih cepat, pengunjung website Anda tidak perlu menunggu terlalu lama sehingga kenyamanan bisa ditingkatkan. 

Pada awalnya, Brotli dibuat untuk melakukan kompresi web font secara offline di tahun 2013. Kemudian, di tahun 2015, Google mengembangkannya sebagai teknik kompresi data secara umum (generic purpose) dan bersifat open source. 

Secara teknis, Brotli menggunakan kombinasi dari algoritma LZ77, Huffman coding, dan 2nd order context modeling. Kombinasi ini memungkinkan Brotli membuat backreferences dengan sliding window (bukan fixed window ala Gzip). Hasilnya, upaya kompresi file besar pun dapat berjalan dengan lebih baik dengan peningkatan hingga 25%

Google menyebut Brotli sebagai format data baru yang mampu mengalahkan algoritma Zopfli hingga 26%. Tidak hanya lebih baik, Brotli mampu melakukannya dalam waktu yang lebih singkat. 

Saat ini sudah banyak browser dan server yang mendukung Brotli karena performa andal yang mampu dihadirkannya. Diantaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari untuk penggunaan di desktop dan Opera Mini untuk pengguna mobile.  

Cara Kerja Brotli

Bagaimanakah Brotli melakukan kompresi pada file dengan efektif? Mari pelajari cara kerja Brotli secara singkat. 

Seperti halnya kegiatan browsing yang biasa dilakukan, pada saat pengguna mengetikan sebuah alamat website, pada dasarnya pengguna meminta akses ke server website tersebut. 

  1. Jika browser sudah mendukung kompresi Brotli, browser akan menginformasikan jenis konten yang bisa di-decompress menggunakan header Accept Encoding kepada server tersebut.
  2. Server akan menentukan jenis kompresi konten yang akan dikirimkan dengan algoritma kompresi yang diminta, dalam hal ini Brotli. 
  3. Tahapan tersebut diikuti oleh proses pengiriman data menggunakan header Content-Encoding ke browser, tentu saja dengan teknik kompresi Brotli.
  4. Browser akan menampilkan konten yang diminta oleh pengguna dengan terlebih dahulu melakukan decompress data. 

Meskipun harus melalui empat langkah, proses ini berjalan hanya dalam sekejap. Bahkan, pengunjung Anda tidak akan menyadarinya sebab halaman yang diminta akan langsung ditampilkan tanpa harus menunggu lama. 

Baca Juga: Tingkatkan Performa Situs Anda dengan Serve Scaled Images

3 Kelebihan Brotli

Secara umum, semua teknik kompresi bertujuan untuk membuat akses ke website menjadi lebih cepat. Dengan proses transfer data yang efisien, proses loading halaman tak akan memakan waktu lama. 

Namun, apa yang membuat Brotli istimewa dibandingkan algoritma kompresi yang sudah ada?

1. File Kompresi Lebih Kecil (Brotli vs Gzip)

Berbicara algoritma kompresi, Gzip lebih dulu digunakan dan mampu menawarkan performa kompresi yang tidak tertandingi. Tapi, itu sebelum adanya Brotli. 

Dari sebuah tes, Brotli memberikan hasil kompresi lebih kecil dibandingkan Gzip. Seberapa kecil? Hasil kompresi lebih kecil ditunjukkan pada  JavaScript (14%), HTML (21%) dan CSS (17%)

Lebih jauh, pengujian lain dilakukan untuk mengetahui performa Brotli vs Gzip pada platform WordPress. Inilah hasilnya dalam bentuk tabel:

ParameterBrotliGzip
Hasil Kompresi (KB)81.7 KB84.7 KB

Hasil tersebut tentu sangat signifikan mengingat banyak website saat ini memiliki file seperti JavaScript yang berukuran cukup besar. Jadi, tanpa optimasi ini, loading website bisa lama dan menjadi masalah.

Mungkin sebelumnya, Anda sudah familiar dengan  mempercepat website lewat Minify CSS, HTML dan JavaScript. Nah, dengan menggunakan Brotli, upaya optimasi website Anda tentu akan lebih optimal. 

2. Waktu Kompresi Lebih Singkat 

Selain hasil kompresi, waktu kompresi yang lebih singkat menjadi faktor yang penting dari penggunaan Brotli. 

Berdasarkan sebuah pengujianan, Brotli terbukti dapat melakukan proses kompresi dengan lebih cepat dibandingkan beberapa algoritma kompresi lain

Bahkan tes yang dilakukan SitePoint di platform WordPress  menunjukkan kompresi Brotli lebih unggul daripada Gzip.  Hasilnya seperti tabel berikut:

ParameterBrotliGzip
Kecepatan690ms780ms

Jika Anda mendapatkan hasil sebaliknya, lakukan pengecekan pada setting level of compression Anda. 

Secara default, Brotli mengatur tingkat kompresi di level 11 (paling baik) sehingga membutuhkan waktu lebih banyak. Sesuaikan level kompresi ini untuk hasil yang sesuai keinginan.  

3. Mendukung Berbagai Browser

Saat ini, hampir semua browser mendukung algoritma kompresi Brotli. Mulai dari browser untuk desktop seperti Firefox dan Chrome hingga browser untuk platform mobile seperti Opera Mini

Brotli mendukung berbagai browser seperti ditunjukkan tabel berikut.

Untuk memastikan apakah browser yang Anda gunakan sudah mendukung kompresi Brotli, Anda bisa melakukan pengecekan. Kami akan menjelaskannya lebih lengkap di bagian Cara Mengecek Brotli. 

Apa Manfaatnya Bagi Website Anda?

Kemampuan kompresi yang baik dari Brotli akan mendukung performa website Anda

File yang melewati proses kompresi akan menjadi lebih kecil. Jadi, akan menghemat banyak bandwidth saat komunikasi data dilakukan. Nah, bandwidth yang kecil akan membuat website mampu loading lebih cepat. 

Kenapa kecepatan website itu penting?

Karena pelanggan Anda tak mau menunggu lama. Menurut survey, pengunjung hanya bersedia menunggu selama 3 detik sebelum beralih ke website lain. 

Tidak hanya itu, website yang lambat hanya akan menyebabkan Anda kehilangan kesempatan menjual produk lebih banyak. Menurut sebuah data, delay loading selama 1 detik bisa menurunkan conversation rate hingga 7%!

Nah, dengan penggunaan Brotli, semua dampak negatif di atas bisa Anda hindari.

ebook kecepatan website

Cara Mengecek Brotli

Cukup mudah untuk mengecek dukungan Brotli dari sebuah browser. Di contoh ini kami akan menggunakan Firefox.

Langkah pertama, Anda bisa masuk ke menu Settings di sebelah kanan atas, lalu pilih Web Developer

Cara mengecek Brotli melalui menu Web Developer.

Kemudian, Anda bisa masuk ke menu Network

Cara Mengecek Brotli melalui menu Network.

Di bagian Network, Anda akan menemukan Accept Encoding di bagian Request Header. Jika sudah mencakup br, artinya sudah mendukung Brotli.

Tampilan pengaturan browser yang menunjukkan dukkungan Brotli.

Selain browser, server yang dituju juga harus mendukung kompresi menggunakan Brotli. Jadi, pastikan layanan hosting Anda menggunakan server yang mendukung Brotli. 

Salah satu server yang mendukung Brotli secara default adalah LiteSpeed Server

Niagahoster menggunakan LiteSpeed Server yang sudah mendukung Brotli.

Pengguna Niagahoster dapat menikmati semua kelebihan dari Brotli, karena paket hosting Niagahoster sudah menggunakan server LiteSpeed dengan Brotli Enabled. Artinya, kecepatan akses website Anda akan lebih terjamin. 

Untuk membuktikan dukungan dari Brotli di website Anda, silakan masukkan URL dari website Anda ke tool Brotli Test dari KeyCDN.

Cara mengecek Brotli melalui tools online.

Jika hasil di kolom hijau menunjukkan “Brotli compression is supported”, maka artinya kompresi Brotli bisa berjalan dengan baik.

Jika ingin melakukan pengecekan dari browser, Anda bisa masuk ke bagian Network pada menu Developer. Persis seperti cara di atas ketika menggunakan Firefox. 

Bedanya, Anda bisa mencari Content-Encoding pada bagian Response Header. Jika tertulis br, berarti sudah mendukung Brotli dengan baik.

Browser yang memiliki content encoding br berarti sudah mendukung Brotli.

Baca juga: HTTP/3, Teknologi Teranyar untuk Mempercepat Website

Penutup

Sebuah teknologi baru harus mampu memberikan kemudahan yang meningkatkan kenyamanan pengguna ketika beraktivitas online. Algoritma kompresi Brotli adalah salah satu yang menjalankan perannya dengan baik. 

Dengan Brotli, proses loading website bisa berjalan lebih cepat sehingga tak membuat pengunjung menunggu lama. 

Agar dapat bekerja dengan baik, Brotli harus didukung baik oleh browser yang Anda gunakan maupun server bagi website Anda. 

Niagahoster merupakan penyedia hosting yang menggunakan server LiteSpeed dengan dukungan penuh terhadap Brotli. Jadi, mendukung akses website Anda dapat berjalan dengan lebih cepat memanfaatkan algoritma kompresi terbaik ini.

Nah, masih ingin membuat pengunjung website Anda menunggu?

Mau Pakai Hosting yang Didukung Brotli?
1
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − four =

[SEO Checklist]
[SEO Checklist]
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]